Terjemahan iho

download Terjemahan iho

of 139

  • date post

    18-Jul-2015
  • Category

    Engineering

  • view

    244
  • download

    20

Embed Size (px)

Transcript of Terjemahan iho

TERJEMAHANDISUSUN OLEH: TEKNIK GEOMATIKA

FAKULTAS TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN 1INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBERDITERJEMAHKAN OLEH:2PENDAHULUAN RINGKASAN SEJARAH HIDROGRAFIPengambilan data secara navigasi atau pembuatan chart navigasi pertama kali dilakukan pada tahun 1892 oleh Bibliotheque seseorang berkebangsaan Perancis. Grafik tersebut pertama kali dikembangkan di Venesia dan kemudian dikembangkan di pulau Majorca. Fitur yang paling mencolok dari grafik tersebut adalah jaringan koneksi garis rhumb yang mewakili 32 mata angin dan digunakan untuk mengatur arah kapal. Seluruh area di pantai Mediterania digambarkan, nama nama pantai ditampilkan, simbol, dan semua yang ada di pantai Mediterania termasuk yang ada di dalam pantai juga digambarkan. Dalam pembuatan chart navigasi pantai Mediterania adalah seorang pelaut kebangsaan Inggris yang sedang berlayar ke arah selatan. Untuk para pelaut yang berlayar ke utara, metode yang digunakan adalah metode turun temurun atau yang disebut metode caping ship dengan perkembangan yang dilakukan Pierre garcie seorang ilmuwan dari Rounen.

Beberapa tahun kemuadian kertas yang digunakan untuk grafik navigasi dicetak dari ukiran plat tembaga. Sebelum melakukan pembaruan, dilakukan perjalanan yang jauh selama bertahun tahun untuk pengumpulan informasi hidrografi. Pada tahun 1584 Waghenaer menerbitkan bukunya Spieghel der Zevaerdt yang dimana didalam bukunya berisi 45 pantai yang terletak dari Norwegia hingga ke Selat Gibraltar. Di dalam bukunya tersebut di tampilkan profil pantai , keadaan pantai dengan skala yang lebih besar, pengenalan simbol, dan untuk data sounding digunakan sebagai data kedalaman. Seorang kebangsaan Inggris yang dipilih oleh pangeran Charles yaitu Greenville Collins untuk pembuatan chart navigasi pantai di Inggris, sehingga ia mendapatkan gelar Raja Hidrografi.

Pada zaman kerajaan Collins tidak ada peta topografi yang menggunakan chart navigasi dan tidak menggunakan metode apapun untuk menentukan lintang dan bujur. Pada tahun 1693 dihasilkan sebuah grafik yang didalamnya juga memuat tabel pasang surut air laut, dan data hasil sounding. Pada tahun 1661 dibentuk pusat hidrografi di Perancis yang akan melakukan survey untuk semua garis pantai yang ada di pelabuhan di perancis. Pada tahun 1775 juga didirikan pusat hidrografi di Inggris.

Dalam sejarahnya hidrografi selalu ada perkembangan sesuai dengan kebutuhan.3PENTINGNYA HIDROGRAFIDefinisi hidrografi menurut IHO adalah sebagai berikut :

Cabang itu ilmu terapan yang berkaitan dengan pengukuran dan deskripsi dari fitur dari laut dan pesisir untuk tujuan utama navigasi dan semua tujuan laut lainnya dan kegiatan, termasuk kegiatan -inter alia- lepas pantai, penelitian, perlindungan lingkungan, dan layanan prediksi.

Oleh karena itu, pengembangan Kebijakan Maritim Nasional membutuhkan kemampuan berkembang dengan baik untuk melakukan semua kegiatan ini yang akan memungkinkan memperoleh pengetahuan dasar geografis, geologi dan fitur geofisika dari dasar laut dan pantai, serta arus, pasang surut dan sifat fisik tertentu air laut; semua data ini kemudian harus diproses dengan benar sehingga sifat dasar laut, yang hubungan geografis dengan tanah dan karakteristik dan dinamika laut dapat akurat digambarkan dalam semua zona pelayaran nasional. Singkatnya, Hidrografi, sebagaimana didefinisikan, adalah kunci untuk kemajuan semua kegiatan maritim, biasanya kepentingan ekonomi nasional yang besar. Untuk merespon bidang operasi yang aman dan efisien dari kontrol lalu lintas maritim; zona pesisir manajemen; eksplorasi dan eksploitasi sumber daya laut; perlindungan lingkungan dan maritim pertahanan, perlu untuk membuat Layanan Hidrografi. Hidrografi Service, melalui sistematis pengumpulan data dilakukan di pantai dan di laut, memproduksi dan menyebarkan informasi dalam mendukung maritim keselamatan navigasi dan pelestarian lingkungan laut, pertahanan dan eksploitasi.

