Sistem Pernapasan BAB 4 dan Peredaran Darah Manusia 4 Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia...

Click here to load reader

  • date post

    30-Apr-2018
  • Category

    Documents

  • view

    256
  • download

    11

Embed Size (px)

Transcript of Sistem Pernapasan BAB 4 dan Peredaran Darah Manusia 4 Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia...

  • Bab 4 Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia 73

    Sistem Pernapasandan Peredaran DarahManusia

    BAB 4

    A. Susunan dan FungsiSistem Pernapasan

    B. Susunan dan FungsiSistem Peredaran Darah

  • 74 IPA SMP Kelas VIII

    Peta

    Kon

    sep

    Sist

    em P

    erna

    pasa

    n

    sis

    tem

    pern

    apas

    an

    manu

    sia

    terd

    iri d

    ari

    rong

    ga hi

    dung

    tengg

    orok

    an

    bron

    kus

    paru

    -par

    u

    bron

    kheo

    lus

    men

    uju

    mem

    iliki

    alveo

    lus

    berc

    aban

    g

    kebe

    rcab

    ang

    ke

    ada

    Peta Konsep

  • Bab 4 Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia 75

    Peta Konsep

    Peta

    Kon

    sep

    Sist

    em P

    ered

    aran

    Dara

    h M

    anus

    ia

    sis

    tem pe

    reda

    ran d

    arah

    man

    usia

    pemb

    uluh d

    arah

    terd

    iri d

    ari

    dara

    h

    sel d

    arah

    mer

    ah

    kepi

    ng d

    arah

    se

    l dar

    ah pu

    tih pl

    asma

    terd

    iri d

    ari

    vena

    arter

    i

    terd

    iri d

    ari

    kapil

    eatr

    ium

    vent

    rikel

    terd

    iri d

    ari

    jantun

    g

    r

  • 76 IPA SMP Kelas VIII

    Pernahkah kamu berlari secepat-cepatnya sampai napasmu terengah-engah dan dadaterasa akan meletus? Bagaimana dengan detak jantungmu? Bertambah cepat atau bertambahlambat? Apa yang kamu lakukan untuk mengembalikan kondisimu, dan mendapatkan udarasebanyak-banyaknya bagi paru-parumu? Berapa lama kecepatan pernapasanmu kembalinormal? Sekarang mari kita lakukan kegiatan untuk mengetahui kecepatan pernapasan dandenyut jantungmu.

    1. Letakkan tangan di dadamu! Perhatikan pernapasanmu! Kamu dapat merasakan dadabergerak naik turun. Tarik napas yang dalam! Perhatikan, bagaimanakah rongga dadamunaik dan turun dengan teratur. Rasakan pula denyut jantung di dadamu.

    2. Hitung kecepatan pernapasan dan denyut jantung secara bergantian selama 15 detik!Kalikan 4 untuk mendapatkan kecepatan selama 1 menit.

    3. Lakukan lari di tempat selama 1 menit. Hitung kembali kecepatan pernapasan dan denyutjantungmu.

    Sistem Pernapasandan PeredaranDarah Manusia

    BABBABBABBABBAB44444

    Kecepatan pernapasan dan denyut jantungmu

    Kegiatan Penyelidikan

    Berapa lama pernapasan dan denyutjantung normal kembali? Bagaimanakahpengaruh kegiatan tubuh pada kecepatanpernapasanmu?

