PT Indofood Sukses Makmur, Tbk

download PT Indofood Sukses Makmur, Tbk

of 17

  • date post

    14-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    76
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Strategic Manajement

Transcript of PT Indofood Sukses Makmur, Tbk

PT Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Sandra Paramitha Citra B041211331095Musrifah Novianti041211331285Rizqi Irma Oktavi 041211333012PT Indofood Sukses Makmur, Tbk.VisiMenjadi Total Food Solutions Company

MisiUntuk terus meningkatkan karyawan kami, proses kami dan teknologi kami.Untuk menghasilkan kualitas tinggi, inovatif, dan terjangkau produk yang disukai oleh pelanggan.Untuk memastikan ketersediaan produk-produk kami kepada pelanggan domestik dan internasional.Untuk memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan penekanan pada gizi.Untuk terus meningkatkan stakeholders value

Menurut catatan Bursa Efek Jakarta tahun 1994, PT. Indofood berhasil menguasai 90% pasar mie instant di Indonesia. Sedangkan untuk di Australia, Indofood dengan kategori mie instant berhasil menguasai hingga 70%. Oleh karena itu, harga Indomie di Australia sendiri senilai 69 sen atau kurang lebih Rp. 5700,-. Selain Indomie, Indofood memproduksi sejumlah merek mi instan lainnya, seperti Sarimi dan Supermi. Namun, Indomie menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan dari divisi mi instan Indofood. Pada 2009 lalu, total nilai penjualan mi instan meningkat 7,2 persen menjadi Rp11,68 triliun dari Rp10,90 triliun di 2008. Kenaikan ini disebabkan oleh naiknya volume penjualan dan kenaikan harga pada 2008 dan 2009. Peningkatan penjualan dan turunnya biaya produksi menaikkan marjin laba usaha divisi ini menjadi 11,8 persen pada tahun 2009 dari 4,1 persen pada 2008.

EkonomiPemasaran Indomie dari perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur ini menargetkan kepada konsumen dengan rentang usia diatas 3 tahun. Karena akan kurang pantas jika dikonsumsi oleh batita (bayi dibawah tiga tahun) mereka masih membutuhkan asupan gizi yang lebih baik, makanan-makanan bermanfaat bagi pertumbuhan mereka. Tetapi apabila untuk dikonsumsi sekali-kali tidak apa-apa. Dari sisi jenis kelamin, dapat dikonsumsi oleh pria maupun wanita. Dari sisi penghasilan, harga mie instant Indomie sendiri masih cukup terjangkau di Australia bila dibandingkan dengan rata-rata penghasilan warga mereka per tahun.

DemografiDalam usaha mencegah pencemaran lingkungan PT.Indofood sukses makmur telah melaksanakan sistem pengolahan limbah cair yang merupakan sisa air pengukusan dan lain-lain di tempatkan dalam bak berkapasitas tinggi dan diberi bakteri aerob. Dengan adanya bakteri aerob tersebut limbah air menjadi layak untuk digunakan.

Dalam hal ini pelestarian lingkungan ada juga pengolahan limbah yaitu :- Dibuat pengolahan limbah air- Sistem biologi, bakteri aerob/zat air- Menggalakan kebersihan dan keindahan lingkungan dikawasan industri

Sehingga PT.Indofood sukses makmur telah memenuhi standar kesehatan. Jika dari usaha-usaha yang dijelaskan diatas juga melestarikan lingkupan sekitar.Industrial EnvironmentDengan total tenaga kerja sekitar 62 ribu, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.percaya bahwa karyawan adalah salah satu kelompok paling penting dari stakeholder dan unsur penting dalam keberhasilan. Perseroan percaya bahwa setiap karyawan memiliki kapasitas untuk berprestasi dan memberikan kontribusi bagi keberhasilan tidak hanya perusahaan, tetapi bangsa itu sendiri.Dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan komitmen perusahaan terhadap kepercayaan pelanggan, maka perusahaan berusaha untuk meningkatkan mutu dan inovasi tenaga kerja adalah melalui pelatihan. Pelatihan yang dilakukan perusahaan terdiri dari tiga kategori, yaitu pelatihan dasar, pelatihan teknis fungsional, dan pelatihan manajerial.

InternalTentang strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting.

