PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL SEKRETARIAT ... sebaik-baiknya. Apabila masyarakat masih mengalami...

Click here to load reader

  • date post

    29-Jul-2020
  • Category

    Documents

  • view

    0
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL SEKRETARIAT ... sebaik-baiknya. Apabila masyarakat masih mengalami...

  • PEMERINTAH KABUPATEN BANTUL SEKRETARIAT DAERAH

    Jalan Robert Wolter Monginsidi 1 Bantul 55711 Daerah Istimewa Yogyakarta Telepon: (0274) 367509 Faksimile: (0274) 368078

    Website: http://setda.bantulkab.go.id e-mail: setda@bantulkab.go.id

    Nomor : £ £ e / O l ^ S Lamp. : 6 lembar Hal : Informasi kartu prakerja

    Bantul, 13 April 2020

    Kepada Yth:

    Kepala OPD se Kab Bantul 1. 2. 3. 4. 5.

    Camat se Kab Bantul Lurah se Kab Bantul Dukuh se Kab Bantul Ketua RTse Kab Bantul

    Sehubungan dengan telah dibukanya secara resmi pendaftaran kartu prakerja oleh pemerintah sebagai program penanggulangan masalah pengangguran dengan meningkatkan ketrampilan dan kompetensi para pencari kerja, kami informasikan bahwa kartu prakerja pada saat ini juga dapat diakses oleh pekerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19 sebagai bantuan biaya pelatihan dan insentif. Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indinesia telah membuka pendaftaran Program Kartu Prakerja ini mulai 11 April 2020 sampai dengan minggu ke-4 November 2020, yang dapat dilakukan setiap saat via online di website prakerja.go.id .

    Pendaftaran gelombang pertama dibuka 11 April 2020 sampai dengan 16 April 2020, pukul 16.00 WIB. Pengumuman peserta yang lolos untuk gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat 17 April 2020. Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya.

    Adapun informasi mengenai Program Kartu Prakerja lebih rinci kami lampirkan sebagai informasi agar bisa ditempel di papan pengumuman maupun disosialisasikan kepada warga masyarakat baik melalui media offline/online di wilayah kerja saudara agar dapat dimanfaatkai/f dengan sebaik-baiknya. Apabila masyarakat masih mengalami kesulitan pendaftaran online, bisa menghubungi DinasTenaga Kerja danTransmigrasi Kit). Bantul.

    , ^ . DrsJ-fEiMt JAMHARIS. MM * NIP". 1^12081986031013

    Tembusan: 1. Bupati Bantul sebagai laporan 2. Kepala Dinas Pariwisata Kab. Bantul sebagai koordinator Bidang Ekonomi 3. Kepala Bappeda Kab. Bantul 4. Kepala Dinas Sosial,Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kab. Bantul 5. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Bantul

    http://setda.bantulkab.go.id mailto:setda@bantulkab.go.id

  • t

    v

    KARTU PRAKERJA

    Apa itu Kartu Prakerja? Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah. Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta.

    Apa sih tujuan Kartu Prakerja?

    Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

    Apakah Kartu Prakerja menggaji pengganguran?

    Tidak. Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja. Jadi, bukan untuk menggaji pengangguran ya!

    Siapa aja sih yang bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?

    Kamu bisa mendaftar jika kamu adalah WNI usia 18 tahun keatas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Awalnya, program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Namun untuk merespon COVID-19, program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

    Eh, apakah harus menganggur?

    Tidak kok! Orang yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftar program Kartu Prakerja.

    Apakah lulusan universitas unggulan dan sudah bekerja bisa dapat manfaat Kartu Prakerja?

    Tentu saja bisa! Karena pekerja baik itu lulusan universitas unggulan ataupun tidak juga butuh peningkatan kompetensi kerja dan keahlian. Namun, prioritas tetap diberikan pada pengangguran muda dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.

    Siapa yang akan melaksanakan operasional Kartu Prakerja dan memberikan persetujuan manfaat Kartu

    Prakerja?

    Manajemen Pelaksana yang berada di bawah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Semua kebijakan Kartu Prakerja dirumuskan oleh Komite yang terdiri dari 8 (delapan) Menteri.

  • PENDAFTARAN KARTU PRAKERJA

    Oaftorkon dirimu Sefcefum daftor, positkon kamu

    WSI Minimal berus-o '8 tahun Sedans] Hdok -ncnfrip-jh cer>cf

  • TES MOTIVASI & KEMAMPUAN DASAR

    Ooshboord

    Tes Motivasi & Kemampuan Dasar SeOoga pfasyarat û Tuk mcnerfma Kartu Prakerjo. kanxi oer'u mcngikub tes motiv-asi clan

    KetT;orrDu,j'' daiaf

    Set**\im Pengerjoan

    ; * n MttT*-.a" .VuTs.p : c okor rr-'ir tK- -3ny^L:-t.jua't *et*mpcr« seHrnta

    0 * * - J homu IWAO Mif-c.-jtji.-r^vP- uiai tWtly ;QIG' CO**'. MCMHti kcr!^ dor

    sjlokon k;(»: tr.mtxii di oowgh .n komu sudah M O P Se-moyo berhost!. ya1

    Mengena; Ins

    •• -A .«-••? r>'--)r! M menu

    • # M wn'v hoots !vi ckrj'. axmijydo aar a kiiti '.trcato ctpmotis

    ••Mi j T 7 tvr rxt f-ri*t}c

  • Jika gagai atau tidak lolos seleksi Gelombang apakah harus ulang lagi pendaftaran? Tidak, jika gagal seleksi gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya. Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

    Bagaimana saya tahu saya lolos atau tidak Kartu Prakerja?

