Instalasi Ubuntu 13.04

16
BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Kebanyakan orang yang tidak mengenal komputer akan menganggap bahwa system operasi open source dianggap sulit dalam pengoperasiannya dibanding dengan system operasi lainnya seperti Windows, bahkan ada yang belum mengetahuinya. Padahal, dalam pengoperasiannya, Linux sudah dipakai pada sistem- sistem operasi di perusahaan-perusahaan besar, kantor, bahkan sudah dipakai di konsol game seperti PS2, PS3, Nintendo, dan Xbox 360. Sesuai dengan makalah ini, Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux berbasiskan Debian yang paling popular di kalangan penggemar open source di seluruh dunia. Kesuksesan Ubuntu ini adalah terletak pada tingkat kestabilan yang baik serta mudah digunakan. Diharapkan dengan adanya makalah ini pembaca dan teman-teman komputers dapat mengetahui apa itu Ubuntu serta dapat mempelajarinya dan melakukan instalasinya agar dapat mengikuti perkembangan sistem operasi open source Linux khususnya Ubuntu. 1.2 Tujuan Adapun tujuan dibuatnya makalah ini yaitu: 1.Pengguna dapat mengerti apa itu Ubuntu 2.Pengguna dapat melakukan instalasi Ubuntu 13.04 dengan benar BAB II PEMBAHASAN

Transcript of Instalasi Ubuntu 13.04

Page 1: Instalasi Ubuntu 13.04

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar BelakangKebanyakan orang yang tidak mengenal komputer akan menganggap

bahwa system operasi open source dianggap sulit dalam pengoperasiannya dibanding dengan system operasi lainnya seperti Windows, bahkan ada yang belum mengetahuinya. Padahal, dalam pengoperasiannya, Linux sudah dipakai pada sistem-sistem operasi di perusahaan-perusahaan besar, kantor, bahkan sudah dipakai di konsol game seperti PS2, PS3, Nintendo, dan Xbox 360. Sesuai dengan makalah ini, Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux berbasiskan Debian yang paling popular di kalangan penggemar open source di seluruh dunia. Kesuksesan Ubuntu ini adalah terletak pada tingkat kestabilan yang baik serta mudah digunakan.

Diharapkan dengan adanya makalah ini pembaca dan teman-teman komputers dapat mengetahui apa itu Ubuntu serta dapat mempelajarinya dan melakukan instalasinya agar dapat mengikuti perkembangan sistem operasi open source Linux khususnya Ubuntu.

1.2 TujuanAdapun tujuan dibuatnya makalah ini yaitu:

1. Pengguna dapat mengerti apa itu Ubuntu2. Pengguna dapat melakukan instalasi Ubuntu 13.04 dengan benar

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Ubuntu 13.04Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Debian. Sasaran awal dari

Ubuntu adalah menciptakan sistem operasi desktop Linux yang mudah dipakai oleh penggunanya. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui.

Ubuntu 13.04 merupakan system operasi yang dikembangkan oleh Canonical Ltd. Sebagai bagian dari kelarga sistem operasi Ubuntu, Ubuntu 13.04 ini dirilis pada bulan Oktober 2013. Angka 13 (Tahun) angka 04 (Bulan).

Sedangkan nama kodenya yaitu Raring Ringtail. Ubuntu memang kerap menggunakan nama hewan dengan huruf abjad yang berurutan sesuai

Page 2: Instalasi Ubuntu 13.04

versinya. Berikut ini adalah logo Ubuntu 13.04 Raring Ringtail beserta dengan hewan maskotnya.

Ubuntu 13.04 dirilis pada tanggal 17 Oktober 2013 di London, dimana Ubuntu 13.04 menjanjikan performa yang meningkat baik dari segi antarmuka maupun kinerja, selain itu Canonical juga menjanjikan peningkatan pada hamper semua bagian di sistem operasi ini.

