akeb ANC FISIOLOGI irma ok.docx

Click here to load reader

  • date post

    11-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    226
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of akeb ANC FISIOLOGI irma ok.docx

ASUHAN KEBIDANAN ANTENATAL FISIOLOGIPADA NYA GESTASI 31 MINGGU 3 HARIDI RUMAH SAKIT BHAYANGKARATANGGAL 23 JANUARI 2013

No. Register: 021534.Tanggal Kunjungan: 23 Januari 2013, Pukul 09.15 Wita. Tanggal Pengkajian : 23 Januari 2013, Pukul 09.18 Wita.Nama Pengkaji : ANDI SYARIFAH IRMADANI.

LANGKAH 1 IDENTIFIKASI DATA DASARA. Identitas Istri / Suami.Nama: Ny A /Tn A.Umur: 26 tahun /28 tahun.Nikah: 1 kali / 5 tahun.Suku: Makassar / Bugis.Agama: Islam / Islam.Pendidikan: DIII / SMA.Pekerjaan: IRT / Polisi. Alamat: Aspol Panaikang E/22.B. Riwayat Kehamilan Sekarang.1. Ibu mengatakan ini kehamilannya yang kedua dan tidak pernah keguguran sebelumnya (GIl PI Ao).

2. Ibu mengatakan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) tanggal 17 Juni 2012 dan Tafsiran Persalinan (TP) tanggal 24 Maret 2013.3. Ibu mengatakan pergerakan janinnya kuat dirasakan sejak usia kehamilan 5 bulan.4. Ibu mengatakan pergerakan janinnya sangat kuat disebelah kanan.5. Ibu mengatakan tidak pernah merasakan nyeri perut yang hebat selama hamil.6. Ibu mengatakan mendapat suntikan tetanus toxoid (TT) dua kali yaitu TT1 tanggal 24 Agustus 2012 dan TT2 tanggal 28 September 2012 di Rumah Sakit Bhayangkara.7. Ibu mengatakan tidak ada riwayat gemelly dalam keluarga.C. Riwayat persalinan yang lalu.Ibu mengatakan kehamilan pertamanya aterm, normal/ PBK (persentasi belakang kepala), jenis kelamin laki-laki, berat badan lahir (BBL) 3100 gram, panjang badan lahir (PBL) 50 cm, tahun 2010 di Rumah Sakit Bhayangkara.D. Riwayat kesehatan (penyakit yang lalu dan sekarang).1. Tidak ada riwayat penyakit menular seperti tubercolosis (TBC), hepatitis dan PMS(penyakit menular seksual).2. Tidak ada riwayat penyakit keturunan seperti diabetes mellitus (DM), jantung, hipertensi dan asma.3. Tidak ada riwayat operasi.4. Tidak ada riwayat alergi makanan,minuman dan obat-obatan.E. Riwayat reproduksi.1. Riwayat haid.a. Menarche: 14 tahun.b. Siklus haid: 28 30 hari.c. Lamanya haid: 6 7 hari.d. Dismenorhoe: Tidak ada.F. Riwayat keluarga berencana (KB).Ibu pernah menggunakan kb yaitu suntikan 3 bulan.G. Riwayat pisikososial, spiritual dan ekonomi.1. Ibu sangat senang dengan kehamilannya sekarang.2. Ibu dan keluarga beharap semoga kehamilannya berjalan normal.3. Ibu telah merencanakan untuk melahirkan di Rumah Sakit Bhayangkara.4. Ibu selalu berdoa agar di beri kemudahan dalam proses persalinan nanti.5. Suami dan keluarga selalu mendoakan kesehatan ibu dan janinnya.6. Suami sebagai pencari nafkah dapat memenuhi kebutuhan istri dan keluarganya.

H. Riwayat pemenuhan kebutuhan sehari-hari.1. Kebutuhan Nutrisi.Sebelum hamilSelama hamil

Frekuensi makan3 kali sehari3 kali sehari

Jenis MakananNasi, sayur, lauk, buahNasi, sayur, lauk, buah

Frekuensi minum 7-8 gelas sehari 8-9 gelas sehari

2. Kebutuhan Istirahat.Sebelum HamilSelama Hamil

Tidur siang 1-2 jam / hari (13.00-14.00) 1-2 jam / hari (13.00-14.00)

Tidur malam 7-8 jam / hari (22.00-05.00) 7-8 jam / hari (22.00-05.00)

