PENGUATAN - bpjs- · PDF fileRMS Titanic disebabkan oleh api batubara yang tersimpan dalam...

Click here to load reader

  • date post

    01-Apr-2019
  • Category

    Documents

  • view

    217
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of PENGUATAN - bpjs- · PDF fileRMS Titanic disebabkan oleh api batubara yang tersimpan dalam...

INFOBPJSMEDIA EKSTERNAL BPJS KESEHATANEDISI 57 TAHUN 2017 Kesehatan

PENGUATAN KAPASITAS ORGANISASIUntuk Sukseskan PROGRAM JKN-KIS

CEOMessage

Direktur Utama Fachmi Idris

Salah satu teori menyebutkan bahwa yang menjadi penyebab utama dari insiden tenggelamnya kapal RMS Titanic milik White Star Line tersebut adalah karena menabrak gunung es hingga mengakibatkan kebocoran pada lambung kapal seperti yang dituturkan dalam film Titanic. Sedangkan teori lain yang dirilis oleh Robert Essenhigh dari universitas Ohio tahun 2004, menyebutkan bahwa kegagalan pelayaran perdana RMS Titanic disebabkan oleh api batubara yang tersimpan dalam penyimpanan batu dan menurutnya kapal Titanic telah mengalami kebakaran pada bunker batubara sejak kapal tersebut meninggalkan pelabuhan Southampton, Inggris tanggal 10 April 1912.

Banyak teori dan cerita lain yang kemudian juga berkembang, yang intinya sama-sama ingin mencoba memecahkan misteri penyebab utama tenggelamnya Kapal Titanic, akan tetapi yang lebih mendekati kebenaran kemungkinan seperti yang diungkap oleh Robert Essenhigh tadi. Akibat kejadian ini, kemudian digeneralisir bahwa fenomena umum kecelakaan pelayaran yang terjadi dimasa lalu disebabkan oleh batubara sebagai bahan bakar mesin uap sehingga alat transportasi laut saat ini tidak lagi menggunakan batubara dikarenakan lebih beresiko terjadinya kecelakaan.

Belajar dari kejadian yang telah terjadi, mengambil hikmah dari peristiwa masa lalu atau pun mencontoh apa yang harus dan tidak harus dilakukan dari pengalaman orang-orang sebelum kita, adalah sebuah pelajaran mahal yang tidak bisa dibeli oleh waktu dan puluhan tahun perjuangan kita belajar di bangku sekolah. Ini yang dinamakan learning by experience atau yang kemudian dikembangkan oleh Kolb menjadi metode experiential learning.

Konsep belajar dari pengalaman ini sesungguhnya dapat mengajarkan banyak hal kepada kita, terutama tentang hal-hal yang awalnya baik-baik saja namun akhirnya berdampak sangat buruk terhadap karir, keberlangsungan bisnis atau pun predikat seseorang atau badan perusahaan. Pengalaman mereka dapat memberikan warning tentang kejadian-kejadian yang sebaiknya kita lakukan, kita hindari dan atau harus kita sadari sejak awal melalui gejala atau pun symprom kejadian sejenis yang mirip dengan peristiwa dan kejadian masa lalu.

Inti dari cerita di atas adalah, idealnya dalam perjalanan karir kita, kita tidak membuat kesalahan dahulu seperti Titanic untuk kemudian baru belajar dan berbenah diri. Tetapi ketika kesalahan ini tidak dapat dihindari, maka keberanian untuk bangkit dan berdiri lagi adalah hal terpenting daripada kisah kegagalan itu sendiri. Menurut Heinrich Heine, pengalaman adalah sekolah unggulan namun mahal biayanya. Masalahnya adalah meski pengalaman adalah guru terbaik dan mahal harganya, nyatanya manusia seringali tidak menyadari bahwa guru tersebut pernah mengajarkannya sampai mereka mengalaminya sendiri.

Itu yang disebut oleh Laurence J. Peter sebagai orang yang mengetahui pengalaman orang lain tetapi tidak belajar bagaimana menjadikan pengalaman itu sebagai pelajaran. Data di Inggris & Wales tahun 2011, sembilan dari sepuluh napi yang masuk penjara ternyata sudah pernah masuk ke penjara sebelumnya. Bahkan hampir satu dari tiga napi tersebuti, sudah punya rekor lima belas kali kejahatan sebelumnya. Artinya apa? Jika kejadian seperti ini, jangan harapkan perbaikan meski segala sesuatu yang tidak baik itu pernah diucapkan dan terjadi sebelumnya.

Jika tidak ada seorangpun yang mendengarkan dan mau belajar dari pengalaman, maka tidak heran jika kita akan terus mundur ke belakang dan memulai (kesalahan) lagi dan lagi. Kata anonim, hanya keledai dungu yang jatuh ke lobang yang sama dua kali. Dan nyatanya, dengan bahasa yang bernada sarkasme, seringkali kita mendengar bahwa belakangan ini kita hampir tidak bisa membedakan mana keledai dan mana manusia karena terus saja mengulang-ulang kesalahan yang sama. Jadi marilah kita mulai belajar banyak hal dari banyak pengalaman orang lain, karena sehebat apa pun kita tidak akan pernah bisa dan cukup waktu untuk mempelajarinya semua dari pengalaman kita sendiri.

Insiden kecelakaan laut yang masih dikenang hingga saat ini adalah

peristiwa yang terjadi pada tanggal 14 April 1912 yaitu, peristiwa

tenggelamnya kapal Titanic yang merengut korban jiwa hingga 1,514

orang meninggal di perairan Atlantik Utara. Penyebab tenggelamnya kapal

penumpang raksasa bermesin uap tersebut hingga kini masih misteri

dan banyak teori yang mencoba mengungkap kebenaran fakta

kejadian setelah kapal Titanic tersebut meninggalkan pelabuhan Southampton,

Inggris untuk melakukan pelayaran perdananya menuju New York, Amerika

Serikat.