2.2 Fitur Terbaru Ubuntu 13.041. Speed, baby, space2. New Lenses3. New Bluetooth Menu4. Workspace Item5. New Sync Menu6. Per-App Account Toggles7. New Shutdown Dialogs8. New Unity Preview Animations9. New Windows Snap Animation

2.3 Spesifikasi Minimum Perangkat keras1. 1,4 Ghz Processor2. 512 MB RAM3. 5 GB HDD4. Komputer5. ISO Ubuntu 13.04

2.4 Kekurangan dan Kelebihan Ubuntu 13.04Kelebihan:1. Dirilis dengan Kernel Linux 3.8 yang jauh lebih stabil, handal, dan telah

mendukung banyak perangkat keras.

Page 3: Instalasi Ubuntu 13.04

2. Nautilus yang lebih comfatible dan lengkap dengan plugin yang lebih ringan, stabil dan tidak boros memory.

3. Network Manager dibuat lebih mudah dan simple, untuk mempermudah pengguna dalam melakukan konfigurasi interface LAN & Wireless.

4. Unity yang lebih responsive, dan tidak rakus memory5. Tersedianya plugin social-media yang telah di integrasikan dengan panel

dan unity6. Pre Installation Mesa-Utils, Informasi kartu Grafis lebih detail.7. Menu panel QuickLaunch yang mempermudah kita untuk mengexplore

aplikasi, tools, dan layanan yang disediakan di sistem.8. Tersedianya server repository aplikasi Lokal (sesuai dengan Regional)

Kekurangan:1. Compiz & Visual effect kurang stabil, sering mengalami proses hang

(stuck) & Force Close.2. Masalah multi desktop3. penggunaan resources (memory) agak bocor kalau di banding versi i386

yang sebelumnya4. sedikitnya tambahan repository5. sering terjadi masalah broken-pipe ketika menginstall paket aplikasi

melalui PPA-Repository / paket yang berekstensi *.deb

2.5 Persiapan InstalasiHal-hal yang perlu diperhatikan dalam dalam menginstalasi windows 10 adalah:1. CD Instalasi Ubutnu 13.04 atau boottable Ubuntu 13.042. Seperangkat PC3. Aplikasi Virtual Box

3.2 Proses Instalasi1. Jalankan Oracle VM Virtual Box2. Berikut adalah tampilan awan dari Oracle VM Virtual Box. Lalu kita

pilih icon New / Baru

Page 4: Instalasi Ubuntu 13.04

3. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini, dan kita isikan data pada setiap kolom.

4. Setelah kita selesai mengisi kolom tersebut, kemudian kita klik Lanjut dan kita sesuaikan RAM yang akan kita gunakan. Terdapat saran dari VirtualBox untuk RAM yang akan digunakan, untuk Ubuntu biasanya menggunakan RAM 1 Gb (1024 Mb).

Page 5: Instalasi Ubuntu 13.04

Mengapa pada tampilan diatas penulis mengisikan 956 Mb atau tidak menggunakan saran dari VirtualBox dikarenakan nantinya akan terjadi pengaturan yang tidak sesuai bila kita tetap menggunakan 1024 Mb. Berikut tampilan bila kita tetap menggunakan 1024 Mb.

5. Langkah selanjutnya adalah langkah untuk persetujuan kita membuat hard disk. Dari VirtualBox sendiri sudah menyarankan untuk kita memakai ukuran 8 Gb untuk Ubuntu/Linux.

Page 6: Instalasi Ubuntu 13.04

6. Selanjutnya kita pilih tipe berkas dari hard disk yang kita buat, yaitu VDI (Virtual Disk Image). Kita memilih VDI karena file yang akan kita coba di VirtualBox berekstensi .iso

7. Untuk penyimpanan pada hard disk penulis sarankan untuk memakai yang Dinamik, karena lebih memudahkan kita untuk mengatur sendiri partisi dari hard disk yang akan dibuat.

