Tutorial Mengedit Video Menggunakan Wondershare Video Editor

download Tutorial Mengedit Video Menggunakan Wondershare Video Editor

of 28

  • date post

    09-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    38
  • download

    1

Embed Size (px)

description

wondershare

Transcript of Tutorial Mengedit Video Menggunakan Wondershare Video Editor

Tutorial Mengedit Video Menggunakan Wondershare Video Editor

1. Pertama-tama buka aplikasi Wondershare Video Editor, hingga muncul tampilan seperti ini

Untuk membuat project film baru, pastikan Anda memilih rasio yang tepat untuk film Anda. Kali ini saya menggunakan rasio 16 : 9 dan saya memilih Mode dengan Full Feature.

2. Selanjutnya import file yang ingin Anda masukkan dalam film Anda, dengan cara mengklik icon Import kemudian pilih file yang Anda ingin masukkan dalam media import wondershare lalu klik Open.

3. Jika file sudah berhasil masuk dalam media wondershare kemudian drag file tersebut ke timeline film Anda.

4. Kemudian edit bagian video maupun audio dari file yang telah Anda masukkan pada timeline, dengan cara mengklik icon edit

Atau dengan cara lain yaitu klik kanan pada project video yang berada di timeline Anda.

5. Jika mengklik Audio Detach maka akan membuat suara yang terdapat dalam video menjadi terpisah dari video.

6. Selanjutnya kita akan menambahkan sedikit efek pada video, yaitu dengan cara klik kanan pada bagian dari video Anda yang ingin di tambahkan efek. Kemudian pilih Power Tool.

7. Saya memilih untuk menambahkan efek Tilt-Shift, yaitu klik Apply Tilt-Shift to the clip. Kemudian atur tampilan garis yang berwarna kuning pada video Anda.

8. Saya juga menambahkan efek Mosaic pada video saya, klik Apply Mosaic to the clip, kemudian klik Add. Lalu atur bagian yang bergaris kuning pada video Anda, sesuaikan percent blurnya. Jika sudah selesai klik OK.

9. Selanjutnya saya akan menambahkan efek Flash and Hold pada video saya, klik kanan pada project video Anda, sesuaikan dengan bagian yang ingin Anda beri efek, kemudian klik Flash and Hold.

Sekarang saya akan memberikan transisi pada project video saya, caranya dengan mengklik menu Transition, kemudian pilih efek transisi yang tepat untuk video Anda.

10. Selanjutnya saya akan menambahkan Intro/Credit pada project video saya, caranya adalah klik menu Intro/Credit. Pilih yang tepat untuk video Anda. Anda juga bisa menambahkan tulisan pada Intro/Credit dalam video Anda, serta Anda juga dapat mengatur durasi Intro/Credit Anda.

11. Saya juga mendambahkan frame pada Intro, yaitu dengan cara mengklik menu PIP lalu memilih frame ataupun pilihan lainnya seperti decoration, smiles maupun festival.

12. Setelah semuanya saya rasa sudah cukup untuk membuat video yang menarik, jangan lupa untuk menyimpan project videonya, supaya suatu waktu dapat digunakan lagi jika ingin menambahkan editan. Caranya yaitu dengan mengklik ikon. Kemudian klik Save Project.

13. Selanjutnya tahap terakhir, Export. Yaitu untuk mengekspor project video Anda menjadi video jadi, banyak format video yang bisa kita pilih. Kita juga dapat langsung mengupload video pada Youtube, Facebook maupun Vimeo. Cara mengekspor video yaitu dengan mengklik ikon.

Tutorial Video Editing Pada Wondershare Video Editor

Untuk mengedit video ada berbagai efek yang bisa diterapkan pada video, teks maupun audio yang akan membuat tampilan dari projek Anda semakin menarik. Saya akan sedikit menjelaskan berbagai efek yang ada pada Wondershare Video Editor.1. Edit Bagian DasarSetelah semua file media telah diimpor, kini Anda dapat mengedit proyek video Anda. Anda dapat mengatur klip dalam urutan yang Anda inginkan untuk menampilkan di film Anda, dan "Clean up" rekaman video Anda, mengedit bagian-bagian yang tidak Anda sukai dan hanya menjaga rekaman terbaik untuk disertakan dalam film dan banyak lagi. Menambahkan klip untuk TimelineSebelum mengedit, klip harus ditambahkan ke Timeline. Ada dua cara untuk melakukannya: Pilih klip di Media Library dan tarik ke track video. Klik kanan klip di Media Library dan pilih "Add Clip". Jangan drag dan drop file ke media yang ada pada Timeline kecuali jika Anda ingin membaginya.

Saran: Untuk akses yang lebih mudah untuk klip media yang berbeda pada Timeline, drag bar geser untuk menyesuaikan ukuran tampilan Timeline. Anda juga dapat mengklik tombol Zoom to Fit Timeline untuk secara otomatis memperbesar ukuran tampilan.2. Efek

Selain fungsi editing dasar seperti Rotate, Crop, Split dan Cut, Wondershare Video Editor juga menyediakan banyak efek seperti yang terdapat pada Power Tool dan juga efek Flash and Hold.

Power Tool mencakup empat efek editing yaitu Tilt-shift, Mosaic, Face Off, Jump Cut at Beats. Efek-efek ini akan membantu Anda membuat sentuhan profesional pada video Anda.

Untuk mengakses Power Tool, pilih klip di Timeline dan klik tombol Power Tool atas Timeline atau klik kanan klip dan pilih "Power Tool". Sebuah jendela akan muncul yang memungkinkan Anda untuk menerapkan salah satu dari empat efek ini.

