laporan luthfi yusuf

download laporan luthfi yusuf

of 68

  • date post

    19-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    15
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of laporan luthfi yusuf

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK INFORMATIKAVISUAL BASIC

Disusun Oleh:Luthfi Yusuf211 341 0151AEA

TEKNIK OTOMASI MANUFAKTUR & MEKATRONIKAPOLITEKNIK MANUFAKTUR NEGERI BANDUNGMei 2012

Bab 1Pengenalan Visual Basic

PENDAHULUAN

1. Pengertian Visual Basic

Visual Basic( Beginner All-Purpose Symbolic Intruction Code ) merupakan sebuah bahasa pemograman yang dapat digunakan untuk membuat suatu aplikasi dalam Microsoft Windows. Visual basic menggunakan metode Graphical User Interface (GUI) dalam pembuatan aplikasi (project). Istilah visual mengacu pada metode pembuatan tampilan program (interface) atau objek pemograman yang biasa dilakukan secara langsung terlihat oleh programmer. Dalam visual Basic, pembuatan program aplikasi harus dikerjakan dalam sebuah project. Sebuah project dapat terdiri dari file project (.vbp), file form(.frm), file data binary(.frx), Modal Class(.cls), Modul Standar(.bas), dan file resource tunggal(.res). bahasa yang digunakan adalah bahasa Basic yang sangat popular pada era system operasi DOS.

2. Memulai Visual BasicUntuk memulai pemograman dengan Visual Basic, jalankan program Microsoft Visual Basic 6.0. selanjutnya pada tampilan awal akan ditampilkan kotak dialog New Project seperti pada gambar berikut

Gambar Tampilan kotak dialog New Project.Pada kotak dialog terdapat 3 buah tab yang terdiri dari : New ( menampilkan daftar pilihan untuk memuat project baru ) Existing (untuk browsing dan membuka project) Recent (untuk membuka project yang sering digunakan)Untuk pembuatan pertama kali pilih New, pilih Standard EXE lalu klik open. Selanjutnya muncul tampilan utama Visual Basic 6.0 seperti pada gambar berikut :Property WindowProject ExplorerToolbarMenu BarForm DesignerToolBox

Gambar Tampilan Utama Visual Basic

3. Komponen-komponen Visual Basici. Menu BarMenampilkan daftar menu yang berisi daftar perintah-perintah yang dapat digunakan saat bekerja pada Visual Basic, terdiri dari menu file, edit, view, project, format, debug, run, query, diagram, tools, add-ins, window dan help.

Gambar Menu Bar

ii. Toolbardigunakan untuk megakses perintah-perintah dalam menu yang sering dipakai secara cepat.Gambar Toolbar

iii. Toolbox Merupakan daftar komponen-komponen yang dapat digunakan untuk mendesain tampilan program aplikasi yang akan dibuat.

Gambar Toolbox

iv. Project ExplorerMenampilkan daftar form dan module yang ada dalam project yang sedang aktif.

Gambar Project Explorer

v. Property WindowDigunakan untuk mengatur property dari komponen-komponen yang sedang diaktifkan.

Gambar Property Windowvi. Form DesignerMerupakan jendela yang digunakan untuk melakukan perancangan tampilan dari aplikasi yang dibuat

Gambar Form Designer

vii. Code windowMerupakan jendela yang digunakan untuk menuliskan kode program.

Gambar Code Window

Pada pemograman Visual Basic, form digunakan sebagai komponen utama untuk mendesain tampilan program. Secara umum sebuah komponen/objek dalam Visual Basic memiliki 3 karakteristik utama yaitu : Property Event Metode

a. Propertykarakteristik yang melekat pada sebuah objek yang menunjukan cirri suatu objek. Misalnya BackColor menunjukan warna latar belakang. Pengaturan property dapat diatur dengan 2 cara.Cara yang pertama adalah dengan mengatur komponen melalui property window.Cara kedua adalah dengan memberi baris program pada code window dengan pada code window dengan urutan penulisan sebagai berikut:.=

Contoh :Untuk mengatur judul/caption form1 menjadi Program Pertama dapat dilakukan dengan member kode program:

b. EventMenunjukan kejadian yang terjadi pada sebuah objek. Misalnya kejadian ketika command1 diklik (event command1_click), kejadian ketika form loading pertama kali (event form_load), dan sebagainya.Contoh :

Keterangan : Program akan mengubah caption dari form1 menjadi program pertama ketika form pertama kali ditampilkan(form_load)

c. Metode (method)Adalah prosedur yang dikerjakan pada satu objek. Metode merupakan suatu tindakan di mana objek dapat di bentuk.Contoh :

Keterangan: Perintah ini digunakan untuk membersihkan form.

Hasil PraktikumBab 1Mendesain FormSetelah tampilan utama Visual Basic 6.0 muncul pada layar monitor ubah property form1 melalui Properti window, dengan urutan sebagai berikut:

PropertyNilai

(Name)Frmpertama

CaptionProgram pertama

Hight3000

Width4000

Gambar Desain Form1Untuk menjalankan program klik menu run Star atau menekan tombol F5 program dapat dihentikan dengan menutup From dengan mengklik tombol stop atau tombol close. : Run untuk menjalankan program: Break untuk menghentikaan program sementara.: Stop untuk menghentikan program.

