Foxpro Beginning

Click here to load reader

  • date post

    22-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    449
  • download

    23

Embed Size (px)

Transcript of Foxpro Beginning

Visual FoxPro BeginningPendahuluanSelamat datang di Microsoft Visual Foxpro. Visual Foxpro ( VFP ) adalah object-oriented relational database management system yang memungkinkan kita untuk membuat solusi aplikasi relational database dengan sangat baik. Visual Foxpro menawarkan kemampuan pengelolaan database yang handal dan cepat dalam membuat aplikasi sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan menawarkan fleksibilitas yang anda butuhkan untuk membuat semua jenis aplikasi database.Visual FoxPro menyediakan lingkungan dan alat yang anda butuhkan untuk membuat dan mengatur aplikasi database yang sangat handal. Dengan tool-tool yang hebat dan berorientasi pada data, berorientasi pada object, kita dapat membangun aplikasi modern, besar, multi-tier application yang menggabungkan aplikasi client server dengan sangat baik.Dalam perkembangannya visual foxpro sudah mencapai pada level 9.0, ini mengandung arti bahwa keberlangsungan aplikasi ini sudah sangat lama. FoxPro mulai akrab digunakan oleh programmer database sejak kemunculan versi 2.5 yang menawarkan pembuatan aplikasi berbasis visual.FoxPro mendukung semua type data yang dibutuhkan dalam pengelolaan database, Foxpro 9.0 juga menawarkan aplikasi dari desktop menuju aplikasi web base.

Mengenal Lingkungan Kerja FoxProKenapa Memilih FoxProBegitu banyak bahasa pemrograman, kenapa kita memutuskan untuk menggunakan Visual Fox Pro. Di bawah ini adalah alasan kenapa kita memilih Visual Fox Proa. Membangun Aplikasi dengan CepatKita dapat membuat form antar muka dengan cepat, menggunakan wizard dan object object yang telah disediakan oleh FoxProb. Keunggulan Kecepatan ProsesCepat dalam membuat aplikasi, karena menggunakan prinsip-prinsip OOP, seperti inheritance, encapsulation, polymorphism, dan subclassing. Rushmore Query Optimization technology membuat pengolahan data menjadi sangat cepat.c. Mendesain antar muka aplikasi tanpa menulis code programDengan berbasis object, kita dapat membuat antar muka aplikasi hanya dengan click and drag object yang kita inginkan.d. Membuat aplikasi dengan berbagai sumber databaseFoxpro mampu berinteraksi dengan database dari berbagai software RDBMS seperti MySQL, MS SQL Server, Paradox dan lain lain.e. Interaksi dengan software lainFoxpro mampu berinteraksi dengan aplikasi seperti MS Word, MS Excel, PDF Reader dsb.f. Kemampuan untuk membuat aplikasi Client ServerDengan sintaks SQL Pass through, Foxpro menggabungkan antar muka yang mudah dengan database yang tangguh. Data tersimpan di server dan aplikasi sebagai media input output data dapat dijalankan dari berbagai client.Memulai FoxProJalankan aplikasi Visual FoxPro (VFP) dari menu start-Programs-Microsoft Visual Foxpro, anda akan melihat jendela utama VFP seperti di bawah ini.

Oops, tampilan anda mungkin berbeda, setiap kali menjalankan aplikasi VFP, anda menemukan task manager dan anda merasa bingung bagaimana cara menghilangkan tampilan awal yang, well.. menurut anda tidak perlu.Ok, saya menduga yang tampil di layar anda pertama kali terdapat jendela tambahan seperti ini.

Ini hanyalah pilihan dari Microsoft yang sebenarnya ditujukan untuk membantu dalam memulai project anda. Tapi saya sendiri merasa terganggu dengan munculnya window task pane manager ini.Anda sama terganggunya dengan saya ? baiklah, klik pada tombol Options, dalam jendela option. Setelah muncul jendela task pane options, arahkan dan klik pointer anda pada menu Task Pane Manager, lihat pada check box Open The Task Pane Manager When Visual Foxpro Starts, hilangkan tanda check dengan klik sekali pada chek box tersebut. Akhiri dengan klik OK, kemudian anda bisa tutup jendela task pane manager.

Setelah ini, setiap anda buka jendela Foxpro, Task Pane tidak akan muncul kembali.

Mengenal Bagian FoxProKata pepatah, tak kenal maka tak sayang, banyak benarnya. Maka bagian awal dari proses belajar VFP adalah pengelanan lingkungan kerja foxpro.Menu BarMenu utama tempat fungsi utama foxpro dapat dipanggil dari menu ini.

Tool BarTool bar, sebagaimana namanya disebut adalah tool atau perangkat yang berisi icon sebagai jalan pintas dari menu utama untuk melakukan perintah tertentu sesuai kebutuhan.

Tool bar, secara default akan berubah sesuai dengan lingkungan kerja yang aktif pada saat ini. Bisa bertambah atau berkurang menurut kebutuhan system. Jika anda membuka form, maka toolbar akan bertambah dengan toolbar form control.

Jika report yang terbuka, tool bar akan menampilkan report control, seperti di bawah ini.

