Herbal Ppt,Esy

download Herbal Ppt,Esy

of 21

  • date post

    26-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    69
  • download

    3

Embed Size (px)

description

herbal ariie

Transcript of Herbal Ppt,Esy

TERAPI HERBAL

TERAPI HERBAL

Disusun oleh:At ArsatEka Desy.RIin AdityaRekno WulandariWiji SusantiKEMENTRIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIAPOLITEKNIK KESEHATAN SURAKARTAJURUSAN KEPERAWATAN2012PengertianHerbal adalah segala bahan (tumbuh-tumbuhan, hewan, ikan, garam/batu-batuan) yang mengandung satu atau beberapa bahan aktif yang dapat digunakan untuk tujuan pengobatan.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Permenkes RI) nomor 246/Menkes/Per/V/1990, yang dimaksud dengan herbal adalah setiap bahan atau ramuan bahan berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman.

Tujuan Penggunaan Terapi HerbalUntuk mengembalikan keseimbangan tubuh dan bukan sekedar untuk menyembuhkan penyakit (Release, Relax, Regeneration dan Refunction) Dan sebaiknya penggunaan herbal dilakukan secara sinergi (tidak berdiri sendiri, namun diikuti dengan mengkonsumsi herbal lain yang memiliki sifat berbeda dari herba yang kita konsumsi tujuannya: Mempercepat penyembuhan, Menambah khasiat obat, mengurangi sifat kerasnya obat dan menghilangkan efek samping.

Tahapan Kerja Terapi HerbalRealease (mengeluarkan)Relax (mengistirahatkan)Regeneration (menggantikan dengan yang baru)Refruction (mengembalaikan fungsi): Keutamaan Terapi Menggunakan Obat Herbal

Herbal merupakan zat yang mengandung bahan nutrisi yang seimbang yang tersedia secara alamiahHerbal bersifat mengandung bahan antidot (anti racun) bagi tubuh.Herbal kaya akan mineral terutama mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.Herbal bertindak sebagai katalis (yang mempercepat-kan reaksi) dalam kebanyakan kasus penyembuhan.Herbal menyediakan satu medium membantu membina (generate) vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Bagaimana Proses Kerja HerbalHerbal membantu mengaktifkan proses asimilasi dan metabolisma di dalam tubuh Seterusnya tubuh berupaya menggunakan vitamin yang hadir di dalam makanan Pengambilan herbal akan menghasilkan dampak yang optimal sekiranya diambil bersama diet makanan alamiah yang sehat.

Macam Obat Herbal

1. Khasiat Bawang Putih Untuk Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh

Manfaat bawang putih sebagai tanaman obat antara lain :

Menghambat penurunan fungsi otak dan sistem kekebalan tubuh.Memperlambat proses penuaan.Menkonsumsi bawang putih dapat membantu menurunkan kolesterol Serta dapat menjauhkan tubuh dari kemungkinan penyakit jantung.Membantu meredakan depresi, stress, dan kecemasan.Zat anti kolesterol yang terkadung didalamnya ( ajoene) dapat mencegah penggumpalan pada darah.Mengandung Vitamin A, B, dan C yang berguna untuk tubuh.

Meringankan tukak lambung dan mengobati tekanan darah tinggi.Dapat meningkatkan jumlah insulin dalam darah yang baik bagi penderita diabetes.Bersifat Detokifier yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit.serta dapat melumpuhkan radikal bebas yang berakibat negatif bagi tubuh.Meningkatkan nafsu makan dan juga menjaga stamina tubuh.Beberapa komponen dalam bawang putih yaitu allyl sulfur (diallyl sulfide, diallyl trisulfide, diallyl disulfide, S-allyl cysteince, S-allylmercaptocysteine), ajoene, dan allicin dapat membantu mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine dalam tubuh, Juga memblokir azoxymethane, aflatoxin, benzo(a) pyrene, dan lainnya yang kesemuanya itu merupakan zat karsinogen yang merupakan zat pemicu timbulnya kanker terutama kanker usus, dan kanker perut (rumahkaker.com).

Menyembuhkan wasir (dengan cara mengoleskan beberapa suing bawang putih yang sudah dimemarkan terlebih dahulu di sekitar anus).

Anti oksidan bawang putih dapat menyembuhkan infeksi / sakit pada telinga. Cara pengobatannya yaitu dengan meneteskan sekitar dua / tiga tetes minyak bawang putih hangat hasil ekstrak kedalam telinga anda.

2. Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Dan KebugaranTubuh

Beberapa manfaat bayam antara lain sebagai berikut :

Zat yang terkandung dalam bayam yaitu vitamin C ,vitamin A, serat,asam folat dan 13 flavonoid berkhasiat menurunkan resiko kanker pada tubuh sebesar 34 %.

Sifat alkalinitas yang terkandung dalam bayam cukup tinggi. Hal ini menjadikan bayam baik dikonsumsi oleh para penderita penyakit inflamasi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Memiliki kandungan folat yang baik. Zat ini berguna untuk mengurangi homosistein, asam amino yang terdapat dalam darah

Kandungan kalium tinggi dan sodium rendah dalam bayam sangat bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Bayam mengandung vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk mencegah tulang keropos. Seng, Magnesium, Fosfor dan Tembaga. Adalah mineral yang terkandung dalam bayam yang berfungsi untuk menguatkan tulang

Magnesium yang terkandung dalam bayam dapat membantu pencegahan komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Dengan menkonsumsi bayam secara rutin, dapat membantu menstabilkan gula darah dalam tubuh dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak. Kandungan Zat besi dalam bayam dapat membantu memperbanyak sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh

Vitamin A yang terkandung dalam bayam bermanfaat untuk memelihara mata agar tetap sehat. Selain itu, bayam juga dikenal sebagai sumber lutein, karotenoid. Zat ini dapat membantu melindungi mata dari penyakit katarak.

Sari bayam sangat baik untuk mencegah penyakit gusi karena mengandung banyak garam oksalat.

3. Manfaat Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh : bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, obat jerawat, panu, obat sakit gigi dan gusi bengkak, melancarkan percernaan, peluruh kencing, obat batuk rejan, diabetes, mengobati kelumpuhan.

Bunga belimbing wuluh : Dapat mengobati batuk pada anak dan sariawan.

Daun belimbing wuluh : digunakan untuk mengobati penyakit gondongan, rematik dan obat sakit perut.dan juga batuk.4. Manggis

Fungsi zat xamthone yang terkandung didalam kulit manggis adalah membuang radikal bebas dari dalam tubuh, Akibat polusi udara dan bahan kimia yang masuk dari konsumsi makanan penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi.5. Ketela Pohon Mukibat (Pandesi) Menyembuhkan Luka Pada Penderita Kencing Manis Basah

Cara Terapi dapat dilakukan sebagai berikut :BAHAN YANG DIBUTUHKAN :Ambil Sepotong Ketela Pohon Mukibat (Pandesi), takaran disesuaikan dengan seberapa besarnya luka.Ambil beberapa siung KUNIR, dalam hal ini kunir digunkan sebagai Antiseptik Herbal.Rivanol, untuk membersihkan luka. Dapat juga dilakukan dengan air masak atau aqua.Siapkan Pembalut (Perban).

CARA MENGOLAH RAMUAN HERBAL :

Ketela Pohon diparut, tetapi jangan dibuang airnya dan tidak perlu dicampur air.Parut juga KUNIR, campur hingga merata.

PROSES PENGOBATAN :Bersihkan luka dengan pembersih luka (RIVANOL) atau Air Masak atau Aqua.Tempelkan hingga merata menutupi luka ramuan yang sudah dibuat dari parutanKETELA POHON dan KUNIR.Balut dengan perban.Hindari terkena air saat mandi atau saat beraktifitas lainya.

Ramuan herbal untuk radang telingaRamuan 1 BIJI KAPAS

Bahan-bahanSatu sendok the biji kapas,seperempat genggam daun lier, dan satu jari rimpang kunyit

Cara membuat :Bahan bahan tersebut dicuci lalu ditumbuk sampai halus. Tumbukan bahan tersebut direbus dalam dua gelas air bersih hingga airnya tersisa satu gelas, setelah dingin air rebusan tersebut di saringCara memakai :Cairannya diteteskan ke dalam lubang telinga yang sakit. Dalam sehari dilakukan empat kali sebanyak 2-4 tetes setiap penetesan.

Ramuan II (DAUN KECUBUNG)

Bahan-bahanSepuluh lembar daun kecubung dan dua sendok makan minyak kelapaCara membuat :Daun kecubung dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Ke dalamnya ditambahkan minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Campuran tersebut diremas-remas dan airnya diperas sambil di saring.Cara memakai :Air saringannya diteteskan ke bagian anak telinga yang sakit sebanyak tiga kali penetesan sehari. Setiap penetesan memerlukan lima kali tetes ramuan.

Sekian dan Terimakasih