Referat Endokarditis DRA - Apri

download Referat Endokarditis DRA - Apri

of 30

  • date post

    15-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    18
  • download

    0

Embed Size (px)

description

interna

Transcript of Referat Endokarditis DRA - Apri

Slide 1

LAB/SMF ILMU PENYAKIT DALAMRSD dr. SOEBANDI JEMBER

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA2014

REFERATENDOKARDITIS PADA DRA

Oleh:Apri Amalia10700116Dokter Pembimbing:dr. Dandy Hari Hartono Sp.JP FIHA

117:28Endokarditis infektif adalah penyakit infeksi mikroba pada permukaan endotel jantung. Infeksi biasanya palingbanyak mengenaikatupjantung, namundapatjugaterjadi padalokasi defek septal atau korda tendinea atau endokardium mural.Infeksi endokarditis diperkirakan angka kejadiannya 5-12 kasus dari per 100,000 orang di negara berkembang. Perbandingan laki-laki dan perempuan 2:1. Yang termasukfaktor risiko lainnya ialah penyakitjantung reumatikkronik( LED >, CRP (+)2217:28Klasifikasi derajat penyakit (berhubungan dengan tatalaksana):1. Artritis tanpa karditis.2. Artritis + karditis, tanpa kardiomegali.3. Artritis + kardiomegali.4. Artritis + kardiomegali + gagal jantung.2317:28KarditisManifestasi karditis bisa berupa perikarditis, miokarditis, endokarditis atau ketiganya (pankarditis).Penampilan perikarditis adalah nyeri prekordial, dan pada auskultasi dapat terdengar friction rubMiokarditis ditandai oleh adanya pembesaran jantung dan tanda-tanda payah jantung.Sedangkan endokarditis yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan pada daun katub menyebabkan terdengarnya bising yang berubah-ubah.

2417:28Bising pada endokarditisBising yang umumnya terdengar adalah bising sistolik di daerah apeks yang menunjukkan adanya regurgitasi mitral. Karakteristik bising sistolik ini adalah high pitch dan blowing.Bising mid-diastolik di apeks juga sering menyertai bising sistolik , dan dikenal sebagai bising Carey Coombs. Bising ini terjadi akibat stenosis mitral yang relatif karena adanya dilatasi ventrikel kiri dan peningkatan pengisian ventrikel kiri pada fase diastolik.

2517:28Tatalaksana komprehensif pada pasien dengan demam rematik meliputi:Pengobatan manifestasi akut, pencegahan kekambuhan dan pencegahan endokarditis pada pasien dengan kelainan katup.Pemeriksaan ASTO, CRP, LED, tenggorok dan darah tepi lengkap.Ekokardiografi untuk evaluasi jantung.Antibiotik: penisilin, atau eritromisin 40 mg/kgBB/hari selama 10 hari bagi pasien dengan alergi penisilin.Tirah baring bervariasi tergantung berat ringannya penyakit.2617:28

2717:28Prognosis Demam ReumatikPrognosis demam reumatik tergantung pada stadium saat diagnosis ditegakkan, umur, ada tidaknya dan luasnya kelainan jantung, pengobatan yang diberikan, serta jumlah serangan sebelumnya.Prognosis pada umumnya buruk pada penderita dengan karditis pada masa kanak-kanak. Serangan ulang dalam waktu 5 tahun pertama dapat dialami oleh sekitar 20% penderita dan kekambuhan semakin jarang terjadi setelah usia 21 tahun.Kira-kira 75% pasien dengan demam reumatik akut sembuh kembali setelah 6 minggu, dan kurang dari 5 % tetap memiliki gejala korea atau karditis yang tidak diketahui lebih dari 6 bulan setelah pengobatan rutin.

2817:28Endokarditis bisa bersifat endokarditis rematik dan endokarditis infeksi. Salah satu predisposisi endokarditis adalah demam reumatik. Terjadinya endokarditis rematik disebabkan langsung oleh demam rematik yang merupakan penyakit sistemik karena infeksi streptokokus.Demam reumatik adalah suatu proses radang akut yang didahului oleh infeksi kuman streptokokus beta hemolitikus grup A di tenggorokan dan mempunyai ciri khas yaitu cenderung kambuh. Karditis merupakan salah satu dari kriteria mayor pada DRA.Manifestasi karditis Endokarditis dapat menyebabkan terjadinya perubahan-perubahan pada daun katub menyebabkan terdengarnya bising yang berubah-ubah.Prognosis buruk pada penderita dengan karditis pada masa kanak-kanak. Serangan ulang dalam waktu 5 tahun pertama dapat dialami oleh sekitar 20% penderita dan kekambuhan semakin jarang terjadi setelah usia 21 tahun.Kesimpulan2917:28TERIMA KASIH

3017:28