Pengobatan Ayurveda

download Pengobatan Ayurveda

of 23

  • date post

    07-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    679
  • download

    13

Embed Size (px)

Transcript of Pengobatan Ayurveda

Ayurveda atau Ayurvedic adalah suatu pengobatan kuno yang berasal dari India yang meliputi seluruh aspek gaya hidup. Kata Ayurveda berasal dari bahasa Sansekerta, Ayu dan Veda, yang secara harfiah berarti Ilmu tentang umur, sehingga Ayurveda dapat dikatakan sebagai ilmu yang mengajarkan tentang kesehatan individu dan teknik-teknik menyembuhkan penyakit, sehingga diharapkan kualitas hidup dan batas usia seseorang akan menjadi lebih baik Ayurveda adalah ilmu kesehatan preventif (menjaga kesehatan agar penyakit tidak mendapat kesempatan untuk menyerang kita) dan tentang kebiasaan hidup yang menyelaraskan antara fisik dan panggilan jiwa.

y Manuskrip Atreya Samhita, Caraka dan Susruta adalah

salah satu dari beberapa manuskrip yang memuat ilmu pengobatan yang merupakan Upaveda atau cabang kitab suci Atharva Veda. Selanjutnya kumpulan kitab-kitab pengobatan ini disebut sebagai Ayurveda. y Beberapa sejarawan barat mengatakan bahwa Ayurveda setidaknya telah ada 1500 SM, bahkan beberapa diantaranya meyakini angka yang lebih tua lagi, yaitu 3000 SM. Sehingga semua pakar sejarah dan arkeolog meyakini bahwa Ayurveda merupakan buku medis tertua di dunia. Mereka meyakini Dhanvantari dan Divodasa (Raja Kasi) sebagai pelopor pengembangan teknik pengobatan Ayurveda.

y Mengingat kedudukan Ayurveda yang merupakan bagian dari

CaturVeda, kitab Sruti tertua umat Hindu. Maka jika kita merunut umur ilmu pengobatan Ayurveda berdasarkan slokasloka yang ada dalam Veda itu sendiri maka kita akan menemukan angka tahun yang jauh lebih mengejutkan lagi, yaitu 55,52 triliun tahun SM. Ayurveda diturunkan dari dewa Brahma, Sang Pencipta alam material sendiri, kepada Dewa Kembar Aswin, dan kemudian kepada Indra. Kemudian dikatakan Ayurveda bercabang ke dalam dua aliran, pengobatan dan ilmu bedah. Bharadvaja, Atreya Punarvasu dan enam muridnya seperti Agnivesa dan Ksirapani kemudian mendirikan ilmu pengobatan/kedokteran umum, sementara Susruta mendirikan ilmu bedah. Tentunya angka ini adalah angka yang sangat mengejutkan bagi para sejarahwan dan arkeolog kaum indologis karena kitab suci agama mereka meyakini Bumi baru diciptakan 6000 SM. Itulah penyebab utama yang mengakibatkan semua hipotesa kaum Indologis akan segala hal di dunia ini tidak pernah melampaui angka 6000 SM.

Prinsip pengobatanAyurveda adalah ilmu pengobatan yang sangat lengkap yang meliputi teknik operasi dan pembedahan, terapi warna dan aroma, serta ilmu gizi dan gaya hidup sehat. Dalam Ayurveda kita juga akan menemukan bahasan yang lengkap prihal asal-usul penyakit dan teknik penyembuhannya.

metode pengobatan/treatment dalam Ayurveda, secara umum dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: Deva-vyapasraya (Astronomical) treatment dilakukan untuk pengobatan akibat penyakit Karmaja atau penyakit yang muncul akibat dosa-dosa dari tindakan yang dilakukan pada kehidupan di masa lalu. Yukti-vyapasraya treatment adalah pengobatan yang ditujukan untuk mengobati penyakit Dosaja atau penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan tiga Dosha (vatta, pita dan kafa).

