Buku Pedoman Hki

download Buku Pedoman Hki

of 75

  • date post

    15-Apr-2016
  • Category

    Documents

  • view

    35
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Buku Pedoman Hki

  • Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-2014 i

    KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadlirat Allah SWT karena

    atas karunia dan rahmat-Nya buku panduan Manajemen Hak kekayaan Intelektual (HKI) dapat diselesaikan. Buku panduan ini disusun atas dasar keprihatinan terhadap aktivitas penelitian yang dilakukan oleh sivitas akademika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam menggali, mengembangkan, dan menemukan/menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya (IPTEKSB) yang hanya berujung pada laporan penelitian. Karena sifatnya yang lebih administrartif, laporan penelitian memang diperlukan sebagai bentuk pertanggung- jawaban atas pelaksanaan penelitian, namun kurang dapat memberikan makna dalam memecahkan segala persoalan yang tengah dihadapi bangsa saat ini. Sesungguhnya, hasil penelitian yang tertuang dalam laporan penelitian dapat diupayakan memiliki dampak, baik dari sisi transfer ilmu pengetahuan untuk kepentingan sosial-pendidikan maupun untuk kepentingan kemajuan teknologi yang bernilai ekonomis. Dampak baik ini dapat diraih melalui pemerolehan HKI yang terdiri atas Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri. Dikhawatirkan bahwa pemahaman para peneliti terhadap Manajemen HKI masih kurang, sehingga penyusunan buku panduan ini ditujukan untuk menyediakan informasi dan membimbing para peneliti tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan manajemen HKI. Selamat melakukan penelitian dan selamat berjuang untuk memperoleh HKI, semoga Tuhan Yang Mahaesa memberi kemudahan bagi kita semua dalam mencapai tujuan. A...mi...n.

    Bandung, November 2014 Ketua LPPM UPI

    Ttd.

    Prof. Dr. H. Sumarto, MSIE

  • Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-2014 ii

    DAFTAR ISI

    BAB I INFORMASI UMUM HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL ....................... 1 A. PENDAHULUAN .......................................................................... 1 B. PENGERTIAN, PERANAN, DAN MANFAAT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) .............................................................................. 3

    1. Pengertian HKI ....................................................................... 3 2. Peranan HKI dalam Kehidupan .............................................. 4 3. Manfaat Mengajukan HKI ...................................................... 4

    C. IMPLIKASI HKI BAGI HASIL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN 5 D. LEMBAGA PENGELOLA DAN SISTEM PERUNDANG-UNDANGAN HKI DI INDONESIA ............................................................................... 7

    1. Lembaga Pengelola dan UU HKI di Indonesia ....................... 7 2. Perjanjian internasional tentang HKI yang diratifikasi di Indonesia ........................................................................................ 8

    BAB II PENELITIAN DAN LANDASAN HUKUM TENTANG ALIH TEKNOLOGI, KEPEMILIKAN DAN PENGGUNAAN PENDAPATAN SEBAGAI AKIBAT DARI HASIL PENELITIAN ................ Error! Bookmark not defined.

    A. PENELITIAN, INVENSI, DAN INOVASIError! Bookmark not defined. B. LANDASAN HUKUM TENTANG ALIH TEKNOLOGI, KEPEMILIKAN DAN PENGGUNAAN PENDAPATAN SEBAGAI AKIBAT DARI HASIL PENELITIAN ........................................... Error! Bookmark not defined.

    BAB III JENIS DAN PROSEDUR PENGAJUAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI) .................................... Error! Bookmark not defined.

    A. JENIS, RUANG LINGKUP, DAN PROSEDUR PENGAJUAN HKIError! Bookmark not defined.

    1. Hak Cipta ................................. Error! Bookmark not defined. 2. Paten ........................................ Error! Bookmark not defined. 3. Merek ...................................... Error! Bookmark not defined. 4. Desain Industri ......................... Error! Bookmark not defined. 5. Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST)Error! Bookmark not defined. 6. Rahasia Dagang........................ Error! Bookmark not defined. 7. Indikasi Geografis ................................................................ 36

  • Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-2014 iii

    8. Perlindungan Varietas TanamanError! Bookmark not defined.

    B. PROSEDUR PENGAJUAN PERLINDUNGAN HKI MELALUI SENTRA

    HKI LPPM UPI ...................................... Error! Bookmark not defined.3

    DAFTAR GAMBAR

    Hal.

    Gambar 1.1 Siklus Pengembangan Kekayaan Intelektual 7

    Gambar 3.1 Skema Pendaftaran Hak Cipta 21

    Gambar 3.2 Skema Permohonan Paten 25

    Gambar 3.3 Skema Pendaftaran Merek 27

    Gambar 3.4 Skema Pendaftaran Desain Industri 31

    Gambar 3.5 Skema pendaftaran Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu

    34

    Gambar 3.6 Prosedur pengajuan perlindungan HKI melalui LPPM UPI

    44

  • Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-2014 iv

    DAFTAR LAMPIRAN

    Hal.