Menuliskan ProgramUntuk menuliskan program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan Code Window melalui menu Viewcode. Pada jendela kode terdapat dua pilihan. Pilihan sebelah kiri digunakan untuk menentukan objek yang akan diberikan event, sedangkan pilihan yang ada disebelah kanan digunakan untuk menentukan jenis event yang diberikan kepada objek.

Gambar menuliskan program

Listing Program IPrivate Sub Form_Load() frmpertama.BackColor = vbBlueEnd SubPrivate Sub form_click() frmpertama.Caption = "Form di Klik"End Sub

Jalankan program kembali, dan klik pada form, lihat perubahan yang terjadi pada form.Simpan project dan form.

Setelah di run maka akan muncul seprti berikut

Gambar setelah dirunGambar setalah Form diklik

Bab IIPengaturan Properti:

KomponenPropertyNilai

Form1 (Name)Caption startupPositionFrmpribadiData Pribadi2-Center Screen

Label1 Caption Nama

Label2 Caption Usia

Label3CaptionJenis Kelamin

Label4(Name)CaptionLblhasil(kosongkan)

Textbox1 (Name)TextTxtnama(kosongkan)

Textbox2(Name)TextTxtusia(kosongkan)

Combobox1(Name)List TextCmdjenisPriaWanitaPria

Commandbutton1(Name)CaptionCmdproses&proses

Commondbutton2(Name)CaptionCmdkeluar&keluar

Listing Program II

Desain tampilan form Gambar setelah di RUN

Analisa :Tampilan form disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi dan harus sesuai dengan listing program agar sesuai dengan aplikasi yang kita inginkan. Aplikasi ini bertujuan untuk menampilkan masukan input yang ada di textbox menjadi kalimat yang telah ditentukan di program.

Bab IIIVariabel, Tipe Data dan Operatori. VariabelVariabel adalah nama atau symbol yang digunakan untuk mewakili suatu nilai. Suatu variable mempunyai tipe data yang merupakan jenis data variable.Aturan penamaan variable adalah sebagai berikut : Harus dimulai dengan sebuah huruf Tidak lebih dari 255 karakter Tidak boleh sama dengan nama statement, fungsi, metode, objek, dan sebagainya yang merupakanbahasa dari Visual Basic. Tidak boleh ada spasi, tanda titik(.), tanda seru(!), atau karakter @, &, $, dan #.Deklarasi variable dapat dituliskan dengan urutan sebagai berikut:Atau Contoh:

ii. Tipe DataTipe data adalah jenis data yang disimpan dalam variable. Tipe data untuk Visual Basic adalah sebagai berikut:

Tipe data Numerik : digunakan untuk menyimpan data numeric, terdiri dari :Tipe DataUkuranRange

Byte1 byte0 sampai 255

Integer2 byte-32.768 sampai 32.767

Long4 byte-2.147.483.648 sampai 2.147.483.647

Single4 byte-3,402823E38 sampai -1,401298E-45;1,401298E-45 sampai 3,402823E38

Double8 byte-1.79769313486232E308 sampai -4,94065645841247E-324;4,94065645841247E-324 sampai 1.79769313486232E308

Currency8 byte-922.337.203.685.477,5808 sampai 922.337.203.685.477,5807

Tipe Data String : digunakan untuk menyimpan data berbentuk karakter. Panjang maksimal karakter yang dapat disimpan adalah 65.400 karakter. Penulisan data denagn tipe ini diawali dan diakhiri dengan tanda petik dua().Contoh : Tipe Data Logika (Boolean) : melakukan pengetesan logika. Data dengan tipe data ini hanya dapat bernilai benar (True) atau salah (False).Contoh : iii. KonstantaKonstanta adalah suatu nilai konstanta yang tidak berubah. Seperti halnya variable, konstanta dapat diberi nama dimana aturan penamaanya sama dengan variable.Contoh :

iv. Operator Operator pemberi nilaiDeklarasi pemberian nilai pada Visual Basic = Bahasa Basic yaitu menggunakan operator sama dengan (=).Contoh :

Operator AritmatikaOperatorOperasi

+Penjumlahan

-Pengurangan

*Perkalian

/Pembagian

\Pembagian dengan hasil bilangan bulat

ModSisa pembagian (Modulus)

Operator Boolean OperatorOperasi

NotNegasi

AndLogika And

OrLogika Or

XorLogika xor

Operator PembandingOperatorOperator

=Sama dengan

Tidak sama dengan

Lebih dari

=Lebih dari atau sama dengan

Derajat OperatorOperatorOperasi

NotTertinggi

*/\ mod and

+- or xor

==Terendah

Bab 3 : Program Aritmatika SederhanaPengaturan PropertiKomponenPropertyNilai

Form1 (Name)Caption startupPositionFrmaritmatikaData Pribadi2-Center Screen

Label1 Caption Bilangan 1

Label2 Caption Bilangan 2

Label3CaptionHasil

Textbox1(Name)TextTxtbil1(kosongkan)

Textbox2 (Name)TextTxtbil2(kosongkan)

Textbox3(Name)TextTxtbil3(kosongkan)

Commandbutton1(Name)CaptionCmdtambahTambah

Commandbutton2(Name)CaptionCmdkurangKurang

Commondbutton3(Name)CaptionCmdkaliKali

Commondbutton4(Name)CaptionCmdbagiBagi

Commondbutton5(Name)CaptionCmdkeluarKeluar

Listing Program III

Desain tampilan Form

Gambar desain form program III

Setelah program dijalankan

Analasia :Program diatas dibuat untuk menghitung contohdiatas saya masukan