Pbl Reseptor Insulin

download Pbl Reseptor Insulin

of 14

  • date post

    18-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    12
  • download

    1

Embed Size (px)

description

makalah

Transcript of Pbl Reseptor Insulin

PowerPoint Presentation

Kerusakan Reseptor Insulin pada Penderita Diabetes Mellitus

Kelly 102012078 D 8

Identifikasi Istilah yang Tidak Diketahui

Sel pankreas: sel yang berfungsi mensekresikan hormon insulin.Diabetes mellitus: keadaan gula darah tinggi yang kronik disertai kelainan metabolik akibat kelainan sekresi dan kerja insulin.Reseptor: molekul protein yang secara normal diaktivasi oleh transmitor atau hormon.Insulin: hormon yang bekerja memasukkan gula dari peredaran darah ke dalam sel.

DMKerusakan ReseptorSintesis ProteinMekanisme

Transkripsi + Translasi

MutasiHerediterSel InsulinSel Target Reseptor

Diabetes Mellitus

Arti: keadaan gula darah tinggi yang kronik akibat kelainan sekresi dan kerja insulin.Gangguan keseimbangan antara transportasi glukosa ke dalam sel, glukosa yang disimpan di hati, dan glukosa yang dikeluarkan dari hati. Dibagi menjadi 2 tipe yaitu:DM tipe I pankreas tidak dapat memproduksi insulin.DM tipe II insulin bekerja secara normal tetapi jumlah reseptor kurang.

Sintesis Protein

Sintesis protein proses terbentuknya protein yang terdiri dari 2 tahap:Transkripsi: proses menyalin data yang terdapat pada rantai sense DNA. Pembukaan rantai DNA oleh enzim ligase. Penempelan enzim polimerase pada daerah sekuen gen.Enzim polimerase mulai aktif menyalin kode genetik hingga bagian triplet menghentikan proses menyalin. Hasilnya: mRNA dengan kode pasangan yang terdapat pada rantai sense DNA.Setelah terbentuk, mRNA keluar dari inti sel menuju ke ribosom dalam sitoplasma.

Untuk setiap satu molekul protein yang dibentuk akan selalu dimulai dengan kodon start yaitu AUG yang mengkodekan asam amino metionin. Satu molekul protein yang telah terbentuk akan selalu diakhiri dengan tanda berupa kodon stop yaitu UAA, UAG atau UGA.

b.Translasi: penerjemahan kode genetik yang dibawa mRNA oleh tRNA. tRNA akan mengikat asam amino tertentu yang telah dikodekan oleh kodon. Asam amino akan bergabung dengan mRNA di ribosom masing-masing tRNA yang mengikat satu jenis asam amino lain.Asam amino yang dibawa langsung bergabung dengan mRNA di ribosom.Terjadi ikatan antar asam amino polipeptida.Proses polimerasasi protein.

Kegagalan Reseptor

Mutasi : perubahan dalam material hereditas suatu organisme. Mutasi kelainan sekresi insulin, gangguan struktur insulin, gangguan pada reseptor insulin dan kelainan enzim. Berdasarkan bagian yang mengalami mutasi maka mutasi dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:Mutasi gen Perubahan pada susunan gen. Mutasi gen terjadi pada sel kelamin diteruskan pada keturunannya.Mutasi gen mempunyai efek merugikan pada fenotip manusia/hewan penyimpangan genetik/penyakit menurun.

Mutasi kromosom Perubahan pada kromosom. Dapat diturunkan dari salah satu orang tua yang membawa kelainan kromosom.Usia ibu saat hamil juga menjadi salah satu faktor penyebab kelainan kromosom.

HerediterFaktor bawaan atau keturunan. Memiliki peran besar pada penderita obesitas.

Insulin

Arti: hormon yang bekerja memasukkan gula dari peredaran darah ke dalam sel dan diproduksi oleh kelenjar pankreas.Di dalam pankreas terdapat pulau-pulau Langerhans.Dalam keadaan normal, bila glukosa darah naik, maka pulau-pulau Langerhans >> insulin.Insulin dibuat oleh sel di pankreas sel beta. Sel beta rusak atau tidak berfungsi insulin tidak dapat diproduksi.

Pada penderita diabetes tipe II, pankreas yang memproduksi insulin sebagian rusak. Insulin tidak dapat dihasilkan dalam jumlah yang cukup. Obesitas menyebabkan lubang kunci pada sel-sel berubah bentuk >> insulin. Peningkatan insulin tidak dapat dipenuhi

Konsentrasi glukosa darah tetap tinggi

KesimpulanDiabetes mellitus dapat terjadi karena adanya kerusakan fungsi reseptor insulin sehingga insulin tidak dapat bekerja. Kerusakan reseptor insulin disebabkan oleh mutasi dan herediter yang mengakibatkan kelainan sekresi insulin, gangguan struktur insulin, gangguan pada reseptor insulin dan kelainan enzim. Insulin dibuat oleh sel beta. Apabila sel beta rusak atau tidak berfungsi, maka insulin tidak dapat diproduksi.

Terima Kasih