Intisari ISO 17021v2015

download Intisari ISO 17021v2015

of 29

  • date post

    23-Feb-2018
  • Category

    Documents

  • view

    228
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Intisari ISO 17021v2015

  • 7/24/2019 Intisari ISO 17021v2015

    1/29

    Intisari ISO/IEC 17021:2006 Penilaian kesesuaian - Persyaratanlembaga audit dan sertifikasi sistem manaemen

    3. Istilah dan Definisi3.1Pelanggan tersertifikasiOrganisasi yang sistem manajemennya telah disertifikasi3.2Ketidakberpihakanobjektivitas yang aktual dan dipersepsikan.CATATAN 1Objektivitas berarti tidak ada atau dapat teratasinya konflik kepentingan yangmembawa pengaruh buruk terhadap kegiatan lembaga sertifikasi.CATATAN 2Istilah lain yang bermakna dalam penyampaian unsur ketidak-berpihakan adalah :objektivitas,kemandirian, bebas dari konflik kepentingan, bebas dari bias, tidak ada prasangka, kenet ralan,keterbukaan, berpikiran terbuka, tidak berat sebelah , tidak terpengaruh, keseimbangan.

    3.3

    Konsultasi sistem manaemenPartisipasi dalam perancangan, penerapan atau pemeliharaan suatu sistem manajemen ontoh :a! penyiapan atau pembuatan manual atau prosedur, danb! memberikan saran khusus, instruksi atau solusi tertentu terhadap pengembangan dan penerapan

    sistem manajemen.CATATANPenyusunan pelatihan dan keikutsertaan sebagai pelatih dalam pelatihan audit atau sistemmanajemen tidak dianggap konsultasi, sepanjang kursus tersebut berkaitan dengan sistem manajemen atauaudit yang memberikan informasi bersifat umum dan dapat diperoleh secara bebas oleh publik, sebagaicontoh pelatih tidak boleh memberikan solusi spesifikbagiperusahaan!

    !. Prinsip !.1. "mum!.1.1. Prinsip ini merupakan dasar kinerja spesifik dan persyaratan deskriptif "tandar ini. "tandarini tidak memberikan persyaratan spesifik untuk seluruh situasi yang mungkin terjadi. Prinsip inisebaiknya diterapkan sebagai panduan dalam pengambilan keputusan yang mungkin diperlukanpada situasi yang tidak diantisipasi. Prinsip bukan merupakan persyaratan.

  • 7/24/2019 Intisari ISO 17021v2015

    2/29

    !.1.2. #ujuan sertifikasi adalah memberikan keyakinan kepada semua pihak bahwa suatusistem manajemen memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. $ilai dari sertifikasiadalah tingkat keyakinan publik dan kepercayaan yang dihasilkan dari asesmen oleh pihakketiga yang kompeten dan tidak berpihak %netral!. Pihak yang memiliki kepentingan dalamsertifikasi mencakup, namun tidak terbatas pada :a! pelanggan lembaga sertifikasi&

    b! pelanggan organisasi yang sistem manajemennya telah disertifikasi&c! lembaga pemerintah yang berwenang&d! organisasi non-pemerintah dan&e! konsumen dan anggota masyarakat lainnya.

    !.1.3. Prinsip yang menumbuhkan keyakinan mencakup - ketidakberpihakan,- kompetensi,- tanggung jawab,

  • 7/24/2019 Intisari ISO 17021v2015

    3/29

    - keterbukaan,- kerahasiaan, dan- cepat tanggap terhadap keluhan.!.2. Ketidakberpihakan!.2.1 #idak berpihak dan dipersepsikan tidak berpihak diperlukan oleh lembaga sertifikasiuntuk menghasilkan jasa sertifikasi yang memberikan kepercayaan.

