INTISARI - · PDF filexiv INTISARI Penambahan jumlah pembuluh darah merupakan salah satu tahap...

Click here to load reader

  • date post

    07-Apr-2019
  • Category

    Documents

  • view

    221
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of INTISARI - · PDF filexiv INTISARI Penambahan jumlah pembuluh darah merupakan salah satu tahap...

xiv

INTISARI

Penambahan jumlah pembuluh darah merupakan salah satu tahappenyembuhan luka bakar. Daun binahong mengandung flavonoid yang memicutimbulnya VEGF dan akan meningkatkan angiogenesis. Daun binahongsebelumnya digunakan untuk penyembuhan luka bakar namun belum membahasmengenai hubungannya dengan penambahan jumlah pembuluh darah. Penelitianini bertujuan untuk membandingkan daun binahong dan madu terhadappenambahan jumlah darah pada luka bakar.

Penelitian eksperimental menggunakan 24 ekor mencit galur wistar jantan,dibagi 4 kelompok secara acak lalu diberi luka bakar berdiameter 0,5 cm sedalam0,2 cm pada punggung mencit. Mencit dibagi menurut jenis perlakuan: K-Isebagai kontrol teknik tanpa pengobatan topikal, K-II diberi madu topikal, K-IIIdiberi salep ekstrak daun binahong 40 % (Anredera cordifolia), dan K-IV diberibasis dasar salep. Hari ke-15 mencit diterminasi dengan narkose untuk diambiljaringan kulitnya. Jumlah pembuluh darah diamati dengan mikroskop padaperbesaran 400x pada 3 lapang pandang dan dilakukan pengecatan hematoksilineosin.

Hasil eksperimen menunjukkan rata-rata jumlah pembuluh darah K-I 31,00 5,762, K-II 48,50 7,342, K-III 62,00 15,479 dan K-IV 41,00 3,347. Ujione-way ANOVA menunjukkan adanya perbedaan signifikan jumlah pembuluhdarah antara keempat kelompok (p < 0,05). Hasil uji Post Hoc memperlihatkanadanya perbedaan jumlah pembuluh darah yang tidak signifikan antara kelompokmadu dan ekstrak daun binahong 40%.

Pemberian ekstrak daun binahong terhadap pembuluh darah tidak memilikiperbedaan bermakna dibandingkan dengan madu topikal namun memilikipengaruh dibandingkan dengan basis dasar salep, maupun tanpa perlakuan.

Kata kunci : Daun binahong (Anredera cordifolia), luka bakar, pembuluhdarah