  • Bab 4 Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia 77

    Kita mengetahui bahwa makanan dan udara adalahkebutuhan penting untuk menunjang kehidupan. Dahulu,sebelum abad 18, tidak ada yang tahu apakah yang membuatudara begitu penting bagi kehidupan. Pada tahun 1774 ahlikimia berke-bangsaan Inggris menemukan bahwa tikustidak dapat hidup pada wadah yang di dalamnya terdapatlilin menyala. Ia memberikan alasan bahwa suatu gas diudara yang membantu kehidupan tikus telah habisdigunakan untuk menyalakan api lilin. Ia juga menemukanbahwa bila di dalam wadah tersebut dimasukkan tumbuh-tumbuhan, maka tikus dapat hidup lebih lama. Pikirkanlahtentang fotosintesis. Gas apakah yang dihasilkan padaperistiwa itu? Bagaimana hubungannya dengan kehidupan.Gas untuk kehidupan itu disebut oksigen

    Respirasi adalah proses yang menghasil-kan energi dari glukosa yang terjadi di dalamsel. Sering terjadi kerancuan antara istilahpernapasan dan respirasi. Bernapas adalah prosesmemasukkan dan mengeluarkan udara dariparu-paru. Respirasi adalah prosespenggunaan oksigen di dalam sel untukmenghasilkan energi. Pada akhir proses ini,dihasilkan limbah berupa gas karbondioksida.Gas tersebut akan dibawa darah ke paru-paru.Sekarang pikirkanlah, mengapa tikus tidakdapat hidup pada wadah yang di dalamnyaberisi lilin menyala?

    Organ-organ SistemPernapasan

    Sistem pernapasanmu terdiri dari bagian-bagian tubuhyang disebut organ-organ pernapasan. Organ-organ inimembantu terjadinya proses pernapasan yaitu memasukkanudara ke paru paru dan mengeluarkannya dari paru-paru.Organ utama sistem pernapasanmu ditunjukkan padaGambar 4.1. Organ-organ ini meliputi rongga hidung, far-ing, laring, trakhea, bronkus dan paru-paru. Udara

    Susunan dan FungsiSistem Pernapasan

    A

    Kata-kata IPAFaringLaring

    TracheaBronkusAlveoli

    DiafragmaAsma

    Gambar 4.1Susunan alat pernapasan manusia.

    Sumber: Daniel Lucy, 1995

    Ronggahidung

    Epiglotis

    Laring

    Trakhea

    Bronkus

    Paru-paru

    Bronchiolus

  • 78 IPA SMP Kelas VIII

    memasuki tubuhmu melalui dua lubang hidung yangterbuka. Rambut-rambut di dalam rongga hidungmenangkap debu yang terdapat di udara. Lubang hidungmuberhubungan dengan rongga hidung. Rongga hidungmerupakan tempat di mana udara dilembabkan dandihangatkan. Kelenjar mukus menghasilkan lapisan lendir.Lapisan tersebut menangkap debu dan serbuk halus yanglain. Proses ini membantu menyaring udara yang kamuhirup. Pada dinding rongga hidung juga terdapat strukturseperti rambut kecil yang disebut silia yang menggerakkanmukus dan menangkap benda-benda yang menuju kebelakang kerongkongan.

    Dari rongga hidung udara yang hangat dan lembabselanjutnya masuk ke faring. Faring adalah suatu saluranyang menyerupai tabung sebagai persimpangan tempatlewatnya makanan dan udara. Faring terletak di antararongga hidung dan kerongkongan. Pada bagian ujung bawahfaring terdapat katup yang disebut epiglotis. Epiglotismerupakan katup yang mengatur agar makanan dari mulutmasuk ke kerongkongan, tidak ke tenggorokan. Pada saatmenelan, epiglotis menutup laring. Dengan cara ini, makananatau cairan tidak bisa masuk ke tenggorokan. Apakah yangakan terjadi jika kamu tertawa atau bercakap-cakap padasaat makan? Pikirkan!

    Antara faring dan tenggorokan terdapat struktur yangdisebut laring. Laring merupakan tempat melekatnya pitasuara. Pada saat kamu berbicara, pita suara akanmengencang atau mengendor. Suara dihasilkan apabilaudara bergerak melewati pita suara dan menyebabkanterjadinya getaran. Pita suara pada laki-laki lebih panjangdibanding pita suara perempuan.

