(2001) PDF: TULISAN BG 2001

download (2001) PDF: TULISAN BG 2001

of 61

  • date post

    09-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    284
  • download

    18

Embed Size (px)

description

Kumpulan tulisan Bambang Gunawan yang dibuat pada tahun 2001.

Transcript of (2001) PDF: TULISAN BG 2001

  • INSTALL LINUX REDHAT 7.2Baru saja tanggal 16 Desember 2001 penulis install RedHat 7.1, sepuluh hari kemudian pindah ke RedHat 7.2 karena beli Majalah Info Linux No. 10/I/2001, Edisi Khusus dengan bonus 2 CD, diperoleh Full Version RedHat 7.2 dengan harga Rp. 23.800,-. Legal dan bukan bajakan. Murah? Inilah Linux!

    Segera install RedHat 7.2 tsb. Sama mudahnya seperti install Win98, hanya tinggal mengikuti menu atau petunjuk saja, tanpa repot-repot lagi. Kelebihan apa yang langsung terlihat? Ketika coba RedHat 7.1 dan Mandrake 8.0, tidak bisa langsung buka file MsWord sehingga terpaksa install lebih dahulu Star Office. Pada RedHat 7.2 ada program Abi Word yang langsung bisa buka file MS-Word. Jadi tidak perlu repot lagi.

    Karena selama libur banyak baca tulisan I Made Wiryana pada alamat: http://pandu.dhs.org/. Ucapan terima kasih disampaikan sambil memberitahukan ikut mempromosikan kegiatan dari Tim Pandu di www.bpkpenabur.or.id. Dapat response dari IMW sbb:

    From: Made Wiryana Date: Sun, 23 Dec 2001 23:26:06 +0100 (CET)Kalau diketik pakai "Lyx" atau "LaTeX" saya punya "package" untuk ngeformat jadi buku 8-) Formatnya niru buku "OReilly" IMW

    Timbullah minat untuk belajar LaTeX tsb. Segera baca file intro-latex-3.pdf yang juga dibuat oleh Tim Pandu. Kemudian IMW memberitahukan: "Kalau install Linux biasanya udah diinstall LaTeX, utilitas, dan paket-paket standard yg sering digunakan." Cari-cari di Mandrake 8.0 tidak ketemu. Entahlah mungkin karena yang diinstall hanya satu CD saja. Tetapi ketika install RedHat 7.2 yang terdiri dari 2 CD langsung terbaca ada program LaTeX yang ikut diinstall.

    Selain RedHat 7.2 tersebut, dalam Majalah Info Linux No. 10 ada artikel menarik mengenai Hot Tips yang ditulis oleh ABe Susanto dengan judul MENYIASATI FILE MS-WORD. Kalau Abi Word dan Star Office bisa buka file MS-Word, Andri J. van Os dari Belanda juga tidak mau kalah dengan jalan membuat program dengan nama ANTIWORD yang mampu mengkonversi file binary dari Word 6, Word 7, Word 97, Word 2000 dan Word 2002 ke format plain text dan Poscript.

    Program ANTIWORD yang besarnya 590 Kb (versi 0.32) disediakan gratis dan dapat di download pada alamat: http://www.winfield.demon.nl/index.html

    Terima kasih harus diucapkan kepada Pak Stefanus A Wartono untuk masukannya sbb:

    Date: Mon, 31 Dec 2001 11:42:28 -0800From: Stefanus A Wartono

  • Subject: Pengganti MSOfficeAda program pengganti MSOffice yang bisa untuk Win&Lin, yaitu OpenOffice638. Bapak bisa download, cari di Google dulu atau beli saja Mikrodata yang terakhir, vol 11 seri 16, di CD-nya ada lengkap. Atau, kalau mau dikirim via e-mail juga bisa, E-mail address mana yang tidak ada quota-nya?

    Berarti sekolah-sekolah BPK PENABUR tidak perlu ragu-ragu untuk mulai meninggalkan program-program komersial yang dipelajari oleh siswa-siswanya. Ada yang lebih murah, kenapa nggak dipilih?

    Bambang Gunawan, 27 Desember 2001

    GERAKAN LINUX 2002 DI DIKMENJUR

    Menarik sekali usulan Direktur Dikmenjur Pak Gatot HP di bawah ini.

