1. bidang kajian manajemen, fungsi manajemen, manajemen

Click here to load reader

Embed Size (px)

Transcript of 1. bidang kajian manajemen, fungsi manajemen, manajemen

Bidang kajian manajemen, fungsi manajemen, manajemen kearsipan, fungsi kesekertarisan, dan dokumentasi

Bidang kajian manajemen, fungsi manajemen, manajemen kearsipan, fungsi kesekertarisan, dan dokumentasiMembahas: kajian bidang manajemen, fungsi manajemen, manajemen kearsipan dan fungsi kesekertarisan dan dokumentasi di perpustakaanMeri Maryati 12027851Kajian Bidang Manajemen 1. Manajemen operasionalManajemen operasional (sebagian dari para ahli menyebutnya dengan manajemen operasi atau manajemen produksi) acapkali disebut pusat laba (profit center) pertama. Manajemen operasional, yang berhubungan dengan kegiatan untuk menambah menambah nilai barang atau jasa, merupakan bidang yang bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, dan pengawasan dalam sistem organisasi.Lanjutan...Dalam pelaksanaannya manajemen operasional berkaitan dengan:1) Analisis operasional2) Rencana operasional3) Pengawasan operasionalKajian Bidang Manajemen Manajemen marketingManajemen marketing pusat laba kedua. Manajemen marketing mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan, terhadap pelaksanaan marketing perusahaan secara menyeluruh.Lanjutan...Manajemen marketing didukung oleh sitem informasi marketing. sistem informasi marketing yakni yang digunakan oleh perusahaan untuk menghimpun, menganalisis, menyimpan, dan menyebarkan informasi marketing yang relevan kepada mereka yang memerlukan informasi tersebut melalui fungsi manajemen perkantoran. Kajian Bidang Manajemen Manajemen FinansialManajemen finansial merupakan bidang manajemen yang berhubungan dengan penggunaan teknis khusus untuk mengkaji informasi dan dokumen keuangan suatu perusahaan. Disamping itu, berhubungan dengan pengarahan pengawasan arus dana, baik di dalam maupun diluar perusahaan.Lanjutan...Manajemen finansial perlu melaksanakan:1) pelaporan keuangan2) ramalan keuangan3) pengawasan keuanganKajian Bidang Manajemen Manajemen Personaliamempelajari bagaimana para pengusaha memperoleh, mengembangkan, menggunakan, menilai, merawat, dan mempertahankan para anggota. Fungsi manajemen personalia:1) fungsi-fungsi manajerial2) fungsi-fungsi operatifKajian Bidang Manajemen Manajemen perkantoransuatu cabang manajemen yang berhubungan dengan pelayanan, pencatatan dan penganalisisan informasi, perencanaan, dan yang dengan fungsi-fungsi itu manajemen organisasi merawat aktivanya, mengembangkan fungsi dan kegiatannya serta mencapai sasarannya.

Lanjutan...Tujuan:1) menerima informasi2) mencatat informasi3) memproses informasi4) menyajikan informasi5) merawat aktivaKajian Bidang Manajemen Metode kerja menejemen perkantoran lengkapDalam metode ini, muncul suatu gejala yang menunjukan bahwa anggota staf manajemen perkantoran tidak akan lagi hanya menanyakan apa yang harus dikerjakannya kepada manajer puncak, tetapi harus berfungsi sebagai penasihat sejati terhadap apa yang harus dilaksanakan oleh manajer tersebut.

Lanjutan...Manfaat:1) memberikan banyak peluang kepada manajer puncak untuk memfokuskan diri pada visi.2)membebaskan manajer puncak dari aktivitas dan kesibukan untuk menganalisis dan mengevaluasi konsep yang setengah matang dari anggota.3) membuka jalan yang luas dalam pengembangan inisiatif dan kreativitas para anggota staffnya.4)memberikan peluang yangnlebar kepada gagasan yang baik merupakan buah pikiran para anggota staf. 5)membangun sikap berpartisipasi dari para anggota staf bawahanMeliputi:Kepemimpinan (leading)Perencanaan (planning)Pengorganisasian (organizing)Pengawasan (controlling)Fungsi Manajemen Manajemen KearsipanPengertian arsipmenurut Undang-Undang No. 43 tahun 2009 arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara.Pengertian kearsipanMenurut UU No. 43 tahun 2009 kearsipan adalah hal-hal yang berkenaan dengan arsip

Lanjutan...Manajemen kearsipanadalah pekerjaan pengurusan arsip yang meliputi pencatatan, pengendalian, dan pendistribusian, penyimpanan, pemeliharaan, pengawasan, pemindahan, dan pemusnahan.Fungsi arsip dibedakan menjadi dua:1. arsip dinamis secara langsung2. arsip statis tidak secara langsungFungsi Kesekertarisan dan Dokumentasi di PerpustakaanPengertian sekertarismerupakan salah seorang anggota dalam mata rantai sistem informasi manajemen yang berpartisipasi sebagai anggota tim dalam mengambil bagian dan sekaligus membantu dalam pembuatan keputusan.1. Tingkat fungsi kesertarisanSekertaris yuniorJuru tik atau stenografSekertaris pribadiAsisten pribadiSekertaris perusahaan2. Fungsi sekertaris pribadiMerawat sistem arsipMenerima tamuMengatur pertemuanMenerima dan memberikan pesanMengelola korespondesiMenggunakan bahasa yang efektif dan efisienMengatur agenda perjalanan bisnisMemelihara janjiMenentukan sistem peringatan dini3. Fungsi asisten pribadiKompetensi yang harus dimiliki untuk melaksanakan kegiatan sebagai berikut:1) kemampuan menghimpun informasi2) kemampuan menyusun laporan3) kemampuan menyusun proposal4) kemampuan menjadi sekertaris pertemuan, termasuk administrasi. 4. Fungsi sekertaris perusahaanPada umumnya sekertaris perusahaan harus mempunyai 9 jenis tugas seperti berikut:1. arsip2. kebijaksanaan penyimpanan dan penghapusan arsi3. hubungan masyarakat4. kebijakan bantuan perusahaan5. hubungan dengan pesero6. rencana pembelian saham dan manajemen resiko7. manajemen SDM8. diseminasi laporan9. konsultasiDokumentasi di perpustakaanSesuai Peraturan Presiden No. 20 tahun 1961 tentang tugas dokumentasi dan perpustakaan, yang dimaksud dengan dokumentasi ialah dokumentasi pustaka atau dokumentasi literer. Selanjutnya dijelaskan bahwa tugas kewajiban dokumentasi ialah menyediakan keterangan-keterangan dalam bentuk dokumen baru tentang pengetahuan dalam arti kata yang luas sebagai hasil kegiatan manusia dan untuk keperluan itu mengumpulkan dan menyusun keterangan tersebut.Dokumentasi di perpustakaan merupakan Proses mengumpulkan, menyusun dan memelihara buku-buku dan dokumen-dokumen pustaka dengan maksud untuk menyediakannya bagi keperluan pengetahuan, penyelidikan, pengajaran, dan keperluan-keperluan lain yang sejenis.Sastradipoera, komaruddin. (2007). Asas-asas Manajemen Perkantoran: suatu pendekatan sistem informasi manajemen. Bandung: Kappa-Sigma.Purwono. (2010). Dokumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.Barthos, Basir. (2007). Manajemen Kearsipan: untuk lembaga negara, swasta dan perguruan tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.Undang-Undang No. 43 Tahun 2009 mengenai Kearsipan.

Daftar pustaka