terjemahan Building Learning Organization Bab 1

Click here to load reader

download terjemahan Building Learning Organization Bab 1

of 22

  • date post

    26-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    244
  • download

    12

Embed Size (px)

description

terjemahan bahasa Indonesia Marquardt Building Learning Organization Bab 1

Transcript of terjemahan Building Learning Organization Bab 1

CHAPTER

BAB1Munculnya Kebutuhan akan

Organisasi PembelajaranSelama 10 Tahun terakhir, berbagai kondisi ekonomi, sosial, dan teknologi telah sangat semakin padat, sehingga secara dramatis mengubah lingkungan kerja. Berbagai perubahan ini terjadi sangat cepat dan persaingan meningkat dengan sangat ketat sehingga para organisasi dinosaurus berukuran besar dengan otak kecil yang berjaya di abad ke-20 tidak akan bisa bertahan hidup di dunia baru abad ke-21. Konsep yang kuat yang bertahan hidup sekarang berubah menjadi yang bisa belajar yang akan bertahan. Dalam bukunya Riding the Tiger: Doing Business in a TransformingWorld (1991), Harrison Owen menulis, Ada masa dimana fokus utama sebuah usaha adalah mendapatkan laba dan produk. Saat ini ada fokus utama yang baru, yaitu menjadi organisasi pembelajaran yang efektif. Bukan berarti laba dan produk tak lagi penting, tapi tanpa pembelajaran terus menerus, laba dan produk tidak akan mungkin dimunculkan lagi (hal. 1). Kecuali organisasi terus menerus beradaptasi dengan lingkungan lewat pembelajaran yang cepat dan efektif, organisasi tersebut akan mati dan 12Membangun Organisasi Pembelajaranpunah. Singkatnya, berbagai perubahan dan pendorong eksternal menuntut organisasi untuk beradaptasi atau punah. Hanya perusahaan yang bisa mengubah diri menjadi mesin perubahan yang lebih cerdas dan cakap yang akan berhasil di milenium baru ini. Sebagaimana yang dinyatakan oleh Reginald Revans (1983), seorang pelopor pembelajaran organisasi, Pembelajaran di dalam harus setara dengan atau lebih besar dari perubahan yang terjadi di luar organisasi atau organisasi tersebut akan mati (hal. 11). Organisasi baru yang muncul harus memiliki pengetahuan, fleksibilitas, kecepatan, kekuatan, dan kemampuan belajar yang lebih besar sehingga bisa lebih baik dalam menghadapi pergeseran kebutuhan lingkungan baru, konsumen yang lebih menuntut, dan pekerja dengan pengetahuan yang lebih cerdas. Keberhasilan-keberhasilan ini sudah jelas. Organisasi yang belajar dengan lebih cepat akan mampu beradaptasi dengan lebih cepat pula, dan dengan demikian akan memperoleh keunggulan strategis yang signifikan di dunia usaha global. Organisasi pembelajaran baru mampu menjaring kejeniusan kolektif para pegawainya di level individu, level kelompok, dan level sistem. Kemampuan ini, ditambah dengan meningkatnya status organisasi, teknologi, manajemen pengetahuan, dan pemberdayaan pegawai, akan memungkinkan organisasi tersebut untuk meninggalkan para pesaingnya jauh di belakang.

Sekarang, mari kita amati perubahan-perubahan utama yang telah mengharuskan organisasi untuk belajar atau menghadapi kepunahan, sejumlah pendorong yang telah mengubah lingkungan ekonomi dan tempat kerja serta mengubah para pegawai dan konsumen. Delapan pendorong yang paling signifikan yang akan mengubah dunia usaha dan mengharuskan adanya pembelajaran di seluruh bagian perusahaan pada abad ke-21 adalah1. Globalisasi dan ekonomi global2. Teknologi 3. Perubahan radikal dunia kerja4. Meningkatnya pengaruh konsumen5. Kemunculan pengetahuan dan pembelajaran sebagai aset utama