BELAJAR DARI PENGALAMAN

INFO BPJS KESEHATAN EDISI 57 TAHUN 2017

INFO BPJS KESEHATAN EDISI 57 TAHUN 2017

Salam Redaksi

BINCANG 14

16

1718

1920

DAFTAR ISI

126

10

Recharge - Yuk, Berwisata ke Museum

Organisasi Juga Berbenah DiriBULETIN DITERBITKAN OLEH BPJS KESEHATAN :Jln. Letjen Suprapto PO BOX 1391/JKT Jakarta Pusat

Tlp. (021) 4246063, Fax. (021) 4212940

PENGARAH

Fachmi Idris

PENANGGUNG JAWABMira Anggraini

PIMPINAN UMUM

Afrizayanti

PIMPINAN REDAKSI

Nopi Hidayat

SEKRETARIS

Rini Rahmitasari

SEKRETARIAT Ni Kadek M.Devi Eko Yulianto

Paramita Suciani

REDAKTURElsa NoveliaAri Dwi AryaniBudi SetiawanDwi SuriniTati Haryati DenawatiAngga FirdauzieJuliana RamdhaniDiah IsmawardaniRanggi Larissa Izzati

Darusman Tohir

DISTRIBUSI & PERCETAKAN Erry Endri Anton Tri WibowoAkhmad TasyrifanArsyad Didik Darmadi

Ramadhona A Lakoni

5Fokus - Penguatan Kapasitas Organisasi Untuk Sukseskan Program JKN-KIS

Mira Anggraini

Benefit - Mandiri Kelola Penyakit Prolanis

Pelanggan - Semua Pengaduan Ditindaklanjuti BPJS Kesehatan

Testimoni - Kinerja Duta BPJS Kesehatan Dinilai Semaikin Baik

Inspirasi - Ikhlas Mengabdi Hingga Ke Pelosok Desa

Pembaca Setia Media Info BPJS Kesehatan,

Sebagai badan hukum publik yang mengelola jaminan kesehatan masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan memang dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan mampu memenuhi harapan pesertanya, sehingga tujuan SJSN untuk memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud. Untuk melaksanakan hal tersebut, tentunya diperlukan peran Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan profesional.

Untuk itu seperti apa strategi peningkatan dan pengembangan kapasitas BPJS Kesehatan yang akan dan telah dilakukan, kesemuanya akan dibahas dalam rubrik FOKUS.

Dalam rubrik BINCANG, Media Info BPJS Kesehatan berkesempatan mewawancarai Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Mira Anggraini yanag akan bercerita mengenai upaya-upaya manajemen BPJS Kesehatan dalam membangun kapasitas organisasi khususnya di bidang human capital dengan harapan seluruh Duta BPJS Kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi peserta.Lebih jauh menuruhnya SDM BPJS Kesehatan tidak cukup hanya kompeten di bidangnya, tapi juga punya nilai yang sejalan dengan organisasi, salah satunya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.

Kami menyadari, untuk meningkatkan kualitas informasi yang ada dalam media ini kami masih membutuhkan masukan dan kritik dari pembaca sekalian. Kami ucapkan terima kasih kepada pembaca yang budiman, atas atensi dan masukan membangun sehingga diharapkan media ini terus menjadi sarana komunikasi yang efektif bagi BPJS Kesehatan dan masyarakat serta pembaca sekalian. Selamat beraktivitas.

Redaksi

Kilas & Peristiwa - BPJS Kesehatan Raih Penghargaan Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA)

Sehat & Gaya Hidup - Hati-Hati, Keropos Tulang Bisa Terjadi Lebih Awal Cegah dengan Gaya Hidup Sehat

Persepsi - Petugas Verifikator menghambat Pembayaran Klaim? Benar Gak Sih?

Membenahi Tata Kelola SDM Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik

SDM BPJS Kesehatan tidak cukup hanya kompeten di bidangnya, tapi juga punya nilai yang sejalan dengan organisasi, salah satunya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.

INFO BPJS KESEHATAN EDISI 57 TAHUN 2017 INFO BPJS KESEHATAN EDISI 57 TAHUN 2017

JAKARTAKILAS & PERISTIWA 5KILAS & PERISTIWA

JAKARTA

BPJS Kesehatan menerima penghargaan dari Indonesian Customer Satisfaction Award sebagai The Best in Achieving Total Customer Satisfaction dalam kategori Health Insurance. Penghargaan diterima oleh Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari di Hotel Shangrila (22/11). Menurut Andayani Budi Lestari, dalam meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta, BPJS Kesehatan terus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi, meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan.

Dimulai dari memperluas kanal pelayanan atau point of service sehingga pelayanan pendaftaran kepesertaan bisa dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan dengan System Drop Box, Bank dan Lippo Mall, Mobile JKN dan Website BPJS Kesehatan, Card Center, BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, Mobile Customer Service,Kecamatan dan BPTSP dan melalui Kader JKN. Selain itu dilakukan pengembangan layanan aduan informasi melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 di dalamnya terdapat layanan pemberian informasi ,pelayanan pengaduan, pendaftaran, teleconsulting, dan aplikasi di website yaitu Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan atau SIPP, beber Andayani.

Hasil survei dari PT Swasembada, di tahun 2016 angka kepuasan peserta JKN-KIS mencapai 78.6%,

sementara indeks kepuasan fasilitas kesehatan yang mel