IMUNOLOGI PPT.pptx

download IMUNOLOGI PPT.pptx

of 11

  • date post

    17-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    52
  • download

    6

Embed Size (px)

Transcript of IMUNOLOGI PPT.pptx

Slide 1

OLEH KELOMPOK 6

NAMA-NAMA KELOMPOK :1. SITI ALIANA2. AHMAD EFFENDI3. ABDUL AZIZ DATAU4. VERA PUSPITA SARI M. PAUWENI5. RIZKY RESVITA BAHIREAKSI HIPERSENSIVITAS ALERGI DAN ANAFILAKSIS

Pengertian HIPERSENSITIVITASHipersensitivitas adalah peningkatan reaktivitas atau sensitivitas terhadap antigen yang pernah dikenal sebelumnya.Hipersensitivitas merupakan suatu reaksi yang biasanya tidak akan terjadi sesudah kontak pertama kali dengan sebuah antigen. Reaksi terjadi pada kotak-ulang sesudah seseorang yang memiliki predisposisi mengalami sensitisasi .

alergiAlergi merupakan reseptor sistem imun yang tidak tepat dan kerapkali membahayakan terhadap substansi yang biasanya tidak berbahaya. Reaksi alergi marupakan manifestasi cedera jaringan yang terjadi akibat interaksi antara antigen dan antibodi.CONT.reaksi alergi umum akan terjadi ketika sistem imun pada seseorang yang rentan bereaksi secara agresif terhadap suatu substansi yang normalanya tidak berbahaya (misal : debu) produksi mediator kimia pada reaksi alergi dapat menimbulkan gejala yang dapat membawa kematian.

Gejala-Gejala Alergi Yang Umum Terjadi :Mata Merah, bengkak dan berair.Persendian terasa sakit, kemerahan dan bengkak.Kulit menjadi berbercak merah yang disertai dengan rasa gatal.Lambung menjadi lebih aktif sehingga menyebabkan diare, dan gangguan pencernaan.Hidung mengeluarkan banyak lendir dan bersin, sesak nafas.

anafilaksisAnafilaksis merupakan respon klinis terhadap suatu reaksi imunologi cepat (hipersensitivitas tipe 1). Anafilaksis adalah repon berlebihan system imun yang melibatkan seluruh tubuh. Pelepasan histamine menyebabkan penurunan tekanan darah (syok) dan penyempitan saluran udara. Anafilaksis mematikan jika tidak ditangani segera. Gejala yang mungkin timbul adalah ruam merah, gatal, benjol, yang disebut urtikaria, pembengkakan pada wajah (angioedema) , serta kehilangan kesadaran.ContPenyebab AnafilaksisZat yang menjadi penyebab paling umum anafilaksis adalah makanan seperti kacang tanah, biji wijen, kerang, susu, dan telur.Berikut ini adalah beberapa gejala paling umum anafilaksis.

Kemerahan pada kulit. Kulit juga mungkin terasa hangat dan lunak saat disentuh.Gatal yang terjadi pada pangkal paha atau ketiak atau di seluruh tubuh.Kegelisahan dan kehilangan kesadaran.Bengkak di lidah yang mengakibatkan suara serak, kesulitan menelan, dan bernapas.Pembengkakan pada saluran napas dan tenggorokan, yang menyebabkan kesulitan bernapas parah dan bahkan dapat menghentikan pernapasan.

Hidung berair, bersin, dan mengi terutama pada orang dengan asma.Muntah, diare, kram perut, dan mual.Tekanan darah rendah dan denyut nadi tidak teratur.Dalam kondisi sangat parah jantung mungkin akan berhenti berfungsi.Pusing dan muntah.

DEMIKIAN PRESENTASI KAMI