Pand Sampe Kuisoner

download Pand Sampe Kuisoner

of 28

  • date post

    06-Jul-2018
  • Category

    Documents

  • view

    219
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Pand Sampe Kuisoner

  • 8/18/2019 Pand Sampe Kuisoner

    1/28

    1

    BAB 1 PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang

    Perilaku merokok dilihat dari berbagai sudut pandang sangat merugikan, baik untuk diri sendiri maupun orang di sekitar perokok. Dilihat dari sisi kesehatan,

    pengaruh bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam rokok seperti nikotin,CO(Carbon Monoksida), dan tar akan memacu kerja dari susunan sara pusat dan sara simpatis sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat dan detak jantung semakin cepat. !okok juga dapat menyebabkan kanker paru, kanker kulit, kanker uterus dan beberapa kanker lain("oetjiningsih, #$$%).

    Global Youth Tobacco Survey menunjukkan peningkatan pre&alensi perokok remaja usia ' -' tahun yang selama kurun *aktu tahun naik lebih dari ', kali lipat yaitu dari '#,+ tahun #$$+ menjadi #$, tahun #$$ . ngka kejadian merokok pada anak usia sekolah dasar semakin meningkat ( Global Youth Tobacco Survey , #$'#).

    "ecara rinci "ur&ei "osial /konomi 0asional ("usenas) dan !iset 1esehatan

    Dasar (!iskesdas) "elama sepuluh tahun terakhir ini memberikan gambaran tren perokok pemula remaja usia '$-'% tahun naik hampir # kali lipat, dimana pada tahun #$$' pre&alensi perokok usia '$-'% tahun sebanyak , meningkat menjadi '2, pada tahun #$'$. "ementara kelompok usia ' -' tahun naik dari

    3, menjadi + ,2 tahun #$$%.Dari berbagai sumber yang didapatkan, usia pertama memulai merokok - tahun sebanyak ',# pada usia '$-'% tahun sebanyak '$, pada usia ' -' tahun ,' (!ikesdas, #$$2). 4umlah ini mengalami peningkatan pada tahun #$'$, umur pertama memulai merokok - tahun sebanyak ',2 pada usia '$-'% tahun sebanyak '2, pada usia ' -' tahun % , (!ikesdas, #$'$).

    5erdasarkan penelitian 6ndri (#$$2), perilaku merokok pada remaja dipengaruhi aktor sosiokultural seperti kebiasaan budaya, kelas sosial, gengsi, dan tingkat pendidikan. Menurut 1omalasari dan 7elmi (#$$$) tiga aktor

    penyebab remaja merokok yaitu kepuasan psikologis, sikap permisi orangtua, dan pengaruh dari teman sebaya. 5erbagai aktor ini menyebabkan seseorang menjadi perokok di usia de*asa.

    "ekolah dasar yang dipilih untuk me*akili kota Padang adalah "ekolah Dasar 0egeri Percobaan ("D0P) yang berlokasi di 4alan 8jung 9urun no. +, 1elurahan 8jung 9urun, 1ecamatan Padang 5arat dan "ekolah Dasar 0egeri ("D0) ' yang berlokasi di 4alan !aya mpang, 1elurahan mpang, 1ecamatan 1uranji. Pemilihan kedua sekolah dasar ini berdasarkan pada lokasi *ilayah,

    asilitas, kondisi sosial, ekonomi dan lingkungan daerah tersebut. 1ondisi *ilayah pada "D0P cukup strategis karena terletak di pusat kota.

    Dari segi sosial, tingkat keterpaparan terhadap rokok di sekolah ini cukup besar, karena terletak di pusat kota yang ramai oleh *arga 1ota Padang. Dari segi lingkungan cukup baik, karena area sekolah ini bersih dan hijau. "edangkan dari segi ekonomi sudah jelas mendukung karena pusat kota adalah pusat perbelanjaan dan bisa dikatakan apa yang dibutuhkan juga tersedia di toko kecil hingga supermarket.

