Tutorial Merubah Background Foto

Click here to load reader

  • date post

    29-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    39
  • download

    5

Embed Size (px)

Transcript of Tutorial Merubah Background Foto

Tutorial Merubah Background Foto, Cara Cepat Di PhotoshopDiposkan oleh: Maddie Depal Suyadi

~Jumat, 24 Mei 2013TweetJika di tutorial sebelumnya kita memotong, mengganti dan merubah foto background dengan melakukan seleksi dengan menggunakan Magic Wand Tool kali ini kita akan mencoba mengganti background foto dengan background baru dengan cara yang lebih cepat.

Dalam tutorial ini sangat tidak cocok menggunakan Magic Wand Tool lagi karena sumber gambar pada contoh yang saya gunakan yaitu gambar pisang telah memiliki warna background yang tidak sama alias nggak senada. Nantinya pula saya akan mencoba mengganti background pisang yang sudah ada ke dalam gambar foto daun pisang.

Dalam kasus ini kita akan menggunakan tool seleksi namanya yaitu :Quick Selection Tool. Tool ini berfungsi menseleksi bagian pinggir atau sisi objek/subjek foto dengan cara cepat dan instan, oke seperti apa caranya.

Membuat Seleksi cara instanPada Panel tool photoshop gunakan/klikQuick Selection Tool.

Kemudian pada panel pengaturan di bawah menu Photoshop Anda, atur pilih Seleksi pada+ (plus)untuk membuat seleksi, dan KLIKicon kecil panahuntuk mengatur intensitas seleksi.

Dan Mulailah membuat seleksi pada gambar objek/subjek yang ingin di potong atau seleksi. Jika terjadi kesalahan seleksi, tanda titik-titik terlalu berlebih keluar atasi pengaturanQuick Selection Tooldengan mengklik tanda (minus), dan kembali perbaiki dengan mengembalikannya ke seleksi yang sebenarnya.

Lakukan seleksi dengan perlahan, atur pula intesitas seleksi pada pengaturanicon panah kecilubah, ubahDiameter, Hardnesssebaiknya di perkecil jika seleksi sudah dalam keadaan hampir sempurna, bermain-main juga denganangle roundnessseleksi untuk hasil terbaik.

Jika di rasa sudah sempurna tarik hasil seleksi (masih di tandai gambar titik-titik) tersebut de dalam gambar background yang baru, jika perlu ubah tata letak objek/subjek hingga sesuai dengan background yang baru, dalam sample ini sangat menggunakan menuEdit---Transform---Flip Horizontaluntuk membalikkan foto objek danCTRL+T(Free transform) untuk memutar objek foto pisang atau banana.

Terakhir adalahCRTL+KLIKpada layer subjek untuk membuat seleksi baru dan gunakanRefine edge untuk memperhalussisi-sisinya, jika sudah di Refine Edge (seperti yang sudah di jelakan dalam posting sebelumnya). Atur pula ke cocokan warna denganMatch Color dan Level. Dan hasil akhirnya akan seperti ini :

Di tutorial beikutnya kita kan membahas cara merubah background yang lumayan sulit foto dengan objek wanita atau melakukan seleksi pada rambut, silahkan lanjut lagi, untuk melihat link navigasi saya cantumkan di bawah posting ini.

Cara Menghilangkan/Mengganti Background Foto Dengan Photoshop

Anda senang mengutak-atik gambar/foto? Jika anda suka di sini saya akan memberikan cara untuk menghapus background foto denganPhotoshop CS3. Saya ambil contoh foto teman saya di FB, saya unduh fotonya lalu coba saya modifikasi di sini, kebetulan kualitas gambarnya bagus jadi silahkan simak langkah-langkahnya.

Akhir Modifikasi Gambar

1. BukaPhotoshopKalian

2. FileOpen / Open As, cari gambar / foto kalian lalu klikOk.

3. Pilih salah satu alat pemotong, di sini saya menggunakanPolygonal Lasso Tool.

4. Klik pada tepi foto untuk memulai memotong. Klik sekali, klik lagi untuk membentuk sudut baru dan klik dua kali untuk mengakhiri pemotongan anda.

5. Jika sudah, tekanCtrl+ Jdi keyboard kalian.

6. Nah, sekarang Layer kalian menjadi dua Layer, (Layer BackgrounddanLayer 1)

7. Klik kanan padalayer Background, pilihDelete Layeratau langsung tekanDeletedi keyboard kalian. Sekarang Layer kalian tinggalLayer 1.

8. Klik kananErasel Tool, pilihErasel Tool.

9. PilihBrush, lalu atur seberapa besar penghapus yang anda inginkan padaBrush => Master diameter, dengan cara tarik slidernya ke kanan untuk memperbesar dan ke kiri sebaliknya.

10. Atur juga beberapa %OpacitymaupunFlowyang kalian inginkan.

11. Selanjutnya kita akan memulai menghapus pinggiran foto untuk menyempurnakan potongannya. Caranya klik tahan, geser brush eraser ke arah gambar background sampai bersih.

Catatan: Agar penghapusan kita lebih akurat, zoom + gambar kalian denganZoom Tool.

12. Untuk memastikan apakah foto anda sudah bersih background-nya, klikLayer, Layer Style => Stroke.

Perhatikan titik-titik merah di luar Outline gambar.

13. Klik kembaliErasel Toollalu bersihkan semua background yang masih tersisa.

14. Jika sudah ulangi langkah 12 , hilangkan centang padastroke. Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah:

15. Selesai, gambangji toh ? Sekarang kita bebas mengisi background-nya.

16.Save Asfoto hasil kerja kalian dalam formatPSD. MengapaPSD? karena jika suatu saat kita ingin memberi background tinggal membuat layer baru tanpa mengedit kembali fotonya.

17. Sekarang saatnya memberiBackgroundpada gambar kita. Buat layer baru di bawah layer 1;

18. Kemudian pilihBlending Option => Gradient Overlayatur seperti gambar di bawah;

Ok ces dan hasilnya seperti begini;

Selamat Mencoba...

Sekian dan terima kasih

Salam PLUR slalu tentunya.

Hai sobat seperti yang sebelum-sebelumnya saya utarakan bahwa ada banyak cara untuk mengganti background foto pada photoshop. Dulu saya sempat membahas tentangCara mengganti background foto dengan Lasso TooldanCara Mengganti Background warna pada foto (Menggunakan Pen Tool). Nah sekarang saya akan membahasCara Mengganti Background warna pada foto (Menggunakan Magic Erase Tool).

Caranya sangat mudah, tidak memakan waktu yang cukup lama hanya sekitar beberapa detik saja untuk bisa menyelesaikan proyek dengan cara ini. Gak percaya?? Ok langsung saja ya. Oh iya cara ini hanya berlaku untuk background foto yang mempunyai satu warna saja lho, ;-) Ok langsung Open saja ya gambarnya dengan mengklik File -> Open.

Setelah itu klik Magic Erase Tool yang bergambar seperti inikemudian klik pada background warna merah di atas.

Maka background akan otomatis terhapus dengan sangat rapih. :). Kemudian Klik Collor picker yang bergambar seperti di samping

pilih warna backgroundnya disini saya memakai warna biru.

Klik Paint Bucket Tool

pada background kosong dari foto di atas setelah memlilih warna biru.Hasilnya langsung dilihat dan save aja dehh.

Membuat Pasphoto Dengan Photoshop

Reaksi:

Saya coba memberikan tips untuk membuat paspoto, dimana saya menggunakan foto sedikit agak lama, sehingga perlu sedikit restorasi, dan saya juga memberikan tipsbagaimana cara mengganti background pasphoto agar efek warna background sebelumnya bisa ditimpa.

Ganti Background1. Pertama-tamablok warna background. sebaiknya dengan Magic Wand Tool (W) karena tools ini bisa memblok secara otomatis pada warna sama

2. klik Set Foreground dan akan muncul Color Picker seperti gambar dibawah, Lalu pilih warna background tertentu.

3. Lalu gunakan Brush Tool(B) untuk mewarnai pinggiran background.Ini untuk menghilangkan bayangan warna background sebelumnya.

Hasil pasphoto setelah telah diganti background.

Restorasi ImageJika photo sedikit usang, bisa diperbaiki (restorasi) sehingga gambar tampak bagus.

1. Perhatikan layers seperti gambar dibawah ini (jika tidak ada buka window layers), dibawah layer, silahkan klikCreate a new layersehingga muncul layer baru, pada layer baru tersebut buat pilihanColor lalu atur Opaciti dan Fill.

2. karena kita akan memperbaiki warna rambut, ganti warnaset foreground colormenjadi hitam. lalu pilih brush, danwarnai di daerah sekitar rambut

3. Untuk Mewarnai Baju, tinggal lakukan perintah seperti nomor 5 di atas, buat layer baru, atur opacity dan fill, sesuaikan warna, lalu pilih brush dan warnai sekitar baju.

4. Selanjutnya kita akanmemotong gambarsesuai dengan ukuran tertentu. jika kita inginkan ukuran 3cm x 4 cm, isikan width = 3 cm dan height=4cm, jangan sampe kelupaancmkarena default ukuran dari photoshop adalahinchi.Note :Ukuran biasa saya gunakan adalahkurang dari 0,2 cm dari ukuran semestinya. misalnya 3cm x 4cm, maka saya akan buat 2,8cm x 3,8cm. o,2 cm saya buat untuk kertas putih di pinggir setiap poto.

5. Untuk menggabungkan layer,pilihLayer Flatten Image.

6. Setelah crop selesai, kitamengatur cahaya dengan levels (Ctrl + L) dan Curves (Ctrl + M). atur cahaya sesuai keinginan anda.

Jhohannes H PurbaCoding SederhanaThursday, March 25, 2010