Laporan Individu Cici

download Laporan Individu Cici

of 13

  • date post

    30-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    39
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Laporan Individu Cici

LEMBAR PENGESAHANLAPORAN KEGIATAN PENELITIAN

Kelengkapan Sumber Belajar dan Mengajar Mata Pelajaran Matematika

kelas 4 SDN 4 Menanga di desa Menanga SariPROGRAM STUDI STRATA SATU (S 1)

FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN MATEMATIKAINSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH

PALEMBANG

Palembang, 20 September 2012Dosen Pembimbing Lapangan,

Peserta KKN,

Jamanuddin, M. Ag

Cici RifikaNIP.

NIM. 09 221 011

Kelengkapan Sumber Belajar dan Mengajar Mata Pelajaran Matematika

kelas 4 SDN 4 Menanga di desa Menanga Sari

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan taufik hidayah, inayah serta nikmat yang berlimpah kepada kita sehingga tanpa terasa detik berganti menit, menit berganti jam, jam pun berganti hari, dan hari pun berganti bulan, penulis dapat menyelesaikan laporan individu ini sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) tanpa hambatan dan rintangan yang begitu berarti karena Allah selalu memberikan kemudahan kepada umat-Nya.

Shalawat beriring salam marilah kita kirimkan kepada baginda Rasul Muhammad SAW, beserta keluarga, sahababat-sahabatnya serta pengikutntya sampai akhir zaman.

Laporan ini ditulis sebagai syarat pelengkap dari suatu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), yang mana pada kesempatan ini penulis melaksanakan KKN di desa Menanga Sari Kec Semendawai Barat Kab Ogan Komering Ulu Timur. Adapun pokok dari laporan ini antara lain uraian tentang hasil observasi, pendataan, pelaksanaan dan pembinaan kegiatan keagamaan serta pada bagian penutup berisikan kesimpulan dan saran.

Pada pelaksanaan KKN ini penulis banyak mendapat arahan, bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya, dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya kepada yang terhormat:

1. Bapak Prof. Dr. H. Aflatun Muchtar, MA, selaku Rektor IAIN Raden Fatah Palembang

2. Bapak Dr. Kasinyo, M. Ag, selaku Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang

3. Pembantu Dekan Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang

4. Bapak Dr. Muhajirin, MA, selaku Ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat5. Bapak Jamanuddin, M. Ag, selaku Dosen Pembimbing Lapangan

6. Bapak Nurdin Saleh, selaku Kepala Desa Menanga Sari beserta keluarga7. Seluruh staf perangkat desa Menanga Sari8. Teman-temanku peserta KKN kelompok 39 di desa Menanga Sari9. Orang Tua, keluarga dan sahabat-sahabat terdekatku yang selalu memberikan motivasi dan doa yang tulus.10. Semua pihak yang telah membantu terlaksananya KKN di desa Menanga Sari Kec. Semendawai Barat Kab. OKU Timur. Selanjutnya peneliti menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Karena itu penulis mengharapkan adanya saran yang membangun dari semua pihak. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak, terutama penulis sebagai calon sarjana yang akan berbakti dan mengabdi kepada masyarakat luas di masa yang akan datang. Aamiin.

Palembang, 20 September 2012Peserta KKN,

Cici RafikaNIM. 09 221 011 LAPORAN HASIL PENELITIAN

A. PENDAHULUAN

Kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa IAIN Raden Fatah adalah suatu aktivitas perkuliahan sebagai langkah pendidikan keterampilan keberagamaan yang dilaksanakan dalam bentuk pengabdian pada masyarakat melalui pendidikan, keagamaan, social, kesehatan, pemerintahan, dan lain sebagainya.Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang ialah suatu lembaga pendidikan Islam di Sumatera Selatan yang mengemban amanat pendidikan mahasiswa menjadi masyarakat yang mampu mengemban nilai-nilai keilmuan serta mengamalkannya atas landasan akhlak yang mulia, objektif, terbuka dan jujur dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragama dan bermasyarakat.Untuk mengaplikasikan hal tersebut, maka IAIN Raden Fatah Palembang mengadakan berbagai kegiatan dalam bidang pendidikan, bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dengan demikian, maka pada tahun ini IAIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan ke-60, yang bertempatan di desa Menanga Sari Kecamatan Semendawai Barat Kab. OKU Timur, mulai tanggal 8 Agustus s/d 19 September 2012.Dalam KKN ini dapat diharapkan mampu menerapkan teori-teori yang didapat di bangku perkuliahan dalam kehidupan nyata, sehingga nantinya lulusan IAIN Raden Fatah Palembang mampu berperan aktif dalam membangun bangsa serta senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan kemajuan, perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial budaya serta kebutuhan masyarakat yang akan datang.

B. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan uraian tersebut di atas dalam penelitian ini diperoleh rumusan masalah sebagai berikut :

1. Bagaimana kegiatan belajar dan mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari Kecamatan Semendawai Barat Kab. OKU Timur?2. Bagaimanakah kelengkapan sumber belajar dan mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari Kecamatan Semendawai Barat Kab. OKU Timur?C. Batasan Masalah

Bagaimanakah kelengkapan sumber belajar dan mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari Kecamatan Semendawai Barat Kab. OKU Timur siswa kelas 4?D. TUJUAN PENELITIANDari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan, maka dengan ini tujuan dari penelitian ini adalah:

1.Untuk mengetahui bagaimana kegiatan belajar dan mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari Kecamatan Semendawai Barat Kab. OKU Timur.

