metabolisme pada kloroplas Desiana Ika Listiani 0402514017 pps unnes

download metabolisme pada kloroplas Desiana Ika Listiani 0402514017 pps unnes

If you can't read please download the document

  • date post

    12-Aug-2015
  • Category

    Education

  • view

    50
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of metabolisme pada kloroplas Desiana Ika Listiani 0402514017 pps unnes

  1. 1. KLOROPLAS Desiana Ika Listiani 0402514017
  2. 2. *Kloroplas * Merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis Terbungkus oleh dua lapis membran (luar dan dalam) Tersusun atas membran internal yang disebut thylakoid; dan stroma Membran thylakoid terdiri dari lamela grana (bertumpuk) dan lamela stroma (tidak bertumpuk) Klorofil terletak di membran thylakoid, sehingga reaksi terang fotosintesis berlangsung di membran thylakoid
  3. 3. Reaksi terang dan siklus calvin bekerja sama mengubah energi cahaya menjadi energi kimiawi berupa makanan
  4. 4. Granum
  5. 5. Air diuraikan oleh fotosistem II, pada sisi membran yang berhadapan dengan ruang tilakoid begitu Pq mentransfer elektron ke kompleks sitokrom, proton di translokasi melintasi membran. Satu ion hidrogen ditangkap oleh NADPNADPH. (menggerakkan ATP sintase) Reaksi yang digerakkan cahaya ini menyimpan energi kimiawi dalam NADPH dan ATP yang membolak balikkan energi ke siklus calvin
  6. 6. Fase 1 : Fiksasi karbon ( Siklus Calvin memasukkan molekul CO2 dengan menautkannya dalam enzim Rubisko membentuk dua molekul 3 fosfogliserat untuk setiap CO2) Fase 2 : Reduksi (Setiap molekul 3 fosfogliserat menerima gugus fosfat baru. Suatu enzim mentransfer gugus fosfat dari ATP membentuk 1,3 bifosfogliserat menjadi G3P) Fase 3 : Regenerasi akseptor CO2(RuBP). 5 molekul G3P disusun ulang menjadi 3 molekul RuBP dengan menghabiskan 3 molekul ATP. RuBP siap menerima CO2 kembali dan siklusnya berlanjut.
  7. 7. *Siklik terjadi pada waktu suhu dalam kondisi normal *non siklik terjadi pada kondisi suhu tinggi
  8. 8. *pada keadaan panas terik, terjadi pelepasan air yang berlebihan, sehingga tanaman mengalami kekurangan air. *Pasokan air terhambat *Untuk mengurangi efek kekeringan stomata tertutup *Pertukaran CO2 terhamabat *Karena tidak ada CO2 maka siklus calvin tidak terjadi, tidak ada penggunaan NADPH tetapi NADPH terbentuk terus menerus. Untuk mengurangi pembentukan NADPH maka dihambat melalui umpan balik.
  9. 9. *Apakah reaksi gelap selalu terjadi pada malam hari dan reaksi trang selalu terjadi pada siang hari??
  10. 10. *Tidak seperti pada tumbuhan C3 dan C4, tumbuhan kaktus dan nanas membuka stomatanya pada malam hari dan menutupnya pada siang hari. * Pada saat stomata terbuka, tumbuhan mengikatkan CO2 pada berbagai asam organik. Cara fiksasi karbon ini pertama kali dtemukan pada tumbuhan famili Crassulaceae (tumbuhan penyimpan air) dan disebut metabolisme asam krasulase (Crassulacean Acid Metabolism) sehingga tumbuhannya disebut tumbuhan CAM. Asam organik (senyawa intermediate) yang dibuat pada malam hari disimpan dalam vakuola sel mesofi sampai pagi hari. Pada siang hari (stomata tertutup), reaksi terang dapat memasok ATP dan NADPH untuk siklus Calvin. Pada saat itu, asam organik melepaskan CO2 dan memasuki molekul gula (RuBP) dalam kloroplas. Dengan demikian, baik tumbuhan C3, C4, maupun CAM akan menggunakan siklus Calvin setelah fiksasi CO2, untuk membentuk molekul gula dari karbondioksida.
  11. 11. C3 C4 CAM (crassulacean acid metabolism) lebih adaptif pada kondisi kandungan CO2 atmosfer tinggi adaptif di daerah panas dan kering adaptif di daerah panas dan kering enzim yang menyatukan CO2 dengan RuBP, juga dapat mengikat O2 pada saat yang bersamaan untuk proses fotorespirasi CO2 diikat oleh PEP yang tidak dapat mengikat O2 sehingga tidak terjadi kompetisi antara CO2 dan O2 Pada malam hari asam malat tinggi, pada siang hari malat rendah karbon dioxida masuk ke siklus calvin secara langsung. tidak mengikat karbon dioksida secara langsung tidak mengikat karbon dioksida secara langsung Disebut tumbuhan C3 karena senyawa awal yang terbentuk berkarbon 3 (fosfogliserat) Sel seludang pembuluh berkembang dengan baik dan banyak mengandung kloroplas Umumnya tumbuhan yang beradaptasi pada keadaan kering seperti kaktus, anggrek dan nenas Sebagian besar tumbuhan tinggi masuk ke dalam kelompok tumbuhan C3 Fotosintesis terjadi di dalam sel mesofil dan sel seludang pembuluh Reduksi karbon melalui lintasan C4 dan C3 dalam sel mesofil tetapi waktunya berbeda Apabila stomata menutup akibat stress terjadi peningkatan fotorespirasi pengikatan O2 oleh enzim Rubisco Pengikatan CO2 di udara melalui lintasan C4 di sel mesofil dan reduksi karbon melalui siklus Calvin (siklus C3) di dalam sel seludang pembuluh Pada malam hari terjadi lintasan C4 pada siang hari terjadi suklus C3 Produk awal reduksi CO2 (fiksasi CO2) adalah asam 3- fosfogliserat atau PGA Produk awal reduksi CO2 (fiksasi CO2) adalah asam oksaloasetat, malat, dan aspartat ( hasilnya berupa asam- asam yang berkarbon C4) Memiliki daun yang cukup tebal sehingga laju transpirasinya rendah Terdiri atas sekumpulan reaksi kimia yang berlangsung di dalam stroma kloroplas yang tidak membutuhkan energi dari cahaya mataharai secara langsung. Reaksinya berlangsung di mesofil daun, yang terlebih dahulu bereaksi dengan H2O membentuk HCO3 dengan bantuan enzim karbonik anhidrase Stomatanya membuka pada malam hari Sumber energi yang diperlukan berasal dari fase terang fotosintesis Memiliki sel seludang di samping mesofil Pati diuraikan melalui proses glikolisis dan membentuk PEP Memerlukan energi sebanyak 3 ATP Tiap molekul CO2 yang difiksasi memerlukan 2 ATP CO2 yang masuk setelah bereaksi dengan air seperti pada tanaman C4 difiksasi oleh PEP dan diubah menjadi malat PGAL yang dihasilkan dapat digunakan dalam peristiwa yaitu sebagai bahan membangun komponen struktural sel, untuk pemeliharaan sel dan disimpan dalam bentuk pati Tanaman c4 juga mengalami siklus calvin seperti peda tanaman C3 dengan bantuan enzim Rubisko Pada siang hari malat berdifusi secara pasif keluar dari vakuola dan mengalami dekarboksilasi Melakukan proses yang sama dengan tanaman C3 pada siang hari yaitu daur Calvin Melakukan proses yang sama dengan tanaman C4 pada malam hari yaitu daur Hatch Slack.