Manusia purba di indonesia

download Manusia purba di indonesia

of 18

Embed Size (px)

Transcript of Manusia purba di indonesia

  • *

  • Kelompok 1

    Abhelia Faridhotul HasanahNadine Alifia MMerry Novita Sari Gusmat WaisGaluh Eko p.

  • MANUSIA PURBA DI INDONESIAA. PETA KONSEPB. LATAR BELAKANGC. JENIS-JENIS MANUSIA PURBA

    *

  • Di Indonesia, fosil manusia purba sebagian besar ditemukan di Jawa. Temuan-temuan di Jawa memiliki arti penting karena berasal dari segala zaman atau lapisan Pleistosen sehingga tampak jelas perkembangan badaniah manusia tersebut.Sistem yang dipergunakan dalam penggolongan makhluk hidup adalah sistem yang berdasarkan evolusi. Evolusi biologis yang berlangsung berjuta tahun tidak meninggalkan bukti secara lengkap dan jelas.

    *

  • MeganthropusPithecanthropusHomo

    *

  • 1. MEGANTHROPUS ( Manusia Besar )Meganthropus berasal dari dua kata, megas artinya besar atau raksasa dan anthropus artinya manusia.Jenis manusia purba Meganthropus ditemukan oleh Van Koenigswald pada tahun 1936 di daerah Sangiran.Hasil penemuannya ini sering dikenal dengan nama Meganthropus Palaeojavanicus, artinya manusia raksasa dari Jawa.

    *

  • Ciri-ciri :

    a. memiliki tulang pipi yang tebal,b. memiliki otot rahang yang kuat,c. tidak memiliki dagud. memiliki tonjolan belakang yang tajam,e. memiliki tulang kening yang menonjol,f. memiliki perawakan yang tegap,g. memakan tumbuh-tumbuhan, danh. hidup berkelompok dan berpindah-pindah.

    *

  • 2. PITHECANTHROPUS( Manusia Kera Berjalan Tegak )Pithecanthropus merupakan jenis yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Fosil ini berasal dari Pleostosen bawah dan tengah. Mereka hidup dengan cara berburu makanan. Mereka sudah memakan segala, tetapi makanannya belum diolah.

    *

  • Jenis-jenis Pithecanthropus :

    Pithecanthropus Erectus artinya manusia kera yang berjalan tegak. Jenis ini ditemukan oleh Eugene Dubois tahun 1891 di Trinil. Memiliki ciri-ciri : -Volume otak mencapai 900 cc. Volume otak manusia medern lebih dari 1000 cc, sedangkan volume otak kera hanya 600 cc. - Berbadan tegap dengan alat pengunyah yang kuat. - Tinggi badannya sekitar 165 170 cm. - Berat badannya sekitar 100 kg. - Makanannya masih kasar dengan sedikit dikunyah. - Hidupnya diperkirakan satu juta sampai setengah juta tahun yang lalu.

    *

  • Pithecanthropus Mojokertensis

    Ditemukan di Jetis dekat Mojokerto Jawa Timur oleh Von Koenigswald. Makhluk ini diperkirakan hidup sekitar 2,5 -2,25 tahun yang lalu. Pithecanthropus Mojokertensis berbadan tegap, mukanya menonjol ke depan dengan kening yang tebal dan tulang pipi yang kuat.

    *

  • c. Pithecanthropus Robustus artinya Manusia Kera yang kuat. Fosil ini ditemukan oleh Weidenreich dan Von Koenigswald pada tahun 1939 di Trinil, lembah Bengawan Solo. Memiliki ciri-ciri :- Tinggi badan sekitar 165 - 180 cm- Volume otak berkisar antara 750 - 1000 cc- Bentuk tubuh & anggota badan tegap- Alat pengunyah dan alat tengkuk kuat- Geraham besar dengan rahang yang kuat- Bentuk tonjolan kening tebal- Bagian belakang kepala tampak menonjol

    *

  • 3. HOMOHomo merupakan manusia purba terakhir yang ditemukan di Indonesia. Ciri-ciri manusia purba homo :

    - Muka lebar dengan hidung yang lebar- Mulutnya menonjol dahinya juga masih menonjol- Bentuk fisiknya sudah seperti manusia sekarang tingginya 130210 cm berat badan 30150 kg hidupnya sekitar 40.00025.000 tahun yang lalu.

    *

  • Jenis-jenis homo yang ditemukan :

    Homo Soloensis adalah manusia dari Solo ditemukan di Ngandong, lembah Bengawan Solo antara tahun 19311934. Penemunya adalah Ter Haar dan Oppenorth. Kehidupan Homo Soloensis sudah lebih maju dengan berbagai alat untuk memenuhi kebutuhan dan mempertahankan hidup dari berbagai ancaman.

    *

  • b. Homo Wajakensis

    Berarti manusia dari Wajak. Eugene Dubois menemukan fosil ini pada tahun 1889 di dekat Wajak, Tulungagung Jawa Timur. Homo Wajakensis diperkirakan menjadi nenek moyang dari ras Australoid yang merupakan penduduk asli Australia.

    *

  • c. Homo Sapiens

    Jenis manusia purba yang memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia sekarang. Mereka telah memiliki sifat seperti manusia sekarang. Kehidupan mereka sangat sederhana, dan hidupnya mengembara.

    *

  • Homo Sapiens digolongkan sebagai berikut

    Manusia wajak (homo wajakensis)merupakan satu satunya temuan di Indonesia yang untuk sementara dapat disejajarkan perkembangannya dengan manusia modern awal dari akhir Kala Pleistosen. Pada tahun 1889, manusia Wajak ditemukan oleh B.D. Van Rietschoten di sebuah ceruk di lereng pegunungan karst di barat laut Campurdarat, dekat Tulung Agung, Jawa Timur.

    *

  • -Manusia Liang Bua

    Manusia Liang Bua ditemukan oleh Peter Brown dan Mike J Morwood pada tahun 2003 lalu. Temuan itu dianggap sebagai penemuan spesies baru yang kemudian diberi nama homo floresiensis sesuia dengan tempat ditemukannya fosil manusia Liang Bua.

    Liang Bua adalah sebuah gua yang dingin. Sebuah gua yang sangat lebar dan tinggi dengan permukaan tanah yang datar, merupakan tempat bermukim yang nyaman bagi manusia pada masa praaksara.

    *

  • TERIMA KASIH

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *

    *