Untuk merespon bidang-bidang seperti:

operasi yang aman dan efisien dari kontrol lalu lintas maritim;

Pengelolaan Wilayah Pesisir;

Eksplorasi dan Eksploitasi Sumber Daya Kelautan;

Perlindungan Lingkungan;

Maritime Defence.4M-13BIDANG Hidrografi

TransportasiMaritime commerce adalah dasar elemen untuk perekonomian suatu negara. Banyak daerah dan pelabuhan di dunia tidak memiliki akurat dan tidak memadai cakupan peta laut. Grafik bahari modern diperlukan untuk navigasi yang aman melalui suatu negara perairan dan di sepanjang pantai dan masuk ke port-nya. Kurangnya grafik bahari yang memadai mencegah pengembangan perdagangan maritim di perairan dan pelabuhan dari negara-negara yang bersangkutan. Industri pelayaran membutuhkan efisiensi dan keamanan. Daerah buruk memetakan dan kurangnya informasi dapat menyebabkan pelayaran menjadi lebih lama dari yang diperlukan, dan dapat mencegah pemuatan optimal kapal, sehingga meningkatkan biaya. Penghematan waktu dan uang yang dihasilkan dari penggunaan lebih pendek dan lebih dalam

rute dan kemungkinan untuk menggunakan kapal yang lebih besar atau kapal beban lebih dalam dapat menghasilkan ekonomi penting bagi nasional industri dan perdagangan. Hal ini juga sangat penting untuk dicatat bahwa SOLAS Convention menganggap kapal laik laut jika tidak membawa grafik up- to-date yang diperlukan untuk pelayaran dimaksudkan. Sebuah solusi untuk masalah ini tidak akan mungkin tanpa peta kualitas dan grafik yang dihasilkan dan terus-menerus diperbarui dan didistribusikan oleh Layanan Hidrografi. Grafik ini, diproduksi dengan cara survei hidrografi modern, sangat diperlukan sehingga kapal-kapal yang lebih besar dari hari ini untuk menavigasi melalui nasional perairan dan masukkan port akses yang sebelumnya tidak aman dan oleh karena itu alat-alat penting untuk penciptaan pendapatan negara pesisir. Grafik modern juga menyediakan informasi yang diperlukan untuk menciptakan sistem pengaturan rute yang ditetapkan oleh konvensi internasional dan untuk memenuhi kepentingan ekonomi negara pesisir.

Pengelolaan Zona PesisirPengelolaan wilayah pesisir yang memadai termasuk barang-barang seperti pembangunan pelabuhan baru dan pemeliharaan dan pengembangan yang sudah ada; pengerukan operasi untuk pemeliharaan kedalaman memetakan dan untuk pembentukan, pemantauan dan perbaikan saluran; pengendalian erosi pantai; reklamasi lahan dari laut; pembentukan dan pemantauan alasan pembuangan limbah industri; ekstraksi deposit mineral; kegiatan akuakultur; transportasi dan pekerjaan umum proyek

termasuk pembangunan infrastruktur pantai dekat.Survei skala besar Precise menyediakan penting data primer untuk proyek-proyek yang melibatkan semua item yang disebutkan di atas. Karena perubahan yang cepat yang garis pantai tergantung, survei ini harus diperbarui dengan frekuensi ditentukan oleh proses monitoring dan analisis. Informasi yang dikumpulkan oleh Hidrografi Kantor tentang zona pesisir memberikan masukan penting untuk GIS zona pesisir (Geographic Information Sistem) yang semakin sering digunakan untuk manajemen lebih baik secara keseluruhan dan pengambilan keputusan dengan hal yang bertentangan menggunakan di wilayah pesisir. Para pengguna informasi hidrografi melampaui kelompok pengguna tradisional, pelaut, untuk memasukkan instansi pemerintah, pengelola pesisir, insinyur, dan ilmuwan.

Eksplorasi dan eksploitasi sumber daya laut 5Meskipun ditujukan terutama untuk mendukung keselamatan navigasi, data-basis yang luas mengumpulkan selama tahun oleh Kantor Hidrografi, bersama dengan berbagai produk dan layanan

mereka, yang dari cukup nilai ekonomi dalam membantu pengelolaan dan eksploitasi sumber dayaM-13alam laut. dalam baru-baru ini tahun, ia telah menjadi lebih jelas bahwa tidak memadai layanan hidrografi tidak hanya membatasi pertumbuhan perdagangan maritim tetapi juga menyebabkan penundaan mahal dalam eksplorasi sumber daya. Daerah sedimen lepas pantai Pesisir dan mungkin berisi deposit mineral, hidrokarbon tertentu, yang memerlukan survei yang memadai untuk diidentifikasi. Jika keberadaan hidrokarbon tersebut dikonfirmasi, ini akan mengarah pada pengembangan usaha negara pesisir produksi hidrokarbon yang berarti interpretasi dasar laut morfologi; keselamatan navigasi untuk transportasi ini berbahaya . Batimetri, pasang surut dan data meteorologi yang diberikan oleh Hidrografi Layanan adalah elemen mendasar dalam pengembangan industri hidrokarbon. Industri perikanan juga merupakan sumber kekayaan nasional. Nelayan membutuhkan informasi kelautan tidak hanya untuk navigasi yang aman kapal mereka, tetapi juga untuk penyebaran aman alat tangkapnya, yang akan mencegah kerugian mahal. Selain itu, grafik oseanografi, disusun dan dibuat oleh Kantor Hidrografi, yang sekarang sedang banyak digunakan oleh industri perikanan. Kegiatan Informasi seperti ini tunduk pada perubahan sering dan karena itu perlu memperbarui konstan. Survei hidrografi sangat penting untuk memperoleh informasi yang tepat waktu dan up-to-date dan harus diulang secara berkala. Kecenderungan ilmu perikanan modern yang berorientasi pada pengelolaan habitat; batimetri dan lainnya Data laut akan memberikan masukan penting bagi manajemen spesies yang tepat

dan pembangunan. Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Faktor penting untuk perlindungan lingkungan adalah navigasi yang aman dan akurat. polusi yang disebabkan oleh bangkai kapal dan tumpahan minyak merupakan faktor kerusakan besar, konsekuensi ekonomi Nilai layanan navigasi untuk melindungi