Tilt-shift

Klik Tilt-shift dan beri tanda centang pada Apply Tilt-Shift to the clip, kemudian muncul area fokus dalam video Anda. Anda dapat menyesuaikan ukuran area fokus dengan menarik garis kuning atau menyesuaikan arah lingkaran putih di antara dua garis kuning. Apabila semua penyesuaian telah selesai, klik tombol OK.

Mosaic

Klik Mosaic dan beri tanda centag pada Apply Mosaic to the clip, kemudian klik tombol Add. Sekarang muncul sebuah area mosaic dalam video Anda. Anda bisa memindahkannya ke posisi yang Anda inginkan dengan cara menyeret frame kuning untuk menyesuaikan ukuran. Atau menyeret slide pada bar persent untuk mendapatkan efek yang Anda inginkan. Ketika sudah selesai, klik OK untuk menyimpan hasil editing Anda.

Face Off

Klik Face Off dan beri tanda centang pada Apply Face Off to the clip. Lalu pilih wajah yang lucu yang Anda inginkan dan itu dapat segera di masukkan dengan program deteksi wajah. Anda bisa mempreview video tersebut dengan mengklik tombol Play, lalu klik OK untuk menyimpan editing.

Jump Cut at Beats

Klik Jump Cut at Beats dan beri tanda centang pada Apply Jump Cut at Beats to the clip. Kemudian seret slide bar Jump time length dan Play duration untuk menyesuaikan efeknya. Anda dapat mempreview video dengan menekan tombol Play, klik OK untuk menyimoan editing.

Flash and Hold (Close Up)

Flash and Hold akan menambah efek flash transisi singkat menuju klip yang terpilih dan frame yang terakhir. Frame yang terakhir ini kemudian berubah menjadi sebuah gambar yang masih tetap di layar hingga 4 detik, tetapi Anda bisa mengubah durasi seusai yang Anda di inginkan.

Untuk mencoba dekatkan video Anda, hanya dengan memilih klip pada timeline dan dengan menekan terus tombol Flash and Hold ke atas timeline atau klik kanan pada klip target dan memilih opsi Flash and Hold. Ini akan secara otomatis menambah segmen flash and Hold pada awal klip. Klik dan seret bagian ke tempat yang lain.

3. Transisi Memasukkan TransisiTransisi dapat membantu video Anda bergerak dengan lancar dari satu adegan ke adegan berikutnya. Transisi juga dapat diterapkan untuk klip tunggal atau diantara semua klip pada timeline. Menggunakan fitur ini dapat lebih efektif dengan menambahkan sentuhan profesional untuk kreasi video Anda.

Untuk menambahkan transisi tekan ikon transisi di atas Timeline, pilih salah satu transisi yang ingin Anda gunakan dari berbagai kategori transisi yang ada. Pilih dan tarik transisi ke antara dua klip di Timeline. Letakkan transisi hingga masuk ke tempatnya. Lalu gerakkan slider di antara dua klip. Klik kanan efek dan pilih "Apply". Anda hanya dapat drag dan drop satu transisi pada suatu waktu. Untuk mengganti transisi dalam proyek Anda, tarik transisi baru ke timeline atau klik kanan dan pilih "Apply" untuk penggantian.Untuk menambahkan transisi yang dipilih untuk ke semua klip video, klik kanan thumbnail dari transisi yang dipilih dan pilih "Apply to All". Untuk menambahkan transisi secara acak untuk semua klip video, klik kanan thumbnail pada transisi apapun dan pilih "Random to All". Untuk menyesuaikan transisi yang telah ditetapkan, klik dua kali efek transisi di Timeline. Untuk mengubah jumlah detik transisi yang berlangsung di antara klip, klik "Apply to All" jika Anda ingin semua transisi memiliki durasi waktu yang sama.

Menyimpan dan menghapus transisiAnda dapat memilih transisi favorit Anda dan menyimpannya dalam Favorite Folder, sehingga Anda dapat dengan cepat menemukannya nanti. Untuk menyimpan transisi dalam Favorite Folder yaitu dengan cara pilih thumbnail transisi, klik kanan dan pilih "Add to Favorite" untuk menambahkan transisi di daftar Favorite Library. Anda juga dapat menghapus transisi yang tidak digunakan dari proyek tersebut. Untuk menghapus transisi dari proyek Klik kanan transisi pada timeline dan pilih "Delete".4. Teks dan Intro/CreditWondershare Video Editor memungkinkan Anda dengan mudah dan cepat membuat judul tampak indah, lengkap dengan efek khusus. Anda dapat menambahkan keterangan serta Intro dan kredit. Menambahkan teksAda berbagai teks preset di Text Library dengan animasi judul. Anda juga dapat menyimpan preset kustom. Untuk menambahkan teks yang telah ditetapkan untuk proyek Anda yaitu drag dan drop teks yang telah ditetapkan ke Timeline atau klik kanan dan pilih "Apply".

Menyimpan teks ke FavoritKlik kanan klip judul di Library dan klik "Add to Favorite". Anda dapat mengakses nanti di Library dengan memilih kategori favorit. Menghapus teksKlik kanan klip pada track teks dan pilih "Delete". Personalisasi Teks dan Tambah AnimasiAnda dapat memformat teks Anda dengan mengubah font, warna, atau menempatkannya ke posisi baru. Superimpose membuat bentuk padat atau gradien pada teks sehingga teks terlihat menonjol. Anda juga dapat menentukan berapa lama klip judul muncul dengan menyesuaikan durasi klip judul. Memasukkan teksKlik dua kali klip pada track teks dan masukkan teks di area kosong. Kemudian memodifikasi properti dari klip judul dengan menggunakan pilihan yang berbeda seperti ukuran font, warna dan banyak la