Ayurveda memberikan treatment alami untuk semua jenis penyakit yang disebabkan oleh ketidakkonsistenan fisiologi dalam tubuh. Sehingga penyembuhan penyakit dari teknik Ayurveda terletak pada sifat-sifat alamiah badan itu sendiri. Alam dan badan ini tersusun dari lima elemen dasar, yaitu; Akasha, Bayu (udara), Agni (api), Jala (air) dan Prthivi (bumi). Dari lima unsur tersebut, hanya tiga unsur yang memegang peranan penting dalam pembentukan dan deformasi alamiah, yaitu; Bayu (udara), Agni (api), dan Jala (air).

Sistem Menurut Ayurveda, setiap orang memiliki energi kehidupan yang disebut Dosha yang terdiri dari Vata, Pitta, dan Kapha.

Vatay y y y y y y

y y

Orang yang memiliki karakter tubuh vata mempunyai metabolism tinggi,aktif, sangat enerjik dan biasanya cenderung mudah berketombe, dan terkadang pembuluh darahnya nampak Mempunyai pola tidur, makan dan kebiasaan yang tidak mengikuti jadwal teratur Tidak menyukai udara dingin, banyak angin, dan kering. Mudah merasa kedingininan dan mudah gemetar. Kaki dan tangan mudah dingin Bicara cepat dan cenderung cerewet Pola tidur mudah terganggu dan mudah diserang insomnia Sering mengalami gangguan otot nyeri, radang sendi, sakit kepala, konstipasi, demam sambil mengigau, dan juga mempunyai kecenderungan mengalami gangguan kardio Biasanya tipe ini cepat menyerap informasi dan juga cepat melupakannya Tipe ini mudah stres dan terkadang kurang pede, akan tetapi tipe vata cenderung kreatif dan inovatif dengan kepekaan yang tinggi.

Pittay y y y y y y y

Orang yang mempunyai karakter pitta, postur tubuh sedang dan mempunyai otot lebih besar daripada tipe Vata Kulit lembut dan cenderung berminyak, sehingga mudah berjerawat serta hangat Mudah berkeringat, rambut lebih cepat memutih, dan ada sebagian yang cenderung botak Tipe Pitta tidak menyukai udara yang panas, sinar matahari, dan daya penglihatan sensitif ( terutama terhadap sinar terang ) Pola makan kuat dan tidur cukup dan tidak mudah terganggu Sifat ; cenderung ekstrovert, berbicara dengan suara keras dan cenderung mendominasi percakapan Menyukai kecerdasan yang tinggi, dan suka berdebat Tipe Pitta mudah terserang masalah pencernaan dan masalah di usus ( usus kecil dan usus besar ), kebotakan, infeksi saluran kencing, sariawan, dan terlalu banyak keringat.

Kaphay y y

y y

y

Orang dengan karakter kapha cenderung mempunyai metabolisme tubuh yang lamban Postur cenderung besar dan mudah menambah berat badan walau makan hanya sedikit Tipe Kapha biasanya memiliki kulit yang lebih tebal dengan sedikit kerutan dan otot yang lebih padat. Tipe Kapha mudah tidur nyenyak bahkan kadang berlebihan, tidak menyukai kelembaban nafsu makan tidak tinggi akan tetapi mudah gemuk. Karena metabolisme lamban, maka tipe Kapha kurang menyukai banyak olah raga dan gerak serta mudah kecapaian Tipe ini mempunyai pembawaan yang tenang, memori tajam dan kuat, tidak emosional, serta pandai menyesuaikan diri dengan lingkungan. Tipe Kapha mudah terserang penyakit saluran pernafasan ( sinus, batuk, pilek, asma ) banyak lender, obesitas, metabolisme lamban/ merasa malas, tidur terlalu banyak, mudah lelah dan badan terasa berat, serta gangguan pencernaan.

