TIPE-TIPE KEPRIBADIAN

Click here to load reader

  • date post

    21-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    206
  • download

    10

Embed Size (px)

description

TIPE-TIPE KEPRIBADIAN. ISABEL MYERS-BRIGGS. E = Ektrovert S = Sensing (pengindra) T = Thinking (pemikir) J = Judging (pengatur). I = Introvert N = Intuisi F = Feeling (perasa) P = Perceiving (perseptif=mengerti). Struktur Kepribadian Dasar. 20 – 21 - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of TIPE-TIPE KEPRIBADIAN

  • TIPE-TIPE KEPRIBADIAN

    ISABEL MYERS-BRIGGS

  • Struktur Kepribadian DasarE = EktrovertS = Sensing (pengindra)T = Thinking (pemikir)J = Judging (pengatur)I = IntrovertN = IntuisiF = Feeling (perasa)P = Perceiving (perseptif=mengerti)

  • INTERPRETASI20 21

    Kekuatan dari dimensi-dimensi yang berpasangan seimbang 22 24Ada suatu kekuatan pada dimensi itu dan suatu kelemahan pada dimensi pasangannya

  • INTERPRETASI25 29Dalam batas-batas tertentu ada kekuatan pada dimensi itu dan dalam batas-batas tertentu ada kelemahan pula pada dimensi pasangannya 30 40Banyak kekuatan pada dimensi itu dan banyak pula kelemahan pada dimensi pasangannya

  • Kepribadian Dominan ISTJ I SFJ

    ISTP ISFP

    INFJ INTJ

    INFP INTP

  • Kepribadian Dominan

    ESTP ESFP

    ESTJ ESFJ

    ENFP ENTP

    ENFJ ENTJ

  • TIPE EKSTROVER (E )Orang dengan kepribadian ini paling kerasan berada bersama orang lain. Mereka adalah pribadi yang langsung tampak pada waktu kita bertemu. Tidak ada rahasia yang mereka sembunyikan secara tidak disadari. Mereka senang ada bersama orang lain dan kadang-kadang merasa sulit untuk sendirian.Orang ekstrover dapat luwes terhadap orang lain, jikalau dia mempelajari ketrampilan tersebut. Orang ekstrover akan dengan gampang menangani situasi yang menegangkan dan mudah melakukan transisi dari satu situasi ke situasi meskipun situasi tersebut sangat berlainan.

  • TIPE INTROVER ( I ) Orang dengan tipe kepribadian ini paling kerasan berada dalam dirinya sendiri. Mereka dapat sangat menarik dan luwes, namun semua ini adalah ketrampilan yang dipelajari, seperti orang-orang lain. Mereka paling menjadi diri sendiri apabila berada sendirian atau bersama seorang sahabat karib. Mereka tidak mudah mengungkapkan diri yang sesungguhnya kepada orang lain. Mereka membutuhkan waktu untuk melakukan transisi dari satu situasi eksternal ke situasi lainnya. Selama stress, pertama-tama mereka akan mundur untuk mempertimbangkan situasi dan mencari tanggapan yang sesuai..

  • TIPE PENGINDERA (S) Orang dengan tipe kepribadian ini dalam kontak dengan realitas tidak seperti tipe kepribadian yang lain. Mereka adalah orang yang serba cermat memberikan perhatian sampai pada hal yang sekecil-kecilnya, sangat sadar akan lingkungan fisik, penuh perhatian terhadap perincian dan sangat praktis. Mereka cenderung setia kepada lembaga atau perusahaan, tanggap terhadap masalah manajer atau atasan dan pengikut setia jikalau mereka merasa dihargai.

    .

  • INTUITIF (N) Orang dengan tipe kepnbadian ini adalah penyusun konsep dan pengkhayal didalam organisasi. Mereka lebih cenderung melihat kemungkinan dari pada realitas. Orang intuitif menilai segala sesuatu lebih dalam kaitan dengan apa maknanya dari pada dalam hubungan akibatnya sekarang. Mereka gemar merencanakan, mengorganisasi, dan menjalin hubungan yang tidak mudah dilihat orang lain. Jikalau mereka tidak ditertibkan, mereka mungkin kelihatannya seperti orang aneh atau tidak pemah puas. Mereka cemas untuik mencoba yang baru dan berbeda. Lebih dan tipe kepribadian lain mereka senang menulis buku dan merumuskan teori

    .