organisasi6. Perubahan peran dan ekspektasi pegawai7. Keberagaman dan mobilitas tempat kerja8. Perubahan dan kekacauan yang meningkat dengan pesatMasing-masing pendorong ini perlu dipahami dan ditangani sebelum organisasi bisa berubah menjadi organisasi pembelajaran. Mari kita bahas secara singkat pengaruh masing-masing pendorong ini.Munculnya Kebutuhan akan Organisasi Pembelajaran3Pendorong 1: Globalisasi dan Ekonomi Global Kita telah memasuki Era Global. Kita adalah manusia yang makin bersifat global dengan banyak nilai dan praktek bersama, dan kita bekerja untuk organisasi yang makin diperhitungkan di dunia internasional. Globalisasi telah menyebabkan terpusatnya berbagai dorongan ekonomi dan sosial, berbagai kepentingan dan komitmen, berbagai nilai dan selera, berbagai tantangan dan peluang. Kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia karena kita memiliki bahasa global (Bahasa Inggris) dan media komunikasi global (komputer dan Internet). Tanda-tanda pasar global telah bermunculan di sekitar kita. Coba perhatikan statistik berikut. Perusahaan-perusahaan A.S. telah menginvestasikan senilai $1 triliun di luar negeri dan mempekerjakan lebih dari 100 juta pegawai asing; lebih dari 100.000 perusahaan A.S. terlibat dalam usaha global yang nilainya melebihi $2 triliun. Misalnya, McDonald mengoperasikan lebih dari 30.000 restoran di 120 negara dan sedang menambah paling tidak 1.200 restoran baru setiap tahunnya, dan Coca-Cola menghasilkan lebih banyak uang di Jepang daripada di Amerika Serikat. Selain itu, lebih dari 70 persen laba untuk industri musik A.S. senilai $30 milyar dihasilkan di luar Amerika, dan kebanyakan industri perfilman dengan modal besar sangat tergantung pada penonton global untuk memperoleh laba besar. Di saat bersamaan, 10 persen pabrik di Amerika Serikat dimiliki oleh orang asing dan mempekerjakan 4 juta orang Amerika. Mitsubishi USA adalah eksportir keempat terbesar di Amerika Serikat, dan Toyota telah menggantikan Chrysler sebagai penjual mobil terbesar ketiga di A.S. Investasi asing di Amerika Serikat saat ini telah melebihi $3 triliun. Bahkan, lebih dari sepertiga pertumbuhan ekonomi A.S. dihasilkan dari bidang ekspor, yang telah menyediakan lowongan kerja bagi lebih dari 11 juta warga Amerika. Pada tahun1997, lebih dari setengah gelar Ph.D (setara sarjana S1) di bidang teknik, matematika, dan ekonomi dari berbagai universitas Amerika diberikan kepada warga negara asing.

Di seluruh dunia, semakin banyak perusahaan, seperti Inter-Continental, Xerox, Motorola, Honda, Samsung, dan Pentax, memproduksi dan menjual produknya diluar negara asal perusahaan tersebut; misalnya, lebih dari 70 persen pegawai Canon bekerja di luar Jepang. Kita hampir tidak bisa mengetahui apakah sebuah perusahaan adalah perusahaan Perancis, Jepang, Swedia, atau Amerika. Populasi di banyak negara Teluk terdiri dari lebih banyak pekerja asing daripada penduduk asli. Pasar keuangan dibuka 24 jam sehari di seluruh dunia, dan berbagai standar dan peraturan global untuk bidang perdagangan, keuangan, produk, dan jasa telah bermunculan.4Membangun Organisasi Pembelajaran Ada empat pendorong utama yang telah membawa kita dengan cepat ke era global ini: teknologi (technology), televisi (television), perdagangan (trade), dan perjalanan (travel). Keempat T ini telah menjadi dasar bagi pengalaman kolektif manusia di mana saja. Orang-orang menonton film yang sama, membaca majalah yang sama, dan menarikan tarian yang sama dari Boston, Bangkok, sampai Buenos Aires. Kita memiliki selera yang sama untuk makanan (hamburger, pizza, taco), fashion (jeans), dan kesenangan (Disneyland, musik rock, acara televisi). Semakin banyak orang yang menggunakan satu bahasa bersama, Bahasa Inggris, yang kini telah digunakan oleh lebih dari 1 juta orang di lebih dari 100 negara, baik sebagai bahasa pertama maupun bahasa kedua. Sama seperti semua bahasa, Bahasa Inggris menyampaikan sebuah budaya dan nilai sosial, Bahasa Inggris adalah bahasa global dunia media, komputer, dan dunia usaha. Selain itu, hampir 2 juta penumpang bepergian menggunakan penerbangan internasional setiap tahunnya.