VATA Karakter : Bentuk badan kurus, berat badan sulit naik, wajah lonjong, mata kecil, kulit kering, rambut kering, keriting, dan kasar, moody,pola tidur tak menentu, dan sulit tidur nyenyak. Terapi self healing : ` Perbanyak makanan kaya protein dan mineral, seperti pisang, alpukat, plum, apricot, sayuran yang direbus tidak terlalu lama, kacang merah, kacang tanah, kedelai, susu kedelai, tahu, telur setengah matang, white meat (ikan, ayam), daging kambing. Kurangi makanan beku, gula putih, rempah rempah, kopi, teh kental, cokelat, makanan makanan mentah, makanan yang beraroma tajam, makanan pedas, makanan pahit. Tips gaya hidup : Vata cenderung membuang terlalu banyak energi. Hilangkan kebiasaan itu dengan melakukan kegiatan rutin. Pastikan anda menyisakan waktu untuk santai dan perkaya diri anda dengan makanan bergizi dan manjakan diri dengan pijat.

PITTA Karakter : Bentuk badan sedang, tubuh mudah gemuk, wajah berbentuk hati, kulit berminyak dan berwarna semu merah, rambut lembut, lurus, mudah diatur, dan berminyak, selera makan tinggi dan pola tidur baik. Terapi self healing : Konsumsi makanan segar, seperti buah mentah dan manis, termasuk beri, ceri, plum, sayur-sayuran hijau, sayursayuran pahit atau manis (seperti asparagus, brokoli, kacang polong, seledri, dan mentimun), padi- padian segar, gandum, beras putih, kue beras, roti, pasta, white meat, produk produk susu, putih telur, sirup maple, gula, rempah rempah (seperti ketumbat, jintan, pala, dan mint). Kurangi buah-buahan asam, bawang, bawang bombay, bawang putih, rempah-rempah pedas, tomat, terung, gula bit, kuning telur, daging merah, kacang kacangan, cokelat, kopi, teh, red wine. Tips gaya hidup : Pitta cenderung hangat dan bersemangat. Sering seringlah melakukan aktivitas yang dapat membuat anda merasa senang. Peliharalah ketenangan dengan berendam dalam air hangat atau berenang. Hindari terpapar sinar matahari terlalu lama.

KAPHA

Karakter : Bentuk badan gemuk, berat badan cepat naik, wajah bulat, kulit pucat, rambut tebal, mengkilat, bergelombang, berminyak, hobi ngemil, dan tukang tidur. Terapi self healing : Perbanyak konsumsi pilihan buah, seperti stroberi, apel, pir, ceri, buah-buahan yang dikeringkan seperti prem, apricot, pir yang dikeringkan, salad dan aneka sayuran, termasuk sayursayuran pahit dan beraroma tajam (seperti lobak dan bawang, wortel, jagung,, dedaunan hijau), padi- padian yang zat besinya tinggi (seperti jagung, oat, gandum, ikan dan daging putih, kacang merah), buncis yang dikeringkan (seperti kacang polong), produk-produk dari kedelai dalam jumlah yang tidak berlebihan, makanan pedas. Kurangi makanan dan minuman dingin, buah-buahan terlalu masam dan terlalu manis, akr-akaran, produk-produk susu, kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan berat dan kaya lemak, minyak, mentega, garam, gula dan pemanis buatan. Tips gaya hidup : Kappa cenderung kaku dan menyimpan terlalu banyak energi. Sering-seringlah bergerak sehingga energi anda tidak menumpuk menjadi lemak.

y Salah satu sloka dalam kumpulan kitab Ayurveda

menyebutkan; Tanpa perusakan dari unsur Dosha, tidak mungkin penyakit muncul. Jika Dosha tidak terdeteksi, treatment harus dilanjutkan berdasarkan gejalanya . y Inti pengobatan Ayurveda, seperti yang ditunjukkan dalam sloka ini, terletak pada perawatan Dosha. Sehingga penekanan utama dalam Ayurveda adalah perawatan, mulai dari perawayan mata, telinga, hidung dan tenggorokan (shalakyachikitsa), perawatan anak, dan ginekologi osteric (kaumarabhritya) dan perawatan kesehatan mental (bhutavidya) yang dilakukan dengan berbagai teknik Yoga dan konsumsi m