3. Kebutuhan Eliminasi.a. BAK (buang air kecil).Sebelum HamilSelama Hamil

Frekuensi 5 kali / hari 7-8 kali / hari

WarnaKuningkuning

b. BAB (buang air besar).Sebelum hamilSelama hamil

Frekuensi1 kali / hari1 kali / hari

WarnaKuningKuning kecoklatan

KonsistensiLunak Padat

4. Kebutuhan Personal Hygiene.Sebelum HamilSelama Hamil

Mandi2 kali sehari2 kali sehari

Keramas3 kali seminggu2 kali seminggu

Gosok gigi2 kali sehari2 kali sehari

Mengganti pakaian dalam2 kali sehari3 kali sehari

I. Pemeriksaan Fisik.1. Keadaan umum dan TTV. a. Keadaan ibu :1) Keadaan umum ibu baik.2) Kesadaran composmentis.b. TB: 158 cm.c. BB1) BB sebelum hamil: 49 kg.2) BB selama hamil: 57 kg.d. LILA: 25 cm.e. Keadaan emosi: Baik.f. Tanda tanda vital:1) Tekanan Darah: 100/70 mmHg.(N sistol=100-130,diastole=60-90).2) Nadi: 80x/menit.(N=60-100x/menit).3) Suhu: 36,50c.(N=36,5-37,50c).4) Pernapasan: 20x/menit.(N=16-24x/menit).2. Pemeriksaan khusus.a. Kepala.1) Inspeksi.Kulit kepala tampak bersih, tidak terdapat ketombe, dan rambut tidak rontok.2) Palpasi.a) Tidak teraba benjolan pada kepala.b) Tidak teraba nyeri tekan.b. Mata.1) Inspeksi.a) Simetris kiri dan kanan.b) Sclera tampak putih.c) Conjungtiva merah muda.c. Wajah.1) Inspeksi.Ekspresi ibu tampak baik, tidak pucat, tidak tampak oedema.2) Palpasi.Tidak teraba oedema.d. Telinga.1) Inspeksi.a) Simetris kiri dan kanan.b) Tidak terdapat serumen.

e. Hidung.1) Inspeksi.a) Lubang hidung simetris kiri dan kanan.b) Tidak terdapat polip dan secret.f. Mulut dan gigi.1) Inspeksi.a) Bibir tampak lembab.b) Tidak terdapat caries pada gigi.c) Gusi tampak merah muda.g. Leher.1) Inspeksi.Tidak terdapat pembesaran kelenjar tyroid, vena jugularis, dan kelenjar limfe.2) Palpasi.Tidak teraba pembengkakan pada kelenjar tyroid, vena jugularis, dan kelenjar limfe.h. Payudara.1) Inspeksi.a) Simetris kiri dan kanan, tidak tampak benjolan.b) Hiperpigmentasi pada areola.2) Palpasi.Tidak teraba benjolan pada payudara.

i. Abdomen.1) Inspeksi.a) Tidak terdapat luka bekas operasi.b) Tampak linea nigra dan striae livida.c) Pembesaran perut sesuai masa kehamilan.2) Palpasi.a) Leopold I: Tinggi fundus uteri (TFU) pertengahan pusat dan processus xyphoideus atau 30 cmb) Leopold II: punggung kiri (PUKI).c) Leopold III: kepala.d) Leopold IV: BAP (Bergerak atas panggul).3) Auskultasi.DJJ (denyut jantung janin) terdengar jelas, keras, dan teratur pada kuadran kiri pada perut ibu dengan frekuensi 138x/menit (N=120-160x/menit).j. Ekstremitas.1) Inspeksi.a) Simetris kiri dan kanan.b) Tidak tampak varices.c) Tidak tampak oedema.2) Palpasi.a) Tidak ada oedema.b) Tidak ada nyeri tekan. 3) Perkusi.Reflex patella positif kiri dan kanan.

LANGKAH II IDENTIFIKASI DIAGNOSA / MASALAH AKTUAL.GII PI A0, umur kehamilan 31 minggu 3 hari, situs memanjang, pu-ki, kepala, BAP, intra uterine, tunggal, hidup, keadaan ibu dan janin baik.1. GII P1 A0.Data subjektif: Ibu mengatakan ini adalah kehamilan kedua dantidak pernah keguguran sebelumnya.Data Objektif: a. Tampak striae livida dan linia nigra.b. Tampak hiperpigmentasi pada areola mammae.Analisa dan interpretasi data.a. Pembesaran uterus menimbulkan peregangan dan penyebab robekan selaput-selaput elastis dibawah kulit sehingga timbul striae livida (obstetri padjajaran, Hal.871).b. Hiperpigmentasi pada areola mammae disebabkan oleh pengaruh Melanosit Stimulating Hormon (MSH) yang meningkat sehingga terdapat deposit pigmen pada areolamammae (Obstetri Fisiologi, Hal. 971).2. Gestasi 31 minggu 3 hari.Data Subjektif: Ibu mengatakan HPHT tanggal 17 Juni 2012.

