Sejarah , pengertian , dan fungsi bank

download Sejarah , pengertian , dan fungsi bank

of 14

  • date post

    18-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    93
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Sejarah , pengertian , dan fungsi bank

jhh

KELOMPOK 5

Nakita Salsabila YuhatiaElda Islami AmnelMelini Putri MawaddahLatifah Nuary PutriJellisa Putri

EKONOMI

17/04/2015

PENGERTIAN BANKSEJARAH BANKFUNGSI BANK

17/04/2015

Asal Mula PerbankanSejarah mencatat asal mula dikenalnya kegiatan perbankan adalah padazamankerajaan tempo dulu di daratanEropa. Kemudian usaha perbankan ini berkembang keAsia Baratoleh parapedagang. Perkembangan perbankan di [Asia,Afrikadan Amerika] dibawa oleh bangsa Eropa pada saat melakukan penjajahan ke negara jajahannya baik di Asia, Afrika maupun benua Amerika. Bila ditelusuri,sejarahdikenalnya perbankan dimulai dari jasa penukaranuang. Sehingga dalam sejarah perbankan, arti bank dikenal sebagai meja tempat penukaran uang. Dalam perjalanan sejarah kerajaan tempo dulu penukaran uangnya dilakukan antar kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lain. Kegiatan penukaran ini sekarang dikenal dengan namaPedagang Valuta Asing(Money Changer).

LanjutanKemudian dalam perkembangan selanjutnya, kegiatan operasional perbankan berkembang lagi menjadi tempat penitipan uang atau yang disebut sekarang kegiatan simpanan. Berikutnya kegiatan perbankan bertambah dengan kegiatan peminjaman uang. Uang yang disimpan oleh masyarakat, oleh perbankan dipinjamkan kembali kepada masyarakatyang membutuhkannya. Jasa-jasa bank lainnya menyusul sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.

Sejarah Perbankan Di IndonesiaSejarah perbankan di Indonesia tidak terlepas dari zaman penjajahan Hindia Belanda.Pada saat itu terdapat beberapa bank yang memegang peranan penting di Hindia belanda.

LanjutanBank-bank yang ada antara lain:De Javasche NVDe Post Paar BankDe Algemenevolks Credit BankNederland Handles Maatscappij (NHM)Nationale Handles Bank (NHB)De Escompto Bank NV

LanjutanDi zaman kemerdekaan perbankan di Indonesia bertambah maju dan berkembang lagi.Beberapa bank Belanda dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia.Bank-bank yang ada di zaman awal kemerdekaan antara lain:Bank Negara Indonesia yang didirikan tanggal 5 juli 1946 kemudian menjadi BNI 1946.Bank Rakyat Indonesia yang didirikan tanggal 22 februari 1946.Bank ini berasal dari DEALGEMENE VOLK CREDIET bank atau Syomin Ginko.Bank Surakarta MAI (Maskapai Adil Makmur) tahun 1945 di Solo.Bank Indonesia di Palembang tahun 1946.Bank Dagang Nasional Indonesia tahun 1946 di Medan.

LanjutanIndonesia Banking Corporation tahun 1947 di Yogyakarta,kemudian menjadi Bank Amerta.NV Bank sulawesi di Manado tahun 1946.Bank Dagang Indonesia NV di Banjarmasin tahun 1949.Kalimantan Corporation Trading di Samarinda tahun 1950 kemudian merger dengan bank Pasifik.Bank Timur NV di Semarang berganti nama menjadi Bank Gemari,kemudian merger dengan Bank Central Asia (BCA) tahun 1949.

PENGERTIANBank banca (Italia) tempat penukaran uang.UMUMBank Sebuah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa bank lainnya

UU RI No.10 Tahun 1998 (10 November)PerbankanBank Badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Menurut para ahliProf. G.M. Verryn Stuart. BANK adalah badan usaha yang wujudnya ialah memuaskan keperluan orang lain, dengan cara memberikan kredit yang berupa uang yang diterimanya dari orang lain, sekalipun dengan cara dengan menambah uang baru (kertas atau logam).

Menurut Dr. B.N. Ajuha. BANK adalah Tempat menyalurkan modal dari mereka yang tidak dapat menggunakan secara menguntungkan kepada mereka yang dapat membuatnya dapat lebih produktif untuk dapat keuntungan masyarakat.

Pierson . BANK adalah badan usaha yang menerima kredit namun tidak memberikan kredit. Dalam hal tersebut menurutPiersonBank dalam operasionalnya ialah hanya bersifat pasif saja, hanya menerima titipan uang saja.

Menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan atau sebagai financial intermediary.

FUNGSI BANKSecara UMUM

Agent of trustYaitu lembaga yang landasannya kepercayaan. Dasar utama kegiatan perbankan adalah kepercayaaan (trust), baik dalam penghimpunan dana maupun dalam penyaluran dana. Masyarakat akan mau menitipkan dananya di bank apabila dilandasi dengan kepercayaan.

Agent of developmentYaitu lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi. Kegiatan perekonomian masyarakat di sector moneter dan sector riil tidak dapat dipisahkan. Kedua sector tersebut selalu berinteraksi dan saling mempengaruhi. Sector riil tidak akan dapat berkinerja dengan baik apabila sector moneter tidak berkinerja dengan baik. Kegiatan bank tersebut memungkinkan masyarakat melakukan kegiatan investasi, kegiatan distribusi, serta kegiatan konsumsi barang dan jasa, mengingat bahwa kegiatan investasi-distribusi-konsumsi ini tidak dapat dilepaskan dari adanya penggunaan uang. Kelancaran kegiatan investasi-distribusi-konsumsi ini tidak lain adalah kegiatan pembangunan perekonomian.

Agent of serviesYaitu lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi. Disamping melakukan kegiatan penghimpunan dana dan penyaluran dana, bank juga memberikan penawaran jasa perbankan yang lain kepada masyarakat. Jasa yang ditawarkan bank ini erat kaitannya dengan kegiatan perekonomian masyarakat secara umum. Jasa ini antara lain dapat berupa jasa pengiriman uang, penitipan barang berharga, dan penyelesaian tagihan.

Secara SPESIFIK