Cashflow Simplebook

download Cashflow Simplebook

of 13

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    225
  • download

    1

Embed Size (px)

description

cashflow

Transcript of Cashflow Simplebook

CASHFLOW SIMPLEBOOKPembukuan Keuangan Sederhana Untuk Berbagai Macam Usaha.Sangat Cocok Untuk Usaha Kecil dan Menengah ( UMKM )

Cashflow SimplebookAdalah Software Pembukuan keuangan sederhana yang cocok digunakan untuk usaha kecil dan menegah. Mudah dalam penggunaan, hemat waktu dan tepat guna. Dapat digunakan untuk pembukuan usaha apapun.

DenganCashflow Simplebookakan memudahkan anda melakukan evalusai usaha, terutama mengenai Alur Kas (Cash Flow) keuangan usaha anda.

DenganCashflow Simplebookanda dapat dengan mudah menentukan sendiri bentuk catatan pembukuan alur kas (cash Flow) keuangan usaha/bisnis anda. Selain digunakan untuk pembukuan usaha /bisnis, UMKM, Cashflow Simplebookdapat juga digunakan sebagai pembukuan keuangan keluarga, Pembukuan Event, Pembukuan Proyek Sederhana (Menbangun /Renovasi Rumah.)

Pembukuan Usaha merupakan salah satu hal yang harus dipenuhi untuk memenuhi Syarat mengajukan Kredit Usaha ke Bank

PENGENALAN APLIKASICASHFLOW SimplebookHalaman MukaDownload Software-nya Gratis click disini

KemudianUn-compress dengan menggunakanWinZip untuk file type .ZipWinRar untuk File type .rar

Software program pembukuan ini berbasis Microsoft Access. sehingga akan mudah untuk melakukan migrasi data (Menjadi Excel, Ms Word, dll).

Top of Form

Bottom of Form

Top of FormBottom of Form

Security Warning,

Jika Security Warning Muncul pilih enable. Security Warning akan muncul terus setiap kita buka filenya. agar tidak terganggu dengan Security Warning maka harus di non aktifkan dengan cara : Buka file tadi Klo security warningnya keluar, pilih enable dulu Setelah security warningnya ketutup, baru klik kanan di ---terserah tempatnya--- asal masih masih sejajar dengan gambar tanda tanya (help). Kemudian pilih Customize Quick Access Toolbar. Ntar muncul kotak, pilih Trust Center, kemudian pilih Trust Center Setting, ntar muncul lagi kotak, hehehehe Pilih Macro Settings, Kemudian pilih enable all macros (bla...bla...) Pilih Ok... Kemudian Ok lagi Tutup Access-nya, kemudian buka lagi...

Contoh Cash Flow - Pembukuan keuangan Usaha Jual-Beli BarangHalaman Cash Flow

Sebagai Contoh : Kami menggunakan Pembukuan Keuangan Usaha Jual-Beli Barang.

Seperti terlihat pada gambar disamping, data pada tabel merupakan Cash Flow (alur Kas) pembukuan Usaha Jual-Beli Barang.

Ubahlah isi Combo box sesuai dengan kalimat yang cocok dengan usaha anda.

Gambar 3. Halaman Entry Data Cash Flow Simple BookHalaman Entry Data

Halaman Entry Data merupakan form pengisian data Cash Flow keuangan anda. Anda harus meng-click button Masukan Data untuk data baru atau Edit Data untuk merubah data, tanpa itu semua text box dan combo box dalam posisi terkunci. Kode merupakan angka kode bentuk transaksi anda, ini tergantung selera anda. Angka kode inilah yang nantinya digunakan untuk mem-filter data anda pada halaman Cash Flow (tabel), untuk itu isilah dengan cermat. Click Button "e" untuk merubah isi data combo.

PANDUAN / TUTORIAL PROGRAMCASHFLOW SimplebookClick Pada Gambar Untuk Pembesaran Gambar.

