Pemeriksaan Hormon Gonadotropin (Lh) Dan Seks

Click here to load reader

download Pemeriksaan Hormon Gonadotropin (Lh) Dan Seks

of 82

  • date post

    17-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    264
  • download

    1

Embed Size (px)

description

hormon gonad dan seks kuliah unjani 2008

Transcript of Pemeriksaan Hormon Gonadotropin (Lh) Dan Seks

  • PEMERIKSAAN HORMON GONADOTROPIN (LH) DAN SEKSPEMERIKSAAN HORMON GONADOTROPIN (LH) DAN SEKS

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • HIPOTALAMUS MEMBENTUK HORMON PEREGULASI : GNRH TRH CRF PIF GnRH LHRHPENDAHULUANKELENJAR HIPOFISIS/ PITUITARY ANTERIOR : GH TSH ACTH PROLACTIN HORMON FSH LH/ICSH

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Hormon Luteinnaizing (LH) dan Follicle Stimulating Hormon (FSH)Hipotalamus mensekresi GnRH (Gonatropin Releasing Hormon), suatu hormon releasing peptida tunggal yang mengontrol sekresi dari Gonadotropin, LH dan FSH dari anterior hipofise. GnRH suatu peptida melepaskan kedua hormon LH dan FSH dari populasi yang sama sel pituitary. Suatu nama dini dan akhir untuk GnRH adalah Luteinizing Releasing Hormon (LRH).

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Keduanya, LH dan FSH terdiri dari bingkai gliko peptida yang kepadanya rangkaian karbohidrat menempel. Secara struktural LH dan FSH berhubungan (related) dengan glyco protein lain, thyrotropin (TSH) dan hormon Gonatropin (hCG).

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Hormon ini dibentuk dari dua ikatan secara berbeda, secara fisiologi sub unit yang inaktif di disain sebagai alpha dan betha . Ini sudah bahwa sub unit alpha dan betha dapat dipisah dan kemudian disatukan kembali. Untuk memperoleh hormon yang aktif.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Sub unit alpha secara dekat identik dengan untuk semua hormon glycoprotein, tapi sub unit betha berbeda dengan masing-masing. Sub unit ini merubah spesifitas hormon. Stimulasi dengan GnRH menyebabkan release sub unit alfa , LH, FSH dan TSH. (Samuel 1999), LH dan FSH disekresi dari pituitary dan dibawa dalam darah ke tempat bekerja testis dan ovarium.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Pada laki-laki sekresi LH dan sekresi FSH berkala dengan 9-14 sekresi bergelombang dari LH per jam sama dengan 200% - 300% bertambah melebihi nilai rata-rata.FSH juga disekresi dalam suatu kejadian yang naik turun dengan oksilasi yang rendah hanya 25% dari rata-rata.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Pada wanita siklus menstruasi yang ovulatori mempunyai pola dari LH dan FSH sama. Siklus menstruasi wanita dibagi dalam 2 fase:fase folikuler dan fase luteal oleh mid cycle yang berkala dari pituitary gonadotropin. Peninggian konsentrasi LH pada kira-kira mid cycle dekat ke waktu ovulasi. Kedua gonatropin level umumnya lebih tinggi selama periode preovulatoar dan pada fase lutealtapi pada fase polycular kadar FSH rendah. Kadar FSH pada uimumnya lebih tinggi selama fase policular dari pada fase luteal

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • FSH dan LH dapat diukur dengan bioassay dan immunoassay, karena ternyata perbedaan glycolat isoform dari hormon ini biasanya lebih baik. Bioassay dan imunoassay LH dapat bervariasi 60% dari rata-rata harian dalam lingkup sehari sedangkan FSH bervariasi 20%.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Tes DinamikAda 3 tes yang dapat dipakai untuk mengevaluasi bagian hipothalamus / pituitary. Salah satu yang paling umum dipakai adalah tes clomiphene. Clomiphene adalah Anti Estrogen yang telah dipakai sebagai suatu agen diagnostik dan terapeutik. Ini memblok uptake esterogen oleh hipothalamus, ada perbanyakan feedback normal pada sistem hipothalamus pituitary.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Pada wanita, hasil sekresi pada jumlah yang lebih banyak dan LH, FSH dan regulasi keatas reseptor FSH dan LH. Sebaliknya peninggian FSH, membantu pembentukan dan merangsang (intrate) untuk siklus ovalatorik. Suatu axis hypolthalamus pitutary ovarium yang fungsional penting untuk terapi yang sukses dengan clomiphene.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Karena itu clomiphene adalah mempunyai indikasi untuk wanita anovulatosy yang didalamnya ada bukti dari fungsi polycel dan produksi estrogen yang adequat (dalam hal mereka menstruasi sesudah memakan progesteron).