2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat terhadap kegiatan belajar dan mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari Kecamatan Semendawai Barat Kab. OKU Timur khususnya siswa kelas 4 .D.PELAKSANAAN PENELITIAN

Penelitian ini dilaksanakan di desa Menanga Sari Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur Propinsi Sumatera Selatan pada tanggal 8 Agustus s/d 19 September 2012.E.HASIL PENELITIAN Berdasarkan dari penelitian yang penulis lakukan selama mengikuti kegiatan KKN, penulis berkonsentrasi terhadap kegiatan belajar dan mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari, disini penulis mengangkat tema yaitu Kelengkapan Sumber Belajar dan Mengajar Mata Pelajaran Matematika kelas 4 SDN 4 Menanga di desa Menanga Sari bahwa Kelengkapan Sumber Belajar dan Mengajar Mata Pelajaran Matematika kelas 4 SDN 4 Menanga di desa Menanga Sari adalah kurang lengkap dan tidak sesuai dengan silabus yang dipakai. Hal ini terlihat dari keadaan buku paket yang digunakan sebagai sumber pengajaran.

Sehingga aktivitas belajar dan mengajar menjadi kurang sempurna, namun walaupun demikain siswa/i SDN 4 Menanga tersebut selalu semangat dalam mengikuti pelajaran. Tentunya hal ini haruslah menjadi perhatian bagi lembaga bagian pendidikan khususnya di Sumatera Selatan untuk memperhatikan dan membantu SD N 4 Menanga desa Menanga Sari, mengingat bahwa anak merupakan generasi bangsa.

Berdasarkan hasil observasi, dan wawancara terhadap kegiatan belajar dan mengajar di SDN 4 Menanga maka dengan ini penulis menyimpulkan bahwa:1. SD N 4 Menanga merupakan salah satu sekolah dasar dari sekian banyak sekolah dasar di pelosok desa yang sangat membutuhkan perhatian pemerintah.2. Kurangnya tenaga pengajar guru untuk mendidik di SD N 4 Menanga. Tentu dari pemerintah harus cepat tanggap dalam mengatasi kekurangan guru ini.

3. Kurangnya tenaga pengajar ahli untuk mendidik di SD N 4 Menanga.

4. Kurangnya buku pelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan memadai untuk siswa SD N 4 Menanga desa Menanga Sari.5.Kurangnya kualitas dan keterampilan mengajar guru, sehingga membuat proses pendidikan di SD N 4 Menanga terasa membosankan bagi siswa.Sebelum berbicara kepokok permasalahan, penulis akan menguraikan sedikit tentang kegiatan belajar dan mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari, yaitu sebagai berikut:

1. Aktivitas belajar seperti biasa yaitu hari senin sampai sabtu.2. Jam belajar dimulai pukul 07.30-12.30.3. Hari jumat adalah hari senam bersama.Itulah gambaran tentang kegiatan Ibu-ibu Majlis Talim Al-amin Desa Tanjung Lago Kecamatan Tanjung Lago Kabupaten Banyu Asin. Dari penelitian yang dilakukan bahwa :-.Kelengkapan Sumber Belajar dan Mengajar Mata Pelajaran Matematika kelas 4 SDN 4 Menanga di desa Menanga Sari bahwa Kelengkapan Sumber Belajar dan Mengajar Mata Pelajaran Matematika kelas 4 SDN 4 Menanga di desa Menanga Sari adalah kurang lengkap dan tidak sesuai dengan silabus yang dipakai.Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat faktor-faktor penunjang dan panghambat dalam proses belajar dan mengajar SD N 4 di desa Menanga Sari, yaitu sebagai berikut:

1.Faktor Penunjang

a.Adanya ruang kelas yang memadai.

b.Guru sudah ada walaupun hanya sedikit.

c.Semangat anak-anak dalam mengikuti proses belajar mengajar.

2.Faktor Penghambat

a.Kurangnya tenaga pengajar.

b.Kurang lengkapnya sumber belajar dan mengajar yang sesuai dan memadai.

c.Kurangnya keahlian tenaga pengajar dalam memotivasi anak didik.

Demikian beberapa uraian singkat tentang kegiatan belajar dan mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur. Dengan adanya faktor penunjang dan faktor penghambat dapat diketahui masalah utama kurangnya kegiatan belajar mengajar di SD N 4 Menanga desa Menanga Sari.

F.PENUTUP

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi permasalahan utama adalah kurang lengkapnya sumber belajar dan mengajar yang sesuai dan memadai. Jadi menurut kesimpulan penulis, faktor penghambat dapat diminimalisir dan faktor pendukung dapat dioptimalkan. Dengan kata lain faktor pendukung harus berperan aktif dalam menentukan tujuan pendidikan yang diterapkan dengan manajemen faktor pendukung dengan baik mudah-mudahan faktor penghambat dapat berkurang dan dapat teratasi.Oleh sebab itu, ini merupakan tugas pemerintahan setempat