Page 7: Instalasi Ubuntu 13.04

8. Selanjutnya pada tampilan dibawah inilah mengapa kita memilih dinamis, karena kita masih bisa untuk merubah ukuran dari hard disk.

9. Setelah kita klik Create/Buat, tampilan selanjutnya akan menampilkan muka atau halaman awal pada VirtualBox yang sudah kita atur sebelumnya. Setelah itu kita bisa memulainya menginstal Ubuntu 13.04 dengan klik Mulai.

Page 8: Instalasi Ubuntu 13.04

10. Tampilan selanjutnya adalah kita diharuskan untuk mengisi file .iso dari Ubuntu 13.04 dengan cara kita klik icon folder dengan anak panah hijau dan kita cari dimana letak file .iso tersebut lalu kita pilih / open.

11. Selanjutnya VirtualBox akan menampilkan tampilan awal dari Ubuntu 13.04 sebelum proses instalasi dimulai

Page 9: Instalasi Ubuntu 13.04

12. Selanjutnya akan terlihat tampilan seperti di bawah ini dan langsung pilih Bahasa yang akan digunakan, setelah itu klik Install Ubuntu.

13. Ditampilan ini adalah pengecekan komponen komputer, jika komputer anda terkoneksi dengan internet maka centang pada Download update while installing dan Instal this third-party sortware untuk mendapatkan paket update terbaru yang diperlukan. Namun jika tidak tekoneksi dengan internet bias langsung klik Continue.

Page 10: Instalasi Ubuntu 13.04

14. Pada langkah Installation type pilih bagian yang paling atas, lalu klik Install now.

15. Kemudian tentukan lokasi negara/posisi anda dengan cara klik pada peta atau tulis pada form dibawah peta, lalu klik Continue.

Page 11: Instalasi Ubuntu 13.04

16. Pada langkah ini diharuskan untuk memilih keyboard yang digunakan, biarkan default saja. Lalu klik Continue.

17. Pada langkah ini, pengguna diharuskan untuk mengisi nama, username, serta password. Setelah semua terisi selanjutnya klik Continue.

Page 12: Instalasi Ubuntu 13.04

18. Proses instalasi ini belangsung memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Page 13: Instalasi Ubuntu 13.04

19. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul pop-up instalation complete lalu klik restart.

20. Sebelum masuk ke desktop Ubuntu 13.04, terdapat tampilan hitam yang mungkin akan membingungkan bagi yang pertama kali mencoba menginstal dengan VirtualBox. Untuk kasus ini langsung saja untuk keluar dari Virtual Machine dan memulai kembali aplikasi tersebut.

21. Setelah tadi di restart, selanjutnya sebelum tampil ke desktop, pengguna di wajibkan untuk mengisi password yang sebelumnya sudah dibuat.

Page 14: Instalasi Ubuntu 13.04

22. Proses instalasi selesai.

BAB III

PENUTUP

3.1 SimpulanDi masa yang modern ini, setiap kegiatan manusia tak pernah lepas dari

perangkat modern seperti komputer ataupun laptop. Dalam sebuah komputer terdapat sebuah sistem operasi yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer ataupun laptop, namun pengguna tidak hanya dituntut bisa menggunakannya namun juga harus bisa melakukan instalasinya.

Ubuntu akan selalu bebas biaya, dan tidak ada biaya tambahan untuk “edisi enterprise”. Ubuntu adalah sistem operasi yang dikembangkan berdasarkan Debian OS. Sistem Ubuntu untuk bisnis sedangkan sistem operasi Debian untuk komunitas.

DAFTAR PUSTAKA

https://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu

http://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu_(operating_system)

http://softpedia.com

http://nesabamedia.com

Page 15: Instalasi Ubuntu 13.04

http://anaktkjdua.blogspot.co.id/2013/06/10-fitur-baru-ubuntu-1304.html

https://walidumar.wordpress.com/2013/04/29/review-ubuntu-13-04-raring-ringtail/