Gizi Buruk - IKM.pptx

Click here to load reader

  • date post

    11-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    297
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of Gizi Buruk - IKM.pptx

Diapositiva 1

PROGRAM PELAYANAN GIZI BURUK DI INDONESIAKepaniteraan KlinikDepartemen Ilmu Kesehatan Masyarakat & GiziFakultas Kedokteran Unika Atma JayaPeriode 18 Agustus - 24 Oktober 2015PENDAHULUANPenyebab utama kematian anak dan bayi gizi burukRiskesdas 2013 anak dan bayi di Indonesia :

KEGIATAN PEMBINAAN Gizi 2013A. Pendidikan Gizi dan Pemberdayaan MasyarakatGerakan Nasional Percepatan Perbaikan GiziSosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan StuntingAkselerasi Perbaikan Gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan StuntingSosialisasi dan Advokasi Penanggulangan Masalah GAKIAdvokasi Pengembangan Taburia Di 7 (Tujuh) Provinsi TerpilihSosialisasi Surveilans Gizi Dan SMS Gateway.B. Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) GiziPelatihan Fasilitator dan PetugasPelatihan Training of Trainer (TOT) Penggunaan Standar Pertumbuhan BalitaPeningkatan Kapasitas Fasilitator dalam Tatalaksana Gizi BurukTOT Konselor MenyusuiTOT Konselor MP-ASIPeningkatan Kapasitas Petugas Kesehatan Tentang Tatalaksana Kretin (GAKI)Pembinaan teknisBimbingan Teknis dan PendampinganPembinaan dan Evaluasi Rencana Aksi Pangan dan GiziPenguatan Posyandu Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Gizi Kurang dan Gizi BurukPembinaan Dan Pendampingan Pengelola Jasa MakananC. Suplementasi Gizi dan Alat PenunjangObat Program GiziTaburiaAntropometri KitPengadaan Alat Test Cepat Garam BeryodiumMP-Asi Buffer StockPMT Bumil KEK Buffer StockPMT-Anak Sekolah untuk Provinsi Papua dan Papua BaratKit Konseling MenyusuiPenyediaan CD Software NutriClinFood Model Buku Pedoman dan Materi KIE GiziD. Tatalaksana Gizi Buruk dan Penanganan Gizi KurangKLASIFIKASI STATUS GIZISTATUS GIZIKLINISANTROPOMETRI(BB/TB-PB)Gizi BurukTampak sangat kurus dan atau edema pada kedua punggung kaki sampai seluruh tubuh< -3 SDLiLA < 11,5cm untuk anak usia 6-59 bulanGizi KurangTampak kurus-3 SD - < -2 SDGizi BaikTampak sehat-2 SD 2 SDGizi LebihTampak gemuk>2SDTUJUAN PELAYANAN GIZI BURUK DI INDONESIA

ALUR PELAYANANALUR PELAYANAN

Kriteria sembuh anak dengan gizi buruk :BB/TB atau BB/PB > -2 SD dan tidak ada gejala klinisMasa pemulihan anak gizi buruk dapat diberikan Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P)

KEGIATAN YANG TELAH DILAKUKANMelaksanakan Pelatihan Tatalaksana Anak Gizi Buruk bagi petugas kesehatan dari Puskesmas dan Rumah Sakit.Sampai dengan Desember tahun 2012 telah dilatih 5.876 petugas kesehatan dari 1.434 Puskesmas Perawatan, 436 Puskesmas non Perawatan, dan 367 RSUD, serta 98 fasilitator di seluruh Indonesia. Mendirikan Therapeutic Feeding Centre (TFC) dan Community Feeding Centre (CFC) atau Pemulihan Gizi Berbasis Masyarakat (PGBM). Sampai dengan Desember 2012 telah didirikan 170 TFC di 28 provinsi dan 109 CFC di 4 provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tenggara.

E. Penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK)Petunjuk Teknis Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan GiziPenyusunan Model Intervensi Pencegahan StuntingPedoman Gizi HajiPenyusunan Pedoman Pelayanan Gizi pada TBCPedoman Gizi OlahragaPedoman Asuhan Gizi TerstandarPengembangan Manual Monitoring dan Evaluasi Program GiziModul Pelatihan Tatalaksana KretinDraft Permenkes Tentang Kapsul Vit ABuku Saku Deteksi Dini Masalah Gizi MikroF. Surveilans GiziPelaporan secara online melalui website http://www.gizi.depkes.go.id/sigizi Sosialisasi pemanfaatan SMS Gateway untuk pelaporan cepat adanya kasus gizi buruk yang perlu segera ditindaklanjuti penanganannya di suatu wilayah, sudah dimulai pada tahun 2012 dan akan ditingkatkan pada tahun 2013. G. Dukungan ManajemenAdministrasi Kegiatan Pembinaan Gizi MasyarakatPerencanaan Pembinaan Gizi MasyarakatRapat Koordinasi Lintas Program dan Lintas SektorLaporan Pencapaian Kinerja Pembinaan Gizi MasyarakatDukungan Narasumber Pembinaan Gizi MasyarakatPendampingan Perencanaan, Sistem Aplikasi Informasi dan Sistem Aplikasi Barang Milik NegaraMONITORING DAN EVALUASIPengiriman laporan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu: 1. Puskesmas ke kabupaten dan kota paling lambat tanggal 5 setiap bulannya.2. Kabupaten dan kota ke provinsi dan pusat paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.

TERIMA KASIHKepaniteraan KlinikDepartemen Ilmu Kesehatan Masyarakat & GiziFakultas Kedokteran Unika Atma JayaPeriode 18 Agustus - 24 Oktober 2015