teologi PPT.pptx

download teologi PPT.pptx

of 25

  • date post

    24-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    264
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of teologi PPT.pptx

Slide 1

FRANSISKA ERNAWATI121424063NEHEMIA MARTUA.S135214029DANIEL ADI SAPUTRA135214039YUSTINA GRADIANA.S141424001ANASTASIA PUJI.L141424005IRENE TIARA .A141424027

KELOMPOK 3

Pada pembentukan tindakan bermoral, manusia akan melewati beberapa tahap yaitu :

1. Tahap awal manusia, 2. Tahap tengah perjuangan hidup, 3. Tahap akhir hidup manusia,

JANGAN MEMBUNUH Menurut Agama Katolik IslamPada perintah Allah yang kelima melarang hal hal di bawah ini karena sangat bertentangan dengan hukum moral.Pembunuhan langsung dan disengaja dan kerja sama untuk melakukannya.Aborsi langsung yang dikehendaki, baik sebagai tujuan maupun sarana, termasuk juga kerja sama untuk melakukannyaEuthanasia langsung yang meliputi pengakhiran hidup orang yang cacat, sakit, atau mereka yang dekat dengan kematian lewat suatu tindakan atau tidak melakukan yang diperlukan.Bunuh diri dan kerja sama yang sadar dan disengaja, sejauh melakukan pelanggaran berat melawan cinta kasih terhadap Allah, cinta kasih terhadap diri sendiri dan sesama.

Di dalam kompendium Katekismus Gereja Katolik no.466 (2009:157) dituliskan alasan pokok mengapa kita harus menghormati hidup manusia :Kehidupan manusia harusnya dihormati karena hidup itu suci. Sejak awal mula, hidup manusia ikut serta dalam tindakan kreatif Allah dan berada dalam hubungan yang khusus dengan Sang .Menghancurkan secara langsung manusia yang tidak bersalah adalah melawan hukum.Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya. (QS. an-Nisa : 93).Jikalau kita menyaksikan pembunuhan atas nama agama Islam tanpa ada alasan benar, maka itu hanyalah penumpang gelap dalam Islam. Jadi bayi tabung adalah metode untuk membantu pasangan subur yang mengalami kesulitan di bidang pembuahan sel telur wanita oleh sel sperma pria.

Bayi tabungIndividu/ seseorangPembuahan nya terjadi diluar tubuh wanitaTujuan Bayi TabungPada mulanya program pelayanan ini bertujuan untuk menolong pasangan suami istri yang tidak mungkin memiliki keturunan secara alamiah disebabkan tuba falopi istrinya mengalami kerusakan yang permanen.Proses bayi tabung ada yang berhasil dan ada yangtidak berhasil. Ada 5 tahap proses bayi tabung yaitu:

Persiapan mental.Perkembangan hormon yang terkontrol dimulai sesaat setelah mendapatkan mens.3. Tahap pematangan telur melalui injeksi obat hormon satu hari sebelum sel telur yang matang dikeluarkan.4. Tahapan proses pembuahan sel telur dengan sperma menjadi embrio, dilakukan oleh embriologist di rumah sakit. 5. Agar embrio dalam rahim dapat bertahan & berkembang dengan baik maka hormon harus disuntik setiap hari selama 17 hari. Pandangan agama katolik terhadap proses bayi tabung ialah Gereja katolik tidak mengijinkan bayi tabung. Menurut pandangan Budha justru sebaliknya. Bagi ajaran Buddha, perkembangan tekonologi bagaikan pisau yang di satu sisi dapat dimanfaatkan untuk memotong di dapur, namun di sisi lain dapat dipakai untuk menusuk orang lain.

VideoIntip AKU DONG klik Yeah Kloning adalah cara bereproduksi secara aseksual atau untuk membuat salinan atau satu set salinan organisme mengikuti fusi atau memasukan inti diploid kedalam oosit (Seidel ,GE Jr., 2000 dalam Tong, W F., 2002).Kloning dalam biologi adalah proses menghasilkan populasi serupa genetik individu identik yang terjadi di alam saat organisme seperti bakteri, serangga atau tanaman bereproduksi secara aseksual . Proses kloning manusia dapat dijelaskan secara sederhana sebagai berikut :

Mempersiapkan sel stem , suatu sel awal yang akan tumbuh menjadi berbagai sel tubuh. Sel ini diambil dari manusia yang hendak dikloning.2. Sel stem diambil inti sel yang mengandung informasi genetic kemudian dipisahkan dari sel.3. Mempersiapkan sel telur : suatu sel yang diambil dari sukarelawan perempuan kemudian intinya dipisahkan.4. Inti sel dari sel stem diimplantasikan ke sel telur5. Sel telur dipicu supaya terjadi pembelahan dan pertumbuhan. Setelah membelah (hari kedua) menjadi sel embrio.6. Sel embrio yang terus membelah (disebut blastosis) mulai memisahkan diri (hari ke lima) dan siap diimplantasikan ke dalam rahim.7. Embrio tumbuh dalam rahim menjadi bayi dengan kode genetik persis sama dengan sel stem donor.

6 Keuntungan KloningMemproduksi Organ Tubuh untuk Transplantasi.Menghindarkan Penyakit.Menciptakan Manusia Unggul.Menyediakan Bahan Riset.BisnisMemecahkan Masalah Reproduksi

Pandangan agama mengenai kloningMenanggapi reproductive cloning, buddhisme berpendapat bahwa munculnya/terbentuk nya makhluk hidup bukanlah berasal dari hasil ciptaan, akan tetapi berasal dari kegelapan batin (Ref: Samyutta Nikaya 12.2). Karena kegelapan batin inilah, makhluk bertumimba lahir. Dengan lenyapnya kegelapan batin ini, maka lenyap juga tumimba lahir ini. Di sini tidak dikenal adanya ego (roh, inti, keabadian mutlak), dan makhluk hidup terus bertumimba lahir dikarenakan kegelapan batin ini. Ajaran ini dikenal juga sebagai hukum sebab akibat (Pali: paticcasamupada) , yakni terbentuknya segala sesuatu adalah karena adanya penyebab. Dengan berakhirnya penyebab tersebut, maka berakhir pula akibatnya. Oleh karena itu, konsep reproductive cloning tidak dapat dikatakan bertentangan dengan ajaran Buddha.