(2003) PDF: TULISAN BG 2003

download (2003) PDF: TULISAN BG 2003

of 127

  • date post

    06-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    259
  • download

    9

Embed Size (px)

description

Kumpulan tulisan Bambang Gunawan yang dibuat pada tahun 2003.

Transcript of (2003) PDF: TULISAN BG 2003

  • INTERNET DI BPK PENABUR CIMAHI Tidak salah kalau Ketua BPK PENABUR Jakarta, Pak Christian Handoyo menghimbau untuk membantu BPK PENABUR daerah.

    Hari Jumat, tanggal 14 November 2003, Kepala SDK 2, Ibu Lukman melaporkan mendapat surat resmi No. 69/BPK/Cmi/S/XI/2003 dari pengurus BPK PENABUR Cimahi dengan tanda tangan Ketua: Joshua Hendarto Chiptadaya, SH dan Sekretaris: Ir. Arda R Lukitobudi, M.Eng. mengucapkan selamat atas prestasi MERCIA WIJAYA dan EDWARD LEEANSYAH pada ASEAN PRIMARY SCHOOL MATHEMATICS AND SCIENCE OLYMPIAD 2003.

    Surat resmi yang dikirimkan via kantor pos tidak mahal tetapi hasilnya Ibu Lukman surprise dan terharu. Kini surat resmi tsb telah dipasang di http://prestasi.penabur.org mendampingi ucapan selamat lainnya.

    Pada http://www.bpkpenabur.or.id ada fasilitas untuk BPK PENABUR Cimahi sehingga bisa upload dengan cara yang mudah dan sederhana mengenai berita atau pengumuman atau prestasi yang berhubungan dengan sekolah-sekolah BPK PENABUR Cimahi. Karena sudah ada e-mail atau internet di BPK PENABUR Cimahi maka bimbingan bisa dilaksanakan jarak jauh.

    At 09:17 AM 12/5/2003 +0700, BPK PENABUR Cimahi wrote: Salam Sejahtera, Terima kasih atas informasi yang telah diberikan kepada kami mengenai fasilitas di internet yang bisa kami pakai. Sekolah - sekolah di BPK PENABUR Cimahi belum terpasang internet, yang sudah hanya di kantor sekretariat saja, dan pengetahuan yang kami punya ( staf sekretariat ) hanya sedikit sekali. Untuk itu kami sangat senang sekali apabila Bp. Bambang Gunawan bersedia membimbing kami untuk lebih dalam belajar mengenai program ini, walaupun dengan jarak yang jauh. Salam manis buat teman- teman yang ada disini untuk Ibu Shinta, Maureen, Mulyono, Budiono dan yang lainnya yang saya belum kenal. Tuhan memberkati. Hermin H.S

    BG: OK, coba masuk ke alamat ini: http://www.bpkpenabur.or.id/center/

    Kemudian tuliskan pada: Username: cimahi Password: ******Lalu klik: submit

    Maka akan keluar fasilitas yang dinamakan BPK PENABUR Admin Center, mungkin coba lebih dahulu klik: submit news

    Kini silakan tuliskan pada Judul: PERAYAAN NATAL BPK PENABUR CIMAHI kemudian pada kolom Berita: (silakan dituliskan hari, tanggal, tempat, dll tentang Perayaan Natal tsb).

  • Untuk melihat hasil yang sudah dikerjakan, harus masuk ke: http://www.bpkpenabur.or.id

    Tolong, kalau sudah selesai kabarkan ke saya agar saya bisa lanjutkan dengan pelajaran yang lain.

    At 02:08 PM 12/8/2003 +0700, BPK PENABUR Cimahi wrote: Pak Bambang , Saya sudah coba mengikuti langkah - langkah yg diberikan mulai masuk ke alamat, tulis username dan password, klik submit dan ketik isi berita habis itu klik logout khan ? Sudah coba lihat di http://www.bpkpenabur.or.id baik yang umum maupun yang Cimahi. Tapi kok nggak ada yach ? Tolong apakah ada yang salah ? ttd Hermin H.S

    BG: Sebelum klik logout harus klik: submit lebih dulu yang ada di bawah berita. Saya sudah coba bisa tuh. Kini coba klik "show news" lalu edit berita yang saya sudah masukan tsb. Jangan putus asa, coba terus.

