Regenerasi Sel

Click here to load reader

download Regenerasi Sel

of 18

  • date post

    17-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    181
  • download

    14

Embed Size (px)

description

ttg regenerasi sel

Transcript of Regenerasi Sel

Regenerasi Sel

Made Listiani1410211025Regenerasi Sel

Regenerasi selProses pertumbuhan dan perkembangan sel yang bertujuan untuk mengisi ruang tertentu pada jaringan/memperbaiki bagian yang rusak.

Yang mengalami siklus sel yaitu :Sel labil : sel ini terus membelah & terus menerus mati. Kemampuan poliferasinya tidak terbatas.Sel stabil : dalam keadaan normal sel ini dianggap beristirahat. Tetapi mampu membelah dengan cepat ketika terkena cedera.

Yang tidak mengalami siklus sel yaitu :Sel permanen : sel ini tidak dapat diganti. Contoh sel otak bersifat irreversible, yang tidak dapat berproliferasi.

Siklus Sel

Fosforilasi Mengaktivasi / menginaktivasi suatu aktivitas enzimatikMenginduksi / mengganggu interaksi proteinMenginduksi / menghambat pengikatan protein pada DNAMenginduksi / mencegah katabolisme protein

Diferensiasi selProses tumbuh dan berkembangnya sel ke arah fungsi khusus yang tidak dimiliki oleh sel asal.

Pemberian sinyal oleh mediator terlarutGap junction

Autokrin, Parankin & Endokrin

Sinaptik

Reseptor Permukaan SelReseptor kanal ion : Pengikatan ligan membuka konformasi reseptor sehingga ca dari ECM dapat masuk dan terlarut di dalam sel.Reseptor dengan aktivitas kinase interinsik : Pengikatan ligan menyebabkan fosforilasi sehingga merangsang suatu cascade dan masuk ke fase S.Reseptor protein G berpasangan : Mengandung 7 transmembran. Setelah berikatan dengan ligan, reseptor berhubungan dengan protein lain untuk membuka jalur cAMPReseptor tanpa aktivitas enzimatik intrinsik : Reseptor untuk jalur JAK

Matriks Ekstraselular (ECM)

Terdapat 2 bentuk :Matriks interstisial: bentuk ini terdapat dalam ruang antar sel dalam jaringan ikat, serta antara epitel dan pembuluh darah dan otot polos yang menopang.Membran basalis: membran ini membentuk suatu anyaman menyerupai cakram.

Kolagen Komponen Matriks EkstraselularElastin Proteoglikan Hialuronan GlikoproteinIntegrin

Peranan Matriks EkstraselularMempunyai sub lapisan untuk perlekatan sel.Mengatur pertumbuhan, pergerakan, serta diferensiasi sel yang hidup didalamnya.Pembentukan lingkungan mikrojaringan.

Thank You