Penatalaksanaan Gizi Buruk PPT

Click here to load reader

  • date post

    10-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    540
  • download

    110

Embed Size (px)

description

untuk gizi buruk di stase anak, selamat belajar

Transcript of Penatalaksanaan Gizi Buruk PPT

Slide 1

Penatalaksanaan Gizi BurukPembimbing : dr.Ezy Barnita, Sp.AOleh :Yuga PMDefinisi Gizi burukMalnutrisi Energi Protein (MEP) adalah seseorang yang kurang gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari-hari dan atau gangguan penyakit tertentu. Anak disebut MEP apabila berat badannya kurang dari 80% indeks berat badannya menurut umur (BB/U) baku WHCS-NCHS. MEP merupakan defisiensi gizi (energi dan protein) yang paling berat dan meluas tertutama pada balita.Marasmus

Marasmus adalah suatu keadaan kekurangan kalori protein berat. Namun, lebih kekurangan kalori daripada protein.

Kwashiorkorsindrom klinis yang diakibatkan dari defisiensi protein berat dan asupan kalori yang tidak adekuat.Penyebab terjadinya adalah inadekuatnya intake protein yang berlangsung kronis.

D.I.E.TKeseimbangan GiziSalah Asuhan Pola MakanMitos Maupun Adat Istiadat dalam Kalangan masyarakat tertentu.

PENYAKIT & INFEKSI

Tuberculosis ????helminthes ????(People Personal Hygiene)

MALNUTRITION !!!APAKAH ADA PENYEBAB YANG LAIN ?

BERBEDA ATAU DIBEDAKAN ?

DEAL WITH THE GOVERNMENT ?

patofisiologiBagaimana ini semua bisa terjadi ?????

klasifikasiWELLCOME TRUST PARTYBERAT BADAN/UMUR (%)EDEMA ADAEDEMA TIDAK ADA60 - 80GIZI KURANGKWASHIOKOR< 60MARASMUSMARASMUS - KWASHIOKORklasifikasiGOMEZ (1956)

KATEGORI DERAJAT KEPBB/U (%)0 5 kg: 100 mg/hari (2 tablet) Asam Folat Hari I: 5 mg/hari, selanjutnya 1 mg/hariVitamin B compleks 1 tablet/hariMineral MixZn, K, Mg, Cu (dalam Mineral Mix/larutan elektrolit)DOSIS VITAMIN DAN MINERAL UNTUK ANAK UMUR 6 BULAN SAMPAI 5 TAHUN5657LANGKAH 7 MEMBERIKAN MAKANAN UNTUK STABILISASI DAN TRANSISI

5758KEBUTUHAN GIZI MENURUT FASE PEMBERIAN MAKAN PADA ANAK GIZI BURUKA. Fase Stabilisasi Energi: 80 100 Kkal/kgBB/hari Protein: 1 1,5 g/kgBB/hari Cairan: 130 ml/kgBB/hari atau 100 ml/kgBB/hari (bila edema berat +++) Formula 75/modifikasi/modisco Jumlah dan frekwensi cairan yang diberikan sesuai dengan: -Tabel Pedoman F-75 (buku I, hal.19 20) dan - Jadwal pemberian makanan anak gizi buruk sesuai fase (buku II, hal 12)5859KEBUTUHAN GIZI MENURUT FASE PEMBERIAN MAKAN PADA ANAK GIZI BURUK (Lanjutan .)A. Fase Transisi Energi: 100 150 Kkal/kgBB/hari Protein: 2 3 g/kgBB/hari Cairan: 150 ml/kgBB/hari Formula 100/modifikasi/modisco I/II Jumlah dan frekwensi cairan yang diberikan sesuai dengan: -Tabel Pedoman F-75 (buku I, hal.21) dan - Jadwal pemberian makanan anak gizi buruk sesuai fase (buku II, hal 12)5960MEMBERIKAN MAKANAN UNTUK TUMBUH KEJARLANGKAH 8 6061KEBUTUHAN GIZI MENURUT FASE PEMBERIAN MAKAN PADA ANAK GIZI BURUK (Lanjutan .)A. Fase Rehabiltasi Energi: 200 220 Kkal/kgBB/hari Protein: 3 4 g/kgBB/hari Cairan: 150 200 ml/kgBB/hari Formula 100/135/modifikasi/modisco III Ditambah makanan: - BB < 7 kg makanan bayi/lembek - BB 7 kg makanan anak/lunak Jumlah dan frekwensi cairan yang diberikan sesuai dengan: - Jadwal pemberian makanan anak gizi buruk sesuai fase (buku II, hal 12)6162KEBUTUHAN GIZI MENURUT FASE PEMBERIAN MAKAN PADA ANAK GIZI BURUK (Lanjutan .)A. Fase Tindak lanjut Kebutuhan energi dan protein sesuai dengan BB dan umur anak.