    !.2.2 'iketahui bahwa sumber pendapatan lembaga sertifikasi berasal dari pembayaran sertif ikasipelanggannya, dan hal ini merupakan suatu ancaman potensial terhadap ketidakberpihakan.!.2.3 (ntuk mendapatkan dan memelihara kepercayaan, penting bahwa keputusan lembagasertifikasi didasarkan pada bukti objektif dari kesesuaian %atau ketidaksesuaian! yang diperoleh,dan keputusannya tidak dipengaruhi oleh kepentingan lain atau oleh pihak lain.!.2.!)ncaman terhadap ketidakberpihakan mencakup hal berikut ini :

    a! )ncaman swa-kepentingan %self-interest threats!: ancamanyangtimbul dari seseorang atau lembagayang bertindak untuk kepentingannya sendiri. *epentingan yang terkait dengan sertifikasi yangmerupakan ancaman pada ketidakberpihakan adalah swa-kepentingan terhadap keuangan.

    b! )ncaman swa-kajian (self-review threats): ancaman yang timbul dari seseorang atau lembaga yangmelakukan kajian terhadap pekerjaannya sendiri. )udit sistem pelanggan oleh seseorangdarilembagasertifikasiyangtelah memberikan konsultasi sistem manajemen menjadi ancamandalam swa-kajian.

    c! )ncaman karena keakraban %atau kepercayaan! (familiarity (or trust) threats):ancaman yangtimbul dari seseorang atau lembaga yang terlalu akrab atau terlalu percaya dengan personeltertentu dibanding dengan pencarian bukti audit.

    d! )ncaman intimidasi %Intimidation threats! : ancaman yang dirasakan oleh seseorang atau lembagayang merasa dipaksa secara terbuka atau rahasia, seperti ancaman akan diganti atau dilaporkankepada penyelia.!.3 Kompetensi*ompetensi personel yang didukung oleh sistem manajemen lembaga sertifikasi diperlukanuntuk menghasilkan jasa sertifikasi yang memberikan keyakinan. *ompetensi adala hkemampuan yang ditunjukkan untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan.!.! Tanggung #a$ab!.!.1 Organisasi pelanggan, memiliki tanggung jawab untuk memenuhi persyaratan sertifikasi

    dan bukan lembaga sertifikasi.!.!.2 +embaga sertifikasi memiliki tanggung jawab untuk mengaudit bukti objektif yangmemadai sebagai dasar pengambilan keputusan sertifikasi. erdasarkan kesimpulan

  • 7/24/2019 Intisari ISO 17021v2015

    4/29

    audit, lembaga sertifikasi membuat suatu keputusan untuk memberikan sertifikasi jika terdapatbukti kesesuaian yang memadai atau tidak memberikan sertifikasi jika tidak terdapat buktikesesuaian yang memadai.CATATAN"etiap audit didasarkan pada pengambilan contoh di dalam sistem manajemen organisasi,oleh karena itu bukan jaminan bahwa persyaratan telah terpenuhi /.

    !.% Keterbukaan

    !.%.1 "uatu lembaga sertifikasi perlu menyediakan akses kepada publikatau memaparkan informasi yang sesuai dan tepat waktu mengenai proses audit dan prosessertifikasinya, serta status sertifikasi suatu organisasi %misalnya, pemberian,perluasan, pemeliharaan, pembaruan, pembekuan, pengurangan lingkup, ataupencabutan sertifikasi!, untuk memperoleh keyakinan atas integritas dan kredibilitassertifikasi. *eterbukaan merupakan prinsip dalam mengakses atau memaparkan informasiyang sesuai.!.%.2 (ntuk mendapatkan atau memelihara keyakinan dalam sertifikasi, suatu lembaga sertifikasiseharusnya menyediakan akses yang sesuai atau memaparkan informasi yang tidak bersifatrahasia mengenai kesimpulan audit spesifik %misa lnya, audi t untuk menanggapi keluhan!kepada pihak tertentu yang berkepentingan.!.& Kerahasiaan(ntuk mendapatkan akses khusus terhadap informasi yang diperlukan oleh lembaga sertifikasi

