METRO ANDALAS, Rabu 06 Januari 2016

Click here to load reader

  • date post

    25-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    317
  • download

    49

Embed Size (px)

description

SURAT KABAR HARIAN METRO ANDALAS

Transcript of METRO ANDALAS, Rabu 06 Januari 2016

  • Ketua MPR: Publikasi Kinerja Bisa Timbulkan Kegaduhan

    @metroandalas metroandalas [email protected]

    Costumer Care:Costumer Care:Costumer Care:Costumer Care:Costumer Care:Redaksi: 0751 38887Iklan: 0751 31604FAX: 0751 29411

    ECERANSURAT KABAR HARIAN

    Untuk Keutuhan Indonesia

    Rp4.000/eks379 /Th.II/2015

    RABU, 6 JANUARI 2016TERBIT 16 HALAMAN

    Sambunganke Halaman 7

    KRIMINAL

    Sambungan ke Halaman 7

    Untuk Apa LagiMunas Golkar?

    Persoalan Partai Golkar akan tuntasdengan terbitnya putusanMahkamah Agung terkait kasasiatas perkara di Pengadilan NegeriJakarta Utara. Kalau putusan kasasiMahkamah Agung sama dengan putusanPN Jakarta Utara dan Pengadilan TinggiJakarta, maka persoalan Golkar itu secarahukum selesai sama sekali.

    Putusan Pe-ngadilan NegeriJakarta Utara, y-ang memenangkankepengurusan Par-tai Golkar versiMunas Bali, dapatdiberlakukan mes-kipun masih me-nunggu proseskasasi di MahkaYusril Ihza

    Mahendra

    JAKARTA (Metrans)Ketua Majelis Permusyawaratan

    Rakyat Zulkifli Hasan mengatakanpenilaian Kementerian PemberdayaanAparatur Negara dan ReformasiBirokrasi terkait kinerja kementeriansebaiknya tidak dipublikasikankarena dikhawatirkan menimbulkankegaduhan.

    Dalam rapor akuntabilitas yang diumumkanKemenpan-RB pertengahan Desember 2015 diketahui

    terdapat kementerian- lembaga yang masuk dalamperingkat teratas dan peringkat terendah

    PERINGKAT 10 TERENDAH1. Dewan Ketahanan Nasional

    (56,97/CC)2. Komisi Pemilihan Umum (56,17/

    CC)3. Lembaga Ketahanan Nasional

    (55,04/CC)4. Ombudsman Republik Indonesia

    (54.51/CC)5. Lembaga Sandi Negara (54,24/

    CC) 6. Kementerian Desa,

    Pembangunan Daerah TertinggalDan Transmigrasi(53,97/CC)

    7. Kementerian Pemuda Dan OlahRaga (53,54/CC)

    8. Komisi Nasional Hak AsasiManusia (51,60/CC)

    9. Perpustakaan Nasional (50,38/CC)10. Kejaksaan Agung (50,02/CC)

    PERINGKAT 10 TERATAS :1. Kementerian Keuangan dengan

    nilai 83,59 atau predikat A.2. Komisi Pemberantasan Korupsi

    (80,89/A)3. Kementerian Kelautan dan

    Perikanan (80,76/A)4. Badan Pemeriksa Keuangan

    (80,45/A)5. Badan Pengawasan Keuangan

    Dan Pembangunan (77,54/BB)6. Kementerian Pendayagunaan

    Aparatur Negara Dan ReformasiBirokrasi (77,00/BB)

    7. Kementerian PerencanaanPembangunan Nasional/Bappenas (76,13/BB)

    8. Kementerian Perindustrian(73,90/BB)

    9. Badan Pusat Statistik (73,86/BB)10.Mahkamah Konstitusi (73,73/BB)

    Kalau dipublikasikan membuatkegaduhan baru maka sebaiknyasilakan diberikan penilaian namundisampaikan di internal kabinet,katanya di Gedung Nusantara III,Jakarta, Selasa.

    Dia menilai apa yang dilakukanKemenpan RB dalam memberikanpenilaian sesuai perintah Undang-

    Undang dan mendapatkan instruksidari Presiden Joko Widodo.

    Menurut dia, Presiden berhakmenilai kinerja para menterinya dansebaiknya laporan hasil penilaian ituhanya menjadi konsumsi internalKabinet Kerja.