  • TIPE PEMIKIR (T ) Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung melihat segala sesuatu dalam cahaya akal budi dan logika. Dengan mereka memiliki tingkat IQ yang tinggi mereka sangat menghargai intelek dan pemikiran yang masuk akal. Mereka bersifat kognitif. Mereka memandang emosi mereka sendiri dan emosi orang lain sebagai hal yang kurang penting, dan lebih dilihat sebagai suatu masalah dari pada bagian dari suatu penyelesaian. Keputusan mereka sering tidak memperhitungkan perasaan orang sehingga mereka tidak mengerti mengapa orang lain memberikan reaksi terhadap apa yang mereka lakukan.

    .

  • TIPE PERASA (F) Orang dengan tipe kepribadian ini membuat keputusan atas dasar keberaniannya, bagaimana mereka merasa dan cara mereka memikirkan perasaan orang lain. Mereka cenderung hangat dan mudah didekati terbuka terhadap pendapat dan perasaan orang lain. Kadang-kadang seorang perasa buta terhadap logika dan akal-budi, sehingga mengambil keputusan atas dasar pertimbangan kesusahan yang mereka atau orang lain rasakan. Mereka dapat berlaku tidak adil, dengan membuat keputusan yang menguntungkan orang lain yang ada di hadapannya dan merugikan orang yang tidak hadir. Tetapi, mereka tidak melakukan itu dengan sengaja. Itulah kelemahan mereka.

    .

  • TIPE PENGATUR (J) Orang dengan tipe kepribadian ini merasakan kebutuhan untuk mengendalikan hidup. Mereka paling senang dengan aturan dan jadwal, sehingga mengetahui apa yang diharapkan dari orang lain dan mereka sendiri. Meskipun mereka tidak menyukai routinitas, mereka benar-benar menyukai jadwal dan mereka merasa agak kurang senang apabila mereka menghadapi hal yang tidak diperkirakan. Mereka merasa sulit untuk berfungsi dengan baik dalam suasana yang dianggap kacau. Mereka dapat bersikap luwes jikalau mereka mengerti bahwa hal ini diharapkan dari mereka.

  • PERSEPTIF (P)Orang dengan tipe kepribadian ini menikmati hidup sebagaimana adanya. Mereka merasa senang dengan kejadian atau krisis dan tidak membutuhkan agar segala sesuatunya dijadwalkan dan beres.Mereka puas untuk menerima dengan gembira situasi, tanpa merasakan kebutuhan untuk membuat suatu keputusan atau kesimpulan tentang situasi tersebut. Mereka dapat melalui hari tanpa merasakan kebutuhan akan suatu rencana atau suatu maksud tertentu.

  • INTROVER TIPE PENGATUR & PENGINDRA

    ISTJSerius, tenang, konsentrasi, dan tekun. Praktis, teratur, bertumpu kenyataan, logis, realis dan bisa dipercaya. Mengatur segala sesuatu dengan baik dan tanggung jawab. Dapat mengubah pendapat apabila perlu, tekun bekerja, tidak ambil pusing terhadap protes orang lain atau gangguan yang dihadapi dalam memperjuangkan cita-cita indup mereka.

  • INTROVER TIPE PENGATUR & PENGINDRA

    ISFJTenang, ramah, dan bertanggung jawab dan sadar diri. Bekerja tekun untuk menunaikan tugas melayani sesama dan sekolah. Sikapnya tulus, askestis (matiraga), teliti. la membutuhkan waktu untuk menguasai hal-hat tehnik, sebab ia biasanya tidak tertarik akan hal-hal tehnik. Tekun pada detail (hal-hal kecil) dan routinitas. Sikapnya setia, baik budi, perhatian pada perasaan orang lain.

