Manusia purba di eropa

download Manusia purba di eropa

of 15

  • date post

    11-Apr-2017
  • Category

    Education

  • view

    178
  • download

    57

Embed Size (px)

Transcript of Manusia purba di eropa

PowerPoint Presentation

Manusia Purba di EropaKelompok Fajar Darmawan.M.Iqbal Sunarya.Padlika Garmabar.Parhan Pratama Sidiq.Reza Abdul Choliq.Riky Nugraha.

Jenis Manusia Purba di Eropa1.Manusia HeidelbergDitemukan oleh Dr.Schoetensack di Desa Maurer dekat kota Heidelberg ( German ) pada tahun 1908. Manusa Heidelberg adalah spesies pada genus Homo yang telah lama punah yang mungkin merupakan nenek moyang langsung Homo Neanderthalensis di Eropa. Bukti yang ditemukan berusia 600.000 sampai 400.000 tahun yang lalu.

Ciri Fisik Homo Heidelberg Tengkorang yang memanjang ke belakang.Tulang kening yang sangat menonjol.Dahi yang datar, muka yang lebar, dan telah memiliki otak yang besar.Volume otak yang sangat besar 1350-1750 cc.Ukuran tubuh perempuan 156cm beratnya 80kg, laki-laki 165cm beratnya 80kg.Tulang hidungnya besar, giginya kecil tetapi gigi serinya agak besar.Tubuhnya tegak dan proporsi tubuhnya modern.

2. Homo NeanderthalDi benua Eropa, pada tahun 1856 diketemukan fosil manusia zaman prasejarah berupa tempurung kepala dan beberapa tulang anggota tubuh yang diberi nama Homo Neanderthalensis, oleh Rudolph Virchow. Tepatnya di Gua Neanderthal, dekat Dusseldorf, German Barat. Diperkirakan makhluk ini hidup pada pertengahan Pleistosen, 500.000 sampai 50.000 yang lalu. Umur : 150.000 dan 30.000 tahun.

Ciri Fisik Homo NeanderthalVolume otaknya sangat besar (1300-1750 cm).Ukuran tubuh: perempuan: 156 cm/51,80 kg. Laki-laki:165 cm/55, 84 kg.Makanan : makan-makanan yang umum, beberapa makan daging.Daerah: Eropa, sebagian wilayah timur (Asia Timur, Barat, dan Tengah).Lingkungan: stepa yang dingin sampai daerah tundra.Tulang tengkoraknya tipis dan tegak serta lebih tinggi dari pada Homo Erectus.Tulang hidungnya besar.Giginya kecil, tetapi gigi serinya agak besar. Gigi geraham depan bagian bawah mempunyai dua pundak.Tubuhnya tegak dan proporsi tubuhnya modern.

3. Manusia Cro-MagnonPada tahun 1868. ditemukan fosil Homo Cro-Magnon di gua Cro Magnon di dekat Les Eyzies, Prancis. Ciri fisiknya mendekati manusia masa kini, umurnya sekitar 40.000-25.000 tahun yang lalu.Nama Cro-Magnon berasal dari Abri de Cro Magnon (prancis: tempat penampungan batu Cro-Magnon) dekat komune Les Eyzies de Tayac sireul di prancis barat daya, dimana spesimen ini pertama kali ditemukan. Sebagai manusia modern tertua yang dikenal di Eropa, Cro-Magnon awalnya diketahui berdasarkan pada lukisan-lukisan terkenal di gua Lascaux dan budaya Aurignacian yang berkembang di selatan Prancis dan Jerman.

Ciri-ciri Fisik Homo Cro-MagnonMemiliki tengkorak berbentuk kubah dan dahi yang lebarKapasitas tengkoraknya 1.600 cc, diatas rata-rata manusia modern.Tengkoraknya memiliki tonjolan alis yang tebal dan tonjolan tulang dibagian belakang yang merupakan ciri manusia Neanderhal dan Homo Erectus.Sruktur dan volume tengkoraknya tampak lebih mirip tengkorak ras-ras yang hidup di Afrika dan didaerah Tropis saat ini.Sudah mengenal cara hidup berburu, meramu dan food .gathering atau mengumpulkan makanan untuk persediaan.