TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

download TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

of 26

  • date post

    04-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    224
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

  • 7/21/2019 TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

    1/26

  • 7/21/2019 TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

    2/26

    ahun ini tema peringatan &$! dari %&O adalah @$ *nyhere is $ Bveryhere @. Mengingatpenyakit $# merupakan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh jajaran kesehatan sendiri, tetapibersama seluruh komponen masyarakat maka 'ndonesia menetapkan tema @!iapa dan Dimana !ajaPeduli $# @.

    Maksud dipilihnya tema tersebut adalah sebagai momentum untuk mengingatkan sekaligus mengajakkita bersama"sama melakukan aksi atau tindakan yang konkrit dalam penanggulangan $# di 'ndonesia.

    Penyelenggaran peringatan &$! sejak tahun 355: dilaksanakan oleh institusi yang berbeda. ahunlalu oleh Perkumpulan Pemberantasan uberkulose 'ndonesia (PP') Pusat dan tahun inipenyelenggaranya adalah perguruan tinggi, dengan -etua Cmum Dr. !udianto -amso dari +-M"C' dan-etua ', Dr. 'raan usuf, Ph.D, Dekan +-"Cnhas Makassar.

    Puncak peringatan &$! dipusatkan di Makassar tanggal 3; Maret 3559 dan rencananya akan dihadiri%akil Presiden $apak &. 55.555penduduk pada tahun >HHH menjadi >59>55.555 penduduk pada tahun 3554. 7amun demikianberdasarkan survey pravalensi 7asional $# oleh $adan Eitbangkes tahun 355;, menunjukkan sebaraninsidens $# per >55.555 penduduk yang variatif dalam ; regional, yakni ogya$ali (F;>55.555penduduk), 59>55.555 penduduk), !umatera (>F5>55.555 penduduk) dan -' (3>5>55.555penduduk)

    !ejak >HHH3555, H?G Puskesmas dikembangkan untuk melaksanakan DO!, namun secara kualitasditingkatkan bertahap melalui intensifikasi seperti pelatihan, magang dan bimbingan teknis. Bkspansiyang cepat melalui keterlibatan seluruh $P; dan =! Paru serta kurang lebih :5G =! dalam pelayanan$# dengan strategi DO!.

    Tantangan TB( di )ndonesia

    $# ditularkan melalui percikan dahak penderita ketika batuk, bersin, berbicara atau meludah.

    !eorang penderita $# dengan status $* positif dapat menularkan kepada >5">4 orangsetiap tahunnya. $eban $# di 'ndonesia masih sangat tinggi, khususnya mengenai angkakesembuhan yang ada.

  • 7/21/2019 TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

    3/26

    otal pasien baru ($* positif dan $* negative) $# di 'ndonesia lebih dari F55.555 orang

    per tahun. erdapat perbedaan besar dari angka penyakit $# di ilayah !umatera, >"45 G pasien &'J*'D! meninggal karena $#).

    'ndonesia mempunyai epidemi &'J yang terkonsentrasi. Prevalensi pada orang deasa (>4";H

    tahun) diperkirakan K5,3G dengan kejadian terbesar di Prov. $ali,

  • 7/21/2019 TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

    4/26

    o !aya mengharapkan kontribusi nyata dari Pemerintah Provinsi, -abupaten-ota dan

    masyarakat luas untuk mecapai target 7asional maupun indikator"indikator yangditetapkan %&O.

    httprsudraa.banjarkab.go.id0pageid13?635 7ovember8

    enanggulangan TB dengan strategi %&T'

    $# adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman $, sebagian kuman akan menyerangparu, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lain. !umber penularan melalui penderita dengan $*positif, yang menyebarkan kuman ke udara pada aktu batuk, bersin, bahkan saat bicara, dalam bentukpercikan dahak. -uman $ mempunyai beberapa sifat mati karena sinar matahari, dapat bertahanhidup beberapa jam dalam tempat yang gelap dan lembab, dormant (tidur) dalam paru seseorang danakan muncul bila daya tahan tubuh menurun.

    Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit $#, diperkirakan telah menginfeksi sekitar sepertigapenduduk dunia, H4G kasus $ dan H?G kematian akibat $ di dunia terjadi di negara berkembang.!ekitar 94G pasien $ adalah kelompok usia yang paling produktif secara ekonomis yaitu >4"45 tahun,sehingga mengakibatkan penurunan pendapatan pertahun sekitar 35":5G, selain itu $ juga berdampak

    secara sosial dengan dikucilkannya penderita oleh masyarakat.Munculnya pandemi &'J*'D! di dunia menambah permasalahan $. -oinfeksi dengan dengan &'Jakan meningkatkan risiko kejadian $ secara signifikan. Pada saat yang sama, kekebalan ganda kuman$ terhadap obat anti $ (multidrug resistance) semakin menjadi masalah akibat kasus yang tidakberhasil disembuhkan. -eadaan tersebut menyebabkan terjadinya epidemi $ yang sulit ditangani.

    Penyakit $ di 'ndonesia sudah menjadi masalah utama kesehatan masyarakat, jumlah penderitamerupakan ke": terbanyak di dunia setelah 'ndia dan #ina serta menjadi penyumbang >5G dari totalpenderita $ di dunia. Dari survey pada tahun 355;, diperkirakan setiap tahun ada 4:H.555 kasus barudan kematian >5>.555 orang. *ngka kejadian kasus $ $* positif sekitar >>5 per >55.555 penduduk.

    Di 'ndonesia, penanggulangan $ sudah berlangsung sejak jaman penjajahan tetapi masih terbatas padakalangan tertentu. ahun >HH; dilakukan uji coba implementasi strategi DO! di . -omitmen politis

    3. Pemeriksaan sputum mikroskopik yang terjamin mutunya

    :. Pengobatan jangka pendek yang standar bagi semua kasus $ dengan tatalaksana kasus yangtepat, termasuk pengaasan langsung pengobatan (PMO)

    ;. . &anya > dari : spesimen sputum !P! hasilnya $* positif

    http://rsudraza.banjarkab.go.id/?page_id=28http://rsudraza.banjarkab.go.id/?page_id=28
  • 7/21/2019 TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

    5/26

    3. &asil spesimen sputum tetap negatif setelah pemeriksaan sebelumnya negatif dan tidak adaperbaikan setelah pemberian antibiotika non O*

    :. Pasien diduga mengalami komplikasi seperti sesak nafas berat yang memerlukan penanganankhusus

    Diagnosis untuk $ anak dilakukan dengan melakukan sistem skoring berdasarkan parameter kontak

    $, uji tuberkulin, berat badankeadaan gii, demam tanpa sebab yang jelas, batuk, pembesarankelenjar (limfe koli, aksila, inguinal), pembengkakan (tulangsendi panggul, lutut, falang), dan fotothoraks. *nak di diagnosis $ bila jumlah skor N F dengan skor maksimal >;.

    !ebagian besar temuan penderita $ baru dengan $* positif berasal dari rumah sakit, yangberdasarkan evaluasi mempunyai angka drop out yang tinggi karena kurang tepatnya atau belummenerapkan pengobatan dengan strategi DO!, sehingga penderita tidak mendapatkan pengaasanpengobatan secara langsung yang akhirnya menyebabkan penderita menjadi resisten terhadappengobatan $.

    arget program penanggulangan $ adalah tercapainya penemuan pasien baru $ $* positif palingsedikit 95G dari perkiraan dan menyembuhkan ?4G dari semua pasien tersebut sertamempertahankannya.

    httpfilda.ordpress.com355?5;3;penanggulangan"tbc"dengan"strategi"dots 635 7ovember355?8

    Ditulis pada *pril 3;, 355? oleh ekonoruliyanto

    !#!! TB( %! 'T"!T) %&T'