Data Objektif:a. HTP tanggal 24 Maret 2013. b. TFU pertengahan pusat dengan processus xyphoideus (30 cm).Analisa dan interpretasi data :Menurut Neagle, berdasarkan HPHT ibu tanggal 17 Juni 2012 sampai tanggal pengkajian 23 Januari 2013, didapatkan 220 hari, maka umur kehamilan ibu adalah 31 minggu 3 hari (Wiknjosastro H,202 Hal.115).3. Situs memanjang.Data Subjektif: a. Ada tekanan pada perut bagian atas.b. Pergerakan janin kuat terutama pada sebelah kanan ibu.Data Objektif : a. Palpasi Leopold I TFU pertengahan antara procesus xyphoideus dan pusat,Leopold III teraba kepala.b. Perubahan bentuk uterus yang lonjong sesuai umur kehamilan.Analisa dan Interpretasi data :Jika ukuran panjang anak adalah ukuran bokong, kepala sesuai panjang sumbu ibu, maka anak dikatakan dalam bentuk bujur atau memanjang, perubahan bentuk uterus yang lonjong sesuai tuanya umur kehamilan menandakan janin dalam keadaan situs memanjang sesuai sumbu ibu ( Ilmu kebidanan hal : 147).

4. Punggung kiri.Data Subjektif : Ibu merasakan pergerakan janin yang penting aktifdisebelah kanan perut ibu.Data Objektif :a. Leopold II pu-ki.b. DJJ 138x/menit terdengar jelas dan teratur pada kuadran kiri bawah perut ibu.Analisa dan interpretasi data.a. Palpasi Leopold II untuk menentukan letak punggung janin dan bagian terkecil janin. (Prawirohandjo, Obstetri hal 89).b. Adanya bagian yag keras, lebar dan teraba seperti papan menandakan letak punggung janin, jika bagian tersebut berada pada bagian kiri ibu maka punggung janin berada disebelah kiri perut ibu (pu-ki) sedangkan sisi kanan perut ibu akan teraba bagian-bagian kecil janin. (Manuaba I.B.G hal 163).5. Persentase kepala.Data Subjektif : Ada tekanan pada perut bagian bawah.Data Objektif : Palpasi Leopold III teraba kepala (teraba bulat,keras, dan melenting).Analisa dan interpretasi data.Pada analisa Leopold III digunakan untuk menentukan persentase janin, pada bagian bawah teraba bagian yang bulat dan keras yang menandakan kepala janin. (Asuhan Kebidanan hal 10).6. BAP (bergerak atas panggul).Data Subjektif : Tekanan pada perut bagian bawah kuat.Data Objektif: Palpasi leopold IV teraba kepala belum masukkedalam panggul.Analisa dan interpretasi data.Pada palpasi leopold IV untuk mengetahui sejauh mana bagian terendah janin turun, kedua tangan masih bertemu, menandakan bahwa bagian terendah janin (kepala) sudah belum berada dalam rongga panggul (ilmu kebidanan, Hal.158).7. Intra uteri.Data Subjektif : Ibu tidak pernah nyeri perut yang hebat selamahamil.Data Objektif : a. Leopold I : Pertengahan pusat dengan processus xyphoideusatau (30 cm).b. Teraba bagian-bagian janin.c. Pembesaran perut sesuai umur kehamilan.Analisa dan interpretasi.a. Cavum uteri adalah bagian dari uterus yang merupakan tempat berkembang janin dimana janin dapat tumbuh dan berkembang hingga aterm tanpa menyebabkan nyeri.b. Fundus uteri semakin meninggi dan menjadi organ abdomen menandakan janin berkembang dalam uterus( Manuaba,I,B,G,hal : 163).8. Tunggal.Data Subjektif : Janin bergerak hanya disatu sisi saja yaitu bagiankanan ibu.Data Objektif : a. Pembesaran perut sesuai umur kehamilan.b. Pada leopold III teraba 2 bagian besar dilokasi yang berbeda.c. DJJ terdengar jelas, keras dan teratur pada satu sisi.Analisa dan interpretasi data.Janin dikatakan tu