PENGERTIAN MANAJEMEN

download PENGERTIAN MANAJEMEN

of 23

  • date post

    03-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    215
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of PENGERTIAN MANAJEMEN

PENGERTIAN MANAJEMEN

DARI WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA, ENSIKLOPEDIA BEBAS Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno mnagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Kata manajemen mungkin berasal dari Bahasa Itali (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan," terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasa latin manus yang berati "tangan". Kata ini lalu terpengaruh dari bahasa Perancis mange yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia.Bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi mnagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

Luther Gulick, Management is a Science , Academy of Management Journal, Vol.8, No. 1, Maret 1965, Halaman 7 13 dalam Ibid, hal 14.( buku Manajemen edisi 2 T. Hani Handoko, Universitas Gajah Mada ) Manajemen merupakan sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat system kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan. Menurut Gulick manajemen telah memenuhi persyaratan untuk disebut ilmu pengetahuan karena telah dipelajari untuk waktu yang lama dan telah diorg anisasi menjadi suatu rangkaian teori. Teori teori ini masih terlalu umum dan subyektif.

Manajemen merupakan ilmu pengetahuan juga dalam artian bahwa manajemen memerlukan disiplinm ilmu ilmu pengetahuan lainnya dalam penerapanya misalnya, ilmu ekonomi, akutansi, statistic, dan sebagainya. Bagian ilmu ini dapat kita pelajari secara universal. James A.F. Stoner, Management, Prentice / Hall International, Inc., Englewood Cliffs, New York, 1982, halaman 8 ( buku Manajemen edisi 2 T. Hani Handoko,Universitas Gajah Mada )

FUNGSI FUNGSI MANAJEMEN

Henry Fayol, General and Industri Management, Pitman New York, 1949 hal. xxi. Perencanaan ( Planning ) Perenncanaan adalah pemilihan atau penetapan tujuan tujuan organisasi dan penentuaan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, system dan anggaran yang dibutuhkan untuk mencapai kebutuhan. Pengorganisasian ( Organizing ) Pengorganisasian adalah 1. Penetuan sumber daya dan kegiatan yang di butuhkan untuk mencapai tujuan organisasi. 2. Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yang akan dapat membawa hal hal tersebut kea rah tujuan. 3. Penugasan tanggung jawab tertentu dan kemudian 4. Pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu individu untuk melaksanakan tugasnya. Kepegawaian ( Staffing ) Kepegawaian adalah Penarikan, latihan pengembangan,serta penempatan dan pemberian orientasipara karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif. Pengarahan ( Leading ) Pengarahan adalah untuk mendapatkan para karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus mereka lakukan. Pengawasan ( Controlling ) Pengawasan adalah penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

KESIMPULAN

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasi,pengarahan dan pengawasan usahausaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya- sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisi yang telah ditetapkan. Atas dasar uraian di atas kita bisa menyimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen melibatkan pencapaian tujuan-tujuan organisasi yang telah ditetapkan.faktor-faktor yang mendukung seperti organisasi,perencanaan dan pelaksanaan serta sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.

DARI WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA, ENSIKLOPEDIA BEBAS

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno mnagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Manajemen berasal dari kata "to manage" yang berarti mengatur, mengurus atau mengelola. Banyak definisi yang telah diberikan oleh para ahli terhadap istilah manajemen ini. Namun dari sekian banyak definisi tersebut ada satu yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen tersebut, yaitu : Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakandan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. Sedangkan pengertian menurut ahli-ahli yang lain adalah sebagai berikut : James A.F. Stoner, Management, Prentice / Hall International, Inc., Englewood Cliffs, New York, 1982, halaman 8 ( buku Manajemen edisi 2 T. Hani Handoko,Universitas Gajah Mada )

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Dari definisi tersebut terlihat bahwa Stoner telah menggunakan kata proses , bukan seni. Mengartikan manajemen sebagai seni mengandung arti bahwa hal itu adalah kemampuan atau ketrampilan pribadi suatu proses adalah cara sistematis untuk melakukan pekerjaan. Proses tersebut terdiri dari kegiatan kegiatan manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. o Perencanaan berarti bahwa para manajer memikirkan kegiatan kegiatan mereka sebelum di laksanakan. o Pengorganisasian berarti bahwa para manajer mengkoordinasikan SDM dan material organisasi. Kekuatan suatu organisasi terletak pada kemampuan untuk menyusun sumber daya dalam mencapai suatu tujuan. o Pengarahan berarti bahwa manajer mengarahkan, memimpin dan mempengaruhi para bawahan. o Pengawasan berarti bahwa para manajer berupaya menjamin bahwa organisasi bergerak kearah tujuan tujuannya. Atas dasar uraian di atas kita bisa menyimpulkan bahwa pada dasarnya manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang orang untuk menentukan, mengiterpretasikan dan mencapai tujuan organisasi dengan melaksanakan fungsi perencanaan ( planning ), pengorganisasian ( organizing ), kepegawaian ( staffing ), pengarahan dan kepemimpinan leading ) dan pengawasan ( controlling ). (

Manajemen

Perencanaan Pengorganisassian Kepegawaian Pengarahan Pengawasan

Anggota organisasi

Tujuan Organisasi

Gambar Arti Manajemen

Luther Gulick, Management is a Science , Academy of Management Journal, Vol.8, No. 1, Maret 1965, Halaman 7 13 dalam Ibid, hal 14.( buku Manajemen edisi 2 T. Hani Handoko, Universitas Gajah Mada ) Manajemen merupakan sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat system kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan. Menurut Gulick manajemen telah memenuhi persyaratan untuk disebut ilmu pengetahuan karena telah dipelajari untuk waktu yang lama dan telah diorg anisasi menjadi suatu rangkaian teori. Teori teori ini masih terlalu umum dan subyektif. Manajemen merupakan ilmu pengetahuan juga dalam artian bahwa manajemen memerlukan disiplinm ilmu ilmu pengetahuan lainnya dalam penerapanya misalnya, ilmu ekonomi, akutansi, statistic, dan sebagainya. Bagian ilmu ini dapat kita pelajari secara universal.

FUNGSI FUNGSI MANAJEMEN Henry Fayol, General and Industri Management, Pitman New York, 1949 hal. xxi. Perencanaan ( Planning ) Perenncanaan adalah pemilihan atau penetapan tujuan tujuan organisasi dan penentuaan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, system dan anggaran yang dibutuhkan untuk mencapai kebutuhan. Pengorganisasian ( Organizing ) Pengorganisasian adalah

1. Penetuan sumber daya dan kegiatan yang di butuhkan untuk mencapai tujuan organisasi. 2. Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yang akan dapat membawa hal hal tersebut kea rah tujuan. 3. Penugasan tanggung jawab tertentu dan kemudian 4. Pendelegasian wewenang yang diperlukan kepada individu individu untuk melaksanakan tugasnya. Kepegawaian ( Staffing ) Kepegawaian adalah Penarikan, latihan pengembangan,serta penempatan dan pemberian orientasipara karyawan dalam lingkungan kerja yang menguntungkan dan produktif. Pengarahan ( Leading ) Pengarahan adalah untuk mendapatkan para karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus mereka lakukan. Pengawasan ( Controlling ) Pengawasan adalah penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

K