Contoh Isi Combo Box Untuk Usaha Jual-Beli Barang

Contoh pembukuan usaha jual-beli barangNote : Combo Box masih dapat anda ketik secara manual ketika anda akan memasukan data yang bukan merupakan data rutinitas.

Halaman Entry DataHEMAT WAKTU DAN MENGURANGI HUMAN ERRORSering kali data ada pembukuan usaha merupakan kalimat yang rutin (sama), maka dengan Combo Box anda tinggal memilih data yang tersedia (yang sebelumnya telah anda isi dengan kalimat/kata rutinitas transaksi anda.

Pada bagian Entry Data Cashflow Simplebook dilengkapi dengan Combo Box. Selain berfungsi untuk menghemat waktu (karena anda tidak perlu lagi mengetik kalimat sama yang sering anda gunakan) Dengan combo box juga akan mengurangiHUMAN ERRORkarena kesalahan dalam pengetikan.

Butoneberfungsi untuk merubah isi data Combo box. Isilah data Combo Box sesuai dengan data usaha yang anda jalankan

KODE-KODE RUTINCombo Box Kodemerupakan data kata/kalimat yang dapat digunakan untuk menjelaskan dan mengelompokkan jenis transaksi uang masuk atau uang keluar klik button "e" yang berada di samping Combo Box Kode untuk menampilkanTable Combo Box, dan masukan data pada tabel sesuai kebutuhan (jenis transaksi) yang anda perlukan.

COMBO BOX KETERANGANCombo Box Keteranganmerupakan data kata atau kalimat rutin yang menjelaskan kegiatan transaksi dan jenis transaksi andacontoh : Jika pada saat anda akan melakukan entri data transaksi penjualan, Maka pada Combo Code anda pilih penjualan, dan data pada combo Box Keterangan bisa anda isi dengan salah satu jenis barang dagangan yang dijual. Jika pada saat anda akan melakukan entri data transaksi biaya operasional, maka pada Combo Box Kode anda pilih Biaya Operasional, dan data pada Combo Box Keterangan bisa diisi dengan Transportasi atau sewa kendaraan atau gaji pegawai atau yang lainnya sesuai yang anda perlukan

ANGKA-ANGKA RUTIN

Manfaatkan Combo Box untuk uang masuk dan Combo Box uang keluar untuk mengisi data angka-angka yang menjadi rutinitas yang nilainya sama.

Jika anda sering menggunakan angka-angka yang sama pada beberapa transaksi, sebaiknya anda mengisinya pada Combo Box. Ini akan menghemat waktu anda dan akan mengurangai kesalan pengetikan angka

Cara Mengisi Combo Box Uang Masuk dan Uang Keluar klick button "e" disamping combo box uang masuk untuk mengisi data combo box uang masuk. masukan daftar angka-angka rutin yang anda perlukan pada tabel combo kredit. klick button "e" disamping combo box uang keluar untuk mengisi data combo box uang masuk. masukan daftar angka-angka rutin yang anda perlukan pada tabel combo debit.

Hubungan Halaman Entry data dan Halaman CASH FLOW

Pada Gambar diatas merupakan Contoh Pembukuan Sederhana Usaha Jual Beli Barang.terlihat isi Combo Box merupakan daftar kalimat/kata yang sering digunakan.

EDIT dan HAPUS DATAHapus DataData yang sudah masuk tidak dapat di hapus, hal ini sengaja dibuat untuk menghindari kehilangan data. Satu-satunya cara hanya dengan mengganti data yang salah menjadi data baru yaitu dengan mengedit data.Edit DataEdit data dilakukan dengan cara :1. Pada Halaman Entry Data cari data yang akan di-edit dengan menggunakan Scroll Mouse.2. Click button Edit untuk membuka kunci Textbox3. Lakukan Edit Data.4. Jika telah selesai jangan lupa Click button Save/Simpan untuk mengunci Textbox5. Click Button Refresh.

