presentasion benda angkasa luar

download presentasion benda angkasa luar

of 11

Embed Size (px)

Transcript of presentasion benda angkasa luar

PowerPoint Presentation

B. TATA SURYA M.Haqi.S & Yuka Hadi lesmanaPenerbangan luar angkasaatauSpaceflight(juga ditulis space flight) adalah penerbangan balistik ke atau melalui luar angkasa. Spaceflight dapat terjadi dengan pesawat ruang angkasa dengan atau tanpa manusia di dalamnya. Contoh spaceflight manusia termasuk program Soyuz Rusia, program ulang-alik AS, serta Stasiun Luar Angkasa Internasional. Contoh spaceflight berawak termasuk pesawat antariksa yang meninggalkan orbit Bumi, serta satelit di orbit sekitar Bumi seperti satelit komunikasi. Ini beroperasi baik dengan kontrol telerobotic atau sepenuhnya otonom.Spaceflight digunakan dalam eksplorasi ruang angkasa, dan juga dalam kegiatan komersial seperti pariwisata ruang angkasa dan telekomunikasi satelit. Tambahan penggunaan non - komersial luar angkasa termasuk observatorium ruang angkasa, satelit pengintai dan satelit observasi bumi lainnya.

Penerbangan luar angkasaatauSpaceflight(juga ditulis space flight) adalah penerbangan balistik ke atau melalui luar angkasa. Spaceflight dapat terjadi dengan pesawat ruang angkasa dengan atau tanpa manusia di dalamnya. Contoh spaceflight manusia termasuk program Soyuz Rusia, program ulang-alik AS, serta Stasiun Luar Angkasa Internasional. Contoh spaceflight berawak termasuk pesawat antariksa yang meninggalkan orbit Bumi, serta satelit di orbit sekitar Bumi seperti satelit komunikasi. Ini beroperasi baik dengan kontrol telerobotic atau sepenuhnya otonom.

1. SATELIT

Pengertian Satelit adalah suatu alat teknologi yang yang sangat canggih dibuat dengan pemikiran manusia untuk membantu kelancaran aktifitas manuisa dan suatu revolusi manusia tentang sebuah alat ini yang mampu memecahkan segala masalah alam. Satelit ini diletakan di pada posisi hampa udara yang ada diluar angkasa dengan cara dikendalikan dari bumi satelit tersebut atau istilah lainnya adalah stasiun pengendali.

Fungsi dari satelit:1. Sebagai transmisi sinyal jarak jauh. Sebagai contoh yaitu pada sistem jaringan WAN, yang mana sinyal internet secara global.2. Repeater di langit. Yang dimaksud adalah sebagai penguat sinyal, misalnya jarak sinyal yang akan dikirim tersebut sangat jauh tentu perlu yang namnya Repeater atau pembantu sinyal istilah lainnya adalah penambah daya sinyal.3. Melihat cuaca dan iklim. Ini biasanya digunakan pada BMKG yaitu memantau keadaan alamat baik itu angin, air laut, tanah, gempa bumi, gunung merapi dan sebagainya yang bisa dipantau melalui satelit ini.

Kelebihan Media Satelite, yaitu :1. Koneksi dimana saja. Tidak perlu LOS (Line of Sigth) dan tidak ada masalah dengan jarak,2. Jangkauan cakupannya yang luas baik nasional, regional maupun global,3. Pembangunan infrastrukturnya relatif cepat untuk daerah yang luas, dibanding teresterial,4. Komunikasi dapat dilakukan baik titik ke titik maupun dari satu titik ke banyak titik secara broadcasting, multicasting,5. Kecepatan bit akses tinggi dan bandwidth lebar,6. VSAT bisa dipasang dimana saja selama masuk dalam jangkauan satelite,7. Handal dan bisa digunakan untuk koneksi voice, video dan data, dengan menyediakan bandwidth yang lebar

Kekurangan Media Satelite, yaitu :1. Besarnyathroughputakan terbatasi karenadelay propagasisatelitegeostasioner. Kini berbagai teknik protokol link sudah dikembangka sehingga dapat mengatasi problem tersebut. Diantaranya penggunaanForward Error Correctionyang menjamin kecilnya kemungkinan pengiriman ulang,2. Waktu yang dibutuhkan dari satu titik di atas bumi ke titik lainnya melalui satelite adalah sekitar 700 milisecond (latency), sementara leased line hanya butuh waktu sekitar 40 milisecond. Hal ini disebabkan oleh jarak yang harus ditempuh oleh data yaitu dari bumi ke satelite dan kembali ke bumi. Satelite geostasioner sendiri berketinggian sekitar 36.000 kilometer di atas permukaan bumi.3. Sangat sensitif cuaca dan Curah Hujan yang tinggi, Semakin tinggi frekuensi sinyal yang dipakai maka akan semakin tinggi redaman karena curah hujan.4. Rawan sambaran petir gledek.

2. Pengertian satelit palapaPalapaialah nama bagi sejumlahsatelit telekomunikasigeostasionerIndonesia. Nama ini diambil dari Sumpah Palapa", yang pernah dicetuskan olehPatih Gajah MadadariMajapahitpada tahun1334.Satelit pertama diluncurkan pada tanggal8 juli1976olehroket Amerika Serikatdan dilepas di atasSamudera hindia ada 83 BT. Satelit pertama dari 2 satelit itu bertipe HS-333 dan bermassa 574 kg. Fungsi dan kegunaan satelit palapa adalah untuk penyampaian informasi dan proses komunikasi. seperti telephone, radio, televisi hingga internet. Karena itulah dibutuhkan sebuah alat yang dapat merangkum keseluruhannya sehingga dapat disampaikan kepada masyaakat di berbagai pelosok nusantara secara singkat.3. Pengertian Roket

Roket merupakan wahana luar angkasa, peluru kendali, atau kendaraan terbang yang mendapatkan dorongan melalui reaksi roket terhadap keluarnya secara cepat bahan fluida dari keluaran mesin roket. Aksi dari keluaran dalam ruang bakar dan nozle pengembang, mampu membuat gas mengalir dengan kecepatan hipersonik sehingga menimbulkan dorongan reaktif yang besar untuk roket (sebanding dengan reaksi balasan sesuai dengan Hukum Pergerakan Newton ke 3). Seringkali definisi roket digunakan untuk merujuk kepada mesin roket.

Manfaat RoketBiaya yang dikeluarkan untuk pengembangan roket sangat besar, tentunya manfaat dari roket harus lebih besar dari biaya pembuatannya. Beberapa manfaat dari pembuatan roket :1.Riset ruang angkasa2. Membawa satelit ke orbit3. Membawa pesawat ulang alik4. Persenjataan militer untuk mempertahankan diri ataupun menyerang musuh (missile atau peluru kendali)

4. Pesawat ulang-alikPesawat ulang-alik (bernama resmi: Space Transportation System atau STS; lebih populer dengan NASA's Space Shuttle atau Space Shuttle saja) adalah pesawat luar angkasa milik Amerika Serikat yang digunakan dalam misi penerbangan luar angkasa berawak. Pesawat ulang alik tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya badan utama pesawat ulang-alik dapat digunakan kembali di lain waktu. Pesawat jenis ini hanya dimiliki oleh NASA, badan antariksa Amerika, dalam beberapa jenis. Sempat dibuat 5 buah, di mana sekarang tinggal tiga.