  • 8/18/2019 Pand Sampe Kuisoner

    2/28

    2

    1ondisi *ilayah "D0 ' terletak di tepi 1ota Padang. Dari segi sosial tingkat keterpaparan terhadap rokok tidak sebesar pada "D0P karena asilitas di daerah ini masih belum selengkap di 1ecamatan Padang 5arat. Dari segi ekonomi, di *ilayah ini masih terdapat sa*ah sehingga mendukung untuk kegiatan pertanian.

    :ingkungan "D ini asri karena masih terdapat sa*ah dan tanah kosong disekitarnya. 5erdasarkan data tersebut, diperlukan suatu pengabdian kepada masyarakat

    terhadap anak usia sekolah dasar untuk mencegah perilaku merokok. 8ntuk itu program yang diusung adalah 96; ! (9erakan nak 6ndonesia ;anpa sap !okok) untuk me*ujudkan upaya tersebut.

    1.2. Tujuan Kegiatan ;ujuan yang akan dicapai dalam Program kegiatan 96; ! (9erakan nak

    6ndonesia ;anpa sap !okok), yaitu untuk membantu anak usia "D mengenali bahaya merokok sehingga dapat mengurangi resiko kebiasaan merokok, dan

    diharapkan kedepannya dapat membentuk karakter anak 6ndonesia tanpa rokok. 1.3. Luaran yang Diharapkan

    :uaran yang diharapkan dari kegiatan 96; ! diantaranya '. danya dukungan dari pemerintah kota dan pemerintah daerah terhadap

    96; !. #. Menurunnya pre&alensi berbagai penyakit yang dapat ditimbulkan rokok.

    . Menurunnya angka kejadian merokok di 6ndonesia melalui pembinaan anak usia sekolah dasar.

    %. ;erciptanya peran akti dari orang tua dan guru dalam mendidik anak tentang bahaya rokok.

    . Mampu menumbuhkan rasa peduli terhadap diri sendiri dan orang lain akibat bahayanya kegiatan merokok.

    +. Mempersiapkan kader-kader muda penerus kegiatan 96; !.

    1.4. an!aat Kegiatan 1egiatan ini diharapkan dapat memberikan man aat kepada penulis, sis*a-

    sis*i sekolah dasar, orangtua, akademisi, tenaga kesehatan '. 5agi penulis, mampu memberikan pengalaman lapangan dan serta

    meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat secara langsung. "elain itu penulis mampu menerapkan ilmu yang dimiliki dan berpikir kritis terhadap permasalahan yang muncul.

    #. 5agi sis*a-sis*i sekolah dasar, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dalam memahami pentingnya bahaya rokok, sehingga angka kejadian merokok sejak usia dini dapat diturunkan. "elain itu sis*a-sis*i ini kelak dapat menjadi penerus 9erakan nak 6ndonesia ;anpa sap !okok (96; !). 5agi orangtua sis*a, diharapkan dapat menyadari bah*a tindakan merokok di depan anak-anak dapat menjadi pemicu bagi anak untuk menjadi

    perokok saat ia de*asa, dan turut berperan akti dalam membina anak agar tidak merokok.

  • 8/18/2019 Pand Sampe Kuisoner

    3/28

    3

    . 5agi akademisi terutama guru sekolah dasar, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memahami pentingnya bahaya merokok dan upaya pencegahannya sejak dini.

    %. 5agi tenaga kesehatan terutama dokter, diharapkan dapat memberikan

    keberman aatan ilmu dan pengalaman kepada sis*a-sis*i sekolah dasar sertamengurangi beban dalam mengobati penyakit yang ditimbulkan rokok karena kegiatan pencegahan yang marak sejak dini.

    . 5agi pemerintah, diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan terkait insiden merokok pada usia dini yang terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

  • 8/18/2019 Pand Sampe Kuisoner

    4/28

    4

    BAB 2. "A BA#AN U U A$%A#AKAT $A$A#AN 1ebiasaan rokok dimulai dengan adanya rokok pertama. 1ebiasaan merokok

    pada remaja dipengaruhi oleh orang tua, teman sebaya, kepribadian dan media in ormasi yang mengiklankan rokok. Menurut 9reen, perilaku seseorang

    dipengaruhi oleh aktor pendahulu (predisposing) yang meliputi pe-ngetahuan,sikap, kepercayaan, keyakinan, nilai dan tradisi. Pada penelitian sebelumnya di kota Padang, lebih dari $ anak berumur di ba*ah '3 tahun memulai kebiasaan merokok sebelum usia ' tahun. "ebelum usia ' tahun, berarti berada pada masa sekolah dasar.