    From: Gatothp@aol.comDate: Thu, 20 Dec 2001 20:26:08 ESTSubject: [smk-ti] linux di dikmenjur 2002 rekan milis dikmenjur di indonesia, kami menyarankan, untuk memulai mempelajari linux dalam tahun 2002, atau kita kembangkan gerakan linux 2002 di dikmenjur, hal ini kita harus mulai karena dalam globalisasi, kita tidak mungkin memakai software bajakan lagi, kita harus menghargai karya siapapun juga kalau kita ingin karya kita di hargai.... linux memang opensource, dimana pun siapaun bisa mengembangkan sendiri programnya sesuai dengan keperluan masing-masing... mari bersama sama menghargai hak cipta di dunia it , dengan mengmasukkan secara bertahap program linux dalam server serta komputer kita... kita mulai tahun 2002....siapkah anda....?

    Segera usulan tsb mendapat banyak tanggapan yang positif.

    From: "zaenal" Date: Fri, 21 Dec 2001 09:37:13 +0700Dear Sir, Untuk OS Server, sepertinya Free BSD mantap dan banyak diminati. Mungkin kita mesti berguru sama mas Siswanto di UMM.... FYI. : Harga SW microsoft windows utk pendidikan, kok masih ratusan $ ... Mas Akhmadi di VEDC sudah bertanya dan demikian mahal, meskipun windows sudah mendarah daging, bgmana bisa beli yg legal ? sudah gitu, harus kontak ke scomptec Surabaya... :-(

    From: "M. Jarwanto" Date: Sat, 22 Dec 2001 06:32:59 +0700Terima kasih atas support dari Bapak Direktur, mudah-mudahan rekan-rekan SMK-SMK yang lain segera merealisasikan penggunaan software legal dan murah ini. Sebagai saran untuk rekan-rekan yang pemula bisa mencoba distro Mandrake 8.0/8.1(

  • terkenal dengan instalasi yang sangat mudah bagi pemula ), tetapi memerlukan spasi hardisk yang besar, bisa dipertimbangkan distro Suse 7.2 atau Redhat 7.2 sistem installnya bukan mirip tetapi sudah seperti instalasi M$ Windows. khusus untuk Suse paling banyak software yang diperlukan dalam pendidikan mulai matematika, kimia, CAD dll ( maaf nggaksempat meneliti karena jumlah sw-nya hampir 2000-an ), sedang distro dari Indonesia yaitu Trustix Merdeka versi terbaru ( versi 2.0) masih jarang di pasaran, tetapi punya keistimewaan KDE atau windows GUI-nya sudah dalam bahasa Indonesia. Saran Pak Zaenal untuk mempelajari Free-BSD perlu dipertimbangkan juga bagi rekan-rekan, karena OS ini paling secure tetapi kendalanya adalah banyak setting yang perlu pengalaman, dan ini bisa dipelajari juga di linux karena hampir mirip versi terakhir adalah 4.3.

    From: "Fajar Setiawan" Date: Fri, 21 Dec 2001 09:04:53 +0700 Sebelumnya kami mewakili seluruh rekan guru dan karyawan SMK Diponegoro Ploso Jombang Mengucapkan Selamat Hari Raya Iedul Fitri - Mohon Ma'af Lahir Dan Batin Setelah saya membaca e-mail dari Bapak Gatot HP, saya sangat setuju sekali, mulai sekarang bagi rekan-rekan milis yang ingin belajar linux, sebagai alternatif silahkan mengikuti milis-linux dengan mengirimkan e-mail kosong pada alamat di bawah ini : linux-desktop@linux.or.id -- membahas tentang aplikasi linux linux-bursa@linux.or.id -- membahas tentang bursa linux linux-setup@linux.or.id -- membahas tentang instalasi linux linux-programming@linux.or.id -- membahas tentang pemrograman linux linux-admin@linux.or.id -- membahas tentang sistem dan network di sana akan membahas bermacam-macam permasalahan yang timbul di Linux Operating System

    From: "Fajar Setiawan" Date: Sat, 22 Dec 2001 20:51:39 +0700 Kepada Rekan Milis Semua, Kami dari SMK Diponegoro Ploso Jombang mendukung sepenuhnya untuk program pengembangan Linux 2002. Saat ini server Warnet kami menggunakan RedHat Linux 6.2. Dan kami Insya Allah ..! siap membantu dalam rangka memasyarakatkan Linux di Indonesia. That is the best operating system...!