    Panjang tenggorokan mempunyai panjang sekitar 12cm. Tenggorokan tersusun dari cincin tulang rawanberbentuk C. Susunan tulang tersebut menjaga supayadinding tenggorokan tetap terbuka dan tidak salingberlekatan. Pada dinding dalam tenggorokan terdapatlapisan lendir dan silia untuk menangkap debu.

    Pada ujung bawah tenggorokan terdapat duapercabangan yang disebut bronkus yang membawa udaramenuju ke paru-paru. Paru-paru menempati sebagian besarruangan rongga dada. Di dalam paru-paru bronkusbercabang-cabang membentuk saluran yang semakin kecil

  • Bab 4 Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia 79

    ukurannya. Saluran yang terkecil disebut bronkiolus. Padasetiap bronkiolus terdapat segerombol kantung kecil sepertianggur , berdinding tipis yang disebut alveolus. Pertukarangas oksigen dan karbondioksida terjadi di antara alveolusdengan kapiler darah. Oksigen diikat oleh hemoglobin dandiedarkan ke seluruh tubuh. Seiring dengan kejadiantersebut, gas karbondioksida dikembalikan oleh sel-seltubuh melalui kapiler darah. Karbondioksida akanmeninggalkan tubuhmu pada saat mengeluarkan napas.Organ sistem pernapasan disajikan pada Gambar 4.2

    Gambar 4.2Susunan paru-paru manusia.

    Sumber: Daniel Lucy, 1995

    Kapiler darahmelingkupialveolus

    Alveoli

    Kapiler darah

    Arteri

    Alveoli

    Bronkiolus

    Tenggorokan

    Alveoli

    Vena

  • 80 IPA SMP Kelas VIII

    A. Bila kamu meletakkan telapak tangan di atas botolplastik, tidak terasa ada aliran udara. Mengapa?

    B. Jika botol diremas, tekanan udara di dalam botolmeningkat. Tekanan udara di dalam botol lebih besardari pada di luar botol.

    C. Bila kamu melepas remasanmu, tekanan udara didalam botol lebih rendah dari pada di luar botol.

    1. Siapkan sebuah botol plastik danlakukan kegiatan seperti gambar disamping! Diskusikan dengan temanmuapa yang terjadi? Hubungkan diskusimudengan tekanan, volume, dan aliranudara! Bandingkan hasil diskusi-mudengan penjelasan yang ada di bawahgambar.

    2. Apabila kamu memegang botol plastikkosong tanpa menekan-nya, kamu tidakakan merasakan adanya aliran udarayang keluar-masuk botol. Mengapa?

    3. Kemudian tekanlah botol tersebut! Padasaat kamu menekan botol, volume botolmengecil dan tekanan udara di dalambotol meningkat. Pada saat tekananudara di dalam botol meningkat, udaradi dalam botol akan mengalir keluar. Jikatekanan tanganmu dikurangi danakhirnya ditiadakan, volume botol akanmeningkat dan tekanan udara dalam

    botol menurun. Akibatnya udara dariluar akan masuk ke dalam botol. Kamudapat merasakan masuk keluarnyaudara tersebut dengan meletakkantanganmu di atas mulut botol.

    4. Masuk keluarnya udara ke dalam ronggadada dapat disamakan dengan masukkeluarnya udara dari botol plastik tadi.Apabila jari-jari tangan adalah tulang-tulang rusuk, dinding botol adalahdinding rongga dada, ruang botol adalahrongga dada, dan udara dalam botoladalah udara pernapasan, jelaskanproses keluar masuknya udarapernapasan manusia!

    Pada saat kamu bernapas denganmelibatkan otot antar tulang rusuk, disebutpernapasan dada. Sedangkan bila melibatkanotot-otot diafragma dan perut maka disebutpernapasan perut.

    TemukanlahBagaimanakah udara dapat keluarmasuk tubuhmu?

  • Bab 4 Sistem Pernapasan dan Peredaran Darah Manusia 81

    T u l a n g - t u l a n grusuk menjauh dannaik

    Pro