    Jika lolos seleksi Gelombang, kamu akan menerima notifikasi KAMU BERHASIL di akunmu dan bisa memilih pelatihan

    prokerjo

    Jika kuota Gelombang sudah habis, kamu akan menerima notifikasi BELUM BERHASIL dan masih memiliki peluang lagi di gelombang lainnya

    Setomot. Kamu Be'hosif!

    sai. S*?*jmot kans.. TrypJc uRkk. RRRCRR,.—i orioTibahg &cnWt

    proker*}Q

    Kamu Balum Berhasil

    Hm John Doe Mohon m.Msi pe-odaftaran pada gwiombanq ptfihswy sudah mefnenjtPt Vjota

    Agar tsdqk ke!'.r̂ >gcjolcjt-', yj - ; s ^ j t d daftof ka^ (Strsmy d pdat ho* yang •'ams. (Dqimqn Mchon clunijat bohwa komtl Kenya frsci mptvaicjnkqn t (satui peKK^Kn Daao wckt-j ^ y j n o o i . ya-

    iokw.a BotcF 1

    Sdido ui>»uk fcomu rneft9*uti petatthan oka- segera kami proses don nfDiiij ifiguftafcan du(D"i :.arqi,.^ -wOfctu m.-cj*simuf 50 hart 0!Ou akan *-on-a'«P*

    ,J-*yTC]an niKkerti hati kmnu masih bisa m^ngiM- fjoiambancj hun yang "yjciang ditjuka saat ini, toh

    GP'orntKing tnmnytt

    Ktrmeftt&'ttif! tiQGKtttl/HQi Pmlt'f'vg Ptf eigne*!'an Repawn' irvj-̂ -svA

    Jika saya kehabisan kuota, apakah saya harus melakukan pendaftaran ulang?

    Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu

    masih bisa memilih Gelombang berikutnya / Gelombang lainnya.

    BANTUAN BIAYA / SALDO PELATIHAN

    Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pelatihan yang tersedia hanya pelatihan online. Ke depan, setelah kondisi normal, maka pelatihan juga akan melalui tatap muka (offline). Bantuan pelatihan Kartu Prakerja ini hanya diberikan satu kali kepada satu orang, supaya manfaat ini dapat merata dan lebih banyak. Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS.

  • Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan di platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu: Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

    Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, terdiri dari: Bantuan biaya pelatihan sebesar Rpl.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di platform digital mitra.

    Ulnsentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:

    o Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan (Rp2.400.000).

    o Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei (Rpl50.000).

    Apakah bantuan biaya pelatihan Kartu Prakerja diberikan secara tunai? Tidak. Bantuan untuk pelatihan diberikan secara non-tunai. Jika kamu lolos menjadi penerima Kartu Prakerja, untuk anggaran tahun 2020 kamu akan menerima bantuan pelatihan sebesar Rp. 1.000.000. Kamu akan menerima notifikasi besaran pagu/saldo yang disetujui pada akun Dashboard kamu. Pastikan kamu cek secara berkala di akun kamu.

    Berapa kali bantuan/manfaat Kartu Prakerja diberikan?

    Sekali saja, namun kamu bisa menggunakannya untuk mengikuti beberapa pelatihan.

    Apakah pagu / saldo Kartu Prakerja saya dapat dipakai oleh orang lain?

    Tidak, pagu hanya dapat dipakai oleh kamu sendiri sebagai penerima manfaat Kartu Prakerja. Pagu tidak dapat dipindahtangankan kepada orang lain. Apakah saldo bantuan pelatihan ada kedaluwarsa nya? Ya, jika kamu lolos mendapatkan Kartu Prakerja, kamu harus memakainya di Mitra Platform Digital Pelatihan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterima, dan wajib digunakan dalam tahun anggaran berjalan. Jika sudah hangus atau kedaluwarsa maka saldo / pagu bantuan pelatihan akan di kembalikan ke rekening kas negara.

    Apakah saya dapat meminta penambahan pagu/saldo bantuan pelatihan? Manajemen Pelaksana tidak dapat menambah pagu yang telah disetujui. Namun Manajemen Pelaksana berhak membatalkan pagu secara sementara atau permanen jika ada indikasi kecurangan atau terbukti