    Program 96; ! akan dilakukan pada dua sekolah dasar di 1ota Padang, yaitu "D0P yang berlokasi di 4alan 8jung 9urun no. +, 1elurahan 8jung 9urun, 1ecamatan Padang 5arat dan "ekolah Dasar 0egeri ' yang berlokasi di 4alan !aya mpang, 1elurahan mpang, 1ecamatan 1uranji.

    :uas *ilayah 1ecamatan Padang 5arat adalah 2 Km 2

    dengan jumlah

    Penduduk pada tahun #$' adalah %+.%'' orang, sehingga kepadatan penduduknya

    adalah ++ $< Km 2

    Dari jumlah total tersebut, sebanyak .%32 orang berada

    dalam rentang usia - tahun dan .2 + orang dalam rentang usia '$-'% tahun. 4adi sekitar ' dari jumlah total penduduk di kecamatan ini adalah usia sekolah dasar (Padang 5arat dalam ngka, #$' ).

    Pada tahun #$'$ berdasarkan hasil "ensus Penduduk #$'$, mengalami penurunan penduduk yang sangat signi ikan, dikarenakan banyak penduduk yang pindah akibat e ek bencana gempa tahun #$$ (Padang 5arat dalam ngka, #$' ).

    4umlah sekolah mulai dari tingkat "ekolah Dasar ("D) hingga "ekolah :anjutan ;ingkat tas (":; ) sebanyak 2' sekolah dan jumlah ini sudah memenuhi syarat jika dibandingkan dengan jumlah penduduk usia sekolah yang ada di daerah ini(Padang 5arat dalam ngka, #$' ).

    Dari segi lingkungan, ekonomi dan pekerjaan, 1ecamatan Padang 5arat cukup baik. 1ecamatan ini yang berbatasan langsung dengan "amudera 6ndonesia memiliki potensi perikanan yang baik. ;erdapat %$ hotel di kecamatan ini yang tentunya menunjukkan perkembangan ekonomi yang memadai(Padang 5arat dalam ngka, #$' ).

    Pro esi penduduk di daerah ini cukup beragam, yaitu P0", guru, pedagang, dan nelayan. Dilihat dari golongan, P0" di lingkup ini lebih banyak berada di golongan 666, sekitar dari jumlah total (Padang 5arat dalam ngka, #$' ).

    :uas *ilayah 1ecamatan 1uranji adalah 2,%' Km 2

    dengan jumlah

    Penduduk pada tahun #$' adalah '# .22' orang, sehingga kepadatan penduduknya adalah #.' +< Km

    2

    . Dari jumlah total tersebut, sebanyak '#. %#

    orang berada dalam rentang usia - tahun dan ''.+%$ orang dalam rentang usia '$-'% tahun. 4adi sekitar ' dari jumlah total penduduk di kecamatan ini adalah usia sekolah dasar (Padang 5arat dalam ngka, #$' ).

  • 8/18/2019 Pand Sampe Kuisoner

    5/28

  • 8/18/2019 Pand Sampe Kuisoner

    6/28

    6

    BAB 3. ET&DE PELAK$ANAANProgram kegiatan 96; ! dilaksanakan di dua sekolah dasar yang dipilih untuk me*akili 1ota Padang, yaitu "ekolah Dasar 0egeri Percobaan ("D0P) yang

    berlokasi di 4alan 8jung 9urun no. +, 1elurahan 8jung 9urun, 1ecamatan Padang 5arat dan "ekolah Dasar 0egeri ' yang berlokasi di 4alan !aya mpang, 1elurahan mpang, 1ecamatan 1uranji. 1edua "D ini berada