    At 01:58 PM 12/9/2003 +0700, BPK PENABUR Cimahi wrote: Pak Bambang yang baik, sekarang saya sudah bisa mengisi kolom berita.

    BG: Selamat!!! Saya sudah lihat, bagus !!!!!

    Tapi ada yang mesti dirubah dalam websitenya Cimahi bahwa kepsek TKK yg sekarang bukan Ibu Dede Susilawati sudah diganti dengan Ibu Tri Yuwani.

    BG: Untuk ganti nama kasek TKK, kini klik: show schools Lalu klik: " edit " pada baris pertama dengan ID Sekolah = 123 kemudian nama Dede Susilawati silakan diganti dengan Tri Yuwani Tidak sulit, silakan dicoba dan mohon kabar kalau sudah selesai.

    Terus kemarin ada rekan kami guru tetap SLTPK BPK PENABUR Cimahi yang dipanggil Tuhan pada tgl. 03 Des 03 Sdr. Trisnaning Dyah Mumpuni, gimana caranya? Tolong bantuin yach! Terima kasih. Hermin H

    BG: Dibuatkan berita duka cita saja, jadi "submit news" lagi sekalian latihan untuk buat berita. Tolong dituliskan yang lengkap umur berapa dan dikebumikan di mana. Nanti datanya saya ambil untuk dipasang di http://www1.bpkpenabur.or.id/tiada/ Punya fotonya? Kalau punya scanner, bisa discan dan kirim via e-mail supaya bisa dipasang sekalian.

    Selamat kepada BPK PENABUR Cimahi yang bisa pasang BERITA ! Silakan coba terus, "bisa karena biasa".

    At 01:34 PM 12/10/2003 +0700, BPK PENABUR Cimahi wrote: Pak Bambang,

  • Sayang sekali kita nggak punya scaner jadi fotonya nggak bisa dipasang. Sudah bisa masuk ke pelajaran selanjutnya nggak? Kita di Cimahi seneng lho belajar membuat berita2 yang terbaru di website BPK PENABUR khususnya Cimahi. Jangan bosan yach ajarin kami. Terima kasih.GBU

    BG: Bagus, saya sudah lihat ada penambahan pada BERITA. Juga sudah diganti nama kepala TKK, jadi tidak sulit ya?

    Sebaiknya judul berita semuanya dibuat pakai huruf besar, supaya lebih jelas, jadi untuk judul dituliskan: BERITA DUKA CITA bukan Berita Duka Cita

    OK, kini lihat menu pada frame kiri lalu klik: prestasi

    Setelah muncul frame kanan, lalu klik: "Prestasi Baru" maka akan keluar 3 kolom yaitu untuk "Prestasi", untuk "Tanggal" dan untuk "Nama"

    "Prestasi" adalah untuk jenis lombanya, misalnya Paduan Suara, Puisi, Menggambar dll juga sekalian dituliskan tingkatannya, hanya tingkat sekolah saja, atau tingkat kelurahan, kecamatan dll

    "Tanggal" adalah untuk tanggal diadakannya lomba tersebut. Karena sort descending pada tanggal jadi sebaiknya ditulisan sbb: 2003.12.10 (tahun, bulan dan hari, jadi dituliskan terbalik)

    "Nama" adalah nama siswa yang berprestasi, kalau lebih dari satu dituliskan semuanya. Nama ini punya efek psikologis karena siswa tsb pasti bangga karenanya masuk ke internet.

    Silakan dicoba dan mohon kabar kalau sudah.

    Tahun Baru = Kebiasaan Baru From: "christian" Date: Wed, 19 Nov 2003 15:47:50 +0700 Subject: [milis-ksmuk] Re: Dari Kasek SMUK 7 (1) Bu Endang yang baik, Ada statement yang mengatakan "tidak kenal maka tidak sayang" dan ada lagi yang mengatakan "bisa karena biasa" dua hal tersebut yang sedang ibu Endang lakukan yaitu sedang lebih mengenal manfaat dari internet dengan membiasakan menggunakannya.

    BG: Menarik sekali e-mail dari Pak Christian di atas. Kebetulan saya dapat tugas untuk membantu para Kasek memanfaatkan internet khususnya e-mail.

  • Kemarin saya coba meneliti mailbox dari Kasek TKK, ternyata sebagian besar belum diganti passwordnya sehingga saya bisa ngintip isi mailbox dan tahu masih berapa banyak e-mail yang belum dibaca.