Ekonomi global telah mendorong penciptaan organisasi global, berbagai perusahaan beroperasi seolah-olah seluruh dunia adalah pasarnya. Perusahaan-perusahaan ini sangat terintegrasi (terpadu) sehingga semua kegiatan mereka terhubung, terbantu, dan bersaing di skala global. Berbagai perusahaan global lebih menekankan operasi global dibandingkan perusahaan nasional atau multinasional. Mereka menggunakan sumber global untuk memperoleh SDM, modal, teknologi, fasilitas, dan bahan mentah. Mereka menganggap kepekaan budaya terhadap pegawai, konsumen, dan pola usaha sangat penting bagi keberhasilan organisasi mereka. Sebuah perusahaan bisa dianggap terglobalisasi jika perusahaan tersebut telah mengembangkan budaya, strategi, dan struktur perusahaan global, serta operasi dan pegawai global (Marquardt, 1999a). Meski sejumlah industri terglobalisasi lebih dulu dibandingkan industri lain (terutama industri telekomunikasi, elektronik dan komputer, keuangan dan perbankan, transportasi, otomotif, farmasi, minyak, dan bioteknologi), tiap bidang industri saat ini telah memiliki pemain global masing-masing. Bertumbuhnya kesamaan para konsumen mengenai apa yang ingin mereka beli, termasuk mutu dan harga, telah memunculkan peluang besar, serta tekanan yang sama besar, untuk mengglobalisasi perusahaan. Bahkan perusahaan-perusahaan terbesar di pasar terbesar tidak lagi mampu bersaing di pasar domestik saja. Berpikir dan beroperasi secara global akan sangat penting bagi kemampuan bertahan hidup dan pertumbuhan organisasi di abad ke-21.Pendorong 2: TeknologiSelamat datang di tempat kerja dengan teknologi baru, dengan pelatihan jarak jauh (teletraining), infostruktur, dan komputer canggih. Alvin Toffler (1990) menulis bahwa kemajuan ekonomi dan tempat kerja global tidak bisa Munculnya Kebutuhan akan Organisasi Pembelajaran5berjalan tanpa komputer selama 30 detik. Meski demikian, komputer dan sistem CAD/CAM terbaik saat ini akan jadi Zaman Batu dalam beberapa tahun saja. Tempat kerja akan menuntut dan mengharuskan dimunculkannya lebih banyak kemajuan dan inovasi teknologi.

Kita telah memiliki teknologi seperti optoelektronik, DVD (cakram video digital), jalur informasi, jaringan area lokal (LAN), dan jaringan area luas (WAN), kelompok jaringan, realitas virtual, dan kelas elektronik. Teknologi komputer di tempat kerja telah melaju dari sistem mainframe ke komputer desktop, laptop, sampai ke perangkat yang bisa digenggam (handheld device). Sejumlah besar operasi suatu perusahaan mengharuskan otomatisasi dan kustomasi menggunakan komputer. Berbagai teknologi ini menjadi hal yang penting unt