  • INTROVER TIPE PERSEPTIF & PENGINDRA

    ISTP Bersikap tenang-dingin , hatihati, mengamati dan menganalisis kehidupan dengan rasa ingin tahu dan humor yang spontan. Biasanya orangnya tertarik pada prinsip-prinsip impersonal, sebab aikibat, bagaimana dan mengapa hal-hal mekanik bekerja. la tidak ingin berbuat lebih dari seperlunya saja, sebab baginya membuang-buang energi itu tidak efisien alias pemborosan.

  • INTROVER TIPE PERSEPTIF & PENGINDRA

    ISFP Pemalu, bersahabat, sensifif, baik hati, rendah hati atas bakat-bakat yang dimilikinya. la menghindari perselisihan, tidak bisa dipaksa untuk menilai orang lain. Biasanya ia bersikap acuh tak acuh, tetapi bisa menjadi bawahan yang setia. Sering bersikap santai atas pekerjaan, karena ia menikmati masa kini dan enggan merusaknya dengan sikap tergesa-gesa atau memeras tenaga.

  • INTROVER TIPE PERSEPTIF & INTUITIF

    INFP Hidupnya penuh gairah dan kesetiaan, tetapi jarang bicara soal itu sampai ia kenal betul dengan kita. Memperhatikan hal-hal belajar, gagagan-gagasan, bahasa dan proyek-proyek independennya. Cenderung mempunyai kegiatan berlebihan tetapi dapat mengerjakannya juga. Ramah, tetapi sering terlalu tenggelam dalam kegiatan bersahabat. Kurang memperhatikan harta benda atau hal-hal fisik di sekelilingnya.

  • INTROVER TIPE PERSEPTIF & INTUITIF

    INTP Tenang, waspada, cemerlang dalam ujian terutama dalam bidang teoritis atau sains. Berpikir sangat logis, biasanya tertarik terutama dalam macam-macam ide, kurang suka akan pesta dan duduk-duduk omong-omong. Cenderung tertarik atas hal-hal yang jelas dan pasti. la memilih karier yang bersifat jelas-jelas berguna dan dapat digunakan bagi hidup bersama di tengah masyarakat.

  • INTROVER TIPE PENGATUR & INTUITIF

    INFJ Sukses karena tekun, orangnya orisinil dan mau melakukan apa saja untuk yang dibutuhkan atau diinginkannya. la suka bekerjaa keras giat, sadar diri, peduli pada kepentingan orang lain. Dihargai karena prinsipnya yang kuat. Dihormati dan diikuti karena keyakinan dirinya yang jelas untuk memperjuangkan apa yang baik bagi kepentingan bersama.

  • INTROVER TIPE PENGATUR & INTUITIF

    INTJ Biasanya orang ini mempunyai gagasan yang orisinil dan berusaha keras untuk mewujudkan buah pikiran dan tujuannya itu. Dalam bidang-bidang yang menarik minatnya ia mempunyai ketrampilan untuk mengatur dan melaksanakannya dengan atau tanpa bantuan orang lain. Bersikap skeptis, kritis, mandiri, teguh dan sering keras kepala. la harus belajar menunda yang kurang penting untuk memperoleh yang terpenting.

  • EKSTROVER TIPE PERSEPTIF & PENGINDRA ESTP Ia tidak berbelit-belit, tidak gelisah atau tergesa-gesa, senang dengan apa adanya. Cenderung suka hal-hal mekanik dan olah raga, berada bersama teman-teman. Agak kasar dan sedikit kurang peka. Mampu belajar matematika atau sains jika merasa perlu. Tidak suka penjelasan panjang lebar. Baik sekali dalam hal-hal yang dapat dikerjakan atau ditanganinya (bidang yang dikuasainya).

  • EKSTROVER TIPE PERSEPTIF & PENGINDRAESFP Suka dan gampang sekali pergi, ramah, banyak teman, suka membuat lelucon dengan apa saja. Suka olah raga dan menciptakan segala sesuatu. Tanggap terhadap keadaan dan ikut terlibat dengan senang hati. Mudah mengingat sesuatu dan dapat bekerja dengan teori