    Pada tahun >HH:, $ank Dunia melaporkan baha $ merupakan pembunuh utama dibandingkan penyakitinfeksi lainnya, seperti malaria, diare, '!P*, dll. $ahkan $ merupakan penyebab kematian utama padaanita, lebih tinggi dibandingkan penyebab kematian maternal.!ejak ditemukannya Obat *nti $ (O*) lebih dari ;5 tahun yang lalu, strategi penatalaksanaan $telah berubah dengan bermakna dimana"mana. Perubahan kedua adalah setelah ditemukannya rifampisin

    pada sekitar tahun >H95"an, dan juga ditemukannya kembali pirainamid sebagai salah satu O* utama.Obat"obat tersebut merupakan komponen paduan obat jangka pendek yang ternyata lebih ampuh dalampenanggulangan $. Meskipun demikian sampai dengan saat ini $ masih tetap sebagai masalahkesehatan masyarakat hampir dimana"mana. Di negara maju, hal ini karena timbulnya penyakit baruyaitu &'J*'D! dan di negara berkembang, karena memang sejak semula terdapat kesulitan tentangkesinambungan persediaan obat.$eberapa panduan O* jangka pendek yang direkomendasikan %&O merupakan hasil uji coba dibeberapa negara, yang terutama dilakukan oleh 'C*"ED di *frika dan juga di !ulaesi. Panduan O*jangka pendek ini jika dilakukan dengan baik dan betul akan memberikan hasil yang bagus, angkakesembuhan lebih dari ?4G. &al ini telah terbukti di beberapa negara termasuk 'ndonesia, khususnya!ulaesi.-unci utama keberhasilan adalah keyakinan baha penderita $ minum semua obatnya sesuai dengan

    anjuran yang telah ditetapkan. *rtinya harus ada seseorang yang ikut mengaasi atau memantaupenderita saat dia minum obatnya. 'nilah dasar strategi DO!.!trategi DO! (Direct Observed reatment !hort"#ourse #hemotherapy), terbukti efektif sebagaistrategi penanggulangan $. !trategi DO! ini telah diadopsi dan dimanfaatkan oleh banyak negaradengan hasil yang bagus, termasuk di negara"negara maju seperti *merika !erikat.!trategi DO! terdiri atas 4 komponen, yaitu>. Dukungan politik para pimpinan ilayah di setiap jenjangDengan keterlibatan pimpinan ilayah, $ akan menjadi salah satu prioritas utama dalam programkesehatan, dan akan tersedia dana yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan strategi DO!.

    http://fildza.wordpress.com/2008/04/24/penanggulangan-tbc-dengan-strategi-dots/http://fildza.wordpress.com/2008/04/24/penanggulangan-tbc-dengan-strategi-dots/
  • 7/21/2019 TB Paru_straTeGi DOTS Yeni 3a

    6/26

    3. MikroskopMikroskop merupakan komponen utama untuk mendiagnosa penyakit $ melalui pemeriksaan dahaklansung pada penderita tersangka $.:. Pengaas Minum Obat (PMO)PMO ini yang akan ikut mengaasi penderita minum seluruh obatnya. -eberadaan PMO ini untukmemastikan baha penderita betul minum obatnya dan bisa diharapkan akan sembuh pada masa akhir

    pengobatannya. PMO haruslah orang yang dikenal dan dipercaya oleh penderita maupun oleh petugaskesehatan. Mereka bisa petugas kesehatan sendiri, keluarga, tokoh masyarakat maupun tokoh agama.;. Pencatatan dan PelaporanPencatatan dan pelaporan ini merupakan bagian dari sistem survailans penyakit $. Dengan rekam medikyang dicatat dengan baik dan benar akan bisa dipantau kemajuan pengobatan penderita, pemeriksaanfollo up, sehingga akhirnya penderita dinyatakan sembuh atau selesai pengobatannya.4. Pandu