Metro Andalas, Jum'at 22 Januari 2016

Click here to load reader

  • date post

    25-Jul-2016
  • Category

    Documents

  • view

    275
  • download

    8

Embed Size (px)

description

SURAT KABAR HARIAN METRO ANDALAS

Transcript of Metro Andalas, Jum'at 22 Januari 2016

  • @metroandalas metroandalas [email protected]

    Costumer Care:Costumer Care:Costumer Care:Costumer Care:Costumer Care:Redaksi: 0751 38887Iklan: 0751 31604FAX: 0751 29411

    ECERANSURAT KABAR HARIAN

    Untuk Keutuhan Indonesia

    Rp4.000/eks(Luar kota Padang + ongkos kirim)

    390 /Th.III/2016JUMAT, 22 JANUARI 2016

    TERBIT 16 HALAMAN

    Sambungan ke Halaman 7

    Sambunganke Halaman 7

    Jimly Asshiddiqie

    TERORIS

    Badan Perencanaan Pembangunan Nasionalmeyakini minimal 10 ribu peraturan baik daripemerintah pusat dan pemerintah daerah dapatdisederhanakan pada 2016 sehingga dapat mendo-rong aliran investasi yang menjadi roda penggerakpertumbuhan ekonomi.

    TARGET BAPPENAS 2016

    10 Ribu Peraturan Akan DiperbaikiRizal RamliMinta TarifImpor PanganTurunkan

    PANGAN Menko Rizal Ramli minta tarif impor pangan diturunkan. Tapi bagaimana nasib nelayan kecil ini bila tarifimpor ikan diturunkan?

    JAKARTA (Metrans)Menteri Koordinator Bidang

    Kemaritiman Rizal Ramli mengu-sulkan sistem tarif untuk imporkomoditas pangan denganharapan bisa melindungi pro-dusen dalam negeri.

    Menurut Rizal, dalam jumpapers di Kantor Kemenko Ke-maritiman Jakarta, Kamis, polaimpor pangan di Indonesiaselalu diatur dengan mekanismekuota eksplisit atau semi kuotayang mengatur jumlah impor.

    Inilah yang mengakibatkanharga impor pangan di Indonesiaitu lebih tinggi dari duniainternasional. Contohnya hargadaging di dunia hanya Rp45.000per kg, di Malaysia Rp60.000per kg, tapi Indonesia sampaiRp120.000 per kg, itu 100persennya, katanya.

    Rizal menuturkan, niat baikdisusunnya aturan untuk me-ngatur impor memang patutdiapresiasi. Namun, sayangnyapemain dalam kegiatan imporkomoditas pangan itu disebut-nya hanya segelintir kecil saja.

    Lebih aneh lagi, importiryang main ini juga produsen

    JAKARTA (Metrans)Direktur Keuangan Negar-

    a dan Analisa Moneter Bap-penas Sidqy L.P Pangesti diJakarta, Kamis, mengklaimpemerintah ingin menjaminkonsistensi deregulasi lintassektor karena investasi men-jadi andalan pendorongpertumbuhan ekonomi yangditargetkan sebesar 5,3 persentahun ini, di samping belanjafiskal pemerintah.

    Sidqy menekankan kon-sistensi juga tidak bisa datanghanya dari pemerintah pusat,namun juga dari pemerintahdaerah. Pemerintah pusat bisamemberikan dorongan untukpemangkasan regulasi daerah,salah satunya dengan menja-dikan deregulasi sebagaisyarat pemberian insentif.

    Setidaknya tahun ini 25persen dari total regulasi bisadipangkas. Tahun depanmungkin, kita sudah sampaisetengahnya, ujarnya.

    Dari kajian Bappenasterakhir pada Oktober 2015,yang direkomendasikan kepa-da Presiden Joko Widodo,terdapat 41.223 regulasi ditingkat pusat dan daerahyang berpotensi tumpangtindih satu sama lain.

    Puluhan ribu peraturan

    itu diterbitkan selama 10tahun terakhir. Penyebabinefisiensi itu karena rencanakerja antarsektor yang tidakterpadu, sehingga banyakregulasi yang hanya mengu-lang regulasi sebelumnya.Belum lagi, kerap kali terjadikontradiksi karena terdapatsejumlah regulasi yang me-ngatur sektor yang sama,namun dengan mekanismeyang berbeda.

