Unsur transisi,aris munandar

Click here to load reader

  • date post

    11-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    2.220
  • download

    8

Embed Size (px)

Transcript of Unsur transisi,aris munandar

Slide 1

UNSUR TRANSISIOLEH:ARIS MUNANDAR

UNSUR TRANSISIDEFINISI LOGAM TRANSISITerdapat beberapa pendapat mengenai unsur transisi, tetapi pengertian yang lebih umum menyatakan bahwa unsur transisi merupakan kelompok unsur yang terletak pada blok d di dalam sistem periodik unsur. Diberi namatransisikarena terletak pada daerah peralihan antara bagian kiri dan kanan sistem periodikNama UnsurUnsurKonfigurasi ElektronGolonganSkandium21 Sc[A r], 3d1, 4s2IIIB atau 3Titanium22 Ti[A r], 3d2, 4s2IVB atau 4Vanadium23 V[A r], 3d3, 4s2VB atau 5Kromium24 Cr[A r], 3d5, 4s1VIB atau 6Mangan25 Mn[A r], 3d5, 4s2VIIB atau 7Besi26 Fe[A r], 3d6, 4s2VIIIB atau 8Kobalt27 Co[A r], 3d7, 4s2VIIIB atau 9Nikel28 Ni[A r], 3d8, 4s2VIIIB atau 10Tembaga29 Cu[A r], 3d10, 4s1IB atau 11Zink30 Zn[A r], 3d10, 4s2IIB atau 12SUSUNAN ELEKTRON ATOM UNSUR TRANSISISifat umum dari unsur transisi adalah sebagai berikut:Mempunyai berbagai bilangan oksidasiKebanyakan senyawaannya bersifat paramagnetikKebanyakan senyawaannya berwarnaUnsur transisi dapat membentuk senyawa kompleksSIFAT UNSUR TRANSISI

SIFAT UNSUR TRANSISISejarahElemen skandium ditemukan oleh Nilson pada tahun 1878 di dalam mineral-mineral euxenite dan gadolinite, yang belum pernah ditemukan dimanapun kecuali di Skandinavia.SumberSkandium ternyata lebih banyak ditemukan di matahari dan beberapa bintang lainnya (terbanyak ke-23) dibandingkan di bumi (terbanyak ke-50.

BAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISkandiumSejarahDitemukan oleh Gregor di tahun 1791 dan dinamakan oleh Klaproth di tahun 1795.SumberTitanium ditemukan di meteor dan di dalam matahari. Bebatuan yang diambil oleh misi Apollo 17 menunjukkan keberadaan TiO2 sebanyak 12,1%. Unsur ini merupakan unsur kesembilan terbanyak pada kerak bumi. Titanium selalu ada dalam igneous rocks (bebatuan) dan dalam sedimen yang diambil dari bebatuan tersebut.

TitaniumBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISejarah Vanadium ditemukan pertama kali oleh del Rio pada tahun 1801.dan dinyatakan salah oleh ahli kimia prancis.Unsur ini akhirnya ditemukan ulang pada tahun 1830 oleh Sefstrom, yang menamakan unsur itu untuk memuliakan dewi Skandinavia, Vanadis, karena aneka warna senyawa yang dimilikinya.SumberVanadium ditemukan dalam 65 mineral yang berbeda, di antaranya karnotit, roskolit, vanadinit, dan patronit, yang merupakan sumber logam yang sangat penting. Vanadium juga ditemukan dalam batuan fosfat dan beberapa bijih besi.

VanadiumBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISejarah Ditemukan pada tahun 1797 oleh Vauquelin, yang membuat logam khrom pada tahun berikutnya. Khrom adalah logam berwarna abu-abu, berkilau, keras sehingga memerlukan proses pemolesan yang cukup tinggi.Sumber Bijih utama khrom adalah khromit, yang ditemukan di Zimbabwe, Rusia, Selandia Baru, Turki, Iran, Albania, Finlandia, Republik Demokrasi Madagaskar, dan Filipina. Logam ini biasanya dihasilkan dengan mereduksi khrom oksida dengan aluminum.

KromiumBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISejarahPertama kali dikenali oleh Scheele, Bergman dan ahli lainnya sebagai unsur dan diisolasi oleh Gahn pada tahun 1774, dengan mereduksi mangan dioksida dengan karbon.SumberMineral mangan tersebar secara luas dalam banyak bentuk; oksida, silikat, karbonat adalah senyawa yang paling umum. Kebanyakan senyawa mangan saat ini ditemukan di Rusia, Brazil, Australia, Afrika sSelatan, Gabon, dan India.

ManganBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISejarahBesi telah digunakan sejak zaman nenek moyang. Pembuatan pilar besi yang luar biasa, tercatat sekitar 400 SM, masih berdiri saat ini di Delhi, India.SumberBesi merupakan unsur yang ditemukan berlimpah di alam. Juga ditemukan di matahari dan bintang. Bijih besi yang umum adalah hematit, yang sering terlihat sebagai pasir hitam sepanjang pantai dan muara aliran.

BesiBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISejarahDitemukan oleh Brandt pada tahun 1735.SumberKobal terdapat dalam mineral kobaltit, smaltit dan eritrit. Sering terdapat bersamaan dengan nikel, perak, timbal, tembaga dan bijih besi, yang mana umum didapatkan sebagai hasil samping produksi. Kobal juga terdapat dalam meteorit.Bijih mineral kobal yang penting ditemukan di Zaire, Moroko, dan Kanada.

KobaltBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISejarahNikel ditemukan oleh Cronstedt pada tahun 1751 dalam mineral yang disebutnya kupfernickel (nikolit)SumberNikel adalah komponen yang ditemukan banyak dalam meteorit dan menjadi ciri komponen yang membedakan meteorit dari mineral lainnya. Deposit nikel lainnya ditemukan di Kaledonia Baru, Australia, Cuba, Indonesia.

NikelBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISejarah(Latin, cuprum, dari pulau Cyprus). Tembaga dipercayai telah ditambang selama 5000 tahun.SumberTembaga kadang - kadang di temukan secara alami, seperti yang ditemukan dalam mineral-mineral seperti cuprite, malachite, azurite, chalcopyrite, dan bornite. Deposit bijih tembaga yang banyak ditemukan di AS, Chile, Zambia, Zaire, Peru, dan Kanada.

TembagaBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISISejarah(Jerman: zink) Berabad-abad sebelum seng dikenal sebagai unsur tersendiri yang unik, bijih seng telah digunakan dalam pembuatan kuningan. Logam ini ditemukan kembali di Eropa oleh Marggraf di tahun 1746, yang menunjukkan bahwa unsur ini dapat dibuat dengan cara mereduksi calamine dengan arang.SumberBijih-bijih seng yang utama adalah sphalerita, smithsonite, calamine dan franklinite. Satu metoda dalam mengambil unsur ini dari bijihnya adalah dengan cara memanggang bijih seng untuk membentuk oksida dan mereduksi oksidanya dengan arang atau karbon yang dilanjutkan dengan proses distilasi.

SengBAGIAN UNSUR-UNSUR TRANSISI

KEGUNAANTERIMA KASIH