ILMU KEDOKTERAN GIGI DASAR - Universitas Indonesia ... Forensik Kedokteran Gigi merupakan satu...

Click here to load reader

  • date post

    30-Jul-2021
  • Category

    Documents

  • view

    17
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of ILMU KEDOKTERAN GIGI DASAR - Universitas Indonesia ... Forensik Kedokteran Gigi merupakan satu...

IKGD*Keterangan: Biaya Operasional Pendidikan (BOP) atau Tuition Fee (TF), Uang Pangkal (UP) atau Admission Fee (AF). Biaya sewaktu-waktu dapat berubah, Biaya Pendidikan Berdasarkan Peraturan Rektor
Universitas Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Biaya Pendidikan Mahasiswa Non S1 Reguler Universitas Indonesia Angkatan Tahun Akademik 2020/2021.
BIAYA PENDIDIKAN
12.500.000 35.000.000
47.000.000 68.000.000
Pendaftaran Ujian SIMAK Pengumuman
19 Juni – 19 Juli 2020 26 Juli 2020 15 Agustus 2020
JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA
Memiliki ijazah S1 bidang kedokteran gigi dan ilmu kesehatan lainnya, serta bidang fisika, kimia, biologi, teknik material dan metalurgi dari perguruan tinggi negeri / perguruan tinggi swasta yang telah terakreditasi / perguruan tinggi di luar negeri yang diakui oleh DIKTI
Lulus seleksi ujian SIMAK UI (Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris) sesuai dengan persyaratan Universitas Indonesia.
1
2
Program Studi Pendidikan Magister Ilmu Kedokteran Gigi mempersiapkan peserta didik sehingga mampu mengembangkan penelitian di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi yang mencakup pengembangan, penapisan dan penerapan teknologi dalam bidang Biologi Oral, Ilmu Material Kedokteran Gigi, dan Ilmu Kedokteran Gigi Forensik, serta menghasilkan luaran penelitian yang inovatif dan aplikatif. Masa studi pada Program Studi Pendidikan Magister Ilmu Kedokteran Gigi adalah 4 semester dengan beban studi 40-42 SKS.
@dentistry_uifb.me/dentistry_uihumas.fkg@ui.ac.idfkg.ui.ac.id
fakultas
Sejalan dengan meningkatnya tuntutan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran Gigi, maka dibutuhkan tenaga magister dalam bidang Ilmu Material Kedokteran Gigi. Tenaga ahli ini dibutuhkan oleh instansi pemerintah maupun swasta, antara lain sebagai tenaga pendidik dan penelitian pada berbagai instansi pendidikan, pelayanan kesehatan masyarakat di rumah sakit, pusat kesehatan masyarakat, industri farmasi dan peralatan kesehatan, serta instansi lain yang terkait. Untuk menjawab kebutuhan tersebut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia telah menyediakan program Magister Ilmu Material Kedokteran Gigi.
MATA KULIAH WAJIB PEMINATAN
Teknik Pengujian Material Kedokteran Gigi
Sifat Material Kedokteran Gigi
Material Rehabilitasi Kedokteran Gigi
Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Material Kedokteran Gigi dan Laboratoriun lainnya yang berada di dalam dan di luar lingkungan Universitas Indonesia
Perpustakaan
FASILITAS
Pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi menuntut tersedianya tenaga ahli yang mampu memanfaatkan berbagai teknologi dan ilmu pengetahuan yang ada demi kemajuan ilmu kedokteran gigi. Tenaga ahli tersebut diharapkan dapat memiliki pengetahuan biologi molekuler, di samping memiliki pengetahuan mendalam mengenai berbagai kondisi patogenesis/kelainan rongga mulut, sehingga diharapkan dapat mengembangkan bioteknologi dalam riset sebagai penunjang diagnosis dan terapi dalam bidang kedokteran gigi. Melalui peminatan biologi oral, peserta didik dipersiapkan menjadi tenaga ahli dalam bidang biologi oral, yang mampu menggunakan ilmu biologi oral dan teknologi biologi molekuler dalam melakukan riset terapan yang terpadu dan terintegrasi dengan bidang kedokteran gigi lainnya.
PEMINATAN
Oral Bioteknologi
Biokristalografi Oral
Fitofarmaka Oral
Kegiatan akademik dilakukan di ruang kelas, Ruang Praktikum dan Laboratorium Riset Biologi Oral, Ruang Mortuary Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Forensik dan Mediko-legal FKUI/ RSCM, Laboratorium Radiologi Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut, Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Material Kedokteran Gigi, Laboratorium DNA Forensik Pusdokkes Polri. Selain itu tersedia perpustakaan yang menyediakan buku teks, jurnal internasional dan nasional, majalah ilmiah dan Wifi.
FASILITAS
Informasi Penerimaaan Mahasiswa Baru Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Dasar Tahun 2020/2021
penerimaan.ui.ac.id
simak.ui.ac.id
fkg.ui.ac.id/pmbfkgui
KURIKULUM
PEMINATAN