    Rinciannya, sebanyak12.471 peraturan dari pemerin-tah pusat, dan 28.752 pera-turan dari pemerintah daerah.

    Sidqy mengatakan ba-nyaknya tumpang tindihperizinan di tingkat peraturandaerah juga telah membebanibiaya operasional duniausaha. Dari kajiannya, biayaperizinan di tingkat kabu-paten dan kota, secara rata-rata bisa setara dengan 30-40 persen biaya produksisuatu barang. Hal tersebut,imbuh dia, menjadi hambatanuntuk peningkatan dayasaing di era integrasi ekonomiASEAN yang sudah dimulaitahun ini.

    Untuk di tataran peme-rintah pusat, perizinan di

    PAKAR KOMUNIKASI

    Perlu PerdaBina Pranikah

    SILUNGKANG Warungkopi tradisional khas NagariSilungkang Kota Sawahlunto,Datuk Siloengkang Coffeemenawarkan citarasa kopi ber-kualitas tinggi melalui produk-produknya.

    Pemilik sekaligus pengelolawarung yang berpusat dikawasan jalan Lintas SumateraSolok-Sijunjung tersebut,Dasril Munir di Sawahlunto,mengatakan keunggulan kopiyang mereka hadirkan itudiperoleh dari tata cara me-

    MENIKMATI KOPI PINGGIR JALAN

    Datoek Seiloengkang Coffe Benar-benar Serongolah biji kopi pilihan secaratradisional yang diwarisi dariorang tuanya dan usaha terse-but sudah ia geluti sejak 1992.

    Kami menggunakan bijikopi kering lokal jenis Robusta,biji kopi tersebut kami olahdengan sangrai tanpa minyakhingga mencapai tingkat ke-rapuhan tertentu, kata dia.

    Dalam proses menyangraitersebut, jelasnya, yang perludiperhatikan adalah tingkatpanas yang dihasilkan olehtungku berbahan bakar kayu api

    yang sudah bersih dan bebasdari tumbuhan atau zat yangdapat merubah rasa kopi yangsedang diolah, seperti jamur, catdan lain sebagainya.

    Setelah rapuh, lanjutnya, bijikopi tersebut ditumbuk hinggahalus sampai berbentuk bubuk,setelah memisahkan biji kopiyang rusak dan busuk, hal itupenting dilakukan guna menjagacitarasa kopi yang dihasilkantidak pahit dan memiliki aromayang wangi khas bubuk kopipilihan.

    Kopi dikenal sangat sensitifterhadap bau dan hawa panas,untuk menghasilkan bubuk kopiberkualitas memang dibutuhkanketelatenan dan kehati-hatianagar rasa atau aroma kopi tidaktercampur atau merubah strukturzat kafein yang terkandungdidalam bijinya, terangnya.

    Dengan begitu, tambahnya,ketika bubuk kopi tersebut diolahmenjadi minuman maka citarasayang dihasilkan semakin nikmat,

    KEMBANGKAN WISATA

    Padang akan jadi Kota BolaPADANG (Metrans)

    Upaya menghapus citraburuk untuk wisata Padangoleh Pemko Padang di bawahpimpinan Walikota MahyeldiAnsharullah perlahan-lahan kianmenampakan hasil. PantaiPadang dan sejumlah tamankota bermunculan.

    Ini harus terus dijagakeberlanjutannya agar citra baikitu kian terdengar jauh ke calon-calon mengunjung Padang.Upaya bersih-bersih kota danmembuatnya jadi aman sertanyaman harus dilakukan terusmenerus, kata Ketua Badan

    Promosi Pariwisata Daerah(BPPD) Padang, Arlan Dikusna-ta ketika BPPD bersilaturahmidengan Walikota PadangMahyeldi Ansharullah di rumahdinas Jl Ahmad Yani Padang,kemarin petang.