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Pasen tersangka mempunyai ovarium yang polisistik bisa memerlukan progesteron selamanya dengan clomiphene untuk menciptakan millieu (suasana) yang wajar.Clomiphene citrat biasanya diberikan dalam dosis 50 100 mg/ hari selama 5 10 hari. GnRH dapat dipakai untuk pemeriksaan kapasitas release LH dan LSH oleh Gonadotropin. Ini memberi stimulasi paling besar dari pituitary dari clomiphene.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Pemberian Intra Venus GnRH pada individu sehat, berhasil dengan (prompt;cepat) peningkatan cepat LH serum yg lebih maksimal, dengan level maksimum terjadi sekitar 30 menit, serum LH kemudian menurun secara bertahap sampai beberapa jam kemudian, dengan respon dari FSH juga terjadi tapi tidak setampak seperti variabel antar individu.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • EstrogenEstrogen bertanggung jawab pada karaktersitik sifat sekunder wanita.Meski lebih dari 30 estrogen dapat diidentifikasi, pengukuran hanya 3 estrogen, yaitu Estradiol (E2), Estron (E1), Estriol (E3) dipakai dalam praktikal klinik, estriol adalah metabolisme dari estradiol. Ovarium, testes dan grandula adrenalis mempunyai kapasitas untuk sintesa estrogen dari androgen.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Percobaan ketiga adalah stimulasi tetap oleh HCG 5 hari. Pada akhir tes kadar testosteron harus dua kali lebih besar.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Androstenedion dari testosteron selama dase folikuler dari siklus menstruasi, sekresi ovarium hanya 1/3 produksi total esrogen. Ovarium mensekresi hampir semua estradiol sementara memperbanyak bentuk estron dari konversi perifir dari androstenedion dan dari metabolisme estradiol.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Pada laki-laki kira-kira 1/3 semua estradiol dibentuk oleh testis yang juga memproduksi sejumlah kecil estron. Testis bertanggung jawab secara langsung untuk pembentukan estrogen.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Pengukuran konsentrasi estrogen serum dan urine jauh kurang berguna dari pada LH dan SFH dalam hal mengakses gangguan siklus menstruasi dan fertilisasi. Hal ini disebabkan karena efek estrogen pada satu karakteristik female sekunder, mukosa serfiks kemudian papsmear dan pada penggunaan dari progestin withdrawal untuk meng akses perdarahan uterine memberikan indikasi yang jelas.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Beberapa klinisi mempergunakan kadar estrogen untuk memperbaiki menopause dan yang lain menemukan klinikal assesement yang adequat dan mungkin level tinggi dari FSH dan LH.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Progesteron lebih bermanfaat dalam memperkirakan ovulasi daripada esterogen. Pemeriksaan esterogen tetap berguna di dalam menentukan diagnosis status hiper esterogen. Eseterogen terdapat dalam urine sebagai conjugat dari glucuronik atau sulfat yang larut air. Grup ini harus dihidrolisis sebelum esterogen di ekstraksi dengan pelarut organik.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Sesudah ekstraksi metoda Brown dipakai untuk mengestimasi total esterogen urine. Reaksi end point tergantung pada kemampuan dari grup penol dari esterogen untuk bereaksi dengan Kobers (campuran fenol dan asam folat).

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Untuk mengestimasi total esterogen serum cara Brown biasanya sangat in sensitif untuk beberapa tujuan apabila dipergunakan estradiol. Seperti hormon steroid yang lain, pengukuran dengan radio imunoassay, estradiol biasanya dikuantitasi sesudah ekstraksi dan kromatografi purifikasi.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Apabila pengukuran serum estradiol dibandingkan dengan estrogen total dalam urine, determinasi estradiol ditemukan suatu reputasi yang lebih akurat dari fungsi ovarium daripada total esterogen dan ekstraksi urine.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • ProgesteronPada wanita yang menstruasi, progesteron disekresi sebagian besar oleh corpus luteum dari ovarium. Ini sebagian bertanggung jawab untuk perubahan siklik dalam endometrium yang perlu untuk penempelan dan pertumbuhan dari embrio. Kadar progesteron rendah sebelum mid cycle gelombang gonadotropin.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Segera setelah gelombang gonadotropin mulai meningkat secara cepat mencapai puncak selama pertengahan dari fase luteal. Karena itu suatu penurunan yang progresif terjadi dengan tanpa deteksi, maka kadar progesteron dicapai sebelum waktu menstruasi.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Produksi progesteron oleh corpus luteum dapat ditaksir dengan pengukuran suhu basal tubuh. Selama fase luteal terdapat kira-kira suatu penaikan 0,5o C suhu badan dengan akhir kira-kira 10 12 hari (bagian hipertermik fase luteal) dan sejajar dengan penambahan kadar progesteron.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • Fungsi corpus luteum dapat diperkirakan dengan pengukuran kadar serum progesteron. Pada hari ke 21 atau 22 dari siklus menstruasi, suatu peninggian progesteron menunjukkan okulasi meskipun radioimmunoassay yang konvensional yang melibatkan ekstraksi progesteron dengan pelarut organik telah dipergunakan,

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • banyak pendekatan mutakhir yang mengerjakan non isotopik immunoassay termasuk penggantian progesteron dan tempat ikatan dengan danazol dan ANS, membekukan progesteron untuk assay tanpa ekstraksi. Dengan metoda radioimmunoassay, kadar progesteron serum lebih kecil dari 1 mikrogram/ ml (3,2 nmol/l) ditemukan selama fase pre ovulatory.

    H. Endang SW, dr. Drs, SpPK-K

  • AndrogenTestosteron (Demers, 1999)Testis mempunyai dua fungsi utama, 1. Spermatogenesis, pembentukan sel benih ; 2. Steroido genesis, sintesa sekresi hormon androgen. Pada laki-laki LH bersatu dengan reseptor sel leydig testikel, merubah kolesterol menjadi testosteron.

    H. Endang SW,