    Lampiran 1 Contoh Bukti Permohonan Pendaftaran Hak Cipta

    46

    Lampiran 2 Contoh Surat Pengalihan Hak Kepemilikan 47

    Lampiran 3 Contoh Surat Kuasa 48

    Lampiran 4. Deskripsi Paten 49

    Lampiran 5 Contoh Surat Kesepakatan Bersama Kepemlikan Paten

    65

  • Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-2014 1

    BAB I INFORMASI UMUM HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

    A. PENDAHULUAN Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, seorang

    dosen tidaklah dapat melepaskan diri dari kewajiban tridharma perguruan tinggi: pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga komponen tri dharma perguruan tinggi tersebut dapat dilaksanakan secara sinergis untuk meningkatkan pengetahuan, penghargaan, dan penerapan di lapangan yang pada akhirnya dapat mengembangkan karir dan meningkatkan kesejahteraan dosen itu sendiri.Penelitian yang dilakukan dosen, dapat berasal dari permasalahan yang terjadi di lapangan/masyarakat dan hasil dari penelitian itu dapat diterapkan di masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk memecahkan permasalahan yang ada. Demikian juga, latar belakang pengetahuan dan metodologi yang dimiliki dosen karena pendidikan-nya dapat menjadi modal berharga dalam melakukan penelitian. Sebagai dampaknya, penelitian yang dihasilkan dapat menjadi rujukan atau bahan ajar baru dalam melakukan pengajaran. Hal yang sama juga terjadi pada keterkaitan antara pendidikan dengan pengabdian kepada masyarakat, melalui pendidikan kemasyarakatan, dosen dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya untuk turut serta memecahkan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.

  • Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-2014 2

    Khusus untuk penelitian, dosen diwajibkan melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas intelektualnya, menghasilkan sebuah teori/model/teknologi baru yang dapat diaplikasikan untuk menjawab perubahan/tantangan zaman, serta meningkatkan kualitas pengajaran. Hasil-hasil penelitian tersebut seyogyanya tidak hanya dipublikasikan dalam bentuk laporan penelitian, melainkan juga dipublikasikan dalam bentuk seminar ilmiah dan penulisan paper dalam jurnal ilmiah. Tujuannya adalah agar hasil-hasil penelitian tersebut dapat diketahui lebih luas oleh masyarakat dan dapat dijadikan rujukan bagi peneliti dalam melakukan penelitian lanjutan sehingga dapat memberi manfaat bagi penyelesaian persoalan-persoalan yang terjadi di lapangan.

    Namun demikian, tidak jarang ada pihak yang tidak bertanggung jawabyangmenyalahgunakan hasil-hasil penelitian terpublikasi untuk kepentingan komersial tanpa memperhatikan hak penemu/inventor.Oleh karena itu, perludilakukan sebuah upaya untuk melindungi hasil-hasil penelitian melalui perolehan hak kekayaan intelektual (HKI). Perlindungan HKI penting dilakukan untuk:1) mencegah pihak lain mengeksploitasi potensi ekonomi dari hasil penelitian, dan 2) mencegah pihak lain melakukan pengembangan hasil penelitian tanpa izin (lisensi), atau tanpa mengikutsertakan pihak yang pertama kali menghasilkan suatu teknologi.

  • Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-2014 3

    B. PENGERTIAN, PERANAN, DAN MANFAAT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI)

    1. Pengertian HKI

    HKI atau Intellectual Property Rights adalahHak yang timbul dari hasil olah pikir, karsa, dan rasa manusia yang menghasilkan suatu proses atau produk barang dan/atau jasa yang berguna bagi manusia itu sendiri.Sifat atau karakteristik yang melekat pada HKI adalah: a. hak eksklusif diberikan oleh Negara (Granted

    by the State) kepada individu untuk mendapatkan perlindungan atas nilai prestise maupun nilai ekonomi yang mengikuti HKI.

    b. bersifat teritoratif, artinya HKI hanya berlaku pada daerah/negara yang mengeluarkan bukti kepemilikan HKI, sedangkan daerah/negara lain yang tidak dimintakan perlindungannya bebas menggunakan produk/teknologi hasil penelitian.

    c. HKI memiliki batas waktu perlindungan, misalnya hasil penelitian yang dipatenkan memiliki masa perlindungan selama 20 tahun. setelah masa perlindungan itu berakhir, maka produk/teknologi tersebut menjadi milik publik.

    2. Peranan HKI dalam Kehidupan

    Kehidupan di era modern seperti saat ini menuntut adanya tiga komponen: (1) kecepatan dalam melakukan sebuah aktivitas, (2) ketepatan dalam menyelesaikan suatu masalah, dan (3)

  • Manajemen Hak Kekayaan Intelektual-2014 4

    kenyamanan dalam menggunakan fasilitas dan menjalani kehidupan. Ketiga komponen tersebut telah dapat dipenuhi melalui dukungan metode dan produk-produk teknologi, misalnya telefon selular, komputer dan perangkat lunaknya, serta pesawat terbang. Produk-produk teknologi tersebut akan memiliki nilai yang lebih tinggi bila mendapatkan perlindungan HKI, sebab HKI memiliki fungsi: (a) sebagai salah satu mesin penggerak ekonomi teknologi tinggi, (b) sebagai sebuah kekuatan untuk pertumbuhan ekonomi, (c) sebagai salah satu kekuatan penggerak industri, (d) sebagai salah satu alat untuk memperkuat daya saing bangsa, dan (e) sebagai salah satu mesin baru pertumbuhan (new engineof growth