    Tetapi jenjang lain yaitu SDK, SLTPK, SMUK dan Kejuruan lebih banyak yang tidak bisa saya lihat isi mailbox karena passwordnya sudah diganti.

    Mohon konfirmasi, saya merasakan dan menduga bahwa sudah cukup banyak Kasek rajin baca e-mail tetapi untuk kirim e-mail masih sedikit. Betul demikian?

    Secara psikologis, saya akui tidak semua orang suka nulis, maka saya tidak mau maksa. Tetapi juga benar apa yang ditulis Pak Christian di atas yaitu "bisa karena biasa".

    Tiba-tiba timbul ide dan ingin mengusulkan untuk tahun 2004 yang sudah dihadapan kita, "Tahun Baru = Kebiasaan Baru".

    Kemungkinan 1:

    Setiap minggu Kasek melaporkan via e-mail ke milis jenjang keadaan sekolahnya seminggu sebelumnya.

    Kalau berjalan lancar, tentu dilaporkan saja semua berjalan lancar dan tidak ada persoalan. Jadi e-mailnya cukup singkat saja.

    Kalau ada persoalan mungkin e-mailnya bisa lebih panjang, diceritakan persoalannya apa dan solusinya apa. Kalau belum ada solusinya juga dilaporkan, siapa tahu ada yang tergugah untuk membantu.

    Kemungkinan 2:

    Kalau seminggu sekali terlalu berat, bagaimana kalau sebulan sekali? Misalnya: minggu pertama, Kasek TKK melaporkan, minggu ke-dua, Kasek SDK yang melaporkan, minggu ke-tiga, Kasek SLTPK yang melaporkan, minggu ke-empat, Kasek SMUK dan Kejuruan yang melaporkan.

    Ingin pilih yang mana?

    Bambang Gunawan, 5 Desember 2003

    From: "CHRISANTY BUDI SANTOSO" Subject: Re: Tahun Baru = Kebiasaan Baru Date: Fri, 05 Dec 2003 01:58:14 GMT SMF pilih kemungkinan kedua

  • From: "Endang" Subject: Re: [pjbstruk] Tahun Baru = Kebiasaan Baru Date: Mon, 8 Dec 2003 13:55:32 +0700 Selamat siang Pak Bambang, Jenjang SMUK melalui kajeng setiap tanggal 5 awal bulan memberikan laporan mutasi keluar dan mutasi masuk. Gimana kalau buat pemula laporan itu saja dikirim ke kajeng melalui e-mail. sekalian kalau memberi informasi yang lain. Jadi belajar mengirimkan data juga, karena kalau tidak dibiasakan, ya lupa lagi caranya. salam, Endang (SMUK7)

    PRESTASI IRWAN HADI Date: Wed, 20 Aug 2003 19:28:03 -0600 From: Irwan Hadi Hari ini baru pass ujian untuk mendapat sertifikat security+. Berarti saat ini namanya jadi:

    Irwan Hadi, MCSE (Win2K+Security), MCSA (Win2K+Security), Security+, Linux+

    Dalam waktu dekat akan ambil CCNA (Cisco Certified Network Administrator).

    Sertifikat CCNA di atas saya terima dari Irwan Hadi pada hari Sabtu, tanggal 1 November 2003 sedangkan tanggal pada sertifikat tersebut tertulis "Date: 10/31/2003 3:48:22 PM" berarti kemungkinan begitu terima sertifikat Irwan Hadi langsung mengirimkannya.

    Tanggal 20 Agustus 2003 yang lalu, begitu terima e-mail dari Irwan Hadi di atas, saya langsung mengucapkan selamat kepada orang tua Irwan Hadi yang tinggal di Jakarta. Pasti setiap orang tua bangga dengan prestasi anaknya. Sayang maksud baik ini menjadi bumerang karena dua hari kemudian Irwan Hadi menulis bahwa maminya uring-uringan tentang ucapan selamat dari saya, sebab Irwan Hadi belum lapor ke maminya pada tanggal 20 Agustus 2003 tersebut.

    Karena pengalaman di atas, pada tanggal 1 November 2003 saya lebih hati-hati, baru setelah satu minggu saya telepon seperti dilaporkan di bawah ini.

  • Date: Sat, 08 Nov 2003 07:56:04 +0700 Subject: Telepon Mami Irwan Pagi ini saya telah telepon Mami Irwan Hadi