FILTER DATA

Pada halaman cash flow terdapat Combo Box Filter. Combo Box Filter ini terisi data kode transaksi. Pilihan salah satu data pada Combo Box ini akan memfilter data pada tabel hanya menampilkan data pada satu jenis kelompok transaksi.

Pada gambar dicontohkan data terpilih adalah "02-Penjualan". maka tabel hanya akan menampilkan semua jenis data pada kelompokPenjualansaja.

Button "Semua Data" akan mengembalikan tabel untuk menampilkan semua data transaksiButton "Uang Masuk" akan membuat tabel hanya menampilkan semua transaksi uang masukButton" Uang Keluar"akan membuat tabel hanya menampilkan semua transaksi uang keluar

MIGRASI DATA KE PROGRAM APLIKASI LAIN

Anda dapat memindahkan data anda untuk diolah pada program kerja lain ( MS Excel, MS Word dll). dengan cara meng-copy dan paste pada program lain.

Klick kiri mouse pada kotak kecil di pojok kiri atas akan mem-blok semua data yang tampil pada tabel, sekaligus menampilkan pop-up menu, pilih Copy untuk meng-copy data yang ter blok. lakukan paste pada program lain (MS Excel, MS Word atau lainya).

Click kiri pada kepala kolom Kredit akan mem-blok data hanya pada kolom kredit dan akan mengeluarkan pop-up menu.

Filter dan Copy DataCASHFLOW Simplebook

BUKTI TRANSAKSI

Hardcopy Bukti Transaksi (Faktur, Bon, Kwitansi, dll) diwakili dengan Kode Bukti Transaksi.

Manfaatkan kode bukti transaksi untuk mempermudah anda menemukan hard copy bukti transaksi (kwitansi, bon, faktur dll).

Biarkan detail data transaksi tersimpan pada harcopy. Waktu anda lebih berharga jika hanya untuk mencatat detail transaksi. manfaatkan pembukuan ini untuk mempermudah anda melakukan evaluasi usaha (terutama alur kas).

Manfaatkan jasa konsultan keuangan jika diperlukan untuk perhitungan yang kompleks (Contoh untuk memenuhisyarat pengajuan kredit ke Bank).

Panduan Pengguna AplikasiCASHFLOW Simplebook

sebelum menginstal Software Aplikasi Pembukuan Keuangan Sederhana Cashflow Simplebook, yakinkan bahwa komputer anda terinstall aplikasi microsoft Access,Karena Software aplikasi program pembukuan ini berbasis Microsoft Access.

Dengan menggunakan Microsoft Acces Maka akan mudah bagi pengguna untuk melakukan migrasi data (pemindahan data) dari Aplikasi CASHFLOW SIMPLEBOOK ke program aplikasi yang lain (Sperti : Menjadi Excel, Ms Word, Outlookdll).

Security Warning,Jika anda pengguna Microsoft Office Versi 2007 keatas maka akan muncul Security Warning. klik disini untukCara mengatasinyaBerikut panduan cara menggunakan software aplikasi Pembukuan Keuangan Usaha / Pembukuan keuangan Keluarga.Sebagai Contoh : Kami menggunakan Pembukuan Keuangan Usaha Jual-Beli Barang.

CASHFLOW SIMPLEBOOK TERDIRI DARI 3 HALAMAN UTAMA

1. HALAMAN MUKAGambar disamping merupakan tampilan halaman Cash flow pada Software Aplikasi Cashflow Simplebook.Pada Text Box Cash merupakan saldo dari keuangan anda

2.HALAMAN CASHFLOW

Ini adalah gambar bentuk tampilan halaman alur kas (Cashflow) pada aplikasi CASHFLOW SIMPLEBOOK.pada halaman ini menampilkan contoh alur kas dari sebuah usaha jual beli /toko barang.

Pada halaman inilah semua data transaksi ditampilkan. Pengguna dapat mem-filter data sesuai dengan keperluan.Pengguna juga dapat melakukan Copy-Paste dari halaman ini.sehingga data t