Orang Madura Penjual Sate

Click here to load reader

  • date post

    05-Dec-2014
  • Category

    Documents

  • view

    215
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of Orang Madura Penjual Sate

ORANG MADURA PENJUAL SATE

Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas Matakuliah Metode Penelitian yang dibina oleh M.Shobaruddin, Drs.MA

Oleh Aliyyul Akbar (125030700111017) Ishak Goi (125030706111002) Ahmad wahyudi (125030707111015) Risman Kadir (125030706111005) Rizky Akbar Maulana (125030700111011)

PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA April 2013

KATA PENGANTAR

Assalamualaaikum Wr.Wb, Kami dari Kelompok 5 telah melakukan wawancara terhadap para penjual sate yang berasal dari madura yang ada di sekitar kampus Universitas Brawijaya pada hari Saptu-Minggu tanggal 30-31 Maret 2013 pada pukul 15:30 sampai 21.00 untuk memenuhi tugas mata kuliah Metode Penelitian yang di bina oleh Bapak Shobarudin. Kami melakukan Penelitian Ini bertujuan mengungkap sejarah salat satu kuliner Madura yang terkenal yaitu SATE, karena memang Sate kebanyakan yang menjual adalah orang Madura. Bukan hanya itu, kami juga ingin meneliti tentang orang Madura yang merantau ke Kota Malang. Madura memang banyak mengandung sejarah dan rahasia yang perlu di ungkap dan diteliti, untuk itu kami melakukan penelitian ini. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada Bapak M.Shobaruddin, Drs.MA yang telah membina kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas ini, dan tak lupa kepada para Penjual Sate yang telah berkenan kami wawancarai. Apabila di dalam tugas ini ada kekurangan dan kesalahan, kami minta maaf. Karena kesempurnaan hanya milik Allah Swt semata. Terimakasih Wassalamuallaikum Wr.Wb.

ORANG MADURA PENJUAL SATE

Indonesia adalah negara yang kaya akan kuliner, begitu juga dengan Madura. Dari pulau ini kita mengenal beberapa diantaranya yang populer secara Nasional, yaitu Sate Madura. Di hampir setiap daerah di Indonesia pasti ada Sate dan memiliki ciri khas masing-masing. Merantau menjadi jalan keluar bagi warga Madura di tengah kesulitan hidup yang menghimpit di tanah kelahiran. Kunci sukses para pengusaha Madura di rantau, hanya ulet dan bekerja keras disertai doa. Selain itu, hanya tambahan untuk menunjang kesuksesan. Intinya hanya tiga hal itulah yang menjadi kunci utamanya. Sebab tanpa ketiga hal itu hidup dirantau akan sulit dan merana. Alam Madura seperti kita mafhum begitu panas terik di siang hari hingga hasil bumi belum bisa optimal terkendala cuaca, maka tak putus akal orang Madura, tradisi merantau yang telah terbentuk ratusan tahun, baik dalam tatanan kerajaan yang biasa melakukan perjalanan bisnis hingga menetap di belahan bumi yang lebih menguntungkan tampaknya telah mendarah daging, dalam islam pun, seperti yang banyak dianut orang Madura ada pepatah Dan menyebarlah kalian di seluruh pelosok bumi untuk meraih rizkiKu tampaknya begitu diamini dan dipraktekkan. Sate adalah makanan yang sangat mudah di dapatkan di seluruh pelosok Indonesia. Sate terbuat dari aneka daging yang terpotong-potong secara kecil. Daging biasanya di susun dalam tusukan sate yang sudah dibuat secara khusus. Sate di bakar dengan bara api yang dijaga agar tetap menyala. Itulah sebabnya para penjual sate selalu siap dengan kipasnya. Sate yang di bakar dengan arang memiliki aroma yang nikmat sehingga menggugah selera. Sate madura terbuat dari daging Ayam yang di siram dengan bumbu khusus. Sate Madura adalah makana yang populer dan sangat mudah di temukan di negara kita, tidak harus melancong ke Madura untuk mencicipi makanan ini. Cobalah anda jalan-jalan di tempat tinggal anda dan pasti tidak sulit untuk menemukan jenis makanan ini.

WAWANCARAINFORMAN 1Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan : Selamat malam, kami mahasiswa Universitas Brawijaya ingin meneliti tentang Orang Madura Penjual Sate..!! : Ya,,Ada apa..?? : apa yang membuat bapak merantau ke kota malang ?? : ikut saudara dan meneruskan kuliner keluarga kami, : Apa alasan bapak untuk ikut saudara bapak merantau ke malang..?? : Karena malang adalah kota Bisnis dan kota yang banyak mahasiswanya, sehingga banyak pembeli. : sudah berapa lama menetap di kota malang ?? : Saya sudah 10 tahun berada di kota Malang. : Apakah bapak sudah berkeluarga..?? : ya, bapak sudah mempunyai istri dan 2 anak. : Apakah istri dan anak bapak berada di Malang juga..?? : Kalau istri ada di malang untuk membantu saya, tapi kalau anak saya berada di Madura bersama neneknya, karena untuk biaya sekolah di Madura lebih murah dari pada di Malang. : Usaha Apa yang bapak Dirikan, sejak pertama kali berada di Kota Malang..?? : Saya Pertama kali berada di Kota Malang, sudah berjualan Sate. : Mengapa Bapak berjualan sate..?? : Karena saya meneruskan Warisan usaha jualan sate dari Bapak Saya : Berarti usaha jualan Sate sudah turun menurun di kalangan keluarga Bapak..?? : Iya,,sudah dari Kakek saya yang terdahulu. : Menurut Bapak, Mengapa Orang Madura berjualan sate..?? : Karena mungkin di Madura banyak orang yang berternak Kambing, Sapi maupun Ayam. : Apakah daging sate yang bapak jual saat ini asli dari Madura..?? : Tidak, Daging sate yang bapak jual saat ini adalah daging yang bapak beli di Malang. : Apakah resep Sate yang bapak jual ini masih mempertahankan resep yang terdahulu..?? : Iya,,Karena resep ini sudah warisan dari Bapak saya. : Menurut Bapak, Apa yang membedakan Sate Madura dengan sate lainnya..??

Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya

Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan

Penanya Informan

: Sate madura lebih memiliki aroma yang alami, dengan bumbu Kacang dan kecap yang enak. : Sejak tahun berapa bapak berjualan sate..?? : sejak tahun 2002. : Apakah berkeinginan meninggalkan Usaha jualan sate.? Dan berganti Usaha yang lain..?? : Tidak,,Karena ini adalah wasiat dari keluarga saya, dan meneruskan kuliner khas Madura. : Bagaimana nantinya apabila bapak tidak bisa berjualan sate lagi,? Apakah ada yang meneruskan..?? : Ya ada, Keluarga saya siap menggantikan saya. : Sejak pukul berapa Bapak berjualan setiap harinya..?? : Dari pukul 17.00 sampai pukul 22.00. : Berapa porsi yang bapak sediakan setiap harinya..?? : ada 35 porsi (daging Ayam) dengan 1 porsinya 10 tusuk. : Apakah porsi sebanyak itu habis terjual pak..?? : kadang habis, kadang tidak tergantung pembeli dan tergantung hari. : Berapa harga tiap satu porsinya..?? : untuk harga tiap satu porsinya 8000 tanpa nasi, dan 10000 dengan nasi. : Berapa Modal yang bapak butuhkan tiap hari..?? : Untuk modal keseluruhan tiap hari membutuhkan 250.000. : Berapa Keuntungan bersih yang bapak peroleh tiap hari..?? : untuk keuntungan bersih kadang-kadang memperoleh 100.000 sampai 200.000 tergantung ramai tidaknya pembeli. : Dengan pendapatan seperti itu, Apakah bapak bisa memenuhi kebutuhan keluarga..?? : Ya, Alhamdulillah saya bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan bisa menyekolahkan anak saya. : Apakah Bapak ingin mengembangkan Usaha sate ini..?? : Ya, dan Alhamdulillah selama berjualan Sate 10 tahun, yang pertamanya hanya satu gerobak yang berjalan, sekarang saya mempunyai tiga gerobak dan semuanya yang menjalankan adalah keluarga saya dan tetangga saya yang saya ajak dari Madura. semua itu tergantung ke uletan dan kerja keras kita. : Alhamdulillah pak, dan wawancara ini kami akhiri sampai disini, terima kasih atas waktunya,. : Iya, sama-sama.

WAWANCARAINFORMAN 2Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya : Assalamuallaikum, kami mahasiswa Universitas Brawijaya ingin meneliti tentang Orang Madura Penjual Sate..!! : Ya,. : apa yang membuat bapak merantau ke kota malang ?? : ikut saudara, : Apa alasan bapak untuk ikut saudara bapak merantau ke malang..?? : Karena di Madura panas dan sepi, sedangkan di Malang Ramai dan banyak Pembeli. : sudah berapa lama menetap di kota malang ?? : Saya sudah 9 tahun berada di kota Malang. : Apakah bapak sudah berkeluarga..?? : ya, saya sudah mempunyai istri dan 2 anak. : Apakah istri dan anak bapak berada di Malang juga..?? : Ya,,semua keluarga saya berada di malang, anak saya yang kedua pun lahir di Malang dan semua anak saya sekolah di Malang. : Usaha Apa yang bapak Dirikan, sejak pertama kali berada di Kota Malang..?? : Saya Datang pertama kali Malang, sudah berjualan Sate. : Mengapa Bapak berjualan sate..?? : Karena saya meneruskan Warisan usaha jualan sate dari Bapak Saya : Berarti usaha jualan Sate sudah turun menurun di kalangan keluarga Bapak..?? : Iya,,sudah dari dulu, dari Bapak saya. : Menurut Bapak, Mengapa Orang Madura berjualan sate..?? : Karena mungkin Madura terkenal dengan hewan kurban (Sapi dan Kambing) sehingga banyak yang berjualan sate. : Apakah daging sate yang bapak jual saat ini asli dari Madura..?? : Tidak, Daging sate yang bapak jual saat ini adalah daging yang bapak beli di Malang. : Apakah resep Sate yang bapak jual ini masih mempertahankan resep yang terdahulu..?? : Iya,,Karena resep ini sudah warisan dari Bapak saya. : Menurut Bapak, Apa yang membedakan Sate Madura dengan sate lainnya..??

Informan

Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan Penanya Informan

: Sate madura lebih memiliki aroma yang alami,di bandingkan dengan sate lainnya yang tidak menggunakan arang saat memasaknya. : Sejak tahun berapa bapak berjualan sate..?? : sejak tahun 2003. : Apakah berkeinginan meninggalkan Usaha jualan sate.? Dan berganti Usaha yang lain..?? : Tidak,,Karena ini adalah wasiat dari keluarga saya, dan meneruskan kuliner khas Madura. : Bagaimana nantinya apabila bapak tidak b