Window PropertiesProperties dilihat dari asal katanya mengandung arti hak milik, begitu juga dalam pemrograman visual. Kata property memiliki arti sesuatu yang dimiliki oleh sebuah object dalam pemrograman. Sesuatu itu bisa berupa data, methode, layout dan property lain yang melekat sebagai sifat dari object tersebut.Jika kita analog kan object itu adalah orang, maka properties yang melekat pada object orang ini bisa berupa, warna kulit, cara berjalan, bentuk rambut, suaranya, nama, alamat, tanggal lahir dan sebagainya.Maka window properties adalah window yang menampung dan mengatur property dari sebuah object.

Window properties dikelompokkan dalam enam kategori untuk memudahkan programmer dalam mencari dan merubah properties sesuai kebutuhan.a. AllMemuat semua properties yang dimiliki sebuah objectb. DataKelompok properties yang berhubungan dengan manipulasi data pada sebuah objectc. MethodsKelompok properties berisi prosedur-prosedur yang dijalankan saat method pada sebuah properties dijalankan.d. LayoutsKelompok properties yang berhubungan dengan tampilane. OtherProperties lain yang tidak termasuk diantara ketiga kelompok diatasf. FavoritesMenampung properties favoritesSetiap object memiliki property yang berbeda-beda, oleh karenanya, jendela properties ini juga akan berisi hal yang berbeda, jika kita mengaktifkan object yang berbeda. Jangan Panik dulu saat melihat jendela properties memuat begitu banyak properties, dengan berlatih anda akan terbiasa dengan hal itu.Command WinddowIni adalah senjata utama para programmer, tempat dimana programmer berinteraksi dengan VFP. Jendela command window digunakan untuk memasukkan perintah-perintah interaktif dalam bahasa FoxPro. System akan seketika mengeksekusi baris perintah yang kita ketikkan dalam window command saat penulisan diakhiri dengan menekan tombol ENTER.Jika anda tidak menemui jendela ini dalam window utama VFP, tekan kombinasi tombol CTRL + F2 untuk menampilkan jendala command window, untuk menutupnya tinggal klick close aja pada jendela itu.

OK, pengenalan lingkungan FoxPro saya kira cukup. Selanjutnya kita akan mengenal Object dalam FoxPro.

Mengenal Konsep Object Oriented Programming (OOP)Konsep OOP adalah paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalamkelasatauobjek. Setiap objek dapat menerimapesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.Model pemrograman berorientasi objek dapat memberi fleksibilitas yang lebih dan kemudahan dalam membuat maupun merawat program. OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya.Mengenal Object dalam VFPMengenal Object dalam pemrograman berbasis object, adalah hal yang paling penting. Dalam object-object inilah rangkaian logika dan pemrograman ditulis dan dituangkan. Melalui object ini juga, programmer berinteraksi dengan user maupun mesin. Maka memahami object adalah kunci utama menguasai pemrograman berbasis object, tentu saja tanpa mengesampingkan pemahaman logika penyelesaian masalah.Apa itu object ? object adalah segala sesuatu yang ada dalam lembar kerja pemrograman berorientasi object. Anda mungkin bertanya.. Kenapa segala sesuatu ?.. ya, segala sesuatu itu bernama Object, Object membungkus data dan fungsi menjadi sebuah kesatuan dalam konsep pemrograman berorientasi object.Jika dalam lingkungan pemrograman VFP, Aplikasi adalah object, Form adalah object, command button adalah object, text box adalah object, list button adalah object, semua yang digunakan untuk berinteraksi adalah object.

Pada gambar diatas adalah contoh object dalam VFP, nama masing-masing object tertera di dalamnya. Fungsi dan penjelasan dari masing-masing object tersebut adalah sebagai berikut :1. FormForm merupakan container utama atau penampung object lain dalam proses pengolahan data. 2. LabelSeperti namanya, label digunakan untuk memberikan inisial nama setiap object yang tampil agar lebih informatif.3. TextboxSebuah object yang dapat berisi data field atau variable memori.4. EditboxObject yang berisi data field dan memiliki scroll bar, biasanya object ini digunakan untuk menampilkan maupun menangkap data yang memiliki lebar yang besar, seperti type data memo.5. Command buttonObject yang lazim digunakan sebagai tombol eksekusi sebuah program6. Command GroupSeperti halnya command button, hanya saja terdiri lebih dari satu command button.7. Option GroupObject yang biasanya digunakan untuk menangkap masukan berupa pilihan data.8. Check BoxObject yang digunakan untuk menampilkan maupun menangkap data dengan tipe .T. or .F. (Logik)9. GridObject untuk menampilkan data dalam bentuk grid.10. Combo BoxObject yang berisi pilihan data dan hanya menampilkan data yang dipilih11. List BoxSeperti combo box, namun datanya ditampilkan semua dan memiliki scroll12. PageframeObject yang berfungsi sebagai penampung / container bagi object lain. Pageframe biasanya digunakan sebagai pelebaran form utama yang tidak mampu menampung data secara keseluruhan, dengan pageframe penampilan data bisa dibagi per halaman.13. Shape Object yang biasanya digunakan untuk menambah asessories guna lebih informative ataupun lebih baik dari segi estetika14. ContainerSeperti halnya pageframe, mampu menampung object lain di dalamnya, namun hanya terdiri dari satu halaman saja15. TimerObject yang biasanya digunakan untuk otomatisasi perhitungan waktu.16. PictureObject yang