    dalam mengaudit kesesuaian terhadap persyaratan sertifikasi secara memadai, lembaga sertifikasiharus menjaga kerahasiaan seluruh informasi kepemilikan pelanggan.!.' Cepat(tanggap terhadap keluhanPihak yang berkepentingan terhadap sertifikasi berharap keluhan diselidiki dan jika keluhanbenar, sebaiknya pihak tersebut memperoleh kepastian bahwa keluhan ditangani dengan benardan diselesaikan secara layak. epat tanggap yang efektif terhadap ke luhan merupakansarana per lindungan yang efektif bagi lembaga sertifikasi, pelanggannya dan penggunasertifikasi lainnya terhadap kesalahan, kelalaian atau perilaku yang tidak wajar. *epercayaandalam kegiatan sertifikasi akan terpelihara apabila keluhan diproses secara benar.CATATAN*eseimbangan antara prinsip keterbukaan dan kerahasiaan, termasuk cepattanggap terhadap keluhan, penting untuk menunjukkan integritas dan kredibilitas kepada seluruh penggunasertifikasi.

    %. Pers)aratan umum

    %.1. *ateri Kontrak dan hukum%.1.1. Tanggung a$ab hukum+embaga sertifikasi harus berupa badan hukum, atau bagian tertentu dari badan hukum, sehinggalembaga sertifikasi memiliki tanggung jawab secara hukum atas seluruh kegiatansertifikasinya. +embaga sertifikasi pemerintah dipertimbangkan sebagai badan hukumberdasarkan status pemerintahnya.

  • 7/24/2019 Intisari ISO 17021v2015

    5/29

    %.1.2. Peranian sertifikasi+embaga sertifikasi harus memiliki perjanjian yang berkekuatan hukumuntuk menyediakan kegiatan sertifikasi kepada pelanggannya. "ebagai tambahan bilalembaga sertifikasi memiliki beberapa kantor atau pelanggan memiliki beberapa lokasi,lembaga sertifikasi tersebut harus menjamin adanya perjanjian berkekuatan hukum antaralembaga sertifikasi yang memberikan jasa sertifikasi dan menerbitkan sertifikat dengan

    seluruh lokasi yang tercakup dalam lingkup sertifikasi.%.1.3. Tanggung a$ab keputusan sertifikasi+embaga sertifikasi harus bertanggung jawab untuk dan harusmempertahankan kewenangannya atas keputusan yang berkaitan dengan sertifikasi mencakuppemberian, pemeliharaan, pembaruan, perluasan, pengurangan, pembekuan danpencabutan sertifikasi.%.2. *anaemen ketidakberpihakan%.2.1. 0anajemen puncak lembaga sertifikasi harus memiliki komitmenterhadap ketidakberpihakan dalamkegiatan sertifikasi sistem manajemen.+embagasertifikasiharus membuat pernyataan yangdapat diaksespublikyangmenunjukkanketidakberpihakannya dalam melaksanakankegiatan sertifikasisistemmanajemen,mengelolakonflik kepentingan, dan menjamin objektivitas kegiatansertifikasisistem manajemen.

    %.2.2. +embaga sertifikasi harus mengidentifikasi, menganalis dan mendokumentasikankemungkinan konflik kepentingan yang timbul dari penyediaansertifikasitermasuk setiap konflikyang timbul dari hubungan kerjanya. 0emiliki hubungan kerjabukan berarti lembaga sertifikasimemilikikonflik kepentingan.$amundemikianjika ada hubungan yang menciptakan ancamantersebut, informasi ini harus tersedia bagi komite yang ditentukan dalam butir 1.2. Peragaantersebut harus mencakup semua sumber konflik kepentingan potensial yang teridentifikasiapakah konfl ik kepentingan tersebut timbul dari dalam lembaga sertifiksi atau dari kegiatanpersonel, lembaga atau organisasi lain.CATATAN 3ubungan yang mengancam ketidakberpihakan lembaga sertifikasi dapatdisebabkan oleh,kepemilikan, penentu kebijakan4aturan, manajemen, personel, sumberdaya bersama,keuangan, kontrak, pemasaran dan pembayaran komisi penjualan atau insentif lainnya dari pelangganbaru, dan sebagainya.

    %.2.3. ila hubungan menunjukkan suatu ancaman yang tidak dapat diterima t