    From: abd majid Date: Sat, 22 Dec 2001 19:22:42 +0700 Kami sangat setuju sekali akan mempelajari Linux ini. Kita dari JIS DKI siap untuk pengembangan dan rencana awal januari akan ada pelatihan linux LTSP. Dan kami disekolah server baik untuk Web dan Mail semua pakai linux. trims

    Bagaimana di BPK PENABUR?

    Pada akhir tahun 1999 BPK PENABUR Jakarta memutuskan untuk co-location server di Bitnet. Pak Adi, staf sistek, mengusulkan untuk menggunakan OS Linux. Kagum dan iri ketika melihat Pak Adi sudah mulai setup Linux Redhat.

  • Mulai tanggal 23 Maret 2000 karena Irwan Hadi diminta bantuan untuk setup server co-location tsb dan kebetulan dikerjakan secara remote dari komputer penulis di kantor, barulah mulai belajar sedikit-sedikit mengenai Linux. Mula-mula bingung, tetapi lama-lama setelah mulai biasa, barulah merasakan manfaatnya karena bisa membuatkan alamat e-mail untuk guru-guru BPK PENABUR dengan domain @bpkpenabur.or.id.

    Selanjutnya Irwan Hadi dengan nada keras menganjurkan agar sekolah-sekolah BPK PENABUR memanfaatkan OS Linux karena lebih murah dan bebas bajakan. Walaupun kurang mendapat sambutan tetapi secara perlahan mulai ada kegiatan, baca BELAJAR LINUX MANDRAKE 7.2 yang dimulai pada tanggal 4 Desember 2000.

    Kemudian tanggal 9 Januari 2001 dengan biaya sendiri MENGIKUTI SEMINAR LINUX di mana Dr. Ir. Gatot Hari Priowijanto, Direktur Direktorat Dikmenjur Depdiknas RI, juga datang sebagai keynote speaker. Kampanye Linux terus dilakukan dengan mengeluarkan tulisan sbb: PAKET HEMAT (PAHE) LINUX.

    Peristiwa menarik terjadi pada tanggal 15 November 2001 dengan acara WORKSHOP LINUX ONNO W. PURBO, seharian Dr. Onno W. Purbo berada di SMKK 2 (STMK) membimbing menggunakan Linux. Akhir tahun 2001 ditutup dengan laporan-laporan sbb: INSTALL LINUX REDHAT 7.1 dan BELAJAR LINUX WAKTU LIBUR.

    Semoga ajakan Pak Gatot dengan GERAKAN LINUX 2002 DI DIKMENJUR juga diikuti oleh sekolah-sekolah BPK PENABUR.

    Bambang Gunawan, 23 Desember 2001

    BELAJAR LINUX WAKTU LIBURKarena banyak kegiatan rutine yang harus dilakukan tiap hari di kantor, ternyata waktu libur adalah masa yang menyenangkan sekali untuk belajar LINUX. Salah satu hasilnya dapat dibaca pada laporan INSTALL LINUX REDHAT 7.1.

    Setelah puas install Linux Redhat 7.1, dicoba install Linux Mandrake 8.0. Sebelumnya pernah install Linux Mandrake 7.2. Kesimpulannya ialah baik install Linux Redhat maupun Linux Mandrake sama mudahnya seperti install program Microsoft Windows. Kalau Linux Redhat 7.1 hadiah dari Prof. J. Rufinus, Linux Mandrake 8.0 adalah sisipan dari Majalah Info Linux.

  • Tanpa terduga CD sisipan dari Majalah Info Linux banyak sekali manfaatnya. Ketika iseng-iseng membuka CD No. 8 terdapat direktori pandu.dhs.org, banyak sekali artikel menarik antara lain:

    Mau dikemanakan komputer butut yang ada ? Oleh: I Made Wiryana. Di bahas dengan menarik sekali pemanfaatan kembali dari Komputer tingkat 386 ke bawah, Komputer 386-486 RAM terbatas yaitu kurang dari 8 MB, Komputer 486 dan Pentium RAM terbatas yaitu dengan RAM di bawah 32 MB. Kalau di web dapat di akses pada alamat: http