Tugas arsitektur dan Organisasi

Click here to load reader

  • date post

    14-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    129
  • download

    12

Embed Size (px)

Transcript of Tugas arsitektur dan Organisasi

Tugas arsitektur dan Organisasi komputer

Soal1. Jelaskan perbedaan utama OrganisasiKomputer dan Arisitektur Komputer? BeriContohnya.2. Gambarkan Struktur Top Level komputer dan jelaskan masing-masing fungsi?3. Gambarkan Struktur Central Processing Unitdan jelaskan masing-masing fungsi?4. Gambarkan operasi-operasi komputer danjelaskan masing-masing fungsi?

Jawab:

1. 1. Arsitektursama, organisasi dapat berbeda. Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Organisasi antar versi memiliki perbedaan.

2. Gambar struktur Top Level

a.CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.b.Input Device(Alat Masukan)berfungsi sebagai alat untuk:memasukan data atau perintah ke dalam komputer.Output Device(Alat Keluaran)berfungsi untuk:menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.c.System interconnectionberfungsi untuk menghubungkan ke CPU, memori utama dan I/O.d.Main memoryberfungsi sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O.e.Fungsi komputeradalahuntukOperasi Pengolahan Data, Penyimpanan Data, Fungsi Operasi Pemindahan Data Fungsi Operasi Kontrol.

3.Gambar struktur CPU

a.Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secarakeseluruhan.b.Arithmetic And Logic Unit (ALU), berfungsi untuk membentuk fungsi fungsipengolahan data komputer berupa angka biner.c.Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.d.CPU Interconnection, berfungsi menghubungkan seluruh bagian dari CPU.e.Internal bus ,berfungsi untuk mengendalikan semua bagian dalam CPU.

Control Unit :-Register, berfungsi sebagai penyimpan internal bagi CPU.-Sequencing logic berfungsi menentukan keluaran dari control unit-Register dan Decodersberfungsi dapat menuliskan kode atau pesan yang meng indikasikan hasil operasi.-Control memori berfungsi untuk mengawasi penyimpanan data.

4. Gambar operasi-operasi komputer

Fungsi-fungsi operasi computer :- Input Device (Alat Masukan):Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer- Output Device (Alat Keluaran):Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupahard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.-I/O PortsBagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.-Control Unit, berfungsi untuk mengontrol operasi CPU dan mengontrol komputer secarakeseluruhan-Arithmetic And Logic Unit (ALU), :berfungsi untuk membentuk fungsi fungsipengolahan data komputer berupa angka biner.-Control Bus:Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus danAddress Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel-Main memory: berfungsi sebagai media penyimpanan data yang berkaitan dengan CPU atau perangkat I/O.Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpanprogram yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.-Data Bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.Contoh Soal (Arsitektur & Organisasi Computer)1. Sebutkan struktur utama dalam komputer dan CPU, beserta fungsinya!

Struktur utama komputer : Central Processing Unit (CPU) : Mengontrol operasi komputer dan membentuk fungsi fungsi pengolahan datanya Memori Utama : Menyimpan data I/O : Memindahkan data antara komputer dengan lingkungan luarnya System interconnection : Beberapa mekanisme komunikasi antara CPU, memori utama dan I/O Control Unit : Mengontrol operasi CPU dan pada gilirannya mengontrol komputer. Arithmetic and Logic Unit (ALU) : Membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer. Register : Sebagai penyimpan internal bagi CPU. -CPU interconnection : Sejumlah mekanisme komunikasi antara Control Unit, ALU, dan register-register.

2. Sebutkan perbedaan antara Arsitektur dan Organisasi Komputer! Arsitektur sama, sedangkan organisasi dapat berbeda Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi

3. Apa pengertian dari komputer, beserta fungsi dari komputer itu sendiri? Komputer adalah: Mesin yang dapat memecahkan berbagai masalah bagi manusia dengan memberikaninstruksi-instruksi(digital) kepada mesin itu. mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya,dan menghasilkan output berupa informasi. suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Semua komputer memiliki 4 fungsi : Pengolahan data - Data processing Penyimpanan data - Data storage Pemindahan data - Data movement Kendali - Control

4. Gambarkan Struktur dari Top Level!

5. Apa yang Anda ketahui tentang IAS serta gambarkan struktur detailnya!! Kapasitas memori: 1000 x 40 bit words Menggunakan sistem bilangan Biner Panjang instruksi 20 bit( 1 word = 2 instruksi ) Register-register dalam CPU MBR (Memory Buffer Register) MAR (Memory Address Register) IR (Instruction Register) IBR (Instruction Buffer Register) PC (Program Counter) AC (Accumulator) MQ (Multiplier Quotient)

PERBEDAAN ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTERPERBEDAAN ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitekturalcontoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyalsinyal kontrolSedangkan arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah programcontoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.

# apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.

Arsitektur sama, organisasi dapat berbeda

Arsitektur bertahan lama, organisasi menyesuaikan perkembangan teknologi artinya Arsitektur komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan perkembangan teknologi.Pabrik komputer memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik unjuk kerja yang berbeda. contoh :

Semua intel family x86 memiliki arsitektur dasar yang sama Family IBM system/ 370 memiliki arsitektur dasar yang sama Organisasi antar versi memiliki perbedaan.

1. Arsitektur Komputer berkaitan erat dengan atribut-atribut sebuah sistem yang tampak (Visible) bagi seorang program. Contoh Atribut Arsitektural Adalah :set instruksi, jumlah bit utk representasi bermacam jenis data, mekanisme I/O, dan teknik-teknik pengalamatan memory.2. Organisasi Komputer berkaitan erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural.Contoh Atribut Organisasional Adalah :rincian hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal kontrol, interface komputer, dan teknologi memori yang digunakan.Arsitektur Komputer : Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan eksekusi logis sebuah program.Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masingmasing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.Arsitektur komputer mempelajari atribut - atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:1. Set instruksi (ISA)2. Arsitektur mikro dari ISA, dan3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.

Organisasi Komputer : Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasika