Reseptor Tirosin Kinase (Obat Gefitinib)

Click here to load reader

  • date post

    09-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    195
  • download

    53

Embed Size (px)

description

Reseptor Tirosin Kinase (Obat Gefitinib)

Transcript of Reseptor Tirosin Kinase (Obat Gefitinib)

TUGAS FARMAKOLOGI MOLEKULER GEFITINIB (IRESSA )

GEFITINIBGefitinib (IRESSA ) adalah dipakai untuk pengobatan kanker paru jenis tertentu ( non small cell lung cancer), dan beberapa jenis kanker lainnya.

Mekanisme kerja Menghambat Epidermal Growth Factor Receptor (EGFR) tirosin kinase dengan mengikat adenosin trifosfat (ATP). Merupakan inhibitor selektif pertama dari tirosin kinase Epidermal Growth Factor Receptor (EGFR) yang juga disebut sebagai HER1.

Rumus Struktur Gefitinib

Systematic (IUPAC) nameN-(3-chloro-4-fluoro-phenyl)-7-methoxy-6-(3-morpholin-4-ylpropoxy)quinazolin-4-amineReseptor Tirosin KinaseReseptor tirosin kinase (RTK) adalah reseptor yang memiliki aktivitas kinase pada protein tirosin, yaitu mengkatalisis transfer fosfat dari ATP ke gugus hidroksil (OH) tirosin pada protein target.

Reseptor tirosin kinase (RTK) merupakan keluarga reseptor yang memiliki struktur yang mirip satu sama lain. Keluarga reseptor ini memiliki satu tyrosin kinase domain, yaitu yang akan memfosforilasi protein pada residu tirosin, satu hormone binding domain, yaitu tempat ikatan dengan ligan atau hormon, dan satu segmen karboksil terminal dengan tirosin ganda untuk autofosforilasicontoh reseptor yang tergolong reseptor tirosin kinase antara lain adalah reseptor-reseptor faktor pertumbuhan seperti:EGFR (epithelial growth factor receptor) VEGFR (vaskular endothelial growth factor receptor)Reseptor sitokin, danReseptor insulin

Reseptor Tirosin Kinase

RESEPTOR FAKTOR PERTUMBUHAN (GROWTH FACTOR)

Reseptor growth factor merupakan reseptor yang tergolong reseptor tyrosine kinase yang memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan sel. Dengan adanya ikatan antara suatu growth factor dengan reseptornya, maka akan terjadi serangkaian peristiwa molekuler yang berujung pada transkripsi gen. Setelah transkripsi gen terjadi, sintesis protein tertentu yang dibutuhkan pun akan diatur untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan dan proliferasi sel. Banyak obat dikembangkan dengan growth factor reseptor target aksi, obat kanker adalah salah satunya.

Signal transduksi pada reseptor tirosin kinase ada 2 jalur :1. Jalur Ras/Raf/Map kinase, yaitu jalur yang berperan dalam pembelahan sel, pertumbuhan, dan proliferasi sel. Contoh nya reseptor growth factor, seperti EGFR, VEGF receptor, PDGF, dan reseptor insulin.

2. Jalur Jak/stat, yang diaktivasi oleh berbagai cytokines dan mengontrol sintesis dan pelepasan berbagai mediator inflamasi. Contohnya pada receptor cytokines.Transduksi Sinyal Pada EGFR

KANKER PARU-PARUKanker paru-paru merupakan penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Pertumbuhan sel ini dapat menyebar ke luar dari paru-paru melalui suatu proses yang disebut metastasis ke jaringan yang terdekat atau bagian tubuh yang lainnya. Jenis kanker paru yang utama adalah SCLC (kanker paru sel kecil), dan NSCLC (kanker paru non-sel-kecil). Gejala paling umum adalah batuk (termasuk batuk darah), berat badan turun dan sesak napas.

Prevalensi Kanker paru di negara maju sangat tinggi, di USA tahun 2002 dilaporkan terdapat 169.400 kasus baru ( merupakan 13% dari semua kanker baru yang terdiagnosis) dengan 154.900 kematian (merupakan 28% dari seluruh kematian akibat kanker), di Inggris prevalensi kejadiannya mencapai 40.000/ tahun, sedangkan di Indonesia menduduki peringkat keempat kanker terbanyak, di RS kanker Dharmais Jakarta tahun 1998 menduduki urutan ketiga setelah kanker payudara dan kanker leher rahim.Tanda dan gejala kanker paru-paru dapat meliputi :

- Batuk yang tidak kunjung sembuh (lebih dari 2 minggu)- Perubahan batuk kronis- Batuk berdarah- Perubahan warna dan meningkatnya jumlah dahak- Bunyi seperti yang terjadi pada penderita asma saat bernafas pada bukan penderita asma- Sesak nafas- Nyeri pada dada dan tulang- Nyeri pada saat menarik nafas dalam-dalam- Perubahan suara menjadi serak- Penurunan berat badan yang drastis- Sakit kepala- Pembengkakan di wajah atau leher

Mekanisme Terjadinya KankerTerjadi mutasi pada EGFR menyebabkan terjadinya aktivitas EGFR yang berlebihan (overactivity/upregulation)Overactivity EGFR menyebabkan aktivitas pembelahan sel yang tidak terkendali dan menyebabkan kankerProses Transduksi Sinyal & Overactivity EGFR

Mekanisme Kerja GefitinibEpidermal growth factor reseptor (EFGR) mengatur prolifersi sel, apoptosis, angiogenesis, serta invasi tumor. Mutasi serta berkembangnya EFGR sering dijumpai pada kanker paru non-small sel sehingga menjadikan dasar terapi menggunakan penghambat EGFR.

Animasi Mekanisme kerja Gefitinib

Produk Gefitinib

Efek Samping Gefitinib Diare,Mual, Ruam pustula,Gatal, kulit kering,Jerawat, muntah, anoreksia,Stomatitis, gangguan fungsi hati, kelainan pada kuku, alopesia, astenia, konjungtivitis, blefaritis. Kontra IndikasiHipersensitivitas. kehamilan dan laktasi.Tes untuk kanker paru-paru Tes imaging (foto X-Ray, CT-scan) Sputum sitologi Biopsi Pemeriksaan untuk menentukan stadium kanker paru meliputi CT-scan, magnetic resonance imaging (MRI), tomografi emisi positron (PET), dan scan tulang.PencegahanKanker paru tidak dapat dicegah secara pasti, namun risiko dapat dikurangi dengan beberapa cara berikut :Hindari rokok dan asap rokokPola makan sehat, perbanyak makan buah dan sayurKurangi minum alkoholBerolahraga secara teratur

Terima kasih.