Pengertian dan Fungsi Seni

download Pengertian dan Fungsi Seni

of 15

  • date post

    19-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    2.352
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Pengertian dan Fungsi Seni

SENI RUPA

TUGAS SENI BUDAYAOLEH1. VALENCIA PERDANA RIZAL2. DILLA PUTRI

1. PENGERTIAN SENI DAN BUDAYASeni adalah suatu karya yang dibuat atau diciptakan dengan kecakapan yang luar biasa sehingga merupakan sesuatu yang elok atau indah. Budaya adalah hasil cipta karya dan karsa manusia yang diterapkan dalam berbagai bentuk.PENGERTIAN SENI MENURUT BEBERAPA AHLIA. AristotelesSeni adalah peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.B. Plato dan RousseauSeni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.C. Ki Hajar DewantaraSeni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakan jiwa perasaan manusiaD. Ahdian Karta MiharjaSeni adalah kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mempunya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.E. Drs. SudarmajiSeni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang,garis,warna,tekstur,volume dan gelap terang.CONTOH PENERAPAN SENI DALAM KEHIDUPANSeni berpakaian seseorang.Seni bersikap atau bertingkah laku.Seni penekanan pada suara yang diucapkan.Seni bergaul dengan orang orang sekitar.2. FUNGSI SENI1. Fungsi Pribadi2. Fungsi Sosial- Fungsi Pendidikan- Fungsi Religi- Fungsi Rekreasi- Fungsi Informasi

3. Fungsi Spesifik- Fungsi Ekonomi- Fungsi Prestasi- Fungsi Prestise- Fungsi Teraphy

Fungsi Pribadi adalah suatu fungsi seni yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan pribadi individu itu sendiriFungsi Sosial adalah suatu fungsi seni yang bermanfaat bagi pemenuhan kebutuhan sosial. Fungsi Pendidikan adalah fungsi yang menjadikan seni sebagai media penyalur ilmu.Fungsi Religi adalah Karya seni sebagai media untuk menyampaikan pesan religi atau keagamaanFungsi Rekreasi adalah seni sebagai sarana melepas kejenuhan atau mengurangi kesedihan, sebuah pertunjukan khusus untuk berekspresi atau mengandung hiburan, kesenian yang tanpa dikaitkan dengan sebuah upacara ataupun dengan kesenian lain.Fungsi Informasi adalah seni sebagai alat untuk memperoleh informasi.

Fungsi Spesifik adalah fungsi seni dengan tujuan yang khusus atau tertentu.

Fungsi Ekonomi adalah fungsi yang menjadikan seni sebagai profesi.Fungsi Prestasi adalah fungsi dimana seorang individu atau kelompok memperoleh prestasi melalui seni.Fungsi Prestise adalah fungsi yang menimbulkan kebanggaan bagi orang yang menampilkan seni tersebutFungsi Teraphy adalah fungsi yang menjadikan seni sebagai alat pelayanan bagi masyarakat.TUJUAN SENI1. Fine Art (Seni Murni) adalah Seni yang semata-mata hanya terikat pada kepentingan estetis. Penikmatannya lebih pada kebutuhan emosional.2. Applied Art (Seni Terapan) adalah Seni yang diciptakan selain terikat kepentingan estetis juga terikat kepentingan utamanya.

CABANG CABANG SENISeni RupaSeni TariSeni MusikSeni SastraSeni TeaterSENI RUPASeni Rupa adalah ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip desain.

SENI TARISeni Tari adalah seni yang dihasilkan dari gerak, mimik, dan tingkah laku seseorang.SENI MUSIKSeni Musik adalah cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya.SENI SASTRASeni Sastra Berasal dari kata susastra (Sangsekerta). Su yang artinya baik, bagus dan sastra yang artinya buku, tulisan atau huruf. Jadi, seni sastra artinya tulisan yang mempunyai bahasa yang indah dan baik.

SENI TEATERSeni Teater berasal dari kata theatron (Yunani) yang artinya gedung pertunjukkan, pertunjukkan itu sendiri dan penonton. Istilah yang berhubungan dengan seni teater yaitu drama dan sandiwara. Drama dari kata dramas (Yunani) artinya suatu perbuatan/ kumpulan pertunjukkan perikehidupan seseorang. Sandiwara (sangsekerta), sandi yang artinya rahasia/lambang, dan wara yang artinya pelajaran. Seni Drama adalah seni pertunjukkan yang menyajikan perikehidupan manusia di atas pentas.

SEKIAN PRESENTASI DARI KAMIKAMI UCAPKAN TERIMA KASIH