Analisis PesaingKekuatanKeahlian dalam menciptakan cita rasa IndonesiaIndofood memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, menembus ke hampir setiap sudut nusantara.Kondisi keuangan/finansial yang kuat, dapat dilihat dari perkembangan kepemilikan saham di berbagai perusahaan.Memiliki banyak anak perusahaan.Gudang stok ditempatkanpada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak termasukpasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin.Memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merk mie instan.Analisis SWOTKelemahanTerlalu banyak brand yang dikeluarkanPersediaan bahan baku sebagian masih bergantung pada imporMengandung natrium yang tinggi. (memiliki efek bagi penderita penyakit maag dan penyakit hipertensi).Tidak baik untuk kesehatan jika dimakan terus-menerus.Analisis SWOTPeluangMelakukan ekspansi ke luar negeriMelakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenisMelakukan diversifikasi terhadap produk lainPertumbuhan pasar yang terus meningkat baik di kalangan bawah, menengah maupun atas.Segmentasi pasar yang tidak terlalu signifikan karena produk yang dihasilkan terus menyesuaikan untuk dikonsumsi pria atau wanita, baik tua maupun muda.Memanfaatkan e-bussines dalam membantu mengembangkan pangsa pasar dan memperkenalkan produk melalui internet karena pengguna internet sama dengan masyarakat konsumen.Peluang pasar yang besar dalam sistem distribusi yang mencakup grup pendistribusian produk hingga pasar tradisional dengan waktu sesingkat mungkin.Analisis SWOTAncamanMuncul banyak pesaing seperti PT. Wingsfood dan lainnya.Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasiTidak fokus terhadap satu jenis produkTerus dihadapi dengan pesaing-pesaing baru dengan jenis produk yang sama.Analisis SWOTDistribusiIndofood's Distribusi Group memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, menembus ke hampir setiap sudut nusantara. Selain produk-produk Indofood sendiri, indofood juga mendistribusikan produk-produk ke pihak ketiga.

Sumber Daya ManusiaDalam rangka memperbaiki atau meningkatkan komitmen perusahaan terhadap kepercayaan pelanggan, maka perusahaan berusaha untuk meningkatkan mutu dan inovasi tenaga kerja adalah melalui pelatihan. Pelatihan yang dilakukan perusahaan terdiri dari tiga kategori, yaitu pelatihan dasar, pelatihan teknis fungsional, dan pelatihan manajerial.

Strategi - KorporasiElemen Marketing Mix (4P)ProductSalah satu contohnya adalah Indomie. Brand name yang digunakan adalah Indomie.PriceMasih dengan contoh yang sama, Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie.PlaceGroup distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkinPromotionTagline: Indomie SelerakuIklan: Billboard, Iklan TV, Sponsor acara, Menggelar ajang membuat jingle, Pembuatan Shop Sign Strategi - GlobalDalam mewujudkan salah satu misinya, yaitu Untuk memastikan ketersediaan produk-produk kami kepada pelanggan domestik dan internasional, Indofood menyebarkan produknya di hampir seluruh toko retail di seluruh dunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya produk Indomie yang mudah di dapatkan di beberapa walmart di luar Indonesia.

1. Produk Konsumen BermerekNoodles (Mie) Indomie, Supermie, Sarimi, Mie Sakura, Pop mie, Pop Bihun, Mie Telur Cap 3 Ayam.Diary (Susu) Indomilk, Susu Kental Manis Cap Enak, Krimer Kental Manis Kremer, Krimer Kental Manis Tiga Sapi, Krimer Kental Manis Crima, Nice Yogurt, Orchid Butter, Indoeskrim.Food Seasonings (Penyedap Rasa) Indofood Bumbu Racik, Sambal Indofood, Kecap Indofood, Maggi, Kecap Piring Lombok, Bumbu Instan Indofood.Snack Foods (Makanan Ringan) Chitato, Chiki Snack, JetZ, Qtela, Cheetos, Lays.Biscuit (Biskuit) TrenzNutrition & Special Foods (Makanan Bernutrisi) Promina, SUNPasta La FonteSyrup Indofood SyrupKegiatan usaha grup Indofood terdiri dari empat grup usaha strategis:2. BogasariFlour (Tepung Terigu), Cakra Kembar, Segitiga Biru, Kunci Biru.

3 Minyak Goreng dan Lemak Nabati Cooking Oils & Fats (Minyak) Bimoli, Simas palmia, Happy Salad Oil

4. DistribusiBergerak dalam bidang usaha distribusi produk konsumen melalui jaringan distribusi nasional yang dimilikinya. Grup distribusi terutama mendistribusikan produk konsumen yang diproduksi oleh Grup Indofood

Kegiatan usaha grup Indofood terdiri dari empat grup usaha strategis:TERIMA KASIH