    BPPD Padang dengan sa-ngat meminta kepada WalikotaPadang untuk tidak mengen-dorkan sedikitpun jua upayabersih-bersih yang kini tengahdigalakkan di semua pojok diPadang. Sekali saja kendor,maka sulit kita menciptakan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah bersama pengurus

    Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) di rumah dinas Jl AYani kemarin petang. (FOTO: EKO)

    PADANG (Metrans)Akademisi sekaligus peneliti

    bidang komunikasi keluarga danseksual dari Universitas Andalas(Unand) Padang, Sumatera Barat,

    Dr.EmeraldyChatra me-ngusulkanagar peme-rintah daerahtersebut me-rancang pe-raturan da-erah tentangpembinaanp a s a n g a npra-nikah.

    Perdatersebut na-

    ntinya akan mengarahkan calonsuami istri cara membina rumahtangga sebelum menikah, katanya,di Padang, Kamis.

    Secara khusus, kata dia, perdaini akan memberlakukan adanyaketentuan dari instansi penye-lenggara pernikahan tentangkewajiban calon suami istri ikutserta dalam pelatihan dan pem-binaan tentang rumah tangga.

    Mungkin saja nantinya selaintanya jawab di kantor urusan agama,kedua pasangan calon juga harusmemiliki sertifikat pembinaan.

    Perda ini amat penting gunamencegah terjadinya perceraian

    Orang Hilang Belum Tentu Ikut GafatarPADANG (Metrans)

    Direktur Intel Polda Sum-bar Kombes (Pol) Haryantomengatakan orang yanghilang atau minggat darirumah keluarga belum tentubergabung ke organisasikemasyarakatan GerakanFajar Nusantara (Gafatar).

    Orang yang hilang itubelum tentu bergabung Gafa-tar, sebab untuk menetap-kannya butuh pendalamanlebih lanjut, kata Haryantosaat dihubungi dari Paya-kumbuh, Kamis.

    Ia mengatakan, sejakdiketahui seorang dokter diYogyakarta bergabung ke

    dalam Organisasi Gafatarbeberapa waktu lalu, adamasyarakat yang hilangatau putus komunikasi de-ngan keluarga mereka menjdisering dikaitkan denganGafatar.

    Polda Sumbar sementaraini belum menerima laporansecara resmi berapa masya-rakat yang yang bergabungdengan Gafatar.

    Ia menyebutkan, sejak tigabulan terakhir Gafatar tidkmelakukan kegiatan di tengah.Artinyakegiatan mereka laku-kan secara tertutup. Meskiaktivitas mereka tidak mun-cul, namun bibit-bibit ajaran-

    nya diyakini belum hilangsecara keseluruhan.

    Selama ini kegiatan Gafa-tar di Sumbar hanya berben-tuk kegiatan-kegiatan sosial.

    Pihaknya telah berupayamelakukan kegiatan persuasifdengan memberikan pema-haman kepada masyarakatagar tidak bergabung denganorganisasi tersebut.

    Sementara itu, cendeki-awan Muslim Azyumardi Azramengimbau untuk tidak mainhakim sendiri terhadap bekasanggota Gafatar karena per-soalan tersebut dapat disele-saikan dengan cara persuasif.

    Menurut mantan Rektor

    UIN Syahid Jakarta tersebut,tindakan anarkistus itu justruakan menimbulkan polemikbaru di masyarakat.

    Ia mengatakan setiapwarga negara Indonesa dariapapun golongannya berhakmendapatan perlindungandari pemerintah dan ketidak-tanggapan pemerintah justrudapat membuat masyarakatmain hakim sendiri terhadapbekas Gafatar.

    Umat Islam, kata dia,harus menyikapi Gafatardengan cara yang halus danelegan bukan mengeda-pankan tindakan radikal.

    (den)

    Pasal 158 UUPIlkada HambatDemokrasi

    Pasal 158 Undang Undang Pilkadaterkait ambang batas selisihperolehan suara dinilaimenghambat demokrasi. Pemba-tasan dua persen itu tidak sehat dan tidakbaik, terbukti itu menghambat demokrasi.

    Ini perlu jadiperhatian karenabanyaknya permo-honan perkara se-ngketa Pilkada Se-rentak 2015 yangditolak oleh Mah-kamah Konstitusi,karena tidak me-menuhi syarat se-lisih perolehan su

    PROF SAIFULLAH:

    Gafatar itu LuarnyaLunak di DalamnyaBerbahayaPADANG (Metrans)

    Kepala Kejaksaan Tinggi SumateraBarat Widodo menyebutkan, meskipunbelum terbukti ada aksi teror yangditi