PMT- Pemulihan: Energi 350 Kkal/hr & prot. 15 g/hr Ditambah makanan keluarga Jumlah dan cara pemberian makanan sesuai dengan: - Jadwal pemberian makanan anak gizi buruk sesuai fase (buku II, hal 14)6263LANGKAH 9Memberikan stimulasi untuk tumbuh kembang 6364Memberikan stimulasi untuk tumbuh kembangAnak gizi buruk: keterlambatan perkembangan mental dan perilaku berikan:

Kasih sayang Lingkungan yang ceria Terapi bermain terstruktur selama 15 30 menit/ hari (Misalnya: permainan ci luk ba atau menggunakan Alat Permainan Edukatif) Aktifitas fisik segera setelah sembuh Keterlibatan ibu (memberi makan, memandikan, bermain dan sebagainya)6465HAL-HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN1. Jangan berikan Fe sebelum minggu ke 2 (Fe diberikan pada fase rehabilitasi)

2. Jangan berikan cairan intra vena, kecuali syok atau dehidrasi berat

3. Jangan berikan protein terlalu tinggi

4. Jangan berikan diuretik pada penderita kwashiorkor6566LANGKAH 10Mempersiapkan untuk tindak lanjut dirumah6667MEMPERSIAPKAN TINDAK LANJUT DI RUMAHBila gejala klinis sudah tidak ada dan BB/TB-PB > - 2 SD anak sembuh

Pola pemberian makan yang baik dan stimulasi harus tetap dilanjutkan di rumah

Berikan contoh kepada Orang Tua:menu dan cara membuat makanan dengan kandungan tinggi energi dan padat gizi sesuai umur dan berat badan anak. (lihat buku II, lampiran 4, hal. 53)

b. Terapi bermain terstruktur6768MEMPERSIAPKAN TINDAK LANJUT DI RUMAH (lanjutan.)Sarankan : makanan dengan porsi kecil dan sering sesuai dengan umur anak kontrol secara teratur: Bulan I: 1 x/ minggu Bulan II: 1 x/ 2 minggu Bulan III - VI: 1 x/ bulan Suntikan/imunisasi dasar BCG, Polio, DPT, Campak, Hepatitis B dan ulangan (booster) (Anak gizi buruk tidak dianjurkan imunisasi campak, tetapi pada semua anak gizi buruk harus diberikan imunisasi campak sebelum anak pulang, setelah fase rehabilitasi) Vit.A dosis tinggi setiap 6 bulan (dosis sesuai umur)6869KRITERIA PEMULANGAN ANAK GIZI BURUKAnak :

Selera makan baik, makanan yang diberikan dihabiskan2. Ada perbaikan kondisi mental3. Sudah tersenyum, duduk, merangkak, berdiri, berjalan, sesuai umurnya4. Suhu tubuh berkisar antara 36,5 37,5 C5. Tidak ada muntah atau diare6. Tidak ada edema7. Kenaikan berat badan > 5 g/kgBB/hari, 3 hari berturut-turut atau kenaikan 50 g/kgBB/minggu, 2 minggu berturut-turut8. Sudah berada di kondisi BB/TB-PB > - 3 SD (dan sudah tidak ada tanda dan gejala klinis gizi buruk)

6970KRITERIA PEMULANGAN ANAK GIZI BURUK (lanjutan..)Ibu/pengasuh:

Sudah dapat membuat makanan yang diperlukan untuk tumbuh kejar di rumah

2. sudah mampu merawat serta memberikan makan dengan benar kepada anaknya

Institusi lapangan:

Puskesmas/Pos Pemulihan Gizi/Posyandu telah siap menerima rujukan paska perawatan 70B. Pengobatan penyakit penyertaDefisiensi vitamin ADermatosisParasit/cacingTuberkulosis

C. Kegagalan pengobatanKegagalan pengobatan tercermin pada angka kematian dan kenaikan berat badan tidak adekuat pada fase rehabilitasi

D. Penderita pulang sebelum rehabilitasi tuntasDirumah harus diberi makanan tinggi energi (150 Kkal/kgBB/hari) dan tinggi protein (4-6 gr/KgBB/hari).Beri anak makanan yang sesuai (energi atau protein) dengan porsi paling sedikit 5 kali sehariMakanan selingan diantara makanan utamaSuplementasi vitamin dan mineral/elektrolit Teruskan ASI.

E. Tindakan pada kegawatanSyok cairan intravena

Cairan intravena : Dekstrosa 5 % : NaCl 0,9 % (1:1) atau larutan Ringer dengan kadar dekstrose 5 % sebanyak 15 ml/KgBB dalam satu jam pertama. Evaluasi setelah 1 jam.

Komplikasi

Pada anak dengan gizi buruk dapat ditemukan penyakit penyerta antara lain :Masalah pada mataAnemia beratLesi kulit pada kwashiorkorDiare persisten (giardiasis dan kerusakan mukosa usus, intoleransi laktosa, diare osmotik)

Prognosis

Malnutrisi yang hebat mempunyai angka kematian yang tinggi, kematian sering disebabkan oleh karena infeksi, sering tidak dapat dibedakan antara kematian karena infeksi atau karena malnutrisi sendiri. Prognosis tergantung dari stadium saat pengobatan mulai dilaksanakan. Dalam beberapa hal walaupun kelihatannya pengobatan adekuat, bila penyakitnya progesif kematian tidak dapat dihindari, mungkin disebabkan perubahan yang irreversibel dari set-sel tubuh akibat under nutrition

Thanks for your attention

Selamat Belajar