    Karena menilai menteri-menterimemang boleh kalau ada instruksi

    Presiden, karena beliau berhak menilaikinerja para menterinya, ujarnya.

    Zulkifli menceritakan selama limatahun dirinya menjadi menteri, hasilpenilaian biasanya dibahas internaldan dalam sidang kabinet di-sampaikan hal tersebut.

    PadangTerapkan

    ParkirElektronik

    PARKIR Perparkiran di Padang pernah menjadi primadona pemasukan untuk PAD, tetapibelakangan nyaris tak terurus. Parkir liar menjadi-jadi. Ini adalah kondisi perparkiran di PasarRaya Padang, semrawut.

    PADANG (Metrans)Kota Padang akan me-

    nerapkan parking meterpada 2016 sebagai revolusipengelolaan parkir di ibukota provinsi ini.

    Parking meter merupa-kan suatu program yangmenerapkan biaya parkir

    Perlalulintasan di Kota Padang makin sibuk danruwet, karena itu Dinas Perhubungan melakukan

    berbagai inovasi. Selain menerapkan parkirelektronik awal tahun ini, juga sudah diterapkanapa yang disebut sebagai motor stop box di

    sejumlah persimpangan.secara elektronik sehinggapengguna jasa parkir tidakmenggunakan uang tunaimelainkan dengan kartukhusus yang dideteksikanpada alat yang disediakandi titik-titik parkir nantinya,

    PADANG (Metrans)Badan Kehormatan (BK)

    DPRD Padang, menilaitindakan Ketua DPRD Eris-man melaporkan anggota-nya Emnu Azamri ke kepoli-sian tidak akan merusakcitra lembaga tersebutkarena tiap orang punya hakyang sama.

    Tidak ada persoalanjika seseorang melaporkanorang lain ke kepolisiantermasuk pengaduan Eris-man ke kepolisian dan haltersebut tidak akan menci-derai lembaga DPRD. Na-mun tindakan itu justrudapat merusak citra fraksidan partai mereka karena

    GADUH DI DPRD PADANG

    BK: Hanya MerusakCitra Fraksi

    keduanya berasal dari fraksiyang sama yakni Gerindra,kata Wakil BK DPRD Pa-dang Masrul Rajo Intankepada Metrans kemarin.

    Ia mengatakan jika per-soalan antara kedua pihakitu membawa dampak bu-ruk terhadap lembagaDPRD, maka akan disikapisesuai dengan mekanismeyang ada.

    Jika ada surat pe-ngaduan pencemaran namalembaga DPRD masuk keBK, tentu kami akan mem-proses sesegera mungkindengan melaksanakan rapat

    PADANG - Sumatera Barat memi-liki banyak space untuk dijadikanmedia film atau lokasi syuting bagiberkembangnya industri perfilmanlokal. Sektor yang satu ini nyaristidak terperhatikan oleh pemerintahdaerah, sehingga tidak memancingmunculnya sineas lokal, kata pakarkomunikasi Unand, Dr. EmeraldiChatra dalam diskusi denganMetrans di grup Whatsapp.

    Ia berharap pemerintah daerahdapat melihat potensi yang tersimpandalam sektor industri perfilman ini.Faktor pendukungnya cukup banyak,ada perguruan tinggi yang sudah

    MENUJU INDUSTRI FILM LOKAL

    Warga Padang Rindu Punya Bioskop Modern

    Salah satu bioskop di Padang

    melahirkan sineas seperti FISIP Unanddan ISI Padang Panjang, kataEmeraldi yang baru saja menjadi KepalaLab TV dan Film jurusan KomunikasiFISIP Unand.

    Tapi sejumlah pencinta film didaerah ini khawatir kalaupun duniasinematografi berkembang di daerah,kalau tak didukung dengan bioskopmodern sebagai tempat menayangkanfilm-film bagus, sama saja bohong.

    Sejumlah masyarakat pecinta filmdi Padang, mengharapkan pemerintahdaerah membangun bioskop yangnyaman, aman, representatif danmodern bagi pengunjungnya.

    Sebagai salah satu kota besardi Indonesia sudah sepantasnyapemkot menyediakan bioskop yangmemiliki estetika menarik dan bersihserta memunculkan film terkini, katasalah seorang pecinta film Friska Putrikepada Metrans.

    lMenurutnya beberapa bioskopdi kota Padang masih memiliki banyakkekurangan seperti kurang bersih,kurang nyaman, masih dikelola lokaldan film yang tayang bukan terbaru.

    Dalam hal ini sudah sepatutnyapemkot menyediakan bioskop modern

    PILKADA PASBAR

    Laporan Zulkeneditak Penuhi Syarat

    SIMPANG AMPEK (Metrans)Panitia Pengawas Pemilu

    Kabupaten Pasaman Baratmenghentikan proses laporanpasangan calon (paslon) bupati,Zulkenedi Said-Risnawantoterhadap paslon bupati terpilih,Syahiran-Yulainto karena tidakmemenuhi persyaratan.

    Setelah kami kaji secarateliti berdasarkan aturan yangada maka maka laporanterkait Rekening Khu-sus Dana Kampaye(RKDK) tidak meme-nuhi persyaratan atautidak memenuhi syaratmateril, kata KetuaPanwaslu PasamanBarat, Asril di SimpangAmpek, kepada Metranskemarin .

    Ia mengatakan dari kajianPanwaslu maka laporan tersebuttidak memenuhi syarat materilsesuai peraturan Bawaslunomor 11 thn 2014 tentangpengawasan pemilihan umum.

    Pada peraturan Bawasluitu syarat materil itu adalahidentitas terlapor, nama danalamat terlapor, peristiwa,uraian kejadian, waktu dantempat peristiwa terjadi. Sertasaksi-saksi yang mengetahuiperistiwa itu dan sejumlahbarang bukti.

    Selain itu juga mengenai

    persolan waktu laporan. Sesuaiaturan laporan itu seharusnyamasuk maksimal tujuh harisetelah kejadian, ujarnya.

    Dari laporan terlapor ter-sebut, maka laporan paslon itutidak memenuhi persyaratanmateril yang sudah diaturdalam peraturan Bawaslu itu.

    Dengan itu maka Pan-waslu melakukan pleno

    dan menyatakan la-poran Zulkenedi Said-Risnawanto yang di-wakili oleh Rusmantidak memenuhi sya-rat, tegasnya.

    Menurutnya, pela-por melaporkan Sya-

    hiran-Yulianto terkait hasilaudit Rekening Khusus DanaKampaye (RKDK) oleh a-kuntan publik.

    Dalam laporan itu dikatakanrekening dibuka tidak atas namapaslon tetapi dibuka atas namatim kampanye.

    Selain itu nama pemilikRKDK antara informasi yangtercantum dalam rekeningkoran tidak sesuai dengan namaSyahiran-Yulianto.

    Ia menjelaskan lagi, sesuaiPKPU nomor 8 tahun 2015tentang laporan dana kam-panye maka tidak ada sanksi

    FUSO TERPOROSOK

    Penerangan Jalan Sumbar Riau Buruk TANJUNG PATI (Metrans)

    Truk Fuso warnah Merahtanpa muatan dengan nomorPolisi BA 8291 AD dari arahPekanbaru, Riau, menuju Padang,sekitar pukul 04.00 WIB subuhSelasa (5/1) terperosok masukjurang di bekas Jalan Sumbar-Riau yang terban di KotoAlam, Kecamatan PangkalanKoto Baru, Kabupaten Li-mapuluh Kota.

    Beruntung tidak ada korbanjiwa. Sopir Fuso Am (45), didugatidak mengetahui di tikunganitu ada jalan terban, sehinggatidak mengurangi laju kenderaandi tikungan, hingga separuhkenderaannya terperosok masukjurang. Walau sudah diberitanda-tanda dengan garis polisi,dan beberapa kayu tanda baha-ya, tetapi di lokasi kejadian tetapminim rambu-rambu lalu lintasdan lampu penerangan jalan.

    Dibantu masyarakat KotoAlam, mobil Fuso berhasil ditariksecara bersama-sama keluar daritepi jurang dengan kedalamanhingga 3 meter itu kembali kejalan raya sekitar pukul 07.30Wib pagi.

    Herannya, meski sudahberkali-kali kenderaan rodadua dan empat terperosokmasuk jalan terban itu, tetapihingga satu bulan lebih sejakkejadian jalan negara Sumbar-Riau di Koto Alam itu terban,tidak kunjung diperbaiki oleh

    pemerintah.Memang benar ada satu

    unit mobil Fuso warnah me